Cara Mengurus E-Tourist Visa India

February 26, 2015

e-Tourist Visa India

Turis visa ke India sekarang dilakukan secara online

Sekarang datang ke India nggak pakai ribet apalagi njelimet. Dulu kita harus ngurus Visa ke Kedutaan India di Jakarta. Kemudian dipermudah dengan adanya Visa On Arrival (VoA). Untuk ngurus VoA  membutuhkan waktu setidaknya 1 Jam di Bandara. Dengan segala tetek bengek formalitas yang harus dibawa. Dan masih dicek dan ditulis secara masih manual oleh petugas Bandara. Belum lagi pengecekan uang asli atau palsu. Sedikit ribet.

Sekarang pemerintah India memberikan fasilitas yang lebih cepat, mudah dan nggak pakai ribet. E-tourist Visa atau E-VoA Namanya. E- Touris Visa ini hasil perkawinan antara ngurus Visa ke kedutaan dan cara online. Maksudnya, kita cukup Aplly online visa di web, bayar online dan print. Hasil printnya itu kita tunjukkan waktu kita sampai di Bandara di India. Gampang bukan?

Berikut cara mengurus E-Tourist Visa India atau Visa On Arrival Online

1.    Mengisi Aplikasi form e-tourist Visa (e-Touris Visa Aplication)
Buka situs e- Touris Visa India di https://indianvisaonline.gov.in/visa/tvoa.html link ini langsung ke E-Tourist Visa dengan view kayak gambar diatas.

Terdapat 5 langkah mudah untuk mendapatkan e-Tourist Visa India yakni

Cara mengurus Turis Visa Ke India


Langkah pertama klik e-Touris Visa Aplication dan Ikuti petunjuknya. Kamu diminta untuk mengisi Type passport : pilih ordinary, Nationality, tanggal lahir, Port of arrival, Email dan tanggal kedatangan. Email ini nantinya digunakan untuk menerima Visa. Yang sangat penting untuk diperhatikan adalah tanggal kedatangan dan Port of Arrival.

Cara mengurus Turis Visa Ke India

Tanggal kedatangan ini nanti berpengaruh dengan Validitas penggunaan Visa. Yakni mulai tanggal kamu submit hingga jadwal kedatangan di India (sesuai dengan tanggal kedatangan yang kamu isi sebelumnya). Jadi kamu harus sudah arrive di India dalam jangka waktu yang sudah ditentukan. Dan untuk Visa nya sendiri, berlaku 30 hari sejak tanggal kedatangan.

Port of Arrival, karena tidak semua bandara di India bisa dilewati untuk pemegang VoA. Nah, ketika membeli tiket, pastikan dulu bandara tujuan kamu isa VoA apa Nggak. Nih aku kasih Tips memilih maskapai penerbangan ke India. Dan berikut daftar Bandara di India yang menerima VoA online.

Langkah langkah Turis Visa ke India

Setelah itu, kamu bakalan menerima Temporary Application ID. Nomer ini warnanya merah cerah yang berada di atas. Catet Nomer Temporary Aplication ID atau Print screen dan simpan. Karena Temporary Aplication ID ini dipergunakan selama melengkapi data sebelum Proses pembayaran.

Mungkin saja kamu kebelet ke toilet atau yayang kamu lagi pingin indehoi di telpon. Atau tak sengaja tertutup aplikasinya kayak saya kemarin, tiba tiba jari lentik saya nge-klik tidak sengaja nutup form pengisia.. Nggak usah khawatir, tinggal klik web link diatas. Trus klik Complete Partially filled Form. Masukkan Temporary ID yang sudah kamu dapatkan dan lanjutkan proses.

2.    Melengkapi data data penunjang atau Complete Partially filled Form
Langkah selanjutnya isi form dengan segala detail yang diperlukan. Termasuk upload Foto dan scan Passport. Inget! Pastikan passport kamu Valid minimal 6 bulan. Jadi, siapin keduanya sebelum submit. Dan jangan lupa siapin (deketin) Passport, KTP Juga KK (Kartu Keluarga) karena infonya diperlukan dalam pengisian data selanjutnya. Sekalian kartu Kredit dan hape untuk konfirmasi password kartu kredit. Sudah ada semua di meja ? Ok, masukkan semua data seperti ini. Konsentrasi!

