Gajih Pinggir Dan Pesta “Caviar” Ala Kota Gresik

18:10:00


Kuliner Khas Gresik

Aneka jenis olahan telur ikan tersaji dalam baluran bumbu pedas menggoda

Tinggal dan besar di kota Gresik bukan berarti saya mengetahui semua kuliner khas kota yang terkenal akan semennya ini. Ada beberapa kuliner khas Gresik yang justru saya ketahui ketika masuk jenjang sekolah pertama, karena kebetulan sekolah saya berdekatan dengan pusatnya kuliner khas Kota Gresik. Salah satunya Gajih pinggir, jenis olahan jeroan ikan Bandeng yang dimasak dalam ramuan bumbu pedas.

Pertama kali kenal Gajih pinggir ketika seorang teman satu kelas mengajak saya makan siang. Waktu itu Gajih pinggir ini menjadi menu favourite ketika istirahat sekolah. Jujur ya, lihat penampakan Gajih pinggir rasanya nggak bisa nelan. Keburu Neg duluan.

Gajih pinggir sendiri sebenarnya berasal semua jaroan (bagian dalam) ikan bandeng seperti usus, hati, ginjal, lemak dan telur. Tapi beberapa penjual juga mencampurkan berbagai telur ikan dari jenis ikan yang berbeda. Jeroan ikan ini ketika dimasak (ditumis) dengan bumbu menjadi mudah hancur sehingga tekstrur Gajih pinggir menjadi lembek menyerupai bubur.

Terkadang ada juga jeroan yang tidak sepenuhnya hancur, jadi membentuk semacam bongkahan didalamnya. Warnanya coklat kemerahan dalam limpahan minyak yang banyak. Pertama kali mencoba rasanya super gurih, pedas, rasa bumbu merah yang tajam dan sedikit asin.

Biasanya jeroan ikan rasanya pahit, disini rasa pahit tidak terasa sama sekali. Katanya sih para penjual ini tahu cara membelah dan mengolah semua jeroan sehingga tidak pahit. Nah, untuk menyeimbangkan rasa Gajih pinggir yang gurih tajam ini biasanya disantap bersama dengan krupuk. Cara makannya di cocol atau dicelupkan atau disendokkan kedalam gajih pinggir. Trus dimakan, Yummy…..

Makanan Khas kota Gresik
Gajih Pinggir ... Ora cinta yen ora mampir :)

Gajih pinggir juga nikmat dihidangkan sebagai lauk. Dimakan dengan nasi punel yang panas ngebul ngebul. Gajih pinggir dijual dengan takaran perkilogram. Jadi kalau beli ditimbang dulu. Bukan per porsi. Seukuran plastik kecil dijual dengan harga Rp. 5000.

Penjual gajih pinggir ini biasanya juga menjual berbagai macam olahan telur ikan. Seperti telur ikan kakap, telur ikan mujaer, Telur ikan bader, telor ikan tengiri, Telur ikan Bandeng dan aneka telur ikan lainnnya. Terkadang penjualnya menjual sate telur burung dara.

Beda telur ikan, beda juga cara memasaknya. Ada yang dimasak dengan bentuk telur utuh kecil kecil. Ada yang dimasak dalam daun pisang, semacam pepes yang digoreng. Atau dimasak dengan campuran tepung dan telur kemudian dikukus, dipotong kotat kotat dan digoreng. Cocok untuk camilan atau lauk. Telur telur ikan dalam berbagai macam olahan dan rasa  ini disajikan dalam suguhan wadah penyimpan makanan yang menggoda.

Gajih Pinggir
Telur ikan dibikin kayak perkedel rasanya gurih pedas

Gajih pinggir dan telur Ikan
Yang ini dimasak ala "pepes" goreng rasanya ..... gurik kayak ngeletus telur :)

Kuliner Nusantara
Telur ikan Mujair .. lezatnya bikin lupa sama mantan

tasty Caviar
Telur Ikan kakap .... Gurihnya mantap
Penjual gajih pinggir di Gresik
Dipili dipilih ...  telur ikannya yang diolah dengan aneka macam rasa

Karena satu ikan tidak menghasilkan telur dalam kuantitas yang banyak, harganya jadi lumayan tinggi. Tapi masih murahlah dibanding dengan harga caviar yang bikin dompet berteriak marah. Satu Kilogram telur ikan yang sudah dimasak ini dijual dengan harga rata rata Rp. 50.000 – Rp. 60.000/ setengah Kg. Beda telur ikan dan olahan, beda pula harganya. Yang dijual semacam pepes goreng, harganya Rp. 2500. Sedangkan yang dicampur tepung dan dijual mirip perkedel dijual dengan harg Rp. 1000/biji.

Gresik merupakan salah satu kota penghasil ikan di Indonesia. Disepanjang pesisir Utara berdekatan dengan laut dipenuhi dengan jajaran tambak Ikan. Di Kota Gresik sendiri terdapat beberapa perusahaan pengolahan ikan yang di ekspor hingga luar negeri. Menurut salah satu penjual, telur telur ikan ini didapatkan dari perusahaan tersebut.

Gresik sendiri memiliki kuliner khas lainnya yang sering dijadikan oleh oleh, yakni Otak otak Bandeng. Nah, untuk membuat otak otak ini, jeroan dan daging ikan bandengan di pisah dari kulitnya. Daging ikan bandeng dihaluskan dan dibuat otak otak bandeng. Sementara bagian jeroannya dibuat untuk Gajih pinggir. Tak ada yang Mubazir kan ?

