Menengok Keseharian Wanita India Mengenakan Baju Tradisionalnya

17:09:00

Indian sari

Wanita di zaman yang serba modern ini mengenakan baju tradisional dalam keseharian dapat dihitung dengan jari.Alasan utamanya karena baju tradisonal itu kuno dan ribet. Simple dan bebas beraktifitas menjadi gaya pemilihan busana wanita modern.

Apa iya baju tradisional menghambat aktifitas? Nenek kita zaman dahulu tetap beraktifitas meski kebaya melipit ditubuhnya. Tetep bisa masak, nanam padi disawah dan mengurus anak anak anaknya. Tapi memang mereka nggak mengendarai sepeda atau motor. Kata nenek, wanita zaman dulu naik sepeda itu masih saru (not good).

Di Indonesia menggunakan baju tradisional pada acara tertentu saja. Pada saat memperingati hari kebangsaan dan acara sakral, seperti pernikahan. Lebih semarak lagi kalau hari Kartini. Dimana mana lihat mbak mbak berkebaya, rambut disanggul mengendarai motor matic nya. Bahkan para Srikandi Pendaki tak segan memamerkan gaya Kebaya diujung Gunung. Kebaya menampilkan feminitas dan Ketangguhan disisi yang sama.

Di Bhutan semua masyarakatnya diharuskan memakai baju tradisional. Itu karena aturan dari pemimpin setempat. Berbeda dengan wanita India, mereka bangga mengenakan baju tradisionalnya. Tak ada paksaan atau aturan. Mulai beraktifitas sehari hari sampai tidur di malam hari. Bahkan, ketika tinggal di luar negeri mereka masih bangga dan cinta dengan baju tradisionalnya.

Tidak ada aturan baku yang menentukan baju formal atau tidak. Mulai dari wanita kantoran atau ibu rumah tangga. Gaya busananya sama. Bedanya disaat festival atau acara pernikahan. Biasanya warnanya lebih ngejreng dengan detail merci warna warni dan renda yang glamour.

Pakaian Tradisional wanita India tak hanya sebatas balutan saree (sari). Masih ada baju tradisional lainnya yang mereka kenakan sehari hari. Berikut berbagai macam baju tradisional India yang dikenakan dalam kesehariannya

      1.    Saree/Sari/Shari
India identik dengan Saree. Aggun berbalut sari mantra yang pas menggambarkana wanita India. Apalagi kalau rambutnya digulung sederhana. Cantik dan manis.  Less is More J. Saree ini biasanya dikenakan oleh wanita yang sudah menikah.

Saree itu terdiri atas tiga bagian. Baju pendek yang dikenal dengan blouse atau ravika atau Choli. Kedua, Rok panjang (dalaman) biasa dikenal dengan petticoat atau lehenga. Bagian luarnya yakni saree itu sendiri berupa kain panjang sekitar 5 – 8 meter. Dibalut menutupi Lehenga, kemudian dibikin lipatan didepannya. Dan sisanya dibiarkan tergerai di bahu sebelah. Anggun!.
Wanita India selatan suka mengenakan sari dengan design tradisional. Dari bahan sutra halus. Memiliki deisgn bingkai benang keemasan ditepinya. Sedangkan kalau Wanita di sebelah Utara, suka dengan sare dengan design warna warni. Dari bahan kain Siffon. Sering kita lihat di film Bollywood. Fyi, ada 80 gaya cara menggunakan Sari dan juga sejarah dibalik balutannya.
Berbagai Gaya Menggunakan Sari foto (foto diambil dari wikipedia)

      2.    Shalwar Suit(kamiz) dan Dupatta
Salwar ini sejenis celana kombor. Sedangkan Kamiz baju menjulur hingga kelutut dengan panjang ¾ lengan atau lengan pendek. Digunakan oleh siapapun mulai anak muda, sudah menikah sampai nenek nenek. Dupatta ini sejenis pashmina yang biasanya diselempangankan (menutup) dada.

Biasanya shalwar suit dan dupatta memiliki design yang sama. Ujung kaki hingga Dupatta. Terkadang shalwar dan dupatta yang seragam. Kalau beli kain di India biasanya lengkap dengan Dupattanya dengan kombinasi yang seragam.

