Oh, Tidak! Baju Renangku Robek Ditengah Lautan

December 02, 2015

Pulau Menjangan Bali

“Sejak aku nyamperin dibawah laut tadi, baju renang sampeyan sudah robek” ucap si guide. Duh! Malunya luar biasa

Bulan Agustus yang lalu saya bersama sahabat mengadakan trip bareng ke pulau Menjangan. Pulau yang berada di Bali barat ini terkenal akan keindahan Surga bawah lautnya. Saya membawa baju renang favourit yang selalu setia menemani saya menjelajahi alam bawah laut Indonesia.

Seperti biasa, baju renang muslimah saya tutupi dengan baju gamis selama masih dalam perjalanan menuju spot snorkeling pulau Menjangan. Sesampainya disana, saya segera membuka baju gamis dan mengenakan baju renang muslimah saja. Dan berenang menatap susunan keindahan terumbu karang dikerumuni ikan warna warni.

Hari itu angin begitu kencang, badan saya terombang ambing dalam gerakan lincah sang gelombang. Beberapa kali alat bantu nafas snorkel kemasukan air laut.  Membuat mulut saya penuh dengan air dan tersedak, beberapa kali pula saya harus tarik nafas dan membersihkan snorkel.

Diantara kesibukan menatap keindahahn bawah laut, saya merasakan salah satu kaki terasa begitu dingin. Terasa seolah sebuah arus aliran air membelai kulit. Saya abaikan. Sesekali terasa seperti ada seekor ular mengelus kaki, saya sontak melihat kebelakang. Apalagi saya berenang sendiri. Nggak terlihat teman teman. Syukurlah tidak ada apa apa. Saya terus berenang meski saya merasakan sesuatu yang aneh di kaki saya.

Tetiba tangan dwi, guide kami mengandengan tangan saya, so pasti kaget. Dia bilang saya berenang terlalu jauh dan terpisah dengan teman teman lain. Dengan baik Dwi meminta saya menggegam erat tanganya, karena waktu itu angin bertiup kencang, dia kawatir saya terseret arus. Meminta saya untuk tetap tenang dan menjaga nafas, kami lanjutkan snorkeling menikmati alam bawah laut Pulau Menjangan yang berada di Spot satu. Cukup puas, kami bergegas kembali ke kapal apalagi gerak gelombang semakin menggila.

Sesampainya di kapal, Dwi membantu melepaskan Fin. Saya naik tangga duluan. Sementara Dwi masih dibawah. Ketika kaki saya menapaki tangga kapal tetiba Dwi nyeletuk. “ mbak baju renangmu sobek” teriak  guide dengan bahasa jawa medok.  “Apa”???  Kaget. 

Seketika wajah saya bersemu merah muda, merah, hijau, kuning entahlah. Otomatis saya melayangkan pandangan menuju kaki saya. Ladalah, baju renangku sobek disalah satu bagian kaki hingga ke pangkal paha. Sementara Dwi, guide kami berjenis kelamin laki laki berada tepat dibawah tangga. “Sejak aku nyamperin dibawah laut tadi, baju renang sampeyan sudah robek” tambahnya. Duh! Malunya luar biasa.

Saya bergegas duduk diatas kapal. Untungnya saya menggunakan baju renang muslimah, jadi separuh paha saya masih tertutup oleh renda, tapi tetep saja kaki dan separuh paha saya yang mulus masih “telanjang”. Karena saya gendut, Jika dilihat sekilas nampak seperti baju robek si Hulk. He.. he .. he

Saya duduk tersipu malu diantara guide dan kapten kapal yang semuanya berjenis kelamin laki laki. Sementara teman teman (Mbak Rien, Mbak Ira, Mbak Andrie dan Tarie) melongo menyaksikan ‘panorama’ baju renang. “kok bisa sobek gitu?”, “apa kecantol sama terumbu karang?”, “atau ketendang sama ujung Fin?” sederet pertanyaan yang malah bikin saya bingung. Saya sendiri tidak tahu dan bertanya tanya dalam hati. Selama snorkeling baik baik saja. Apa ada Jin nakal dalam lautan? Ya sudahlah. Sudah terjadi, mau gimana lagi. Hiks, saya hanya duduk seperti orang linglung kehilangan duit semilyar.

