10 Manfaat BlogWalking Bagi Travel Blogger.

20:12:00


Dulu niat ngeblog hanya untuk menuangkan cerita perjalanan. Sekedar mengisi waktu luang setelah memutuskan meninggalkan karir dan menjadi fulltime ‘Lawyer’. Nggak pernah berpikir jauh meningkatkan trafik pengunjung blog atau menerapkan ilmu SEO. Nggak ada yang baca, ya sudah. Ada yang baca, Alhamdullilah.

Jadi penganggguran kelas kakap, Emak sering nyamperin blog orang lain. Bahkan hobi kepoin cerita perjalanan orang lain. Daripada kepoin status mantan. Bukannya happy malah terkenang dalam sepi. Uhuk. Setelah baca blog, emak malas berkomentar. Langsung ngacir. ‘Sekelas’ sama mbak Desi R**nasari, No comment gitu loo. Itu sebelum emak tahu segudang manfaat blogwalking (BW).

Setelah berteman dengan sesama Travel blogger atau blogger lainnya. Subhanallah, banyak sekali manfaat yang emak dapatkan. Tak hanya meningkatkan trafik di blog. Juga terbukanya rezeki dari arah yang tak disangka sangka. Alhamdullilah.

Nah, untuk kamu para Travel Blogger Indonesia yang kece. Emak pingin sharing berdasarkan pengalaman pribadi. Emak bukan ahli SEO, blogger keren apalagi selebrity traveller. Share is care. Right ? Berikut 10 Manfaat Blogwalking Bagi Para travel Blogger.

     1.    Bacaan Gratis Dan Menghargai hasil Karya Orang Lain
Membaca adalah senjata menulis. Membaca adalah jendela Dunia. Tanpa banyak membaca tulisan kita akan garing dan begitu begitu saja. Membaca = belajar. Membaca dan menulis harus saling bersinergi. Nah, BW ‘memaksa’ kita untuk membaca blog orang lain. Secara tidak langsung menjadikan diri kita insan yang menghargai hasil karya tulisan orang lain. Entah tulisan itu bagus atau masih dalam tahapan menulis lebih bagus lagi. Tak ada tulisan sampah atau jelek. Semua orang melalui tahapan Belajar. Bacalah dan hargailah. Dari membaca kita belajar menulis juga. Dengan membaca kita pasti berkomentar lebih baik lagi, bukan sekedar nice info atau lagi BW gan. *plak*

     2.    Mempertajam Gaya Tulisan
Selain untuk menggoreskan sejuta cerita perjalanan. Blog juga digunakan sebagai ‘alat mengasah’ kemampuan menulis. Seorang Travel Blogger pastilah ingin suatu saat nanti tulisannya dimuat di media cetak. Syukur syukur, ada editor menclok ke blog kita dan tertarik mengajak kita menulis buku.

Nah, efek positif membaca tulisan blogger lain, kita bisa melihat bagaimana suatu cerita disajikan dalam tulisan. Oh, tulisannya datar. Wew, tulisannya terlalu lebay bin alay. Lo, ceritanya kok loncat loncat. Ih, ini kalimat maksudnya apa? . Ngantuk, terlalu bertele tele dan mbulet. Ini apaan sih, mau cerita apa curhat. Del el el. Kalau tulisan Blogger lain dirasa “kurang menarik” dalam hal ini tulisan dalam tahapan mberangkang. Bisa menjadi koreksi dan pembalajaran bagi diri kita sendiri untuk menulis lebih baik dan menarik.

Begitu pula jika kita menemukan blog dengan gaya tulisan yang asyik  dan bikin betah membaca hingga akhir. Darinya, kita belajar menyajikan alur suatu cerita. Menyelipkan kejadian lucu dalam tulisan tanpa terlihat Alay bin lebay.  Memasukkan cerita sial atau cerita yang bikin naik pitam tanpa menghujat. Lebih keren lagi jika kita menyisipkan sudut pandang kita. Dan mengambil makna dalam setiap perjalan.  Menjadikan cerita perjalanan memilik ruh.  