Bahkan baju seragam sekolah perempuan di India mengenakan kombinasi salwar suit dan dupatta. Penduduk muslim biasanya menggunakan dupatta untuk menutup kepalanya. Sedangkan kalau dalam film Bollywodd, biasanya si cewek tersipu malu dan menutupi mukanya dengan dupatta ketika sang arjuna menggoda J.

Dirumah selain baju gamis, emak menggunakan salwar kamiz minus dupatta. Karena nggak terbiasa, seringnya dupatta kecantol disana sini trus sobek. Trus kalau makan sering jatuh dan masuk dalam hidangan. J

       3.    Curritar suit dan Dupatta
Curritar ini semacam legging dengan kerutan dibawahnya. Jadi leggingnya memang dibuat panjang sekali, sehingga menghasilakan kerutan dibawahnnya. Karena legging dan press body, biasanya suitnya lebih panjang, melebihi lutut kaki. Tapi nggak sampai mata kaki, karena harus menampakkan kerutan curritar.

Ini baju kebesaran emak ketika keluar rumah. Bikin emak “nampak“ lebih langsing dan muda. Siapa tahu ada Arjuna kecantol. *dipelototin* Shah Jahan.

Curritar India clothes
baju kuning pakai curritar dan disebelahnya pakai shalwar kamiz dan dupatta

       4.    Rajasthani
Bisa dipakai oleh wanita di daerah Rajasthan dan sekitarnya. Mirip kayak sari hanya saja sedikit beda. Terdiri atas 3 bagian, yakni blouse, rok melebar dan Dupatta lebar.  Ujung sisi dupatta diselipkan kedalam rok  bagian belakang dan ditarik kearah dada dan dijatuhkan ke bahu sebelah. Sama seperti sari.  Wanita Rajasthan sangat pemalu. Dupatta ini digunakan untuk menutupi wajahnya.


Pakaian Tradisional wanita India tak hanya empat itu saja looo. Masih banyak sekali. Hanya saja tidak digunakan sehari hari. Kadang mereka gunakan ketika ada pertunjukkan menari. India negeri bersejarah dengan balutan budaya dan tradisi yang kental.

You Might Also Like

58 comments

  1. Kayak di video ini, aku suka banget lihat baju-bajunya :) cakeeep

    https://www.youtube.com/watch?v=kpngnVaeYBQ

    ReplyDelete
  2. Cakep, sooooo Colourfull se colourfull negerinya :) Rajasthan .......

    ReplyDelete
  3. Wanita India memang terlihat sangat anggun saat memakai sari, tradisional namun tetap menggoda ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, lebih kelihatan aggun apa adanya (bukan Angguna) hehehe, eh jadi sampeyan tergoda sama wanita India? Kasih tahu mama Ivon nggak ya.....

      Delete
    2. kasih tau mbaaaak kasitauuuuuu :))))

      Delete
    3. hahaha Bikin geger Rumah tangga

      Delete
    4. kenapa sih setiap main film juga tetep pakai baju adat, sedangkan itu ad film yg tidak ad hubungannya dengan adat

      Delete
    5. Iya, karena memang faktor kebiasaan. Mereka pakai akaian adat dalam keseharian, nggak cuman waktu ada acara saja. Bagus kan ?

      Delete
  4. Warnanya itu lho yang berani banget. Aku yen nggawe werno-werni ngunu pede gak, yo?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kudu Pede Mbak, ketok luweh enom. nang India masio wis tuo sik gawe werno ngjreng. Pink kemlinting, merah membarah, ijo royo royo nek nggak ngono Kuning. sampe astronot isok nontok teko pluto :))

      Delete
  5. Aku pingin pake baju tradisional mereka, tapi yang versi jilbaban hihihi
    Aku suka warna warninya yang rame dan cerah ceria itu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai sari cuman Bluosenya yang panjang trus pakai jilbab, KEREN! aku belum pernah coba, ribet, hehehe.
      disini malah nggak suka warna polos, Suka yang colourfull kayak negaranya :)