Cara mengurus Turis Visa Ke India

Noted!
Pengisian Nama: Surname itu nama keluarga alias nama belakang. Sedangkan Given name itu nama depan kamu. Misal, nama saya : Attini Zulfayah. Isi formnya kayak gini, Surname : Zulfayah, Given Name : Attini.

Pertanyaanya, gimana kalau namanya sepanjang gerbong kereta api India alias lebih dari dua? Misal namanya : Attini Zulfayah Ayu Tenan (Please, nggak usah senyum apalagi protes). Isi form-nya kayak gini, Surname : Tenan, Given Name : Attini Zulfayah Ayu. Oh ya, nama ini sesuai dengan yang di Passport. Biasanya ada nama orang di KTP dan Passport beda, nah disini yang digunakan nama yang di Passport bukan KTP.

  • Lanjut pengisian detail passport.

  • Lanjut pengisian alamat lengkap rumah dan no telepon.

  • Lanjut pengisian Family detail.

Inilah gunanya KK untuk memasukkan nama ayah dan ibu serta tempat lahir mereka. Kalau kamu inget, ya tinggal isi data aja.
  • Lanjut Detail of Visa Sought

Memasukkan Kota kota yang akan kamu kunjungi di India.

Cara Mudah mendapatkan Visa ke India

  • Lanjut Reference

Masukkan referensi orang di India yang kamu kenal. Kalau nggak ada masukkan nama hotel , alamat dan nomer telephone hotel.
Trus siapkan nama keluarga yang bisa dihubungi jika terjadi hal hal yang tak diinginkan (emergency condition).

Turis Visa India

  • Upload foto dan Document

Siapkan foto berwarna dengan background putih, foto studi atau hape juga bisa. Ukuran foto minimal 10 KB dan maxim 1 MB. Foto harus kotak (square) artinya ukuran panjang sama lebar harus sama. Misal 300 pixel x 300 pixel atau 400 pixel x 400 pixel.

Scan Passport atau kalau nggak punya scan bisa kamu foto dengan hape. Foto dengan posisi landscape. Trus ubah ke format file PDF. Di internet ada fasilitas mengubah Jpeg ke file PDF. Ukuranya juga bisa disesuaikan. Pastikan ukuran file PDF minimal 10 KB dan Maksimal 300 KB.

  • Confirm Detail.

Setelah semua proses selesai, kamu akan diminta untuk mengecek kembali semua detail yang sudah kamu masukkan. Plototin satu satu dan pasikan semua benar. Cek Ulang! Jika ada kesalahan bisa bisa nggak diizinkan masuk ke India. Tolong periksa satu satu, pastikan semua benar!.

Setelah proses Confirmasi selesai. Kamu bakalan dapat Application ID. Yang Temporary Application Number sudah nggak dipakai lagi. Catet Apllication ID karena digunakan untuk Proses pembayaran.

3.    Bayar Visa (Visa Fee)
Hanya menerima pembayaran dengan menggunakan kartu Kredit Visa atau Mastercard. Biaya 62 USD (Update : sekarang biaya turun 49,20 $). Debit sebenarnya bisa tapi nggak semuanya. Daripada ragu, pakai kartu kredit saja. Bisa pakai kartu kredit orang lain.

Cara Mudah mendapatkan Visa ke India


Kalau pinjam Kartu Kredit orang lain pastikan waktu mengisi verifikasi kode dia online atau siap di depan hape. Karena verifikasi kartu kredit ini butuh password yang dikirim melalui handphone dan berlaku  5 menit saja.

Noted : Pastikan kartu kredit kamu bisa digunakan termasuk cek limit juga. Karena kamu diberikan 3 kali kesempatan untuk bayar Visa. Misal pembayaran pertama kamu ditolak karena kartu kredit kamu gagal konfirmasi verifikasi kode. Bisa dicoba  lagi. Bisa saat itu juga atau esok hari. Jika ketiga kalinya kamu gagal. Maka kamu harus melalui proses awal lagi (Nomer 1).

Seringnya waktu pembayaran server down atau gagal. Alhamdullilah ketika saya membanu membuatkan Visa untuk teman saya, Mbak Andri semuanya lancar termasuk pembayaran. Saya mengurusnya pukul 13.00 waktu India atau sekitar pukul 14.30 Indonesia.

