Lokasi Shooting dan Kontroversi Film PK

18:21:00


Memaknai arti Baghwan (tuhan) dan Baba (pendeta hindu) dalam kehidupan masyarakat Hindustani.

Waktu nonton TV sama si handsome, eh lagi streaming film abang Amir khan terbaru berjudul PK. Nah, waktu lihat streamingnnya, kayaknya lokasi shooting nggak asing asing banget. La iya, lokasinya di dekat apartemen emak tinggal saat ini, di Delhi. Akhirnya emak colek di twitter klo bakalan lihat film ini dan cerita di blog tentang lokasi shooting film tersebut. Maklum, emak suka ngebahas lokasi shooting film India karena kebanyakan teman teman datang berkunjung ke India karena keracunan tempat lokasi shooting. Atau terpana oleh panah asmara Sihir Sheik #eh Saheer Sheik *Plakkk*. Padahal Bollywood seringnya shooting di luar negeri. Kayak Switzerland, Austria, Paris pokoknya daratan Eropa.

Emak heran juga sih. Padahal India dipeluk rantai pegunungan Himalaya yang dikenal super magis dan bagus. Film India zaman dulu, shootingnya selalu di dataran dan lereng Himalaya. Atau menampilkan istana atau bangunan bersejarah lainnya yang megah dan unik. Sayang saat ini kebanyakan film Bollywood shooting nya di luar negeri. Padahal kalau digunakan shooting secara maksimal bisa mendongkrak wisata negara India.

Emak sangat menghargai film PK. Karena lokasi shooting nya di India. Laaa, belum lihat filmnya, eh ternyata nih film bikin geger negeri Mahabharata. Dianggap mencemooh dan merendahkan harkat dan martabat seorang Pendeta Hindu yang "mengaku" berkomunikasi langsung dengan Tuhan. Juga ‘menampar’ tentang arti Bhagwan (tuhan) sebenarnya *usap keringat*.

Jika ditanah air, semua sibuk dengan panah asmara Saheer Sheik. Semua media di India justru sibuk debat tentang film ini. Bahkan ada salah satu channel, tiap hari sibuk mbahas film PK (baca : pee kay berarti mabuk). Apa nggak ada bahasan lain ya? *garuk2ketombe*. Hampir setiap Channel di India yang jumlahnya ratusan menayangkan debat Pro dan Kontra yang berakibat perang mulut antar umat hindu itu sendiri. Sasaran empuknya tentu saja umat Islam. Kenapa? karena sang Aktor utama, Amir Khan notabene beragaman Islam. Misal, jika pemeran utamanya beragama Hindu, apakah seheboh ini demonya ?

Demo disertai dengan pengerusakan gedung film dan menyobek nyobek poster film PK terjadi di beberapa kota di India. Bahkan ada yang bilang  dengan penuh amarah “klo ketemu Amir Khan, akan kubunuh dia”. Stop wait!!! Duh Cool Down Bhaiya (bro J). Di televisi, moderator tanya kepada para demontrans dan juga penggerak agama Hindu yang ingin “Banned” Film PK. “Apakah anda sudah melihat film PK hingga akhir?” Jawabnya adalah tidak. Catet!. Jadi mereka hanya mengambil secuil alias sepenggal adegan dalam film tanpa melihat keseluruhan film hingga akhir. Padahal film PK adalah film cerdas dan mendidik dengan deretan adegan lucu yang diperankan cimaik oleh akang Amir Khan J.

Emak bukan hanya nge fans bingit ama Amir khan. Tapi juga bangga dengan sikap cool dan dewasanya menghadapai kontroversi film PK. Ketika diwawancara oleh banyak wartawan mengenai kontroversi film ini. Abang sayang yang satu ini nggak banyak berkomentar. Dia cukup bilang “Biarkan Film yang berbicara”. Aihhh *kecupsayang*.

Oke cukup cerita kontroversinya. Ayo ngebahas lokasi shooting nya. Siapa tahu pas main ke tempat tersebut bisa ikutan nari nari ala Bollywood *sodorinselendang*. Sebagian besar lokasi film, shooting di kota Delhi. Sama dengan filmFanaa yang diperankan si Abang sama mbak Kajol. Sederet tempat bersejarah seperti Qutub Minar, Humayun Ka Maqbara dan Lal Qila nampak dalam Film ini.

