Musim Buah di India.

13:13:00


Selain memiliki lima musim yang unik dan juga ada musim KawinJ. (Kapan kapan emak cerita tentang ini ya). Di negeri Paman Takur juga ada yang namanya musim buah. Emak paling Kushi (happy) ama nih Musim. Buah buahan rasanya manis dan badannya juga montok. Kalau digigit, nyess sampai muncrat airnya ke wajah. Hmmm Ngiler. Apalagi dijual murah meriah.

Musim buah di India bisa dinikmati mulai akhir Februari hingga Akhir April.  Bulan ini memang bulan favourite orang India. Selain berhawa sejuk. Nggak terlalu dingin, juga kagak kepanasan. Bunga bunga ditaman mulai bermekaran. Siapin Saree buat nari nari ala film Bollywodd ditaman J bunga.

Selain itu juga, di pertengahan musim Semi ini ada Festival of colour yang biasa disebut Holi. Tahun ini Holi jatuh pada tanggal 6 Maret 2015. Siapain baju putih. Buat dilemparin warna warni bubuk Holi. Nah, Holi ini diadakan untuk menyambut berakhirnya musim dingin dan menyambut kedatangan musim semi. Horeee! Emak juga happy, tentu saja Mbolang timeJ.

Banyak buah yang bisa dinikmati. Seperti Apel, Anggur, Delima, Sawo, Guava dan orange. Anggur hitam (Ungu tua) besar besar dan montok dijual dengan harga Rp. 15.000/Kg. Montok kayak anggur merah hasil Import dari #coinforAustralia J. Manisnya kayak wajah emak J. Trus nggak ada bijinya. Tinggal dibersihkan dan dilahab. Anggur ini datangnya lebih awal ketimbang anggur hijau.

Emak lebih suka Anggur Hijau. Maklumlah, di Indonesia anggur ini super mahal dan import dari luar negeri. Dulu waktu di Indonesia, beli anggur hijau pas lagi gajian. Maklumlah, emak emak kantoran dengan Doku cekak J. Bedanya, anggur hijau di India bentuknya kagak bulat. Tapi lonjong lonjong. Kayak Jempol tangan emak yang langsing ‘berlebihan’. Montok? tentu saja. Tanpa biji lagi. Waktu dimasukkin kedalam mulut. Rasanya kayak ada ledakkan Jus anggur didalam mulut. Ampe ngiler waktu nulis iniJ. Sehari emak bisa melahap sekilo anggur Hijau. Doyan apa rakus? J

Apalagi kalau lihat tumpukkan orange ditata kayak gunung.Orange apa jeruk ya? Bedanya apa? English doang kan? Entahlah.  Koplak banget si Emak.  Lagi season gini harga sekilo cuman 40 Rupees atau sekitar Rp. 8000 Saja. Jeruk India ini kayak perkawinan orange Amerika sama jeruk Indonesia.  BlasteranJ. Warna luarnya orange banget. Tapi kulitnya tipis. Waktu mengupas kulit, itu airnya udah muncrat ke wajah. Dan Lanjut meledak kedalam mulut. Terlalu banyaknya sarinya, sampe keluar dari mulut. Otomatis ngiler.


Pomegrade alias Delima Montoknya dan gedenya minta ampun.  Buah berkadar vitamin C tinggi ini, di India ini bertipe delima merah.  Ngejreng merah dagingnya, se ngejreng pakaian wanita IndiaJ. Saking besarnya, kadang beli sekilo isi 2 biji.  Tapi emak nggak seberapa doyan ama delima. Bukan karena rasanya, tapi banyak bijinya. Biasanya kalau pingin, emak bikin jus. Di India banyak penjual Jus buah, termasuk delima. Orang India kalau makan delima sekalian ama bijinya J.

Sekarang si eksotik Sawo. Buah ini sudah jarang di Indonesia. Yang bikin nggak kuku itu ama aromanya. Belum dikupas harumnya sudah menebar se isi apartemen. Selain enak dinikmati apa adanya. Paling suka dibikin Chiku Shake. Chiku itu bahasa hindinya Sawo. Caranya gampang. Ambil saja dua buah sawo. Kupas dan ambil bijinya. Trus blender ama segelas susu. Kalau suka bisa ditambahin gula atau Madu. Gurih dan sehat.

Guava atau Jambu kelutuk disini dempal dempal. Penampakannya kayak dempal bahunya Ade Rai J. Harganya tergantung besar kecilnya ukuran. Yang kecil kecil murah banget. Cuman 5 Rupees sekilo atau cuman Rp. 1000 doang.  Emak doyan yang besar. Tentu saja. Karena Daging buahnya tebel dan bijinya cuman dikit.

Apel nya kebanyakan didatangkan dari daerah dataran kaki Himalaya. Kayak kashmir dan Himachal Pradesh. Waktu digigit, Nyesss seger. Krius! berasa kayak bersihkan gigiJ. Apelnya warna Merah bergaris warna orange. Sekilo sekitar 50 Rupees (Rp. 10.000) saja.