4.    Print Visa Aplication
Jika semua OK dan valid. Tunggu kabar melalui email. Visa kamu bakalan dikirim melalui email. Nggak sampai sehari. Submit jam 5 sore. Esok hari Jam 7 pagi sudah selesai visanya.  Bawa hasil print Visa ini ketika datang ke India.

5.    Visa Status untuk Cek status Aplikasi Visa Kamu
Ini untuk mengecek status Aplikasi Visa kamu. Proses atau Granted.
Nggak udah galau, mereka bakalan kirim informasi di email yang sudah kamu masukkan di awal tadi. Saran saya, selain di Print simpan juga form Aplikasi dan visa dalam email.

Syarat mengurus Turis Visa India

                              
Hal hal yang sering ditanyakan :
Mbak harus bawa bukti tiket balik nggak ?
Nggak harus sebenarnya tapi mending bawa. Kenapa? karena kadang ada random checking. Ketika sampai di imigrasi bandara kadang kamu nggak hanya diminta menunjukkan visa juga harus menunjukkan tiket balik (pulang) juga bukti booking hotel.

Mbak sebaiknya ngurus Visa berapa lama sebelum keberangkatan?
Idealnya urus satu bulan sebelumnya. Paling tidak 1 minggu sebelumnya. Meski Visa ini bisa selesai dalam jangka waktu kurang dari sehari, tapi sebaiknya jangan dadakan. Takutnya malah nggak dapat.

Mbak setelah dari India aku langsung ke Nepal gimana ?
Tidak apa apa, tunjukkin saja Tiket penerbangan dari India ke Nepal. Sekalian tunjukkin Tiket pulang dari Nepal ke Indonesia. Kalau kamu lewat darat dari India ke Nepal, tunjukin saja Tiket pulang dari Nepal ke Indonesia.

Mbak, aku mau nikah sama pacarku di India, boleh pakai e-Tourist Visa?
Tidak. Karena untuk menikah ada Visa tersendiri yang nantinya bisa diubah ke Visa tinggal di India.


Gampang banget kan ngurus turis Visa ke India? Banget. Sebelum berangkat ke India ada baiknya kamu membaca beberapa tips travelling aman di India dan Tips sehat selama di India.  Phir Millenge India J

You Might Also Like

161 $type={blogger}

  1. asyikkk.... gampang. Aku seneng sing ngene iki. Soale paling males ribet urusan visa. Kapanan ngurus visa Irlandia wae ana dramane barang..Mandar mugo tambah suwe paspor ijo iki tambah sakti. aamiin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin. Judule Kesaktian "pasport hijau" berlambang Garuda. hehehe. Iyo mbak, Paling wegah urusan Visa nek ribet. poleh rodok down semangat mbolang e. Mugo-mugo, entah kapan pasport hijau lolos seluruh dunia. Paling aku langsung mlencing nang Rusia. hahaha

      Delete
  2. Baca ini jadi langsung tau cara bikin visa India. Yippiii. Gampang ternyata. Tinggal ngumpulin uang buat ke sananya. Tunggu aku ya Mak. Kasmir dan Ladakh tunggulah daku. Eh dijamin posting yang ini bakal meledak pengunjungnya. Percaya deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Mbak Lina *sodorin celengan* ngetrek Yuk mbak. Banyak Jalur trek loooo.....
      Makaisih, Semoga sampe jutaan viewer. hehehe. Amin

      Delete
  3. Siipp sipp... matur nuwun, mbak Zulfa *bookmark this page. Buat bekal nanti kalau ke Ladakh.
    Kapan?? ya, nantiii... Pokoknya catet dulu ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sami sami Dee an. Hayooo Ke LAdakh sama Mbak Lina. Sudah ber3 nih. Tinggal cari 3 teman lagi. Biar murah share cost ke Ladakh nanti

      Delete
  4. Izin ke India semakin gampang *yipee*
    sukriyaaa infonya mbak e :D
    btw tulisanmu ini aku link ke blog aku ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Horeeeeee. Sami sami Kaka Rani. Monggo di Share. Next Kamu kesini udah kagak ribet di bandara lagi. langsung menghirup Udara India :)

      Delete
    2. Aminn...semoga diberi kesempatan ke India lagi :D

      Delete
  5. mbak...
    bikin tourist visa tuh kita wajib hadir di kedubes india secara langsung ya..?? apa cukup melalui online aja...
    masalae kan aku domisili jember trus kalo harus ke jakarta kan.. duhh.. biaya lg biaya lagi???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung aja online. Sekarang VoA harus online. Kamu siapain scan KTP ama passport buat submit. trus isi semua data kelengkapan yang ada di web. NGGAK pakai ke embassy, ribet. Nanti sampai di India bawa hasil print itu, return tiket dan booking hotel. Biasaya itu di cek di bandara.

