10 Ways Travel Cheap In India

11:09:00


Beberapa blog ternama sering mengeluarkan daftar negara dengan biaya rendah untuk backpacking. Setiap blog memiliki daftar  negara berbeda berdasarkan pengalaman masing masing. Bahkan salah satu blog memasukkan Indonesia dalam daftarnya.

Nah, ada tiga negara yang selalu masuk dalam daftar tersebut. Yakni Thailand, Nepal dan India. Penentuan ini berdasarkan tiga hal pengeluaran utama saat travelling seperti akomodasi, transportasi dan harga makanan. Secara umum sudah murah. Apalagi jika dikombinasikan dengan tips menghemat biaya. Bisa saving for next trip. Berikut beberapa tips backpacking murah keliling India :

1.    Promo
Berikut daftar maskapai penerbangan yang sering menawarkan promosi menuju India. Yaitu Air Asia, Tiger Air dan Malindo Air.  Kalau kamu memiliki rencana backpaking ke India, sering sering aja pantengin website mereka. Lebih mudah lagi jika kamu ikutin  email promosi penawaran dari ketiga maskapai tersebut.

Air Asia sering menawarkan promo dengan tujuan Kolkatta dan sebagian daerah di India selatan. Tiger Air, sampai saat ini hanya melayani wilayah India selatan. Malindo Air menawarkan promo menuju Delhi dan Mumbai. Kamu bisa cek Tips Memilih Maskapai Penerbangan ke India.

2.    Travelling Saat Bukan Musim Liburan
Musim liburan panjang di India berlangsung pada bulan Mei. Pada bulan ini India memasuki liburan musim panas. Wisata pegunungan di rantai pegunungan Himalaya menjadi tempat wisata utama.  Harga sewa mobil dan hotel melambung. Terkadang full booking.

Sebenarnya hal ini menguntungkan. Karena bulan Mei bukan bulan yang pas berkunjung ke India karena hawa panas yang menantang. Kecuali jika tujuan kamu pegunungan Himalaya.

3.    Gunakan Kereta Api
Satu satunya transportasi paling murah di India adalah Kereta Api. Dan menjangkau  seluruh wilayah di India. Ada berbagai macam kelas pilihan menggunakan kereta api yakni General, chair car, sleeper class, 2nd sleeper, AC chair car, 3rd AC, 2nd AC and First AC .

General ini gerbong umum dan hanya menyediakan tempat duduk. Sangat sangat murah. Tapi emak tidak saranin menggunakan general class. Selain padat dan jorok, juga banyak pencopet berkeliaran. Pilih sleeper class yang menyediakan tempat tidur didalam kereta. Kapan kapan emak akan memberikan Tips memilih dan Menggunakan Kereta Api di India.

Meski membutuhkan waktu dengan menggunakan kereta, disini ada kelebihan tersendiri dalam menekan budget. Gunakan perjalanan malam hari untuk menuju kota lain. Jadi kamu nggak usah sewa hostel lagi. Biar nggak capek, tetap fit dan segar tempelin aja Kinoki Detok. Emak sering menggunakannya ketika perjalanan malam. Bawa dari Indonesia, karena di India sangat sulit menemukan Kinoki detok. Sudah menjadi rahasia umum kalau India itu kotor dan Jorok. Lumayan bisa menyerap racun tubuh dan tetap sehat selama perjalanan. 

Hindari menggunakan pesawat dari satu kota ke kota yang lain. Harga pesawat sangat mahal karena harga bensin di India dua kali lipat harga di Indonesia. Beberapa maskapai menawarkan diskon, perhatikan baik baik penawarannya. Jangan sampai terjebak. Bahkan salah satu Maskapai “bermasalah“ sering menawarkan promo. Dan emak perhatikan banyak teman Indonesia yang sering menggunakan maskapai ini. Kemudian tiket di-cancel dan uang dikembalikan dalam jangka waktu yang tidak ditentukan.

4.    Waktu Yang Cukup
Seperti yang emak ungkap sebelumnya dalam artikel memilih maskapai penerbangan ke India. Bawah India luas sekali. Menempati posisi ke 7 sebagai negara terluas di dunia. Untuk menggapai tempat yang satu dengan tempat yang lainnya dengan menggunakan kereta membutuhkan waktu lebih lama. Perhatikan Tempat kedatangan dan keberangkatan. Perhatikan peta India. Kemudian susun itin dengan baik sesuai dengan jadwal kereta.