Jangan pernah meniru gaya tulisan orang lain. Setiap orang memiliki gaya tulisan masing masing. Sama dengan sebuah perjalanan. Berkelana ke blog lain untuk menemukan gaya tulisan kita sendiri. Jangan takut dihujat atau ditertawakan. Pada dasarnya setiap orang melalui proses belajar.

     3.    Menemukan Ide Tulisan
Ketika kita nggak tahu mau nulis apa sementara semua destinasi sudah terposting. atau ditengah nulis perjalan tiba tiba blank (block). BW jalan keluarnya. Nggak pakai keluar bensin dan duit. Cukup duduk manis didepan laptop. Atau sambil leyeh leyeh cantik sambil buka smartphone.

Dengan BW kita bisa menemukan ide baru atau bahkan ide muncul secara tiba tiba. Tulisan yang tadinya macet, tiba tiba lancar. Karena dengan BW dan membaca dapat merangsang otak yang lelah. Menyapa memori dalam otak dan berkelana menyapa jiwa, tanganpun ikut menari menari dengan lincahnya diatas keyboard. Cerita perjalanan jadi asyik dan seru. Nggak melulu destinasi, bisa pengalaman perjalanan itu sendiri, kuliner, pengalaman tinggal di hostel, tips, oleh oleh dan masih banyak lagi. Semakin memperkaya konten tulisan dalam blog.

     4.    Menemukan Destinasi Baru
Travel blogger adalah Pahlawan wisata. Sudah pasti. Travel blogger  atau Travel writer adalah mahkluk Tuhan penebar racun keindahan di muka bumi. Entah sexy atau tidak. Dari merekalah sebuah destinasi yang tersembunyi menjadi tempat paling asyik untuk dikunjungi. Mengundang rasa penasaran untuk menjejaki. Semoga tak hanya mencicipi surga dibumi lantas pergi. *Plak*

     5.    Belajar Fotografi
Travel Blogger tak lepas dari dunia fotografi. Tempat yang biasa menjadi luar biasa ditangan fotografer. Tentu saja diambil dari sudut yang tak biasa. Nah, para Travel Blogger suka menampilkan panorama keindahan suatu destinasi. Apalagi jika destinasi tersebut sudah kita jejaki. Disitu kamu bisa bandingkan hasil foto jepretan kamu sendiri. Wow, fotonya keren keren, dia ambil dari mana ya?  Wah, tempat ini lebih bagus difoto waktu sunrise ketimbang sunset. Lo, air terjunnya biasa tapi keliatan luar biasa di foto.

Dari situ kita belajar mengasah kemampuan kita menggambarkan suatu cerita dalam jepretan lensa kamera. Nggak  harus pakai kamera super mahal. Kamera poket bisa menghasilkan foto luar biasa. Tergantung bagaimana kita memanfaatkan secara maksimal fitur yang ada dan membingkainya sehingga sebuah foto nampak Hidup. Tulisan jalan jalan emak di media masih menggunakan kamera poket. Dan bisa di-layout dua halaman penuh.



     6.    Melangsingkan Alexa
Sudah menjadi rahasia umum di dunia blogging kalau BW merupakan salah satu tips merampingkan Alexa. Disana kita meninggalkan  komen yang secara otomatis kasih Backlink ke blog kita. Semakin banyak BW semakin  menambah trafik blog. Dalam hal ini kunjungan balik dari blog yang kita ‘titipi‘ komen. Semakin banyak pengunjung semakin langsing Alexa dan otomatis menggemukkan DA kita.

      7.    Belajar Ikhlas
Sudah capek jalan kesana kesini. Usap keringat. Ngetik komen sampai keriting. Eh, nggak dapat kunjungan balik. Disitu kadang kita merasa lelah. Tapi Ikhlaslah. Tak ada kebaikan yang percuma. Semua hanyalah tentang waktu yang tertunda. Jangan Menyerah. Pada saatnya kita akan melihat hasilnya.  So, Keep BW.

      8.    Menjalin Persahabatan
Semakin banyak BW, semakin banyak kenalan. Menjadi sahabat baru yang saling sapa didunia maya meski belum sempat berjumpa. Kalau ada waktu sempatkan untuk kopi darat atau bahkan mbolang bareng. Semakin banyak teman, hidup kita semakin berwarna.