Melihat celana jeans Mbak Ira saya langsung berucap “Mbak saya bisa pinjam celana jeansnya  nggak?” tanya saya memelas. Kebetulan dia membawa celana jeans. “Pakai aja nggak apa apa, biar kamu bisa terus berenang bersama kita”. Tanpa pikir panjang, saya segera mengenakan celana jeansnya. Ndelalah, kok saya nggak kepikiran, ya, ukuran badan saya dua kali lipat dari badan Mbak Ira. Duh, Sial!, celana jeansnya kagak muat, terasa mencekik paha. Dan hanya sampe separuh paha saja. Nasib.Nasib.

Dasar sial nasib saya hari itu, sudah jatuh ketimpa tangga pula. Selanjutnya dalam perjalanan menuju spot snorkeling kedua tetiba perut saya berontak. Benar saja, sepanjang perjalanan saya huek huek nggak karuan, memuntahkan seluruh isi perut. Saya masuk angin, gimana nggak, lha wong saya berenang dengan kondisi baju renang robek diantara ganasnya gelombang lautan.

Lemes, kikuk, malu dan bingung harus gimana. Saya hanya bisa menahan celana jeans mbak Ira dengan tangan, berusaha menutupi paha mulus saya. Sementara angin berembus semakin kencang membuat kapal kami meloncat loncat diantara ombak biru yang dalam.

Tibalah kami di spot kedua, saya hanya tertegun mematung menatap salah satu teman nyebur ke laut. Di spot kedua ini hanya mbak Andri snorkeling, lainnya menunggu kapal. Rasanya pingin nangis nggak bisa nyemplung. Apalagi spot kedua ini adalah spot idola  wisatawan yang membentuk seperti sebuah cekungan, menyelam didalamnya seperti menatap dinding dipenuhi terumbu karang. Sementara saya hanya duduk terdiam kedinginan. Nasib!

Matahari kian meninggi, acara selanjutnya menjelajah daratan pulau menjangan. Dan saya memutuskan memakai baju gamis. Kami melanjutkan turun di Pulau menjangan untuk makan siang. Lanjut jelajah Pulau plus photo shoot. Duileh bahasanya, photo shoot, brasa jadi model. Setelah narsis sana sini kami putuskan kembali mengarungi Samudra menjelajah spot snorkeling yang terakhir.

Sampai di spot ketiga, teman dan guide mulai meracuni pikiran saya dengan cerita susunan terumbu karang yang keren dengan jarak yang begitu dekat. Ikannya juga lebih bervariasi. Duh! Gusti aku harus gimana, celetuk saya dalam hati. Apalagi sejak tinggal senegara (nggak serumah) dengan Amir Khan, saya nggak snorkeling sama sekali. Kangen juga dengan dunia bawah laut negeri sendiri.

Daripada kedinginan diatas kapal, mengutuki nasib, mending nyemplung. Tanpa pikir panjang dan byurrrr…. saya masuk ke lautan dalam keadaan masih menggunakan gamis. Saya mencoba menggerakkan kaki. Terasa bebas. Meski kaki saya tak bisa bergerak sebebas mengenakan baju renang. Nggak nyingkap juga gamisnya. Ternyata asyik juga, ya, berenang dengan menggunakan Gamis Syar’i.

Snorkeling dengan gamis Syar'i
Byurrrr .... awas Ikan paus mau lewat :)

Tetap Syar'i meski Snorkelling
narsis dengan Gamis

Snorkling dengan Gamis
Snorkling cantik dengan menggunakan Gamis Cantik

Menatap kedalam laut, Wah, kece kece lagi terumbu karangnya membentuk kayak tera siring sawah. Banyak ikan berkeliaran kesana kemari. Sesekali saya mengawasi gamis saya. Takut kecantol terumbu karang. Pernah, waktu snorkeling di Karimun Jawa, baju renang yang sama kecantol terumbu karang. Paniknya sampe kayak orang kelelep.

