Mengukir Kenangan Dalam Sepiring Kelezatan Nasi Gurih Rempah

July 15, 2017

Chicken Pulao


Nasi gurih kaya rasa yang memiliki perpaduan rasa nasi hainan dan chicken pulao mampu membawa terbang ingatan dalam sebuah kenangan manis.

`Ammy …. I want Biryani`
Awal awal menetap kembali di Indonesia, mendengar permintaan Najin ini membuat kepala saya jadi sedikit muter muter. Bingung gimana dapetinnya. Biryani sendiri merupakan salah satu kuliner khas India. Hampir setiap hari kami menyantapnya ketika masih tinggal di India.

Kala masih tinggal di India, kami tak perlu repot repot. Tinggal jalan ke gang sebelah, sudah ketemu sama penjual Moradabad biryani favourite keluarga di India. Tapi sekarang kami tinggal di Indonesia, apalagi kami tinggal di kota Gresik, bukan kota metropolitan dimana semua masakan International bisa ditemui.

Masak biryani sendiri? sungguh nggak mudah. Rumit banget. Butuh ketelatenan dan keahlian sendiri untuk memasak biryani dengan rasa authentic.

Tidak ada kata menyerah untuk membahagiakan si kecil. Saya teringat, setiap Hari Raya Idul Fitri, ibu mertua selalu menghidangkan banyak menu spesial. Mulai menu gorengan sebagai pembuka hidangan hingga manisan sebagai menu penutup. Dalam menu utamanya selain menu daging yang dimakan bersama roti, Ibu mertua selalu menyajikan Chicken Pulao.

Pulao adalah jenis masakan India dengan bahan dasar beras dimasak dengan kaldu, mirip dengan nasi Hainan. Tak hanya di India saja, Pulao juga terkenal di seluruh kawasan Asia tengah. Ada dua jenis pulao yakni vegetable pulao yang dimasak bersama dengan sayur sayuran dan chicken pulao yang dimasak bersama ayam. Chicken pulao ini penampakan dan rasanya hampir mirip dengan biryani, hanya saja memiliki rasa lebih mild.

Meski membuat pulao lebih mudah ketimbang biryani tapi tetap saja untuk membuat chicken pulao ala Ibu mertua membutuhkan sebuah proses yang lumayan rumit juga. Melewati proses memasak ayam, penyaringan, penggorengan hingga memasak kembali dengan bumbu rempah dan juga beras.

Terinpirasi dari Chicken Pulao buatan ibu mertua dan nasi Hainan tercipta Nasi Gurih Rempah ayam So Good. Memiliki kombinasi rasa gurih nasi hainan dengan sentuhan rasa rempah yang lebih mild. Cocok dengan lidah Indonesia. Nggak neg dan juga tidak terasa berat di lidah seperti masakan India pada umumnya. Dan tentu saja memasaknya juga sangat mudah.

Begitulah kelebihan jika kita menetap lama di luar negeri. Kita dituntut untuk  selalu kreatif memasak dengan sajian yang disesuaikan dengan apa yang ada di lingkungan kita tinggal. Ide masakan baru selalu muncul, tercipta kuliner baru mengkombinasikan rasa Indonesia dengan tempat tinggal kita.

Nasi Gurih Rempah ayam So Good kreasi emak bolang ini cara membuatnya juga sangat simple. Saya memasaknya dengan menggunakan rice cooker. Tidak perlu melalui proses panjang yang memakan waktu. Jadi, tetap cantik dan fresh meski masak di dapur. Dan tentu saja Nasi Gurih Rempah Ayam So Good kreasi saya ini rasanya tak kalah enak dan lebih sehat.

Berikut bahan dan cara membuat Nasi Gurih Rempah Ayam So Good

Bahan bahan
1/2 Kg Ayam Potong So Good Paha dan Dada (ambil bagian paha)
1/2 Kg Beras
2 Sdm Mentega

Bumbu bumbu
1 buah bawang bombay besar
1/2 Sdt jintan
1 1/2 Sdm ketumbar
3 buah kapulaga
1 buah kapulaga hitam/kapulaga besar (optional)
1 batang kayu manis
7 butir merica hitam
1 lembar bay leaf
Garam secukupnya

How to make tasty Pulao Rice

Cara memasak Nasi Gurih Rempah Ayam So Good

1. Panaskan mentega dalam wajan kemudian tumis jintan hingga harum.

Cara membuat nasi super gurih

2. Masukkan semua bumbu yakni merica hitam, kayu manis, ketumbar, bay leaf, kapulaga dan kapulaga hitam, tumis hingga aroma menguar. Sebentar saja sudah beraroma.

Sebelum memasukkan kapulaga kedalam wajan, pecah ujungnya terlebih dahulu. Ini dimaksudkan agar aroma dan rasa kapulaga lebih terasa. Untuk kapulaga besar atau hitam ini optional karena di Indonesia memang sulit ditemukan dan rasanya juga lebih kuat.

Saya punya banyak kapulaga besar dirumah, bawa dari India. Meski demikian saya sendiri jarang menggunakan kapulaga besar ketika masak di Indonesia. Biasanya saya gunakan ketika benar benar kangen masakan India atau pas ada jamuan buat tamu.