1.    Humayun Ka Maqbara atau Humayun’s Tomb
Makam Raja Humayun dibangun pada abad ke 15. Sekedar makam biasa? Bukan. Ada cerita mengharukan dibalik makam megah ini, tak kalah dengan cerita cinta dan masih ada benang merah dengan Taj Mahal. InsyaAllah artikel emak yang membahas khusus tentang Humayun Ka Maqbara dimuat majalah Femina. Ditunggu ya..... J


2.    Qutub Minar
Komplek ini dibangun pada abad ke 11 oleh Quth-ud-Din Aibak. Minar yang berarti menara dibangun sebagai tandai kemenangan. Dan Juga sebagai tempat adzan berkumandang. Menara setinggi 73 meter ini terbuat dari batu bata merah dan dihiasi pahatan Kaligrafi Al-Quran. Subhanallah.
Selain Menara, didalam komplek juga terdapat Masjid Quwwat-Ul-Islam. Masjid yang pertama kali dibangun di India. Dan masuk dalam warisan Dunia UNESCO. Biaya masuk 250 Rupees (sekitar Rp. 50.000)  untuk WNA. Baca lengkapnya disini (Jejak Islam di India)




3.    Lal Qila atau Red Fort
Istana Kaisar Mughal ini didirikan oleh Shah Jahan pada abad ke 16. Yap, kedukaan beliau menghasilkan suatu mahakarya ciamik yang dikenang sepanjang masa sebagai bangunan kebadian cinta, Taj Mahal. Biaya masuk Red Fort 250 Rupees.
Berada di kawasan kota tua Delhi atau akrab dikenal sebagai Old Delhi. Selain Istana megah, dikawasan ini Shah Jahan membangun Masjid I-Jahan-Numa. Masjid Terbesar dan tercantik di India hingga saat ini. Baca Lengkapnya disini dan Hamparan Peradaban Islam di Kota Delhi.



4.    Chandni Chowk
Letaknya tak jauh dari Lal Qila. Tepatnya berada didepan Lal Qila, cukup jalan kaki aja. Masih masuk dalam wilayah kota tua Delhi. Wih, kawasan ini begitu padat, ramai, rumit, tak teratur dan amburadul J. Ditambah dengan “Okestra” suara klakson membabi buta. Super berisik.
Meski terdengar nggak nyaman. Kawasan chandni chowk ini banyak dikunjungi wisatawan. Pemandangan yang biasa lihat turis bawa kamera cekrek sana sini. Kawasan ini menawarkan nuansa masa lampau negeri Mahabharata. Kita seolah terlempar dimasa lalu dan memasuki ruang waktu. Bangunan tua, suara gagak, becak tua, bau dupa plus bumbu.

Kawasan ini sebenarnya terdiri atas deretan toko yang menjual berbagai macam barang. Mulai pakaian, tas, souvenir, dll pokoknya lengkap banget. Ditambah sederet kuil yang senantiasa melantunkan suara puji pujian dari balik corong.

Film Kabhi Kushi Kabhi Gham bercerita tentang kawasan ini. Emak sering nongkrong bersama keluarga dikawasan ini. Menikmati street food yang bikin ngiler #gagaldiet L. Terdapat banyak makanan khas Delhi dan juga India. Bahkan beberapa restoran berdiri sejak ratusan tahun yang lalu dan selalu ramai dengan pengunjung.



Selain di Delhi, Film PK juga shooting di propinsi Rajasthan. Propinsi terbesar di India. Daerah ini terkenal dengan padang pasir Tsar. Melalui perjalanan darat menempuh 6 jam lamanya dari Delhi. Poster Amir Khan setengah telanjang yang ada di poster, itu diambil di Rajasthan bukan studi J. Kerennya lagi ini film masuk Box Office dengan pendapatan terbesar sepanjang sejarah di perfilman Bollywood.

Nonton Film nggak selamanya buruk. Apalagi yang mendidik dan mengajarkan kita tentang makna kehidupan. Film Cerdas kayak PK ini wajib kita tonton. Apalagi diselipi adegan lucu dan tentu saja adegan cinta serta lagu. 