      Delete
  6. warna-warninya segeeer....selalu suka deh kebaya india iniii, seanggun kebaya indonesia yaaa mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, aku masig suka kebaya Indonesia. Palagi sekarang gaya dan modelnya bervariasi. Trus seweknya juga dibuat kayak rok, jadi lebih muda dipakai

      Delete
  7. menurut aku kok wanita di film india yang pake sari gitu malah lebih cantik daripada yang di film2 sekarang pake celana kependeken

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, kalau pakai saree lebih cantik, manis dan menawan. Tradisional nan Sexy :)

      Delete
  8. Mbaaaaaak....tunggu aku yaa. Tunggu kuposting aku pakai sari, wkwwwk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kutungguuuuuuuuu Mbak. Bayangin sampeyan pakai sari. Acha acha....

      Delete
    2. wah, mbak fardelyn ada foto yg pakai sari? jdi penasaran..hehe

      Delete
  9. Pada dasarnya wanita itu cantik apa adanya, maksudnya tak peduli pakai baju modern atau tradisional pada dasarnya setiap wanita itu cantik

    ReplyDelete
  10. Ce india makin cakep kalo pake sari trus udel nya keliatan :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, Jadi menurut Kakak Cumi standart "Cakep" itu ketika Udel e muncul ? Makanya situ Hobi Pakai K**** Doang biar dibilang cakep ?. wkwkwkwk Kaburrrrrrr, sebelum Dikeplak

      Delete
  11. iya betul kebaya bukan penghambat aktivitas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi sekarang ada rok batik, bisa dipadu padankan dengan Kebaya. Tetep bisa beraktifitas :)

      Delete
  12. Jadi ingat cerita adiknya nenekku sekolah di Amrik, pakai kebaya =)) Tahun 50-an sih, hihihi XD
    Ternyata ngga cuma saree toh... belajar banyak dari post ini.
    Tadi barusan baca dupatta juga di blog Mbak Eki, eh di sini ada lagi ;) Seru seruuuu!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, keren mbak ya, sekolah di Amrik dan tetep pakai Kebaya. Very Indonesia :)
      Ya, nggak saree doang, masih banyak.

      Delete
  13. bajunyaaaa bagus2 yaaaa.. penuh warnaaaaaa..... segerrrrr...

    ReplyDelete
  14. Prnh ngeliat tutorial memakai sari mba, dan lgs puyeeng :D Hahaha, kyknya ribeeetttt... Tapi ttp suka ngeliatnya..apalagi warna2 kain sari itu emg bgs2 yak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau nghak biasa puyeng memang mbak. tapi kalau dah biasa, gampang. Tuh orang India membalut dan melipit saree tiap hari.
      Ya, sari memang dibuat bagus dan ngejreng, karena orang India suka warna kayak gitu, kelihatan kalau dilihat dari Pluto :)

      Delete
  15. Dulu waktu kecil srg ntn Film india dan pgn pake sari
    Heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, Dulu Ayahku juga suka lihat fil India, otomatis aku nonton juga. Trus kebayang diri sendiri pakai saree. Eh, sekarang sudah lama menetap di India tapi nggak pernah pakai sareee. hehehe

      Delete
  16. wah beragam banget y mbak kayak indonesia jadinya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. He eh, Kayaknya Indonesia lebih bergam lagiiii, banyak tuh baju dari sabang smp merauke tapi sayang, nggak digunakan sehari hari. hanya waktu ada acara saja

      Delete
  17. Yg jadi poin plus ny tuh emang orang2 asia selatan terutama india pny struktur n bentuk wajah yg bagus.walaupun ada yg brkulit gelap tetep keliatan manis karena berhidung mancung.wajah oval.mata lebar.alis panjang n tebal.bibir terbentuk sempurna dg tulang pipi yg bagus.di singapore pnduduknya trbagi dlm 4 ras besar.melayu.india.cina.bule...mnrutku yg paling TOP itu orang2 india.bner2 eksotis...