      Lebih gampang :)

      Delete
    2. Mba zul. Gimna klo kita dpt Invitation letter. Ga perlu ada booking tiker atau msalah tiket kereta atau yg lainnya kan? Krn dijemput setelah sampai di India. Mksh mba. Tlong dbntu y.

      Delete
    3. Kalau pakai invitation letter, ngurusnya di embassy, nggak online lagi. Yap, nggak perlu booking tiket dan lain lain.

      Delete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Halo mb. mau tanya kalo isi voa online diminta reference name in india ya. kalo gk ada kenalan di sana diisi apaan ya mba? terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ke India pakai touris visa nggak pakai reference di India. VoA turis diiisi standart tentang Id card, passporrt, kapan dtang dan balik. Jadi nggak pakai reference.

      Delete
  8. Mba, mau nanya.. skrg VoA harus dftr online dulu ya? soale tahun lalu mash on the spot lgsg tanpa dftr online.. saya bingung td pas mau dftr online trnyata ada batasan maksimal 4 hari sebelumnya. saya rencana 3 hari lg berangkat, wah gimana ya sebaiknya?

    ReplyDelete
  9. Mba, mau nanya.. skrg VoA harus dftr online dulu ya? soale tahun lalu mash on the spot lgsg tanpa dftr online.. saya bingung td pas mau dftr online trnyata ada batasan maksimal 4 hari sebelumnya. saya rencana 3 hari lg berangkat, wah gimana ya sebaiknya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai vivie. Ya, sekarang Visa India harus daftar online dulu, kalau nggak daftar online disuruh balik lagi.

      Kamu tinggal dimana? mending ke embassy aja. Bilang aja kamu tidak tahu aturan sebelumnnya, jadi sudah terlewat.

      Delete
  10. Bandara srinagar ga bisa voa ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bandara Srinagar nggak ada VOA. soalnya nggak ada penerbangan International kesana ya, cuman domestik. Jadi nanti pengecekannya biasanya di kota lai, Biasanya Delhi yang terdekat.

      Delete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, sebelumnya waktu mengunjungi Indonesia dia pakai visa apa ya ?

      VOA indonesia berlaku 30 hari dan dalam setahun maksimal 2 kali .

      Klo transit di Malaysia sudah connecting flight dari airlinenyya, dia nggak usah ngurus VOA Malaysia. (sudah dpt pass boarding sekalian waktu check in di India) Tapi klo connecting flight nya mengharuskan check in lagi di Malaysia, maka dia harus ngurus visa ke Malaysia. begitu.

      Kalau Dari Hyderabad, saranku pakai Tiger Air aja Via Singapore karena dia nggak perlu lagi pakai ngurus Visa transit di Spore. Langsung Surabaya atau Jkt

      Delete
    2. Dulu dia pakai visa yg biasa dia urus di delhi melalui temannya.

      Nah insya Allah tahun dpan mau pakai VOA krn pontianak sudah bisa terima VOA, dia gak lama mbak paling lama 2 minggu aj di sini.
      oohhh harus connecting flight yaahh.
      Dulu juga dia selalu pakai tiger air mbak, tp krn itu memakan bnyak waktu hingga 3 kali penerbangan HYD - SNG - JKT - PONTIANAK, Jd mau d rubah melalui malaysia, HYD - MALAYSIA - PONTIANAK hanya 2 kali penerbangan, cuma yah itu blm tau harus pakai VOA lg atau tidak, rencananya nanti mau pakai airasia mbak.

      Delete
    3. Saranku kamu hubungi Air Asia, apakah itu connecting flight (dlam artian di Malaysia nggak usah check in lagi) atau tidak? kalau connecting flight berarti nggak usah visa transit Malaysia. Semcam Tiger Air gitu. jadi di Chngai itu tinggal boardinf pas aja, tpai nggak pakai check in lagi.