Ketika menjalin persahabatan jangan mengambil unsur saling memanfaatkan saja. Ntar jadinya salah arah. Jangan paksakan diri berteman hanya untuk mendapatkan rezeki. Semua akan pergi. Harus saling berbagi kebaikan. Jangan asal ‘berbagi’, ya, lihat lihat dulu apa yang mau dibagi. *plak*

     9.    Membuka Pintu Rezeki
Tak dapat dipungkiri, Silaturrahmi mengundang Rezeki. Dalam kehidupan nyata itu pasti. bagaimana dengan dunia maya? Pasti juga. Dari teman teman sesama penulis atau blogger, emak mendapatkan kesempatan berkarya. Baik tulisan mejeng di Media atau sekedar mendapatkan kerjasama penulisan di blog. Kadang dapat info lomba atau dapat buku gratis.

Kalau sudah terkenal dan banyak kenalan, lumayan dapat tawaran iklan atau tawaran kerjasama yang menghasilkan uang. Atau leyeh leyeh manis di hotel berbintang gratis. Bertemanlah untuk berbagi dan silaturrahmi, rezeki akan datang sendiri. Blog with the heart, money will follow.

      10. Jalan Jalan Gratis
Travelling without Moving J. Jalan jalan adalah salah satu kegiatan refreshing mengendorkan urat saraf. Ketika kamu lagi down karena nggak dapat izin cuti dari pak Bos. Atau terlalu lelah dengan kegiatan rumah tangga. Atau nggak punya duit buat mbolang. BW aja ke rumah maya para travel blogger. Cukup duduk manis kamu sudah ‘melihat’ panorama yang menyejukkan mata. Ih, jangan ngiri dan malah beban karena belum kesampaian ke tempat tersebut. Justru hal ini bisa menambah semangat kamu untuk berusaha menjejakinya suatu saat nanti. Be Happy

Dalam sehari usahakan BW 10 kali. Jangan lebih. Bagi antara teman dan blog baru. Begitulah beberapa manfaat BW yang emak rasakan secara pribadi. Kalau kamu punya manfaat lain, boleh share loo. Agar gairah blogging semakin bertambah.


Happy Blogging

You Might Also Like

62 comments

  1. Wakssss belajar ikhlas ini baru gw temuin disini hahaha. Selama ini gw ngak perna berfikir seperti itu lho. Bw yaa bw aja, syukur2 di kunjungi balik hahahahahaha #Kocak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Laaa ITU berarti ikhlas, klo bewe ya bewe aja. Hehehe tuh kan klo ikhlas blog bakalan rame kayak punya kak cumi

      Delete
    2. Laaa ITU berarti ikhlas, klo bewe ya bewe aja. Hehehe tuh kan klo ikhlas blog bakalan rame kayak punya kak cumi

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. Mas Cumi gak pernah nyadar kalo ikhlas.. Itu brati ilmu ikhlasnya udah level 10. Pueeeedes gilaaaak! Keren, mas Cumi.. (y)

      Delete
    5. Berarti Kak Cumi adalah Mahkluk Berkancut berhati mulia. :)))

      Delete
    6. Sek sek sek... mulai wingi moco koncat kancut. Btw, kancut kuwi artine opo?

      Delete
    7. Hahaha Mbak Ira perlu di 'Ospek' Dulu ke Blog nya kakak Kancut ... Eh maksudku Cumilebay.com. hahaha Itu kancut Baju KEBESARAN sang Cumi. wkwkwkwkw

      Delete
  2. Aku suka kalimat ini : "Ketika menjalin persahabatan jangan mengambil unsur saling memanfaatkan saja. Ntar jadinya salah arah. Jangan paksakan diri berteman hanya untuk mendapatkan rezeki. Semua akan pergi. Harus saling berbagi kebaikan."

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang ini dicatet baik-baik, ya! Jangan sampai lupa! hihihihi..... ira

      Delete
    2. AKu kok yo lali nek ngomong koyok ngene. hahaha *plak* melu Catet!!!