5.    Makan Makanan Lokal
Makanan dan jajanan di India tergolong murah. Porsi makan orang India 3 kali lipat porsi orang Indonesia. Seporsi makanan rata rata dibrandrol dengan harga 40 Rupees – 100 Rupees (Rp. 10.000- 25.000) bisa kamu bagi dua dengan teman.

6.    Air di Restoran
Restoran di India menyediakan air minum gratis. Disajikan dalam ceret dan gelas gambreng. Maksud emak terbuat dari almunium J. Air minum yang disediakan air minum isi ulang.

7.    Hostel
Hostel murah menyebar dikota dan berdekatan dengan tempat wisata. Carilah hostel yang dekat dengan stasiun kereta. Jadi dengan mudah menjangkau tempat tempat pariwisata lainnya.

8.    Tempat Wisata Gratis
Kebanyakan wisata di India adalah bangunan bersejarah. Harga tiket masuk WNA (Warga Negara Asing) 10 kali lebih mahal dari tiket lokal. Dipatok antara 100 Rupees – 250 Rupees (Rp. 25.000 – 50.000). Khusus Taj Mahal biaya masuk 750 Rupees. Tapi ada yang tidak perlu membayar seperti India Gate, Jama' Masjid, Rastraphati Bhavan, Lotus temple, Lodhi garden. Atau Connaught Place.

Atau kamu bisa narsis diluaran saja. Misalnya, ada 2 istana Kaisar Mughal di Agra dan di Delhi. Pilih salah satunya untuk masuk kedalamnya. Megahnya istana dan gate bisa kita nikmati dari luar.

9.    One Day Pass
Di Delhi terdapat kereta bawah tanah, Delhi Metro Train. Menyediakan kartu pas travelling sehari dan digunakan sepuasnya. Mulai jam 6 Pagi hingga 11 malam. Harga 100 Rupees (Rp. 25.000) dan menjangkau seluruh tempat wisata. Atau kamu bisa menggunakan bus HOHO (Hop On Hop Off).

10. Datang bersama 4/6 orang
Kenapa? karena kita bisa share cost. Di India meski bensin mahal, tapi biaya sewa mobil tergolong sangat murah, nyaman, aman sekaligus menyingkat waktu. Digunakan untuk jelajah dalam kota. Karena nggak semua kota memiliki one day pass metro atau HOHO. Dan untuk menjalajah Hilamaya India, kebanyakan menyewa mobil dengan kapasitas 6 orang.

Biasanya sewa mobil ini dibedakan berdasarkan kapasitas. City car yang muat untuk 4 orang. Dan MPV yang muat untuk 6 orang. Rata rata harga sewa/hari (12 jam) sekitar 2500 Rupees (500rb rupiah) untuk mobil berkapasitan 6 orang. Sudah termasuk bensin dan sopir.

Untuk sewa mobil ini ada tempat khusus. Semacam box atau kotak counter di dekat pangkalan taksi, stasiun atau bandara. Jangan tawar menawar dengan sopir langsung. Bisa bisa kita kena palak.

Untuk backpacking ke India perlu mental dan fisik yang kuat. Berjibaku dengan banyak hal yang membikin tekanan darah tinggi J. Mulai jalanan kotor berdebu hingga pemalakan. Persiapkan sebelum berangkat.

Namasthe India J

You Might Also Like

121 comments

  1. India oh India <3
    Itu yang tentang air putih banyak yang wanti-wanti mending beli air botolan. Benar begitu mbak? aku sih kalo di sini termasuk perut yang bandel, gak gampang sakit perut. Cuma ntah deh kalo diisi sama air dari sana :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, kalau nggak biasa perut sakit. Sama kayak Indonesia. kalau aku, selalu beli kemasan. Tapi kalau mau saving money, boleh pakai isi ulang, but carefull

      Delete
  2. Replies
    1. hehehe iya lupa nggak aku tulis Hop on Hop Off :)))

      Delete
  3. Porsi makan di India tiga kali di Indonesia. Wow... Emang mereka maeme akeh, tha Zulfa? ira

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akeh? Nggak mbak :) Tapi uuaakeh seru. lanang wedok maem e akeh.

      Delete
  4. Aku suka pake kino dari k-link mba zulfha :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku suka semua, dulu tahu Kinoki ini dari teman perjalanan waktu naik kereta lama. Dia bawa, trus aku cobain. ternyata enak dan nagih. akhirnya jadi kebiasaan :)

      Delete
  5. Kereta yg gelantungan saking banyaknya itu tipe yg general ya mbak?

