Padang Rumput Bunga di Sudut ‘Surga Dunia‘

06:30:00

Kashmir valley India

Deretan lembah molek berbungkus Bunga terhampar di kaki pegunungan berselimut salju

Dari kota New Delhi, Ibu kota India, saya bersama teman teman memilih perjalanan darat. Meski memakan waktu hingga 24 jam lamanya. Tapi pemandangan yang ditawarkan justru menambah pengalaman tak terlupakan. Terserak pedesaan yang bertengger di lereng pegunungan. Liukan sungai membelah perbukitan. Penggembala mengarak domba. Melintasi baris pegunungan dengan jurang menganga. Melewati jembatan tua dengan deras aliran sungai dibawahnya. Berteman dengan gerimis dan tersapu langit biru berhias gantungan awan putih.

Hari pertama di Kashmir, kami menghabiskan waktu menyesap keindahan Sonamarg hill station. Puas memoles mata dengan deretan gemunung bertudung salju di lembah yang dijuluki Padang rumput emas seharian, sore harinya kami kembali ke Srinagar. Keesokan harinya ketika mentari menyembul diantara lekuk pegunungan berselimut salju, kami melanjutkan perjalanan menuju Gulmarg.

Berjarak 52 Km dari kota Srinagar. Berada di distric Baramulla di Selatan kota Srinagar. Kami merogoh kocek 1800 Rupees untuk menyewa mobil seharian. Sewa mobil ini sudah termasuk bensin dan sopir (all include), kalau di rupiahkan  sekitar Rp. 400.000.

Danau Dal lepas dari pandangan. Melewati kota tua Srinagar, nampak deretan truk militer dipenuhi tentara. Sisa sisa gejolak perang lebih terasa. Beberapa kali kami berpapasan dengan Jeep dan tentara dengan senapan berlaras panjang berjaga jaga. Hal ini dikarenakan Gulmarg berada dekat dengan Line of control antara negara Pakistan dan India.

Setelah 1,5 jam perjalanan menembus hutan pohon pinus. Kami berhenti sejenak di tebing pandang atau view point. Suguhan alam baris pegunungan berselimut salju nampak lebih tebal dan bersahabat. Begitu dekat seolah bisa disentuh oleh ujung jari. Sungai meliuk membelah pegunungan. Mengalirkan air bening bak Kristal dari lelehan glacier es.  Rimbun pohon pinus membungkus bukit dikaki pegunungan.

Kashmir valley India

Kashmir valley India


Kesegaran di pelupuk mata memercikkan ketenangan dalam hati. Sayang, Panorama Bumi Kashmir tak akan pernah cukup memuaskan jiwa pecinta keindahan Alam. Semakin menikmatinya, justru haus pula ceruk nafsu ini untuk kembali menatap keindahan yang ditawarkan dibalik gunung gemunung yang berdiri menawan. Kami lanjutkan perjalanan menuju Gulmarg. Dari sini jalanan mulai menanjak tajam, meliuk naik turun. Sesekali tanjakan tajam bersamaan dengan tikungan yang tajam pula. Membuat kami was was.

Satu jam berlalu kami tiba di Gulmarg. Berasal dari kata Gaurimarg nama dari Devi parvati, istri dari dewa Shiva atau Lord Mahadev. Gaurimarg diubah menjadi Gulmarg oleh seorang Raja Muslim bernama Yousuf Shah Chak. Gulmarg sendiri berarti padang rumput bunga. Disaat musim semi tiba, bunga kecil dengan berbagai warna bermekaran membungkus lembah.

Gulmarg menjadi tempat tinggal favourite para Raja pada dahulu kala. Mulai dari Raja hindu, Kaisar Mughal hingga menjadi summer holiday pada masa penjajahan Inggris di India. Hingga saat ini, Gulmarg menjadi destinasi favourit di India.

Suguhan padang rumput berlatar belakang range pegunungan berselimut salju. Berdiri beberapa vila dan hotel. Pandangan layaknya negara Switzerland tersuguh dihadapan mata. Di hamparan rumput nan luas berdiri beberapa pendopo sebagai tempat piknik. Mengalir sungai kecil dipercantik dengan lengkungan jembatan kayu diatasnya. Kuda berkeliaran dengan bebas. Sedangkan para gembala menemani puluhan domba merumput dipadang hijau.

Waktu yang tepat berkunjung ke Kashmir

Kashmir Paradise of the earth

Gulmarg

Kashmir valley India

Kami lanjutkan tapak kaki menuju wisata utama di Gulmarg. Yakni menikmati cable car atau gondola tertinggi kedua didunia menuju puncak pegunungan yang menjadi resort ski. Sampai di stasiun Gondola kami tak percaya dengan apa yang kami lihat. Antrian mengular tak berujung hingga ratusan mungkin ribuan wisatawan yang didominasi warga negara India. Dimusim panas yang bertepatan dengan summer holiday di India, Gulmarg bak lautan manusia.