      Delete
    4. oooohhh gtu iya deh mbak.
      makasih banyak buat sarannya yah mbak, dan minta doanya juga mbak semoga planning kami tahun depan bisa segera terlaksana, dan sekali lagi bakal kepoin mbak nih tanya2 soal pernikahan beda negara #jangan bosan2 yah mbak ^_^

      Delete
    5. Sama sama, kembali kasih

      Amiin. Semoga dimudahkan dan lancar langkahnya ya.... Aamiin

      InsyaAllah, Allah selalu memberikan yang terbaik buat hambanya.

      Nggak bosa, monggo kalau mau tanya tanya dan share :)

      Delete
  12. Baik bener sih mak... Semua pertanyaan di jawab sabar. Tuhan memberkati ya makkkkk

    ReplyDelete
  13. Maaf mau numpang nanya ya 😊, kalau saya mau pergi di pertengahan bulan Desember'15, sebaiknya mulai ngurus visanya kapan ya..? Trima kasih sebelumnya ya mbk Zulfa 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa diurus satu bulan sebelumnya, biar nggak terlaul mendadak.
      Pastikan tiketnya, soalnya berlakunya visa berdasarkan tiket pulang pergi.

      Semoga lancar perjalanannya :)

      Delete
  14. Mbak kalo buat visa utk berangkat dlm bulan ini masih sempat gak ya

    ReplyDelete
  15. Mbak kalo buat visa utk berangkat dlm bulan ini masih sempat gak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bulan ini, tanggal berapa ya? setidaknya 2 minggu sebelumnya. Kalau masih seminggu lagi, beum tahu ya, coba submit saja. Jadinya cepat kok, 24 jam saja.

      kalau nggak nutut, langsung saja ke embassy

      Delete
  16. Mbak...
    Kalo kits mau Cari kerja n stay di Sana...
    Visa apa Yg kits perlukan...
    Apakah bisa menggunakan VOA online ini ....
    Trims

    ReplyDelete
  17. Kalau Cari Kerja, pakai Visa bekerja, harus menunjukkan Perusahaan yang memberi pekerjaan.
    kalau VOA online ini buat turis. kalau disalah gunakan bisa bisa dideportasi.

    Sama2

    ReplyDelete
  18. wahhh makasiiiiiihhhh banget.... gak perlu ke kuningan jadinya

    ReplyDelete
  19. Mbak kalau ditipe visa gak ada ordinary nya kita pilih visa tourist atau visa entry ya,

    ReplyDelete
  20. Mbak kalo gak ada visa ordinary nya kita pilih visa apa ya saya mau kunjungi kerabat di sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mengunjungi kerabat untuk berapa lama ya? kalau untuk sebentar saja (max 30 hari) pakai visa turis aja biar nggak ribet. Tapi kalau lebih dari itu ngurus visa kunjungan teman/kerabat harus ngurus ke kedutaan. Sebelumnya juga harus submit online juga. buka saja website indiaembassy di jkt. ada kok disana pilihan visanya.

      Delete
    2. Kunjungan utk liburan aja paling lama 10 hari . Oh ya mbak tanya lg kalo kita mau kesanal agi apa saya harus urus visa lagi ya...thanks ya mbak atas info nya...

      Delete
    3. Kalau untuk liburan, mending ambil e-VOA online ini saja, bisa sampe 30 hari kok.
      Dalam setahun kita boleh 2 kali ambil VOA online.

      Delete
    4. Gitu ya mbak, kita bayar visa USD 62 itu dalam bentuk rupiah kan mbak,

      Delete
    5. Dollar nanti dirupiahkan ditagihan. Sekarang katanya bisa pakai Internet Payment. Dulu hanya bisa pakai CC. coba langsung cas cus ke Web nya

      Delete
  21. Mba klo lngsung brangkat tnpa ngurus visa di sini bisa ga
    Soal nya wktunya mpet...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak bisa, E-VOA sekarang harus. klo nggak punya, disuruh balik ntar, nggak bisa masuk India.

      Urus aja deh klo msh ada waktu.