    ReplyDelete
  6. Ya, itu general. aku menyebutnya kelas gratis, soalnya nggak pernah ada pengecekan dan selalu penuh. tempat duduk buat 4 orang digunakan 10 orang. bahkan duduk bawah. sesak, nggak bisa jalan. :( Aku sekali pernah coba, Ampunnnn nggak lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi pengen ke negeri utaran

      Delete
    2. Mba,kalau dari jakarta ke ambala perkiraan biaya berapa ya.krn sy ada rencana mau berobat ke klinik TEDCURE di kota Ambala.kalau berkenan balas ke email saya ya mba.email sy yasmedharis@gmail.com

      Delete
    3. Kalau ke Ambala pakai pesawat yang menuju ke Delhi. Dari Delhi ke AMbala sekitar 4 Jam an ke arah utara.

      Malindo Air, tiket PP Jakarta - Delhi sekitar 5-6 Jutaan. Lanjut pakai kreta

      Delete
  7. makasih tipsnya mbaaa zulfa.. semoga kesampaian sampai india yaaa... *_*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sami sami Mbak Ima. InsyaAllah.Amin

      Delete
  8. Mahal ya masuk Taj Mahal... pengen banget ke sana, tapi baca berita-berita yang mengerikan itu, ngga berani sendiriii...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya sesuai namanya, Mahal :) iya beritanya memang mengerikan. Ada kok di blog ini tips travelling aman di India

      Delete
  9. Dear Mbak Zulfa,
    Ijin share ya mbake e...~sukriyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo kakak Rani :) Sukriyaa juga

      Delete
  10. Wah asik.sik..
    saya juga ad niat des ni ke india..
    yg mau ikutan bsa ct saya nelya.naa.Lya@gmail.com
    kita pgi brengan rame~rame.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik, semoga lancar perjalanan ke India ya .... Ayo yang mau rencana ke India bisa nimbrung disini. bisa berang tuh sama kakak Nelya Lya :)

      Delete
    2. Mbk Neyla,jadi ke India bulan Des Kali
      Kasih cerita Di email
      jasmineindrawan06@gmail.com

      Delete
    3. Mbk Neyla,jadi ke India bulan Des Kali
      Kasih cerita Di email
      jasmineindrawan06@gmail.com

      Delete
    4. Wah, Semoga lancar perjalannya ya dan aman sentosa. Aamiin

      Delete
  11. Makasih mbak untuk tips nya.....moga2 lancar perjalananku bulan nov nanti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, Semoga Lancar ya ......

      Delete
  12. Mbak nelya lya ....aku kesana tgl 30 nov sampai 6 des....mbak tgl berap ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku dulu kesana pas bulan MEI

      Delete
  13. Kalo ke india berdua aman gaa mbak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada cowoknya? Klo ada, Aman aja :)

      Delete
  14. Mak, mau tanya dong tahun 2015 ini ada show shahrukh khan ga ya? dan di bulan kapan? soalnya bos saya mau kesana mau nonton show nya. dan dimana y mak lokasi syuting jodha akbar. makasih. mohon infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kalau Konser Shah Ruk Khan kurang tahu saya. mungkin bisa dibaca di webnya.

      Kalau Shooting Film Jodha Akbar itu di Agra Fort di Agra da Ambert Fort di Jaipur, Rajasthan. Juga Dargah di Ajmer.

      Sami sami :)

      Delete
  15. postingannya bagus banget! insha Allah saya tgl 27 september nanti Ke India ;)
    bisa minta initery nya nggak ke via email fakhrian.andra@gmail.com

    thanks!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih. Aamin, semoga lancar perjalanannya.
      Boleh saya kasih itinerary, rencananya berapa hari dan keman saja?

      Saya kirim by email ya....

      Delete
    2. mbak, sya juga mau dong itinerary nya untuk ke agra sama delhi..
      ke aynimasrii@gmail.com boleh kan mbak..

      syukriyaaa :)

      Delete
    3. Silahkan tanya . monggo

      Itinerary Delhi dan Agra masing masing kota sehari cukup.