Untung teman teman sudah membeli tiket online di www.gulmarggondola.com. Tapi saya sendiri belum membeli tiket. Hehehe. Karena saya ngikuti trip ini dadakan, tanpa kepastian ikut berangkat. Masih menunggu kepastian liburan sekolah si Kecil. Jadilah teman teman yang berangkat dari Indonesia membeli tiket online duluan.

Bagaimana dengan saya yang belum beli tiket online? Jadi gini. Di Gulmarg untuk menaiki gondola ada dua konter. Pertama untuk membeli tiket secara langsung dan konter kedua untuk menukarkan form pembelian online dengan ticket. Karena saya belum beli tiket, ‘harusnya’ saya beli di konter pertama yang super antri. Sedangkan konter kedua sepi.

Saya bawa form pembelian online teman teman ke konter kedua. Setelah dapat tiket, saya bilang ke salah satu petugas loket bahwa saya sendiri belum memiliki tiket gondola sambil nyengir cakep. Dia meminta saya untuk pergi ke loket sebelah. Oh, Tidak!. Akhirnya saya mengeluarkan jurus maut ngegombal tanpa kedipan mata.

Jurus merayu nggak berhasil. Petugas berwajah Kashmir ini tetep gedek. Please, sir. Dia tetep gedek dengan senyuman. Masak iya saya harus merayu dengan lebih ‘nakal’ gitu? Pikiran saya langsung kalut. Akhirnya saya tarik nafas panjang dan memelas kece ke petugas. Saya bilang ke dia, kalau kami barusan tersesat, capek!. Antrian panjang lagi, haruskah saya terpisah dengan teman teman? Sementara Gondola sebentar lagi tutup. Akhirnya petugas meleleh hatinya menatap aura kecantikan saya, dia berdiri menuju konter sebelah dan membeli tiket buat saya tanpa antri. Horeee. Rezeki emak solehah.

Oh, ya dalam postingan selanjutnya saya akan bercerita tersesat di camp tentara India di Kashmir.

Kami masuk dalam antrian yang mengular. Tetiba langit yang tadinya biru tersapu awan hitam. Hujan lebat disertai hujan es menyapa. Kami yang seyogyanya mengenakan long john, Sweater plus jaket dan shawl tak dapat menahan hembusan udara dingin. Kami keluar dari antrian dan menuju salah satu restoran untuk menikmati teh hangat. Menghangatkan tubuh kami menunggu hingga hujan es reda dan wisatawan berkurang. Sekaligus menikmati makan siang dengan menu Khasmere Pulao, makanan khas Kashmir.

Hampir dua jam lamanya kami bercengkrama didalam restoran. Antrian panjang sudah tak nampak lagi. Ditengah gerimis dan angin dingin kami berjalan menuju stasiun gondola Gulmarg resort yang berada di ketinggian 2600 Meter. Antri sedikit saja karena semua orang sudah naik keatas.

Terdapat dua fase gondola. Fase pertama mengantarkan wisatawasan dari Gulmarg resort menuju Kangdoori station diketinggian 3.080 meter. Dengan harga tiket 600 Rupees. Mengajak para turis bermain ski di lembah Kangdoori yang berbentuk mirip sebuah mangkok.

Fase dua yang memiliki 36 cabin dan 18 menara mengajak wisatawan hingga berada di ketinggian 3950 Meter. Harga tiket gondola 1800 Rupees. Menuju atap Kangdoori mountain yang berada dekat dengan puncak pegunungan Afarwat yang berada di ketinggian 4200 Meter. Kami membeli tiket sampe di fase pertama saja.

Range ski yang panjang dan lebar masuk dalam puncak gugusan pegunungan Himalaya. CNN International menjadikannya sebagai  Asia's seventh best ski destination. CNN juga menjulukinya sebagai "Heartland of winter sports in India". Resort permainan ski bak pegunungan Alpen menjadikannya dikenal sebagai Switzerland of Asia.

Gulmarg India

Tips ke Kashmir

Kashmir valley India

Pada saat musim panas, banyak kegiatan outdoor yang ditawarkan. Seperti bermain golf, trekking, mountain biking, menunggang kuda, water skiing dan memancing. Gulmarg juga dinobatkan sebagai hamparan hijau tempat bermain golf tertinggi di dunia.

Puas bermain salju dan mencoba permainan tradisional ala kashmir, sore menjelang malam kami kembali ke Srinagar. Sebelum beranjak, seperti biasa kami menyusuri sudut sudut cakep dimana banyak bunga bermekaran. Kami juga meninggalkan jejak di toilet dengan panorama super kece. Dan menyantap menu masakan Kashmir yang dimasak oleh chef Kashmir yang cakepnya kebangetan.