Pengalaman bagi saya pribadi, ternyata bisa kok berenang dengan menggunakan baju Gamis. Kalau ada muslimah yang pingin tetap bergamis ketika snorkeling, boleh dicoba. Tips dari saya, pilih gamis dengan bawahan yang agak melebar, jadi kaki bisa bergerak leluasa. Selalu ada makna dan cerita manis dalam perjalanan.

You Might Also Like

50 $type={blogger}

  1. hihihihi... seruuuu banget. Gak mau rugi jadi tetep snorkelingan pakai gamis. Tapi asli fotone keren. Soale gamise merah ceria... ira

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok soale baju gamis sih mbak? Fotone keren soale wong e keren *dibalangsnorkle

      Delete
  2. Wkwkwk...Mbak sampeyan ini lucu tenan e. btw itu paha mulus kok dicoret terus sih emang aslinya pahanya nggak mulus ya? *kabuuur takut dilempar teletong :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicoret soalnya nggak sekedar mulus, tapi Mulus sekali. Takut pembaca pria bakalan tergoda dan ngebayangin. Dosa, lho. *dikeplakfin

      Teletong? nggak dilemparin, tapi diajakin bikin dung :))))

      Delete
  3. *lambaikan tangan ke kamera....
    Ampun mbak... Aduh sorry... Aku ngikik trus ngakak trus ngikik maneh moco tulisan sampean... Sory gak komen opo2. Cuma mau bilang itu aja... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. *lambaikan Baju .... hehehe
      Ati ati lho mbak nek ngakak ngikik terus engkok bablas....

      Delete
  4. Baju renang sobek tak menghalangi nyebur di laut yg indah ya Mbak. Sayang sdh jauh-jauh datang kalau cuma dapat satu spot. Untung masih ada gamis :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuuuu tetep nyebur. Sayang kalau jauh jauh kesana cuman duduk cantik diatas kapal.

      Untung ada gamis :)

      Delete
  5. Mantabs mbak zulfa yaaahh daripada ga bisa liat panorama bawah laut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trims, Ya masak panorama laut secakep itu dicuekin. Nyebur dah!

      Delete
  6. Haha....dapat salam dari jin nakal penunggu laut menjangan :D
    Snorkeling pake gamis oke juga ya mbak. AKu kepikir kapan-kapan mau snorkling pake gaun penganten yg lebar kaya cinderela itu hihi...keknya spektakuler :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, tologn bilangin sama Jin Nakal itu, kagak usah maksa gitu, ngobrol baik2 kan bisa :)
      He eh, next pakai gamis.

      Wkwkwkw Judulnya Cinderella tersesat dalam lautan.

      Delete
  7. Wkakakakakkaaka ini tulisan keren pisan. Keren bikin ngakak maksudnyaaa. Kangeeeen jadinyaaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku memang keren dan ngangenin *dikeplakjaketpelampung.

      Males nge trip sama kalian, selalu ada cerita celana robek.

      Delete
    2. Seriusss malaass??? Ciyuusssaan? Yowes ah nek ngono siap ditag poto kece taun depan 😝😝😝

      Delete
    3. Dua riusssssss hahaha ngetag foto keren yo, ojok sing sobek sobek ngene

      Delete
  8. Kmau terlalu nafsu ama guide nya jadi robek kan hahaha

    ReplyDelete
  9. Ah kalau pas sobek gitu baju renang mbaknya,,, Aku yang lues aja dari Nama Perempuan, aslinya sieh cowok tulen banget punya,,,, paling aku ikutan melongo,,, wakakakakakaka pizzz mbak, don't angry

    ReplyDelete
    Replies
    1. terlanjur marah dah, mana fin.... mana ? mau kulempar :)))

      Delete
    2. Hahahaha,,,, jangan di lempar, kasihan,,, di amini saja, hehe pisss

      Delete
    3. pissss itu kan yang kebelet mau ke kamar mandi itu kan ? :))))