Satu makna tersisa mendalam di hati emak ketika menyaksikan film ini *termehek2mehek*. Terkadang kita tidak bisa menghabiskan sisa hidup bersama orang yang kita cinta. Karena dia yang kita cinta ternyata mencintai orang lain. Tapi kedewasaan hati menerima “kenyataan” dan melepaskan dia yang kita cintai untuk bahagia bersama orang lain. Itu kalau bahagia, kalau tidak?  "Jika tak kautemukan bahagia, Biar hahagia menemukanmu #eh.Tissue mana tissue.... J



You Might Also Like

13 comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. HARUS KE SINI HARUS KE SINI HARUS KE SINI
    *mbak, maaf capslocknya jebol xixixi*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. Semoga Tahun ini :) *lirikwishlist*

      Delete
  3. Aku tahu moco nang koran. Jarena akeh wong India lungo nang Swiss pengen ndelok lokasi film2 favorite. Lha wong2 Swiss cok cek bahagiane. Wes dadi lokasi turis, ditekani turis maneh. Untunge dobel.

    Btw, saiki akeh wong India sing tarveling nang Eropa, yo Zulfa. Koyok nang Barcelona kuwi, huakeh aku ketemu wedhok2 ayu nggawe sari. Nang Jerman yo tambah akeh turis India. :) ira

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyo Mbak. Wong India seneng seru karo film e termasuk lokasi. Aneh, malah datangkan devisa kanggo negoro liyane. Padahal Himalaya iku wow memukau cuman kurang pemeliharaan. hehehe

      Uakeh mbak. Kakak iparku tinggal nang Innsburg, Austria. Tiap bulan pepe India - Jerman. Nek pas nang India cerito heboh e wong India pas travelling nang Eropa. perekonomian India semakin meningkat, jadi ake wong sing mampu travelling nang LN.

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Komen terakhir menohok banget :( L:( :(
    Betul, orang2 yang menentang film ini belum sepenuhnya menonton sampai akhir. Padahal film ini baguuuss banget. aku juga suka sama abang ganteng Aamir Khan mba :) tapi syok liat umurnya yang udah 50 tahun *plaak.

    Aku masih bingung, itu dia beneran telanjang gak sih :( terus jalan cerintanya gak ketebak sama sekali dan i'm so happy Jaggu jadian lagi sama Sarfaraz <3

    Yang paling aku suka dari quote PK ini adalah: Tuhan itu ada 2: Tuhan yang menciptakan kita dan Tuhan yang diciptakan oleh kita. Ah, film2 abang Aamir kece2 semua :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe Zahra Teringat ya .....
      Iya, kalau lihat secuil adegan, maknanya beda. bisa bikin orang naik darah dan jadi perkara :) Bagus dan mendidik.

      Iya, Abang Amir Khan yang satu ini memang super kece, Meski dah 5o Masih unyu unyu, makin tua makin kece *plakkk.

      Yang bugil beneran, cuman ditutupin radio, katanya gitu. Ntar aku tanya sendiri ke Akang Amir Khan :)) BUT I am not Happy, harusnya Sarfaraz Jadian sama ....Aku. Jaggu sama Amir, hehehe

      Delete
  6. Aku akhirnya nanggis nonton film ini, saat ce nya telp ke kedubes pakistan dan ternyata co nya tiap hari menanti.
    Trus co nya berkata "Knp kau begitu lama menelponnya, aku menunggu mu" disitu rasa nya jleb banget #sedih #romantis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdullilah, kakak Cumi ternyata 'Normal'' bisa nangis juga, Kirain pecicilan terus.
      Kalau Jleb gitu biasanya tersentuh hati karena Pengalaman, Lagi nunggu telpon dari siapa kakak ?

      Kata Orang, Bukan film India kalau nggak ada adegan romantis dan nangis.

      Delete
  7. film terbaik india yang aku tonton selain 3 idiot ya PK ini, bagus dan dalem banget apalagi amir khan aktingnya jempolan. Pengen ke India jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh, dua duanya Amir Khan ya. Memang cakep banget acting si Doi.
      Semoga kesampeyan joget joget di India

      Delete

Follow Twitter

Follow Google+

Follow Instagram