      Delete
  16. mb zulfa aku ada rencana untuk liburan ke india, pengennya ke khasmir.
    aku boleh minta initerary nya juga gak :)
    ini alamat e-mail ku , shandycie11@gmail.com
    Makasih ....
    makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu saja Boleh, InsyaAllah ntar aku email ya....
      atau klo misal aku kelupaan, email aku ya di attini.zulfayah@yahoo.com

      Delete
    2. Assalamu'alaikum mba zulfah. Salam kenal sebelum nya
      Saya berencana akan mengunjungi India. Tgl 20 Maret 2016 saya masuk dari kochi rencana mau ke jaipur.agra.delhi. Pengen nanya nanya butuh berapa hari kah untuk mengunjungi t4 tersebut kalau saya via darat brapa hari ya trs kalau via udara pasti nya mahal juga. Bisa kasih gambaran sedikit. Rencana kita orang 8.
      Bisa bagi itinerary kmrn mba
      Feiiz_yuda@yahoo.co.id
      Tadi Saya coba japri via email tp gx terkirim

      Terima kasih
      Salam kenal sebelum nya
      Verizzz Bangka

      Delete
    3. mbk zulfa,saya dan 6 kawan saya ada rencana ke kasmir akhir tahun ini.. boleh tidak minta itinerary nya dan klau mbk zulfa ada pnya no telp travel yg bs antar kita sklian ke kasmir nnti.. terima kasih sebelumnya
      ini email saya
      sukriyaleiya@gmail.com

      Delete
    4. Ke kashmir itinerary gampang banget. Tiga tempat wisata utamanya Gulmargh, Sonamagh dan pahalgham. Nah itu satu tempat satu hari, nggak bisa digabung. Karena letaknya yang berjauhan dan butuh waktu perjalanan sekitar 3 jam an

      Delete
  17. Terimakasih infonya kak, nice info.. Sy punya rencana trip ke India awal tahun depan, mohon bantuannya kirim itin ke alamat ke saya dong kak Anugerahabbas@gmail.com terimakasih. Salam, abbas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama.

      Awal tahun ke India, dingin brrrrrr. berapa hari dulu? trus mau kemana? ntar aku bikinan itin secara garis besar. emal ke attini.zulfayah@gmail.com

      Delete
  18. Hi mba, sorry aq ikutan nimbrung nih .. Krna lagi cari2 info buat ksana desember bsok .. Sya rencana mau ke Delhi (Agra dan KBRI dulu) trus ke mumbai dan ke Guwahati, ada info2nya kah mngenai kesna,, sya pngen akses sndiri mksudnya backpacker sndiri aja, ada tips apa aja gtu mungkin hotel yg murah dipaharganj delhi, trus ke Agra naik apa aja, trus kemumbai amannya naik apa, dan itinary nya juga ,, mhon info yaa mba bisa email ke elly.mustika84@yahoo.com .. Thanks

    Oh ya, buat yg minat pergi desember bsok, sya mau kemumbai keCity Tour Mumbai kelokasi syut bollywood dan menghadiri Yoga Internasional diMumbai, itu ada SRK, Shilpa Shetty, Kajol, dan artis India lain .. Jika ada yg berminat ikut bisa email kesaya juga, biar bisa brangkat bareng dan sharing cost lbh murah juga .. Sya brangkat dri Jakarta tp keDelhi dlu bru ke Mumbai, acara Yoga tsb dan jalan2nya sekitar 26 des-3 jan 2016 .. Info lngkap email aja yaa .. Makasiih sya tunggu infonya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai juga, monggo malah suka kalo diajak Nimbrung, hehehe

      Klo di Delhi kawasan hotel murah dikawasan paharganj, tapi klo sendirian nggak saya saranin satay di akwasan paharganj. Mending di kawasan karol bagh.

      Di Delhi, bisa naik kreta, trus di Agra nanti dari stasiun ke Taj Mahal, Agra Fort balik lagi ke stasiun pakai autorikshaw sekitar 600 Rupees.

      Kalau ke Mumbai, Naik fast train saja, banyak kok. Tapi kalau bisa beli jauh jauh hari saja ya, soalnya delhi - Mumbai itu paling selalu ramai.

      Oke, semoga ada yang tertarik ya, aku juga tertarik ikut, mau ketemu kembaranku, Mak kajol, hahaha. Semoga lancar ya dan semoga bisa ketemuan di Delhi. aku tinggal di Delhi.

      Delete
  19. Triknya memang jitu,,,, kira - kira makanan di India sesuai dengan lidah orang Indonesia nggak yaw,,,? hehehe. Kayaknya perlu berkunjung yang gratisan,, dan bayar yang mahal nggak apa - apa yang penting bisa masuk Taj tidak murah (Taj Mahal), hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak yang sesuai kok mbak. Wisata di India. khususnya kota, memang kebanyakan wisata sejarah dan perlu biaya masuk. ya, klo budget ngepress harus pinter milih milih tempat yang ingin dilihat dalamnya. kalau oto oto diluar juga bolh, heehe

      Delete
  20. Mbak, mau tanya gresiknya di mana? seneng ya mbak udah pernah ke india, jadi pingin tapi masih ragu sie....

