Menyesap Segar dan Manisnya Chuski Kala Khata

14:00:00

Chuski India

Sluurppp dingin, manis dan segernya menyusupi  setiap kelokan tenggorokan membuat  tubuh yang letih terhisab sengat sang mentari menjadi bugar kembali.

Siapa yang tak tergoda dengan deretan botol warna warni syrup yang menyegarkan mata. Ditambah dengan alunan gesekan es yang dipasrah menjadi es serut.  Dikelilingi cewek dan cowok India yang asyik menjilati tetesan syrup yang bikin liur mengalir deras. Terdengar suara sesapan begitu mendalam. Bikin diri ini nggak nahan untuk menikmatinya.

Es dengan baluran sirup warna warni kayak pelangi ini di  India namanya Chuski. Es Serut yang mengingatkan saya akan es pasrah atau es ting ting kala masih unyu unyu dulu. Saat itu, saya belinya harus sembunyi sembunyi. Karena nih es pasrah kebanyakan mengandung gula sintetik. Bikin tenggorokan uhuk uhuk.

Sebenarnya sama saja antara Chuski dengan es pasrah. Yakni es yang dipasrah kemudian dibentuk kerucut. Trus di siram dengan aneka syrup. Bahasa kerennya Ice Golas. Kalau di Indonesia biasanya ada dua varian rasa, yakni rasa coklat dan rasa syrup merah. Kalau di India ada berbagai macam. Yakni rasa Orange, manggo, Mawar, lemon dan Khas.

Di musim panas seperti ini, selain Lassi, Chuski juga banyak dijumpai di jalanan India. Paling banyak dijumpai di pasar. Dijual dalam gerobak kecil dengan warna warni merah ngejreng. Kalau saya perhatikan, penjual chuski ini kayaknya dalam satu pabrik (franchise) karena gerobak dan segala detailnya bentuknya sama. Mungkin juga ada penjual gerobak khusus chuski.

Bagaimana cara membuat chuski? Mudah pakai banget. Es batu  dipasrah dalam gelas plastik. Diisi cuman setengah saja kemudian disiram dengan syrup. Sisihkan. Setelah itu si bapak penjual chuski masrah es batu lagi. Kali ini diletakkan dalam gelas berbentuk kayak kerucut es lollipop. Diisi hingga menggunung. Trus sebuah stik ice cream dimasukkan kedalam  gundukan pasrahan es dalam gelas tadi. Kemudian gelas digedor gedorkan ke meja hingga es pasrah menjadi padat dan membentuk seperti gelas atau berbentuk mirip ice cream stick. Terus, bapak penjual Chuski menyiramkan sirup diatas es. Chuski ini dihargai 10 Rupees atau Rp.2000 saja.

Chuski Kalla Khatta
Membuat Chuski dan ada bubuk rempah disebelahnya

Flavur of Chuski
Pilihan Rasa Chuski

Menikmati chuski ini tiada habisnya. Gimana tidak, manis nya nggak selesai selesai. Jadi setelah kita isap dan jilat. Dimasukkan lagi kedalam gelas plastik tadi yang sudah dipenuhi dengan sedikit es serut dan sirup. Cocol lagi dan jilat lagi. Cocol lagi dan isap lagi. Sampai habis.

Nah, Seantero bumi Mahabharata yang terkenal dan paling disukai itu Chuski Kala Khata. Kala Khatta ini syrup yang terbuat dari jamun. Biasa dikenal dengan Indian blackberry. Dilihat sekilas jamun ini nampak seperti buah Juwet. Atau memang buah juwet? Karena sering saya lihat penjual juwet dimusim panas seperti saat ini. Nah, Chuski Kala Khata ini Chuski  yang disiram dengan syrup Kala Khata.

India Fruit
Jammun

Bukan India namanya kalau tidak menikmati segala sesuatu tanpa taburan bubuk rempah dan garam. Termasuk Chuski. Nah, selain disiram syrup, chuski juga diberi sedikit taburan rempah dan garam. Kalau pakai bubuk ini rasanya jadi nggak jelas. Aneh dimulut dan nyegrak di tenggorokan. Jadi, kalau beli chuski atau jus minta tanpa taburan bubuk rempah.