      Delete
  3. Alexa semakin langsing, dan DA semakin gemuk.. Oke! Jangan kebalik lagi, ya kakaaaak.. *ngomong sama kaca :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalau kebalik Marabahaya. hahahah Andai melangsingkan tubuh 'semudah' melangsingkan ALEXA :)

      Delete
    2. Hahahahaha.... betul betul betul... kalo semudah itu, pasti sekarang aku udah semakin langsing, mbak :D :D

      Delete
  4. keren tulisannya... <3 makasih share nya mba ku :)
    oya kenapa BW gak boleh lebih dari 10 per hari mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sami sami Zahra. Kalau lebih dari 10 mbak Google nggak suka. Kata alhi SEO dan Blog.

      Delete
    2. Aku baru tahu yang ngga boleh lebih dari 10. Hihihi soalnya kalau lagi senggang, baca banyak blog XD XD

      Delete
    3. aku tahunya dari baca baca sana sini. kalau lebih dari 10, katanya mbah Google nggak suka

      Delete
  5. Eh baru tau lo mak klo bewe ga boleh lebih dr 10 kadang klo semangat sehari bisa 20an.. tp bener banget bewe itu sungguh menyenangkan n menguntungkan hihihi....

    Salam kenal ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, saya sendiri tahu waktu baca sono sini. kalau kebanyaken nanti gelegek en. hehehe apa ya bahasa Indonesianya? Duh!.

      Delete
  6. bener tuh, mending blogwalking Daripada kepoin status mantan hahaha :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh, situ pengalaman ya kayaknya kepoin status mantan, hehehe

      Delete
  7. hihihi syukaa postinganmu mba...aku pengen cari kamera poket lagii..punyaku wis uzur hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kameran pocket enak dibawa dan simple :)

      Delete
  8. Awesoom deh ini artikelnya!
    Saya juga baru tahu lho kalo BW nggak boleh lebih dari 10 sehari.
    Tadi udah berapa blog yak yang aku kunjungi?

    *pikun kumat*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Matur Nuwum Keluarga Biru :) . Ya, sebaiknya dilakukan setiap hari, jadi Mbah google melihat kita sebagai blogger aktif. (selain Update konten juga) Sebaiknya Jangan Satu hari langsung menggunung. Saya pribadi biasanya meluangkan waktu BW sekalian baca baca, nggak harus buku.

      Delete
    2. Naah itu Mbak, aku biasanya BW paling enak pas lembur sebab di bagian internet. kalau ga lembur BW nggak menentu, paling sering via hape nggak bisa komen :-(

      Delete
    3. Gpp Wan, sebisanya. yang penting tiap hari bewe dan baca baca. Biar tulisan kita makin kece :) Tulisan kamu sudah kece looo. Tuh banyak review sekarang :)

      Delete
  9. Artikel ini mesti dibookmark nih.
    Jadi ilmu sekaligus pengingat diri agar meluruskan niat ngeblog.
    Aku menggaris bawahi point 8 dan 9 *jempol 10 buat mbak Zulfa


    Matrek ora popo asal elegan.
    Berteman jangan cuma karena ada maunya.

    Siiiiiip

    ReplyDelete
    Replies
    1. matur Nuwun Mbak Rien. Itu aku tulis untuk mengingatkan diriku Juga.
      Matrek elegan jangan asal Nyruduk dan grudak gruduk, jadinya malah ambruk.

      Delete
  10. Hai, aku setuju nih sama artikel kamu yang satu ini. Blog Walking perlu banget. Biasanya aku lakuin ke blog" sesama traveler lokal dan interlokal. Keep BW ya!

    xx,
    www.indahjelita.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih banyak, semoga trafik blog kamu bertambah :) Keep BW :)

      Delete
  11. Aku kunjungi balik nih... Hihihihi... Aku suka point no.8 :)

    ReplyDelete
  12. Aku kunjungi balik nih... Hihihihi... Aku suka point no.8 :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Kak Yani sudah berkunjung balik. Suka sama blognya banyak cerita dan kuliner.

