Tersihir Kesegaran Sego Menir

15:00:00

Kuliner Khas Kota Gresik

Terasa seperti sayur bening dibumbui dengan ulekkan menir, yakni beras yang sudah dihaluskan

Sejak si kecil Najin jatuh cinta dengan cita rasa Tahu Campur, sejak saat itu saya tak segan memperkenalkannya dengan kuliner lokal. Kali ini saya mengajaknya sarapan salah satu kuliner khas kota Gresik, Sego Menir. Sego Meneer, mener atau menir ini sangat berbeda jika dibandingkan dengan kuliner khas Gresik lainnya. Jika kebayakan kuliner Gresik memiliki citarasa gurih pedas, Sego menir ini justru menawarkan rasa segar.

Sego dalam bahasa Jawa berari nasi. Menir sendiri adalah kuah bening yang dicampur dengan menir, yaitu beras kecil kecil yang sudah digerus halus. Meski dicampur dengan menir, kuahnya tidak terlalu keruh. Justru terlihat bening seperti sayur bayam bening. Rasa dan bumbunya pun mirip. Bumbunya terdiri atas kunci, bawang merah dan putih dan gerusan menir. Bedanya kuah menir ini menggunakan rajangan Kangkung. Terkadang ditambahkan dengan labu.

Awalnya saya ragu mengajak Najin sarapan pagi dengan menu sego Menir. Pertama, karena dia nggak suka sarapan. Kedua, karena Sego menir ini ada sayurannya. Bukan karena dia nggak suka sayuran, ya. Tapi dia lebih menikmati makan sayuran yang dimasak dirumah.

Tidak ada salahnya mencoba. Roda kendaraan saya gerakkan menuju penjual Sego Menir yang berada di pertigaan Jl. Akim Kayat. Sego menirnya terkenal di kalangan masyarakat Gresik. Selain itu juga letaknya berdekatan dengan penjual Nasi Krawu terlaris di Kota Gresik, siapa lagi kalau bukan Buk Tiban. Kalaupun nanti Najin tidak menyukai sego menir saya akan mengajaknya menyantap Nasi Krawu. Salah satu menu favouritnya.

Saya memesan satu piring sego menir. Berupa nasi yang diguyur dengan kuah menir. Kemudian ditambahkan sambal pencit atau mangga muda. Mata saya dan Najin bergerilya mencari lauk yang terhidang sangat melimpah di meja. Ada berbagai gorengan ikan, ikan asin krispi, Bali belot, dadar jagung, telur ikan dan juga aneka jeroan sapi.  Hmmmm lumayan bikin kalap.

Umumnya, Sego menir ini disantap bersama bali belut dan dadar jagung. Tapi jika kurang suka, bisa mencoba aneka lauk yang ada, tergantung selera. Karena saya sendiri kurang menyukai bali belut, pilihan saya jatuh pada ikan asin krispi dan Najin lebih memilih  sate usus dengan rasa sedikit pedas.

Sego Menir menawarkan rasa segar dengan semburat rasa kecur yang tipis. Tonjokan segar menir lebih terasa lagi dengan tambahan sambal pencit. Letupan rasa segar, pedas dan sedikit masam terasa menggoda rongga perasa. Ditambah lagi dengan tabrakan ikan asin, hmmm gurih terasa.

Nggak nyangka, Najin makan dengan lahapnya. Saya hanya bisa tersenyum sambil memilah daging ikan agar durinya nggak ikut. Dia lebih suka mencomot sate usus ditanganya. 2,3, 5 hingga 7 sate usus. Hehehe doyan. Sementara kami makan dalam buaian kesegaran, silih berganti ibu ibu datang membeli kuah sayur menir untuk dinikmati dirumah.

Kuliner daerah Gresik
Bali Belut

Kuliner Nusantara
Ikan Asin Krispi

Sego Menir
Sambal Pencit (mangga muda)

Sego Menir
Aneka Lauk pauk, mulai ikan goreng hingga jeroan sapi

Dibandingkan dengan Nasi Krawu dimana penjualnya  dapat dengan mudah kita jumpai di kota Gresik, sego Menir ini cenderung langka. Di Kota Gresik sendiri ada beberapa penjual Sego menir yang menjadi jujukan warga Gresik. Yakni Sego Mener Akim Kayat. Kemudian Nasi Menir Mbuk Marjani, Bu Zaenab dan yang berjualan disekitar pasar Gresik. Kebanyakan penjual sego menir ini juga menjual nasi Krawu.