      Delete
  10. waduh...tapi baju renang muslimah juga kadang masih membentuk badan ya mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, kadang masih membentuk badan, cari yang longgaran jarang ada, apalgi badan gemukkan gini, tambah kayak lepet. next, mungkin tetep pakai baju renang tapi ditutupi pakai gamis

      Delete
  11. judulnya sensasionel banget mbak. hikmahnya diakhir snorkelingnya jadi syar'i banget ya mbak zulfa hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe. He eh Alhamdullilah, so far setiap perjalananku selalu ada hikmah disana. Meski harus melalui adegan baju renang robek

      Delete
  12. hihii pantang menyerah yo mba, tetep kudu snorkelingan masiyo klambine suwek

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha Iyo mbak, timbangane sedih, mending ngelanjutno snorkling, :)

      Delete
  13. hihihi terlalu lincah itu di dalam aer mbaa sampe robeek...

    ReplyDelete
    Replies
    1. dengan kata lain kakean tingkah bin pencilaaan, he heh mbak sejak kecil aku ki terlalu lincah, diam pas banyak masalah #curcol. hehehe

      Delete
  14. Aku gak percaya kalau pahanya gak mulus. Wong yang punya paha memang cantik dan mulus :p

    Sukur alhamdulillah mbak gak kenapa2 ya.. Allah selalu melindungi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eaaaaaa klepek klepek gegulungan gegara GR.
      Alhamdullilah, ya.

      Semoga Allah melindungi kita semua juga ya. Aamiin

      Delete
  15. wwkwkwk ikan paus mau lewat itu bagian paling hots di posting ini mbak daripada belahan paha hulk hehe.... hadeeehh sabar y mbak semoga ada hikmahnya... hehe kaykanya emanga da jin yg gangguin tuh mbak.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tega kamu ya, emak secakep gini dibilang ikan paus *melengoscakep.

      Ya, Semoga Jin penunggu lekas pergi ya, biar nggak nyobekin baju renang traveller lainnya. hehehe

      Delete
  16. Ahahhahahaha......membayangkan ekspresimu pas mas guide bilang baju rennagnya sobek. Tp ini yv namanya emak cerdas menolak kalah sama keterbatasan.
    kereeeeeeeennnnn.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mukaku bersemu merah, hijau, kuning. hahaha
      Yuhuuuu mak daripada nangis ditengah lautan mending nyebur aja dah.

      Delete
  17. saya bacanya sambil tutup mata nih ...
    bacanya jadi susah .. yang kebaca hanya paha mulus .. #NgaburrAhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuh kan, pasti kamu tutup muka sambil ngebayangin paha ceribellll :) Jangan kabur, sini, .... mau sepedaan bareng :)

      Delete
  18. hihihi... kok bisa ya mba... :D.. kebayang sih malunya ;p. Tapi di lautan gini, gpplah mw berenang pake gamis segala ato baju lngkap :D..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, enthlah mbak, Jin penunggu lagi Hot kali lihat badan saya molek (baca : gendut) hahaa. yuhuuuu Sekarang jadi tahu, ternyata bisa juga berenang dengan gamis

      Delete
  19. Hahaha aduuh ketawa kenceng ntar kualat :D sampe robek gitu, makanya mbak, makan Karimnya ajak-ajak biar gendutnya barengan kita muahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Lho, ntar kualata. Kutunggu cerita "sobek" ala kamu :)
      Hahaha, Nggak nahan Yan kalau ada masakan Karim. Lupa ama berat badan

      Delete
  20. Dan terinpirasi snorkeling pakai baju gamis kayak mba zulfa.. asal jangan pakai robek, wkwkwkwkwkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, semoga nggak ada cerita robek Lagi.

      Kalau pakai gamis buat snorkling, jangan lupa pakai daleman celana panjang mbak.

      Delete
  21. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  22. terumbu karangnya sangat indah..

    ReplyDelete
  23. saya pernah ngalamin hal yang sama heheh, btw fotonya kereeennnn

    rupiah

    ReplyDelete

Follow Twitter

Follow Instagram