Dimana sih penjual gajih pinggir ini biasanya mangkal? Penjual aneka macam “caviar” ini bisa kita jumpai di Pasar Gresik. Tepatnya di bagian tengah pasar. Mereka biasanya duduk berdampingan dengan penjual makanan khas kota Gresik lainnya, seperti nasi krawu, lontong mie, lontong Rumo dan rujak cingur. Kalau lagi wisata religi di Kota Gresik, jangan lewatkan kuliner yang satu ini.

Jika Anda ingin mneikmati aneka kuliner hasil olahan telur ikan, KLIK DISINI

Videonya bisa diintip di NET TV berikut linknya 

Happy Mbadok :)

You Might Also Like

26 comments

  1. Ya ampuun prasaan dulu dulu kalo ke Gresik ga pernah disuguhin macam "caviar" ini mbak sama sodara (hihi ngarep gratisan) paling sering banget ikan disayur kunyit segar apa itu mbak namanya?, duh endes rasanya. otak-otak, ibuku sering banget bikin, bahkan kalo balik ke jkt dibekalin otak-otak ntar nyampe masukin kulkas trus kl mo mkn tinggal nggoreng pake telor aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ohhh itu namanya sayur menir :) rasaya seger cocok dimakan di Gresik yang berhawa panas.
      Nah, sip tuh, Bahkan aku kalau ke India bawa otak otak juga, ibu sendiri yang bikin.

      Klo ke Gresik jangan lupa cobain Caviar ini, enak dan banyak mengandung omega 3

      Delete
    2. Ohh sip sip insha allah dikasih kesempatan ke Gresik lagi. Amiin. Ayo mbak critain ttg kuliner Gresik lainnya sambil aku ingat2 jaman dulu. minuman khasnya ada loh favorit bapakku bisanya cuma kalo pas ke gresik sedayu lamongan aja hahaha

      Delete
    3. iya nih masih ada kuliner khas gresik yang belum kutulis, iyo minuman iku aku belom foto, ntar hunting hunting lagi dah klo ada waktu.

      Delete
  2. Hemm jd laper lagi mak 😫
    emak kok posting gajih pinggir malam sih, aku jd ngeces nih mak kebayang pedesnya, terus aku harus cari gajih pinggir kemana mak malam2 gini??? 😂😂😂😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, selesai nulis e malam hari, biar besok pagi pada nyerbu gajih pinggir.
      Pedes pedes sedap ya.... Krupuk mana krupuk ? hehehe

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. hehehe, emang klo lihat gajih pinggir bikin Laper

      Delete
  6. Semua olahan telor diatas enak-enak nih.
    Saya paling suka kalo makan nasi panas ngebul2 dengan pepes telor ikan, rasanya puoool enak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget. Hehehe sama, aku juga suka kalau dimakan sama nadi panas ngebul ngebul plus sambal, huahhhh lapar jadinya :)

      Delete
  7. Telur ikan penampilannya kayak Samosa ya mbak haha. Kalo baca tulisan mb Zulfa selalu nemu nama makanan yang aneh (baca : baru) :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, yang digoreng dengan tepung itu sekilas namapak seperti Samosa.
      Makanya sering mampir kesini, biar tahu aneka kuliner Nusantara
      Dengan kata lain, badokan tok, hehehe ngerti nggak yo?

      Delete
  8. Aku baru tau nih gajih pinggir.. jadi penasaran...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget, Loo pas ke adik ipar nggak diajak cobain kah ? next time semoga bisa incip incip gajih pinggir ya mbak

      Delete
  9. Duuuuuuh...bikin ngileeeeer mbak. Kpan balik ke India mbak Zulfa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe *sodorinkanebo. Harusnya kau balik ttgl 30 kemarin, eh malessss. lahi kenekakan di home sweet home

      Delete
  10. Oohhhh... lek pengen move on kudu maem telur ikan mujair dhisik, yooo. Jenenge lucu. Tak pikir soko gajih sapi, ya... Lek aku wingi, karena durung terbiasa maem caviar sing roso2 anyar, dadi rasanya yo rodo aneh nang ilatku. Yen caviar nang kene aku gak kolu maeme... ira

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkw ditabok ikan mujaer mbak biar bisa move on. Iyo, jenenge lucu, pasti dikiro teko gajih alias lemak. WIyo mungkin durung terbiasa. wah, sampeyan sing dimasak agak penyesuain, opo maneh sing mentah koyok caviar iku..... geli :)

      Delete
  11. ada juga toh jeroan ikan ... baru tahu ... he he .... visualnya tidak menggoda ya ....
    kalau telur ikan saya senang bangettt

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, ternyata ada. he eh visualnya kurang menggoda, maklum fotografer kacangan dan pas foto dilihat orang banyak, hehehe

      Delete
  12. Wow baru tahu ada jeroan ikan dibikin makanan, itu yang dibentuk kaya perkedel, penasaran bgt rasanya :0

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, enak banget klo jeroan ikan dimasak pedas, nggak pahit, justru keluar rasa gurihnya. Ayoooo main kesini ntar aku ajakin hunting telor ikan

      Delete
  13. kata suamiku yg dr kecil sampai dewasa tinggal di gresik, ini enak banget, jd kangen gresik katanya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh, Yah ini memang enak banget dan bikin kangen. Gurihnya itu lho.... yummmy

      Delete

Follow Twitter

Follow Google+

Follow Instagram