3. Masukkan bawang bombay yang sudah diiris tipis kemudian hingga layu dan harum.

Chicken Pulao

4. Masukkan ayam kedalam wajan, aduk aduk hingga rata. Masak hingga ayam berubah warna.

Masih inget dengan postingan saya sebelumnya? Menyulam Rasa Brondong Ayam Kriuk Kriuk So Good. Dalam resep tersebut, satu kemasan ayam Potong So Good berukuran 1 Kg, saya ambil 1/2 Kg ayam bagian dada untuk Brondong Ayam Kriuk Kriuk So Good. Nah, sisa 1/2 Kg bagian paha saya gunakan untuk membuat resep ini.

Oi ya, jangan lupa masukan sisa sisa tulang waktu membuat Brondong Ayam Kriuk Kriuk So Good. Selain nggak mubazir, dengan memasukkan tulang tulang dengan sedikit daging menempel tersebut, membuat nasi super gurih dan tentu saja lebih lezat.

Chicken Pulao

5. Masukkan 3 gelas air dan garam, kemudian masak hingga mendidih. Jangan lupa di incip incip, garamnya sudah cukup atau belum.

Untuk menyajikan Nasi Gurih Rempah Ayam So Good lebih spesial di Hari Raya, bisa mengganti air dengan santan. Membuat nasi lebih punel. Kalau untuk dihidangkan sehari hari cukup gunakan air, biar terhindar dari kolesterol. Atau jika ada niatan masak Nasi Gurih Rempah Ayam So Good, sekalian bikin Brondong Ayam kriuk Kriuk so Good jadi bisa menggunakan tetelan tulang untuk membuat nasi lebih gurih. Disitu saya merasa kreatif dan cerdas. Halah!

6. Setelah mendidih, tuang kedalam rice cooker yang sebelumnya sudah berisi beras. Tambahkan satu gelas air. Aduk rata. Biarkan masak dalam rice cooker hingga matang.

India Chicken Pulao

Resep masak Chicken Pulao

Chicken Pulao


Tips dari saya, jangan menuangkan ayam dan kaldu sekaligus kedalam rice cooker. Karena ketika dituang, bakalan terjadi cipratan panas ke arah wajah dan tangan. Jadi sebaiknya, ambil ayam satu persatu dan letakkan diatas beras. Setelah semua ayam terangkat baru masukkan kaldunya kedalam rice cooker.

Lebih detail cara memasaknya bisa dilihat dalam video saya berikut




Dalam resep ini kenapa saya pilih menggunakan Ayam Potong So Good? Karena lebih empuk. Jadi ayam akan matang bersamaan dengan beras. Jika menggunakan ayam biasa, ketika memasak ayam (langkah nomer 5) harus dididihkan lebih lama lagi. Jadinya boros gas dan juga air.

Selain lebih empuk, Ayam Potong So Good dikemas dengan menggunakan teknologi pembekuan canggih IQF (Individually Quik Frozen) untuk menjaga kualitas ayam tetap segar. Ayam beku sempurna dalam waktu 45 menit pada suhu - 35 derajat celcius. Fyi, dalam suhu ruangan, dalam waktu 4 jam setelah dipotong ayam bakalan membusuk. Ayam Potong So Good dengan teknologi IQF mampu menghambat pertumbuhan bakteri. Jadi kualitas kesegaran, gizi, cita rasa dan kebersihan ayam tetap terjaga.

Di India sendiri Chicken Pulao dihidangkan bersama raita. Yakni sejenis salad yang terbuat dari tomat dipotong kecil kecil, kemudian dicampur dengan yogurt, cabe bubuk dan garam secukupnya.

Meski sudah lama menetap di India, menurut lidah saya, kombinasi pulao dan raita ini kurang matching. Bahkan si kecil pun tidak menyukainya. Kami lebih suka menikmatinya dengan membuat sambal segar nan sehat sebagai pelengkap.

Biasanya ketika ibu mertua menyiapkan raita, saya sendiri menyiapkan sambal. Ibu mertua bakalan tersenyum dan bilang `kamu suka sambal, soooo Indonesia banget` tentu beliau saja beliau mengucapkannya dalam bahasa Urdu. hehehe

Sambal tomat segar sebagai pelengkap


  • 5 cabe rawit (biasanya saya menggunakan 10 buah cabe rawit)
  • 1 buah cabe merah besar
  • 1 buah tomat
  • 1 siung bawang putih
  • Garam secukupnya

Blender semua bahan diatas dengan sedikit air hingga halus. Jadi, deh!

Chicken Pulao

Sajikan hangat Nasi Gurih Rempah Ayam So Good bersama sambal tomat segar. Aroma rempah yang menguar di udara mampu merangsang nafsu makan. Ledakan rasa gurih berbalut rempah memenuhi rongga mulut. Ditambah lagi tamparan pedas sambal tomat segar, membuat mulut tak berhenti mengunyah.

Sekarang, ketika si kecil teriak meminta Biryani, emaknya nggak pusing lagi. Tinggal siapkan bumbu, ambil Ayam Potong So Good dari kulkas dan masak dalam rice cooker. Dalam sekejap, jadi deh `Biryani` aka Nasi Gurih Rempah Ayam So Good yang lezat. Simple dan sehat pulak. Dan so pasti si kecil sangat menyukainya. Nggak hanya si kecil, Ibu, kakak serta keponakan juga sangat menyukai karena tendangan rasa gurihnya. Disitu saya merasa happy.


Chicken Pulao


You Might Also Like

1 comments

  1. hehehehehe, emang opo2 yen diwenehi sambel kuwi luwih mantep, yo...

    ReplyDelete

Follow Twitter

Follow Google+

Follow Instagram