      Delete
  13. Iyaah banget tuh Mak, hanya dgn BW aja kita bisa tahu tentang tempat lain yg blm pernah kita singgahi, sekalian menambah list destinasi kita selanjutnya, heheehh.
    Salam kenal ya Mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, para blogger selalu tahu tempat tempat baru dan menebar racun .

      salam kenal juga :)

      Delete
  14. wah saya ingiler mode on mbak hehehe... tampar aku dari jauh ya mbak biar aku sadar gak sedang jadi diri kamu hehe... salam kenal ya mbak mantap dah para emak-emak ini josh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. *sodorin Kanebo* Males ah nampar Jauh, suka nya nampar dari dekat biar kerasa benjolnya, hehehe

      Salam Kenal juga .... Teteup mbolang yo...

      Delete
  15. Blogwalking memang sangat bermanfaat untuk membangun jaringan selain itu bisa menjadi sarana silaturahmi salam kenal gan :) dari blogger newbie

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, hayo rajin BW jalin silaturrahmi dan berteman, sekalian bikin blog rame. Salam kenal juga ya ...

      Delete
  16. Makasih tipsnya mba, mulai ikutan BW tiap hari ahh.. selama ini nulis cuma drpd jd bisul disimpen sendiri hehe... salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama :) hahaha Ya kalau bisul besar ntar meletus, malah bahaya. Ayooo BW sekalian silaturrahmi sama temne temen sesama travel blogger. biar kenal dan siapa tahu ngebolang bareng.

      Delete
  17. Kayaknya ini perdana mampir ke emakbolang, hehe salam kenal :)) Asik banget jalan2nya, semoga kalo udh jadi ibu2 aku juga bisa tetep ngebolang. Keep writing! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, salam kenal ya..... Aamiin, harus dan teteup jalan jalan meski jadi ibu. asyik kok jalan jalan sama keluarga, biar nggak jenuh dg kegiatan sehari2. hehehe bilang aja doyan mbolang. Addict tingkat dewa :0

      Delete
  18. Yah ... inilah bagian dari jalan-jalan blogger (BW) ane, salam kenal buat semua, silahkan berkunjung ke blog aku bilamana ada kesempatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga. InsyaAllah Mampir ke blog panjenengan :)

      Delete
  19. Aihhh bener bangetzz , sayahh bikin blog dari kapan taon, bikin tulisan macem-macem tapiii,........trus disimpen aja di lemari, ampe berdebu dimakan rayap hahahah...akhirnya greget juga pengin "ngidupin" blog yang dulu dibikin, cuman belom pede buat mosting .#penyakit newbieeee wkwkwk...tapi tips nya kereenn mba Zulfaaa..two tumb up :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoooo didongkar lemarinya surut minggat tuh rayap.

      Pedeee saja, setiap kita berhak untuk menulis apa yang ada dalam pikiran dan hati. ada yang baca atau tidak, setidaknya kita bisa sharing. Sekalian melueskan tulisan kita sendiri.


      Ayooo tak tunggu postinganya ntar aku meluncur kesana :)

      Delete
  20. suka banget sama artikel ini, terima kasih tipsnya mbak bakal aku praktekin deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama, semoga pengunjung Blog semakin meningkat ya. Aamiin

      Delete
  21. Tadinya aku mikir, bikin blog ya bikin blog aja, maen ke blog lain ya main aja. Semakin ke sini, eh enakan kalo ada teman baru, ninggalin jejak. Telat banget taunya. Oalah, cuma 10 ya mbak. Yaudah, dipraktekkan. Makasih ya sarannya mbak. Salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku dulu juga gitu. Sekarang aku usahakan BW tiap hari. saling kenal juga sesama blogger.

      Sama sama

      Delete
  22. kalo mengandalkan kuantitas daripada kualitas saat blogwalking sama aja boong mbak hehehehehe. jangan lupa kunjungan balik nya yah xixixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuuuu, Konten harus dijaga karena this is king.
      Karena konten kurang bagus bakalan ditinggal pembaca setia.

      Delete
  23. "Blog with the heart, money will follow." mantappppp....

    ReplyDelete
  24. Makasih banyak atas infonya mbak. Bermanfaat sekali nih buat pemula seperti saya, hehe..
    Bisa gak ya saya menjadi blogger sehebat blog milik mbak.? #Ngarep

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalah awak ini masih belum sehebaat itu, masih banyak belajar.

      Ayooooo belajar bareng.

      Delete

Follow Twitter

Follow Google+

Follow Instagram