Menikmati chuski itu terasa mencecap kehidupan negara India itu sendiri. Warna warni kehidupannya semeriah warna warni pelangi chuski. Meski banyak hal dan pengalaman pahit hidup di negeri ini. Namum, semua hal terasa manis jika dikenang. Semanis hisaban Chuski. Slruuppp.

 
Sweet Chuski India
Hisab terus chuski nya :)

You Might Also Like

57 comments

  1. Juga ingat saya masih imut dulu, ada model es pasrah begini taruh di kayak bekas tutup toples plastik bulat buat cetakannya. masukkan es serut/pasrah trus diletakin stiknya biasanya dr bambu pipih ditumpuk es pasrah lagi trus ditutup dg cetakannya dipadetin diguyur gula warna merrah banget kayaknya pake "seribu manis" juga. Hehehe disana ada disini ada serupa tapi tak sama, saya ga pernah liat penjual es psrah begitj lg di sini. Masih panas di India mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya siapapun suka sama es pasrah ini. kayaknya punya "magic" art waktu nyesapnya. heheh sederhana tapi luar biasa. Iya, di Indonesia kebanyakan dikasih gula seribu manis. Sedih juga, padahal yg beli kebanyakan anak anak.

      Alhamdullilah, 3 hari ini tiap malam hujan. suhu udara sudah menurun.

      Delete
  2. Tetep... yo onok taburan rempahe... Aku karo mamaku yo gak oleh tuku es pasrah. Jarene nggak sari manis trus es batune soko banyu mentah. Wallahu alam... ira

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha Iyo, Ora India nek nggak onok rempah e.
      Iyo podod mbak, aku biyen nek tuku maem e nang isor longan (dibawah kasur)
      Jere Ibu ku " nek watuk, rasakno dewe" :)

      Delete
    2. He-eh, jare mamaku yo ngunu. Tuku es ngunu nggarahi watuk...Btw, regane Chuski sakgelas piro?

      Delete
    3. Eh Iyo lalai nulis regane. Matur nuwun ngilingo mbak. Regane 10 Rupees sekitar Rp. 2000

      Delete
  3. slurrrpp segernyaaaa.. ini kayak temulawak kayak pas jaman kita SD nggak ya? ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, warna e kayak temulawak

      Delete
  4. es pasrah yang kek gimana sih mbak? :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Es pasarah itu es serut itu loo. trus dibentuk kerucut. trus dikasih sirup merah.
      Mungkin ditempat sampeyan namanya beda. :)

      Delete
    2. Kayak yang aku beli waktu masih SD :D

      Jadi kangen jajan beginian >.<

      Delete
    3. He eh, aku juga sering beli waktu SD. sekarang ngikut Najin, kalau dia beli, aku jadi ikut beli, mengingat masa lalu juga. :)

      Delete
  5. Aku mau nya es blewah nya kang wahab yg pake gerobak dorong itu lho kak, seger nya minta ampun tapi bikin batuk hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe jadi kangen. Iya es blewah nya itu sederhana tapi seger, apalagi Gresik panas sekali. Disitu saya merasa sedih, kenapa ya es di Indonesia rata rata pakai gula seribu manis yg bikin uhuk uhuk.

      Delete
    2. wah, sama nih.. aku juga pngn banget es blewah.. hehe

      Delete
    3. es blewah memang seger kebangetan, ya.

      Delete
  6. Musim panas dan suhunya diatas puluhan derajat pas banget kalau minum es kayak gini, bikin ngiler hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget, Rasanya bugar kembali dan jalan jalan lagi. :)

      Delete
  7. Baru mau nanya es pasrah itu apa. Sudah ada yang nanya duluan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, es pasrah atau es serut.... mungkin beda daerah beda nama ya...

      Delete
  8. Whaat?! Aku jadi penasaran gimana itu rasanya minum es sirop ato es jus dikasih taburan rempah?!