    ReplyDelete
  21. Mbak, mau tanya gresiknya di mana? seneng ya mbak udah pernah ke india, jadi pingin tapi masih ragu sie....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gresik, pas Kecamatan Gresiknya. Dekat sama Mcd :)

      Delete
  22. Assalamu'alaikum mba zulfah. Salam kenal sebelum nya
    Saya berencana akan mengunjungi India. Tgl 20 Maret 2016 saya masuk dari kochi rencana mau ke jaipur.agra.delhi. Pengen nanya nanya butuh berapa hari kah untuk mengunjungi t4 tersebut kalau saya via darat brapa hari ya trs kalau via udara pasti nya mahal juga. Bisa kasih gambaran sedikit. Rencana kita orang 8.
    Bisa bagi itinerary kmrn mba
    Feiiz_yuda@yahoo.co.id
    Terima kasih
    Salam kenal sebelum nya
    Verizzz Bangka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam Verizzz. Salan kenal juga.

      Delhi, Jaipur dan Agra itu segitiga emas India ya. Leaknya juga berdekatan.
      Delhi dan Agra bisa dikelilingi dalam satu hari dan jaipur, bisa 1 atau dua hari. Total 4-5 hari. Jarak satu kota dengan yang lain sekitar 4 jam lewat darat.

      Kochi ke Delhi itu sekitar 1,5 hari pakai kereta express. Kalau pesawat sekitar 2 jam an.

      Kalau 8 orang, bisa sewa mobil tempo traveller untuk jelajah Delhi,Agra dan jaipur. Sewa ini lebih murah, karena kalian bisa share cost dibandingkan dengan menggunakan kereta. Jadi moilnya bisa digunakan sekalian 3-4 hari. begitu.

      Sama sama

      Delete
    2. Maksudnya, Delhi 1 hari, Agra 1 hari, untuk Jaipur bisa 1 atau 2 hari. tergantung masing masing traveller.

      Delete
    3. Terimaksih mba jawaban nya. Ooo ya mba zulfa tinggal di india ya. Boleh tau fb nya.
      Thanks

      Delete
    4. Sama sama. Fanpage dan FB @emakmbolang

      Delete
  23. I think if someone can survive in Jakarta, so he/she will be ok if travelling to India :)

    ReplyDelete
  24. I think if someone can survive in Jakarta, so he/she will be ok if travelling to India :)

    ReplyDelete
  25. wah jadi warga sendiri emang lebih murah y mbak hehe.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, sama kayak di Indonesia juga gitu. Buat WNA berlipat lipat. :(

      Delete
  26. Mba sya mo brangkat tp wktunya mepet klo urus voa d bmdara dlhi ribet ga boar tinggal terbang ja gitooo....
    He..he...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hadew, maaf telat baca soalnya lagi winter vacation sama keluarga.
      BTW, brangkatnya tgl brp ? Sekarang E-VOW ini harus, kalau nggak disuruh balik, nggak boleh masuk India.

      Lebih enak pakai e-VOA, ketimbang VOA bandara kayak dulu, soalnya lebih lama, klo e-VOA India ini lebih mudah malah.

      Delete
  27. mantap ni postingannya mak, insyallah tanggal 15 aku flight ke kochi mak. bekum buat itin sih. aku rencna mau 3 minggu diindia. manfaatin visa. mau bener2 backpakeran. lowcost dan cr host lah kalau bs. kalau didelhi mak jd hostku ya.hehe. kan ssm indon.hehe. kr2 ittenarynya bagsnya mana ya mak. ini tujuan nya : kochi, jaypur,agra,delhi,kashmir,hyderabad,kerala. kalau bsa pengen ke ladakh makash mak. mngkn boleh mnt share ke email mak entrepreneurm24@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, Dulu Jadi Host di Delhi. Sekarang nggak bisa, soalnya tinggal sama mertua soalnya lagi beliau lagi sakit.

      Kalau menurutku, datang ke yang jauh dulu ya. Biar nanti pulangnya bisa ngejar pesawat.


      Kochi - Kashmir - Delhi - Agra - Jaipur - Hyderabad trus Kerala.

      Tgl 15 January ini? ke Ladakh harus pakai pesawat bearti, solanya jalan darat masih ditutup.