India Food

Musim panas di Kashmir membuat kami betah bermain seharian. Matahari tenggelam lebih lama dari hari biasanya. Ah, Tak salah jika penduduk dunia menjulukinya sebagai surga di bumi. Semoga kedamaian selalu menyelimuti bumi Kashmir.

*Video Travelling Tentang Bermain Ski di Gulmarg Tayang di NET TV





You Might Also Like

36 comments

  1. Wow, indah banget. Sangat romantis untuk bulan madu.

    ReplyDelete
  2. Dih jadi gak sabar buat nulis keindahan Jammu & Kashmir lagiii :) next aaah :)

    ReplyDelete
  3. Huaaaa keren banget mbak. Huhu mupeng banget pingin ke sana. Maret ga jadi :(
    Itu foto makanan pake bawang bikin laper mendadak. *sesama suka bawang :))
    Apa nama makanannya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu Khashmere Pulau, enak kebangetan. Moga moga suatu saat bisa kesini ya... Aamiin

      Delete
  4. Mbak duhh cakep cakep cakep impian masa kecilku ini pengen ke Kashmir. Doa kenceng-kenceng.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya cakep banget. Cowoknya juga *ditoyor

      Delete
  5. Wah, keren mak gaya rayuan maut sambil menampilkan rasa memelas ke petugas bisa membuat hati petugas meleleh. Ajarin mak caranya, hahaha. wah bener kalau ada resort permainan ski tertinggi di dunia lawong India dekat dengan pegunungan Himalaya (Nepal dan sekitarny) atau puncak Godwin Austin. Jossss lah, masalah pemandangannya nggak koment kak, kalau cantik sieh pasti iya :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. waklum lah awajhku yang sayu ini memang nampk melas.
      kan dibilang, petugasnya tergoda denga aura kecantikanku *dibalangkoco

      Jossss tenan memang

      Delete
  6. mbak nama2 tempatnya kayak familiar di telinga, kayak nama2 tempt di cerita fiksi lord of the ring :D

    ReplyDelete
  7. uwwwooooo merinding mbak bacanya ini spot wajib di jamah suatu hari nanti.... keren mbak zulfaaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa merinding, emang ada panampakan dunia lain, hehehe.
      Harus menjamah suatu saat nanti.

      Delete
  8. Been there last october,,, Amazing kashmir... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amazing banget memang ya... Ping kesana lagi, sebulan leyeh leyeh

      Delete
  9. cateetttt!! Harus bisa pokoknya ke kashmir... aku ngebayagin kalo pensiun ntr tinggal di daerah pegunungan gini, enak bgt pasti yaaa ^o^

    ReplyDelete
    Replies
    1. HARUS mbak Fany, tentukan tanggal cutinya. Minimal seminggu mbak di Kahsmir biar puas

      Delete
  10. Replies
    1. InsyaAllah secepatnya bisa pegang salju. Rajin nabung yuk!

      Delete
  11. woooooow keren ya , saljunya indah, pasti dinginnya brrrrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. He eh keren banget pokoknya. Dingin, apalagi kena hujan es. brrrrrrr

      Delete
  12. ya ampuuuun, kereeeeen ... kereeenn buuanget gambarnya, semoga suatu hari bisa kesini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buangattttttt. Aamiin, semoag kelak menjejakkan kaki keisni ya.

      Delete
  13. Gimana caranya y mb nyari gerombolan orang hehe mksdku yg bs diajak ngebolang brg ke kashmir.

    ReplyDelete
  14. Gimana caranya y mb nyari gerombolan orang hehe mksdku yg bs diajak ngebolang brg ke kashmir.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak mbak, coba masuk ke Bakcpaker dunia di FB, banyak mencari teman travelling ke mana mana termasuk KAshmir.

      Delete
  15. Ntar kalo mau ke fase ke 2 mending ajak gw aja yaaaa #SeriusanMauDiajakGRATIS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syaratnya kalau dah sampe fase 2 diats sana kamu harus berfoto khas kamu "berkancur" *beku

      Delete
  16. amazing banget view-nya
    emang terbukti rezeki emak sholehah .. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget! bikin betah pokoknya.

      Semoga tetep sholehah dan tambah baik hati dan tidak sombong. Halah!

      Delete
  17. Liat foto-foto di awal postingan langsung melotot aku.. tapi pas liat foto irisan bawang merah langsung tutup mata...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak DEE sampeyan nggak normal. Bawang merah kan bikin melek mata :)))))

      Delete
  18. indah banget pemandangannya 😍😍😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget, aku kesana kedua kalinya semua diselimuti Salju

      Delete
  19. kalo boleh tau kira@ budget kalo dari indonesia berapa ya ...hmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo di Kashmirnya untuk sewa mobil, houseboat dan makan sekitar 1,5-2 juta.
      ditambah perjalanan Indonesia- India. Dari India ke Kashmir, ini beda maskapai beda budget. Dan kalau ada promo lebih murah lagi.

      Delete

Follow Twitter

Follow Google+

Follow Instagram