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau aku dah kibar kibar bendera ama minuman dikasih bubuk rempah, rasanya jadi aneh dan nggak jelas, hehehe

      Delete
  9. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  10. Seger banget liatnya Membayangkan minumnya juga lebih seger lagi. Cocok di cuaca panas seperti skrg ya mbak :)
    Buah Juwet itu seperti apa mba? Baru denger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang seger banget, laris eh ini di musim panas.

      entahlah apa bahasa Indonesia buah Juwe, bentuknya lonjong dan pendek, kayak ibu jari. Trus luarnya ungu tua hapir kehitaman. Dan rasanya masam manis. Ada bijinya didalalmnya. kapan kapan kalau keliahtan dijalan aku poto in. hehehe

      Delete
  11. Segarnya. Iya mirip es serut di indonesia. Dulu waktu kecil, aku dilarang beli es serut pinggir jalan karena ketakutan sirupnya pakai zat pewarna pakaian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, berarti ditempat Zahra namanya es serut ya... Iya, ibu ibu kita pada ngelarang ya, sudah pakai seribu manis pakai pewarna pakaian juga, duh duh duh padahal es in kesukaan anak anak.

      Delete
  12. Replies
    1. Bangeeeeetttttttttttttttttttt hehehe

      Delete
  13. Hiiihiii..es serut teuteup dikasih rempah dan garam?..haduuuuh.enggak dech..qiiqiiqii

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyo, Kalau beli apa2 di India memang harus awas, kalau nggak langsung dah ditaburi bubuk rempah. Aku kalau beli, waktu pesan, langsung aku bilangin, nggak pakai masala (bubuk rempah) :)))

      Delete
    2. Iya...bener mbak..itu yg namanya masala bikin pusing palaberbi..hiiihii..tapi angkat topi n kasih jempol buat yg suka masakan india.

      Delete
    3. hehehe, laaa kebanayakn penjual itu sudah "otomatis" jadi mestki dibilang jangan dikasih, tapi seringnya dikasih, lupa soalnya, dah kebiasaan gitu. jadi selain bilang, aku harus melototin juga, Mua beli apa jadi mandor :D

      Delete
  14. Nggak kebayang rasanya es dikasih rempah-rempah, ambooy sedapnya :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malah nggak jelas klo dicampur sama rempah :)

      Delete
  15. Cocok di cuaca panas seperti skrg ya mbak :)
    Buah Juwet itu seperti apa mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cocok Banget, Juwet iu kayak foto ditas itu Jammun. Entah ya di daerah lain namanya apa, klo di Jawa timur buah ini dikenal dg juwet, rasanya masam sepet gitu.

      Delete
    2. waah.... buah juwet itu kalo di kamoung ku ada kak ^^ warnanya ungu gelap2 gtu... rasannya juga enak :D

      Delete
  16. disana ada disini ada serupa tapi tak sama, saya ga pernah liat penjual es psrah begitj lg di sini. Masih panas di India mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, disana sini sserupa sebenarnya. Dulu banyak, sekarng jarang banget. Masih panas, ini sudah masuk musim gugur tapi masih panas, biasanya sudah adem ayem :)

      Delete
  17. hmmm kayaknya seger tuh mbak :D

    ReplyDelete
  18. waah... kak itu kayaknya buah juwet ya ? :D klo d kampungku buah juwet namannya:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuuu bener buah Juwet, dulu di kampung banyak, enath sekarang nggak pernah lihat buah ini lagi. masam masam segerrrr

      Delete
  19. slurrrpp segernyaaaa.. ini kayak temulawak kayak pas jaman kita SD nggak ya? ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget segernya dan manis. Wah, jadi pingin temulawak

      Delete
    2. Beda dengan temulawak. Ini kayak es es pasrah atau serut manis.

      Delete
  20. Wihh seger banget itu yak.. jadi pingin coba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget segernya, waktu musim dinginpun masih enak disesap.sruuuppp

      Delete
  21. Cocok di cuaca panas seperti skrg ya mbak :)
    Buah Juwet itu seperti apa mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget cucoknya. Buah juwet itu jammun diatas itu, mirip anggur cuman lonjong

      Delete
    2. enak banget juwet. Rasnya sepet sepet manis gimana gitu @.@ ngangenin baget buah itu dulu ya makan waktu masih SD hehe di belakang sekolah

      Delete
    3. eh, ada yang tahu Juwet. ahhhhh, iya sekarang dah susah cari juwet ya....

      Delete

Follow Twitter

Follow Google+

Follow Instagram