Seporsi sego menir diharga Rp.7000 saja, sudah termasuk lauk pauk. Ketika saya membayar, permintaan Najin ini membuat penjual dan pembeli tersenyum. “Ammy, Najin suka ini, bawa pulang semua ya?” sambil menatap hijau sate usus. Baiklah!. Kalau emaknya lebih suka Kripik Usus Maknyus, doyan banget malah. Nah, sebelum pulang, kami membeli 2 bungkus es cincau yang berada di seberang jalan yang juga laris manis.


You Might Also Like

34 comments

  1. Biasanya ibuku kalo nyayur bening bumbu kunci temannya juga bakwan jagung mbak, aku bisa ngebayangin segernya sego menir baru tau aku menu ini. Kirain kayak merk jamu ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, memang cocok sayur bening bumbu kunci sama dadar Jagung.
      hehehe Iya, kayak merk jamu nyonya menir

      Delete
  2. akhirnya emak udh nemu ini tempat ya, maaf ya mak kmrn belum sempet ngajak kesini :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuuu akhirnya bisa cobain menir dari buk ini, seringnya yg dipasar Gresik atau Buk Marijan.

      Delete
  3. aduh..dari tadi bw ..ketemu sama makan terus....
    *elus2 perut*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, Mungkin para blogger lagi doyan mbadok karena barusan dpt Job Review *dikeplakkeyboard

      Delete
  4. Haduh bikin laper aja jam segini liat posting makanan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwkkw , diet gan , biar gk melebar tuh perut nya wkwkwkkwkwk

      Delete
  5. kirain menir itu, beras kecil-kecil yang biasa buat pakan ayam itu :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, menir itu beras kecil kecil itu.

      Delete
    2. menir??? nyonya menir?? jamu dong wkwkwkkwwkkw

      Delete
  6. Aku baru tau nih sego menir... Ajak aku makan di situ mbaaak... Aku udah ngebayangin sego menir pake lauk bali belut... Hmmmm..
    Btw, aku juga lebih suka kripik usus dibanding sate usus. Tapi kalo dikasih dua2nya sih gak nolak blash...

    ReplyDelete
  7. Aku baru tau nih sego menir... Ajak aku makan di situ mbaaak... Aku udah ngebayangin sego menir pake lauk bali belut... Hmmmm..
    Btw, aku juga lebih suka kripik usus dibanding sate usus. Tapi kalo dikasih dua2nya sih gak nolak blash...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastiiii kalau ke Gresik aku ajak kesini. hmmmm ngiler pasti.
      Blashhh nggak nolak........hehehe

      Delete
  8. aku selalu pengen gaya2an makan sambal pencit yg dari mangga itu
    eh tapi seringkali mulutq g kuat mbak hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. seger mbak, waktu pulang kampung kemarin kan musim mangga. hampir tiap hari makan sambel pencit. huahhhh seger nonjok ke bibir.

      Delete
  9. Wah najin kesukaannya tahu campur yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Suka tahu Campur karena ada dagingnya.

      Delete
  10. ya ampuun mba, liat sambel mangganya aku udh pengin bgttt... baru tau ttg sego meneer ini.. biasanya tiap k gresik slalu mkn nasi krawu doang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seger ya mbak fanny. Iya, kebanyakan klo ke Gresik pasti nasi Krawu, ntar cobain ini ya klo Gresik lagi

      Delete
  11. Mba, sayur beningnya ini kayak sayur bayem bumbu kunci ya berarti? cuma sayurannya diganti kangkung gitu kah? boleh dicoba nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuuuu, trus ditambahahin menir mabk, gerusan beras dikit.

      Bagi bagi ya kalau sudah masak :)

      Delete
  12. Mmmmmhhh segere, Rek... Penasaran karo iwak asin krispine aku. ira

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayooo la mbak kesini lagi, kulineran. kemarin pas Ramadhan, jadi nggak bisa kulineran , ya

      Delete
  13. Jadi pengen makan sego menir mbak :)

    ReplyDelete
  14. Baca artikelnya koq ngiler......

    ReplyDelete
  15. Sego menir... pasti enak banget tuh.. belum pernah makan sih... :p

    ReplyDelete
  16. aihhhh ngiler deh di buatnya mantap mbak..... ini bikin nafsu makan nambah hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makan yang banyak biar sehat dan terus travelling tentunya :)

      Delete
  17. Aduh ternyata Mbak Zulfa juga seneng Sego Menir pertigaan Akim Kayat, hahahaha. Aku suka bali belut sama sambel mangganya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyo enak lan seger sego menir e ibu nang Akim kayat iki, nek dak salah jeneng e bu Maryam. :)

      Delete

Follow Twitter

Follow Google+

Follow Instagram