      Semoga lacar perjalannya. Aamiin

      Delete
  28. TANYA :

    Selamat malam mbak zulfa, saya indah mau tanya tentang india tentang perjalanannya disna dan hotel dan rute2 yg baik untuk travel kesna, apa boleh saya minta bantuan untuk infonya ? Terimakasih

    JAWAB :

    Selamat malam Indah.

    Rute atau tempat terbaik itu Delhi, Agra, Jaipur dan Kashmir.
    Hotel, sebaiknya hotel bintang 2 atau 3

    Monggo silahkan kalau mau tanya lagi. Kalau bisa melalui komen ya, biar sekalin teman lain bisa baca.

    Salam

    ReplyDelete
  29. TANYA Dari Lina I

    Hi pa kbr
    Aku disurabaya
    Aku baca di google tentang km di india
    Maka dr itu aku kirim mail ke anda
    Maaf jika ada kata yg salah
    Saya ingin berlibur ke goa india tetapi dana gak banyak dan gak ada sobat di sono
    Apa ada saran mungkin?atau anda ada teman yg di goa ?
    Ada what apps?

    JAWAB

    Kalau dana nggak banyak, disiplin Nabung Dulu trus sekalian hunting Tiket Promo.
    Nggak ada teman yg tinggal di Goa.

    ReplyDelete
  30. kira kira dana berapa untuk ke india .kl ke goa sama tajmahal aja.hotelnya mahal?mbk tinggal dikota mana india?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku tinggal di delhi. Tergantung pesawat yang diapaki. mungkin sekitar 6-8 jutaan

      Delete
  31. mbak married ma org india ya?gmn carane gt mbak married ma org india?

    ReplyDelete
  32. ada yang rencana ke india thn ini?kl ada ayo bareng.aku di surabaya .pengen ke goa india .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya berencana ke india pas acara holi 20 maret giket pergi udah beli balik belum beli rencana tgl 29 pulang nya

      Delete
    2. Temanku banyak yang datang akhir maret itu. Bisa bareng tuh explorenya.

      Delete
    3. Aku...aku dh beli tiket untuk 13 agustus 2016. Ayukk aku jg png ksana

      Delete
    4. Jasmine dan feriz kita barengan yuk brangkat dr sby

      Delete
  33. Wah wah.. koq pada muja muji india ya..
    Padahal aku dah kesana tp gak ada tu yg sepesial. yg ada bau, jorok, kotor, jelek, miskin dan serba payah.
    Mendingan indonesia lebih mantap.
    Apalagi india orang kaling semua hitam dan bau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, Mungkin Kamu punya pengalaman nggak enak di India, ya ?
      Memang beda pengalaman dalam sebuah perjalanan akan menghasilkan sudut pandang yang berbeda pula.

      terima kasih sudah berbagi :)

      Delete
  34. halo mbak perkenalkan nama saya hendra,
    terima kasih buat blognya ya mbak sangat menarik,
    ada yang ingin saya tanyakan mbak, saya berniat ke india berdua dengan teman dengan rute :
    Indonesia - mubai - jaipur - agra - new delhi - kashmir - new delhi - Indonesia
    kira2 butuh berapa lama saya disana mbak?
    adakah saran untuk rute yang akan saya tempuh ini?tambahan?

    terima kasih untuk responnya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Hendra :)

      pertanyaanya, dari Mumbai -Delhi naik apa ? Delhi Kashmir naik apa? pesawat apa kreta ? karena pengaruh juga.

      kalau naik kreta butuh waktu sekitar 11-12 hari. coba dicek dan sesuaikan dengan Jadwalnya. kalau naik pesawat 9-10 hari. dengan catatan setiap kota one day explore kecuali Kashmir yang 5 hari.

      Rutenya sudah bener Mas, sejalur itu kalau pakai kreta.

      Semoga lancar perjalananya, Aamiin

      Delete
  35. Assalamu'alaikum Mbak Zulfa.
    Tulisannya bagus, senang bacanya. Thanks dah mo berbagi info.
    Iya, saya,sendiri an :(, pengin ke Tajmahal nih Mbak ntar sekitar awal Mei 2016. Tapi...pulangnya pengin lewat Bangalore.
    Hehehe...pertanyaannya...Kira2 perlu berapa hari ya Mbak untuk bisa explore Tajmahal dan sekitarnya trus ke Bangalore?
    Mohon di share contoh ittenary ya Mbak. Massive thanks for the response and have a lovely day always.
    Selamat berkarya dan berbagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam Tikku Cantik :)

      Taj Mahal itu di kota Agra dan berdekatan dengan Delhi dan jaipur. Masing masing kota di jelajah dalam sehari, jadi total 3 hari

      Perjalanan dari Delhi ke Banglore itu pakai express sekitar 1,5 hari.
      pertanyaanya kamu landing di kota mana ? kalau landing di India selatan, sediakan waktu lagi 1,5 hari hanya untuk perjalnan dengan kreta. sekitar 8 hari an ya.