    ReplyDelete
  18. Yg jadi poin plus ny tuh emang orang2 asia selatan terutama india pny struktur n bentuk wajah yg bagus.walaupun ada yg brkulit gelap tetep keliatan manis karena berhidung mancung.wajah oval.mata lebar.alis panjang n tebal.bibir terbentuk sempurna dg tulang pipi yg bagus.di singapore pnduduknya trbagi dlm 4 ras besar.melayu.india.cina.bule...mnrutku yg paling TOP itu orang2 india.bner2 eksotis...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuuu Eksotik dan tampil Natural. Selain bajunya, aku juga salut sama bunga melati di kunciran rambutnya.

      Delete
  19. Ah karena pemerintah India telah mematenkan produk dalam negara mereka sendiri. Yakni jenis - jenis pakaian wanita khas India!

    ReplyDelete
  20. Moga - moga orang Indonesia juga tiru orang India. Ya, seperti kita memakai baju batik. Tapi, orang Indonesia jarang mencintai produk dalam negeri.

    ReplyDelete
  21. Sinetron India pun juga ada pakai saree, yakni Uttaran, dan Saraswatichandra!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu masalahnya, orang Indonesia jarang yang pakaina adat sehari sehari, kecuali orang pedalaman yang msh masuk di hutan.

      Bukan hanya sinetron, tapi sehari hari orang india pakai baju adat ketimbang baju modern

      Delete
  22. aku dah pernah pake sari, minjem sama temen yg pernah ke India bingung mbak ngelilit kainnya di badan soalnya panjang banget tapi yg penting di foto kece buat penyemangat biar bisa pake sari beneran di India

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe aku sampe sekarang nggak bisa pakai saree, Ribetnya itu looo.
      Tapi klo sudah biasa, ya, bisa gerak bebeas.

      Semoga ya, bisa pakai Baju India di India. Aamiin

      Delete
  23. Bisa saya tahu nama penuh penulis blog ini? terima kasih

    ReplyDelete
  24. suka banget ma baju tradisional di india selain itu perpaduan warnanya itu selalu pas

    ReplyDelete
  25. Blognya keren mbak. Hampir smua tulisan mbak sdh aku baca. Aku tertarik bget dgn yg berhubungan dgan indiaa apalagi cwok2nya hehe. Mbak skali2 dong pasang foto keluarganya. Apalagi sma suami mbak yg shah jahan itu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sudah berkunjung dan menyukai tulisan saya.
      Semoga sehat sekeluarg ya, Aamiin

      Delete
  26. Mbak Zulfaaa..
    jadi pengen liat emak bolang pake kain sariii...hihi. Colorful yak. Suka banget lihat warna warni y..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, Wah makin kece kalau pakai sareee

      Banget colourfullnya pakaina orang india

      Delete
  27. Cerita tentang india menarik sekali.Dari dulu saya tertarik sama gadis india,gimana sih cara mendapatkan gadis india untuk dijadikan pacar atau istri.
    Bagaimana karakter dan budaya gadis india mbak,apa mereka mau sama orang indonesia.
    Tolong donk di posting membahas karakter gadis2 india.
    salam kenal saya judhy,seko jogja wae.makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih.

      Salam kenal judhy :)

      Wah, saya belum pernah gaet cewek India, jadi kurang tahu. hehehe

      Caranya datang ke India dan tebar pesona, Cewek India sama kok akayak cewek Indonesia, hanya saja cewek Indonesia lebih sabar dan baik :)

      Moga moga han dpt India yang di idam idamkan, nggih ? Aamiin

      Salam

      Delete
  28. sangat menarik, dan bahkan dalam drama-drama yang disiarkan di tv indonesia, hampir kesemua pemainnya pakai baju tradisional

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar, orang india mempertahankan baju tradisional dalam keseharian

      Delete
  29. Bener banget ini. Saya juga, dulu, pas di UNPAD ketemu banyak mahasiswa india. Mereka tetep aja pake baju tradisional. Seminimal-minimalnya tetap pake selendang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, dimanapun mreka tinggal pasti makai baju gradisionalnya. kalaupun baju modern, mreka pasti masih pakai gelang

      Delete

Follow Twitter

Follow Google+

Follow Instagram