Kalau waktu mbolang ke India. Dan beli beli buah, jangan kaget kalau dikasih Masala. Ini semacam campuran berbagai macam rempah bubuk dan garam. Bilang aja “No Masala” atau “Masala Nahi hai”. Atau tunjuk tuh masala sambil gedek gedek J ala orang India. Pasti kagak suka ama masala ini, rasanya asin dan tentu saja berempah. Kalau kamu penasaran dan mau coba, silahkan! Menikmati Rock and Roll negeri Mahabharata.

Salad Buah Bertabur Masala
Potret negeri jadul negeri Shah Rukh Khan ini bukan hanya pada barang atau gaya busana penduduknya. Tapi juga buahnya. Masih banyak looo buah buahan semacam buah juwet, ciplukan di jual di jalanan. Buah zaman emak masih kecil dulu. Buah buahan di India, dijual di gerobak dorong yang terbuka. Trus ditata kayak gunung. Malah bikin nggak nahan.

Kalau musim buah gini harusnya emak diet. Berhubung makanan India susah untuk menolaknya, jadi lupakanlah!

You Might Also Like

11 comments

  1. Wah itu buah jambu kok muraah banget ya Mbak, kemarin beli jambu guava satu biji doang aja 6ribu.
    Btw aku ada pertanyaan neh Mbak, mungkin bisa buat bahan next tulisan, kenapa orang India itu boros banget keringatnya. Pas liat pertunjukan tari bintang2 Mahabarata yang lagi booming di Indo, itu para pemainnya kok pada keringetan gobyoss n luntur make upnya, sementara bintang indonesia n penari latarnya kering-kering aja.Apa ini pengaruh konsumsi makanan2 berempah or what?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalau pas musim Murah. yang gede gede sekilo cuman 5rb. Hahaha nah ini pertanyaan yang perlu survei., Iay aku sering juga lihat film hollywood. Maaf itu ketiaknya kelihatan pulau basah. Mungkin karena rempah, kan bikin hangat tubuh, karena kebanyakan jadi kepanasan wakyu gerak gerak. Matur nuwun inputannya mas Ihwan

      Delete
  2. Pengeeeen cepet April...:-) iya mbak dulu pertama ke India beli Pisang koq udah dibuka dan dibelah terus rasanya asin.pertama bingung juga..hiiihiihii. Mbak ada nulis artikel tempat makan yang ga berasa bumbu Indianya ga ? Aku ga bisa nerima makanan India..#sediiiih..jadi waktu di Delhi susah makannya.Cuma kentang rebus ,telor rebus ,telor dadar dan nasi putih yg masih teuteup berasa rempah Indianya.dengan sangat terpaksa di makan.Di Mc D cuma nugget n french fries yg bisa dimakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Kalau dibelahkan biasanya sekalian dilapisi masala. hehehe kebanyakan semua restoran menyajikan amsakam India rasa rempah. Cuman ada beberapa yang nggak tajam. Misal Biryani Hyderabad. Butter chicken atau chicken Afgahni ada di Karim restoran dekat Jama' Masjid. Kalau ke red Fort mampir ke restoran itu. Ada juga Chicken roll ada yang pakai Mayoness atau cream. Restoran lain yang Halal itu Nazir. Itu brand dimana mana. Kamu bisa besan chicken kurkure, rasanya kayak chicken KFC dan chicken kabab, rasanya kayak sosis. Atau beli Chowmein (mie0 di haldiram.

      Delete
  3. waktu jadi relawan gempa jogja dapet paketan dari india, namanya bindi masala, cuma ya itu karena expired date nya mepet banget malah jadi masalah, di lempar ke posko lain, eh malah dibalikin ke posko kita lagi :D

    tapi aslinya enak kok, kek rasa ayam di mie ayam

    ReplyDelete
  4. Biasanya rasanya kayak Jamu. Wah, la kok expired.

    ReplyDelete
  5. Aku seneng buah2an. Lek nang kene lumaan larang. Opo maneh pas musim dingin. Soale meh kabeh impor. Sek2, iku maem buah yo dicampur bumbu2 segrak ngunu, tha? Ckckckckck...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aneh pakai buanget mbak. termasuk Jus buah. Dadi ranase nggak seger maneh. asin asin piye .... ngono. hehehe Iyo mbak nek maem buah dicocol utowo ditaburi karo bumbu bubuk masala iku. Dadi malah nggak jelas ranase. India ohh India

      Delete
  6. Aduh...kok ya lidahku jadi pahit membayangkan makan buah pake masala :))

    Murah2 ya mbak harga buahnya kalo sdg musim buah gini. Kalo tinggal di sana pas musim ini, kayaknya aku mau deh menu makan 3x seharinya pake buah terus :D *penggemar berat buah2an*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak Rien. Masala memang bikin masalah di lidah.

      Murah pakai poll. Pas musim semi Mbak, jadi pas jalan jalan berhawa sejuk sekalian ngemil buah. Apalagi klo wilayah pegunungan. Hmmm strawbeery sama chery cuman 10rb/Kg merah membahana dan manis.

      Delete
  7. Buah pake masala itu enak banget.. Terutama buah yg asem

    ReplyDelete

Follow Twitter

Follow Google+

Follow Instagram