      Semoga lancar perjalanannhya :)

      Delete
  36. aaaaahhh, pengin laah aku ke India, terutama ke kashmirr, semoga tercpai, aammiinnn (idiotraveler.com)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaamiin. Semoga lancar keuangan dan perjalanan ya, Aamiin

      Delete
  37. TANYA :

    Assalamualaikum wr wb, mba zulfa saya sedang mengikuti blog anda mengenai trip to india.. saya berencana dan ingin sekali ke india bersama suami.. dan saya ingin tahu apakah mba punya referensi tour and travel yg aman ke india dr indonesia? mengingat sepertinya untuk backpacker berdua saja kami khawatir jg setelah baca bbrp artikel di india
    mohon penjelasannya mba, terima kasih
    namaste

    JAWAB

    Waalaikumsalam.

    Maaf mbak, saya nggak punya referensi Tour dan Travel aman di India.
    Selama ini saya cuman bantu teman buat sewa mobil aja. karena memang lebih aman dan murah.

    Mungkin mbak bisa minta tolong sama pihak hotel, biasanya mereka menyediakan paket tour juga.

    Sama sama mbak, semga lancar perjalananya nanti. Aamiin.

    ReplyDelete
  38. Mba saya mau tanya, kalau bacpacker sendiri ke india aman nga? Harga hotel disna berapaan mba? Disna murah2 yah mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya jangan sendirian. Nggak aman banget. Hotel tergantung ya, ada yg murah ada yang nggak. Yang 100rb juga ada. Makanan dan transportasi disini murah murah.

      Delete
  39. Ah india inilah.. Habis trip dari sana. Kalau diinget2 kadang ngangenin, kadang nyebelin juga. Namun secara umum perjalanan kesana itu seru dan asik sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanggal berapa ? wah kok nggak kabar. Ya begitulah India nyebelin dan ngangenin jadi satu. ngeri ngeri sedep. hehehe

      Alhamdullilah perjalannanya lancar

      Delete
    2. Overall lancar semua mba. Aku berangkat maret kemarin kak, biasalah promo-promo setahun yang lalu. Nungguin yang nepal nih hehe

      Delete
  40. TANYA :

    sukriya leiya has left a new comment on your post "10 Ways Travel Cheap In India":

    mbk zulfa,saya dan 6 kawan saya ada rencana ke kasmir akhir tahun ini.. boleh tidak minta itinerary nya dan klau mbk zulfa ada pnya no telp travel yg bs antar kita sklian ke kasmir nnti.. terima kasih sebelumnya
    ini email saya
    sukriyaleiya@gmail.com

    JAWAB :
    Itinerary Kashmir sudah ada di Link berikut :
    http://www.emakmbolang.com/2016/01/tips-dan-trik-jelajah-kashmir.html

    ReplyDelete
  41. thank you mak sharenya...
    pengen kesana nih, lagi cari" info biar gak tersesat atau dikerjain orang sana.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama Nak :)

      Bikin Itin yang cakep, InsyaAllah aman.

      Delete
  42. maaaakkkk :'( kalo mau curhat soal cowok india sama mak kemana ya u,u

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nakkkkkkkk curhat email aja ke attini.zulfayah@gmail.com

      Delete
  43. Susah bgt cr temen ke india udh deal eh gagal lg..ayolah yg mau ke india 2017 kita bisa bareng...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh, banayak yang berangkat ke India lho, kamu sering sering aja colek.

      Jadinya ini kapan say ?

      Delete
    2. Hai Kak, aku mau ke India 2017, insya Allah bulan Maret, karena Holi tgl 13 jadi ya sekitar tanggal segitu, aku niatnya 4-6 hari disana:)
      e-mail me: delilahaugust14@gmail.com

      Delete
    3. Hai Kak, aku mau ke India 2017, insya Allah bulan Maret, karena Holi tgl 13 jadi ya sekitar tanggal segitu, aku niatnya 4-6 hari disana:)
      e-mail me: delilahaugust14@gmail.com

      Delete
    4. Ya, Holi bulan segitu, kalau tanggalnya kurang tahu pastinya.

      Aku sarananin datang ke India H-2 sudah sampai di India karena sebelum Holi ada ritual lain jadi bisa menikmati

      Delete
    5. Yuk mbak brangkat ma aq maret atau april

      Delete
  44. Siang mba Zulfa, salam kenal. Bulan agustus nanti aku ada rencana ke india dn sdh book tiket kalo ada yg rencana kesana juga bisa janjian ksananya..hehe. Btw mba Zulfa tinggal di india ya, aku mau dong itenary ke email aku nana.saridewi@gmail.com. thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siang, Salam kenal juga :)

      ya, aku tingga di Delhi. Kamu ke India tujuannya kemana aja? trus arrival sama depart dari mana? brp hari ?

      Delete
  45. Hai Kak, aku mau ke India 2017, insya Allah bulan Maret, karena Holi tgl 13 jadi ya sekitar tanggal segitu, aku niatnya 4-6 hari disana:)
    e-mail me: delilahaugust14@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, Semoga nanti perjalannanya lancar ya.... hati hati :)

      Delete
  46. Assalamualaikum mbak, ceritanya seru banget hehehe, rencananya saya mau explore India sekitar 2 minggu baru searching soal ladakh agra mumbau hyderabad. boleh share iten ga mbak? ini email saya mizaalvina26@gmail.com
    Thank you sooo much mbak 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumslaam.

      Boleh, itin simplenya kayak gini. Dengan asumsi arrivalnya di Hyderabad.

      Hyderabad
      Mumbai
      Agra
      Ladakh

      Delete
    2. Hy miza rencana kpn ke india ? Aq lg cr temen bln maret/april kita barengan yukk..

      Delete
  47. Assalamualaikum mbak....mau tny kalau ke delhi agra srinagar/kashmir 5 hari ckup ga yah? Boleh minta itinnya? rsy_bks@yahoo.co.id makasiii....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaliakumsalam :)
      Ke Kashmir naik pesawat kah ? lebihkan satu hari lagi biar enak.
      Itinnya kayak gini
      Agra
      Delhi
      kashmir (Sonamargh)
      Kashmir (Gulmarg)
      Kashmir (phalagam)
      keesokan harinya buat keliling danau Dal dan sekitar Srinagar. sama nai pesawat balik ke Delhi trus lanjut pulang

      Delete
  48. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  49. Assalamualaikum Mak. rencana antara maret sampai april pas musim panas ini aku mau backpack ke India sama travelmate ku. perkiraan sih 30 hari perjalanan. niatnya mau semua kota di India aku kunjungi. tapi aku gagal paham rute perjalanannya kalau pakai kereta. kasih infonya ya mak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.

      Maret April itu pas Akhir musim semi. Cucok bat keliling India.

      Bentar, Landing dan flying dimana dulu ? Biar bisa sesuaikan.

      kalau Dilihat Dari peta, Bisa beli tiket ke India Selatan (paling bawah).
      Trus jalan ddari kiri, Naik keatas (sampai Kashmir)
      trusun lagi, lewat kanan, pulang by Kolkatta

      Delete
  50. Met pagi mbak zulfa , aq mau ke india maret /april kalau mbak zulfa ada tmn yg mau kesana , saya ikut donk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maret, Waktu Diwali banyak yang ke India. Banyak teman yang cari temna kok disini. COba Follow Twitter atau Insta aku. ntar aku colek atu atu :)

      Delete
  51. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  52. Assalamu’allaikum
    Met pagi mbak zulfa....
    Aq mau tanya mbak zul , kalau nikah ma orang india dan tinggal disana , menggunakan visa apa mbak zul dan berlaku berapa bulan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam Wb Wb.

      Pagi :)

      Pakai visa tinggal terbatas (permanent resident ) ssetiap tahun diperbaharui. Ntar kalau sudah nikah lebih dari 3 tahun bisa pindah ke PIO, visa tinggal selamamnya

      Delete
  53. Apakah Anda mencari pinjaman bisnis? pinjaman pribadi, pinjaman rumah, kredit mobil, pinjaman mahasiswa, pinjaman konsolidasi utang, pinjaman tanpa jaminan, modal ventura, dll .. Atau anda telah menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk alasan apapun. Kami adalah pemberi pinjaman swasta, pinjaman untuk bisnis dan individu dalam tingkat bunga rendah dan terjangkau suku bunga 2%. jika Tertarik? Hubungi kami hari ini di (fredrickpetersonloan@gmail.com) dan mendapatkan pinjaman Anda hari ini
    Salam,
    Tim investasi Fredrick Peterson

    ReplyDelete

Follow Twitter

Follow Google+

Follow Instagram