      Delete
    2. Mba zulfa maaf lg nih mo tnya sy udh isi smua frmlir dan ada plihan pay now and pay latter
      Sy klik pay now dan ada pilihan crtu credit sama debit trus sy klic yg debit,yg berlogo mastercart eh pas udh di isi smua,pmbayaran failed..
      Gmn itu mba iD prmohonan sy msh bs ato udh di blok.
      mba tolong bntu....
      😭😭😭😭😭😭😭😭

      Delete
    3. Kamu masuk ke web mereka, Log on Lagi menggunakan temporary ID waktu kamu submit. Setiap kali submit itu dapat temporary ID. nah pakai itu, nanti tinggal ngelanjutin pembayaran.

      Delete
  22. terima kasih infonya mbak Zulfa.
    rencana akhir tahun depan mau kesana, sekalian cari kawan buat barengan rame-rame biar makin seru 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama, wah masih lama ya. klo dah beli tiket dan booking hotel, urus jauh jauh bulan, biar tenang

      Delete
  23. terima kasih infonya mbak Zulfa.
    rencana akhir tahun depan mau kesana, sekalian cari kawan buat barengan rame-rame biar makin seru 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama, Semoga dpt teman yang cocok buat perjalanan ke India, ya. Aamiin

      Delete
  24. Pertanyaa dari Email :

    Assalamu'alaikum mbak.
    Perkenalkan saya Rona dari Bandung.. Sebelumnya saya mau nanya2 soal
    trip ke India..
    Rencananya sekitaran Februari/Maret ke Mumbai dan ini perjalanan
    pertama saya ke India, malahan perjalanan pertama ke luar negeri..
    Yang mau saya tanyakan:
    1. Mengurus Visa sebaiknya di Indonesia atau VoA aja di sana? Klo
    disana, ribet gak urusannya?
    2. Persyaratan VoA itu apa aja mbak?
    3. Mencari tempat makan yg halal di mumbai dimana mbak?

    Makasi sebelumnya dan maaf sudah merepotkan..

    Wassalam,

    Jawab :

    Waalikumsalam, Salam kenal Rona

    1.VOA sekarang ditiadakan ya, digantikan dg E-VOA dalam tulisan ini. Caranya sesuai dengan artikel diatas. lebih enak dan cepat ketimbang mengurus di embasssy. apalagi kamu dmisili di Bandung.

    2. Persyaratanyya sesuai diatas ya, siapkan copy passport dan foto untuk submit. ikuti langkah langkahnya, siapkan juga untuk pembayaran.

    3. Di Mumbai atau bagian India rata rata restoran menyajikan makanan Vegetarian. Jadi halala. Tapi kalau pingin makan non-veg halal, coba cari dikawasan haji Hali, disana banyak sekali makanan halal. enak enak malah.

    Gpp. Sama sama, semoga lancar perjalananaya.

    Salam

    ReplyDelete
  25. Pertanyaan :
    Hi,
    Hallo mba salam kenal..:)
    Saya baca blognya dan dapat email mba dari situ.
    Saya ada rencana ke India pertengahan Januari 2016 ini ke Delhi, menghadiri wedding salah satu sahabat dekat suami saya.
    Kita rencananya pergi tgl 19~26 Jan karena ingin sekalian liburan..hehe mumpung udah ke India kapan lagi kan?
    Rencana kita mungkin ingin ke Taj Mahal, Agra,Jaipur tapi belum tau juga sih bagaimana mengatyr itinerary nya. Boleh donk mba minta itinerary nya..yang jelas weddingnya tanggal 20 dan 21, after that we are free..
    Dan katanya sekarang Delhi lagi dingin ya?
    Saran donk mba ginana bawa bajunya biar ngga terlalu berat dan banyak..kan mau travelling ntar ya hehe...
    Oya, ngomong ngomong mba nya tinggal di Delhi?

    Thanks a lot ya mba...
    waiting for your reply

    Cheers,
    Kallista

    JAWAB :

    Salam kenal Kalista.

    Jadi Kalista rencana Liburan Mulai tgl 22-25 ya, saya asumsikan 26 sudah balik melali Delhi Juga.

    Kalisata punya banyak waktu untuk jelajah tiag kota tersebut ya. karena letaknya memang berdekatan.

    Agra (22) itu wisata utama Taj Mahal, Agra Fort dan fatehpursikri itu bisa dijelajah dalam waktu sehari saja. berangkat sepertiga malam. pagi lsg ke taj Mahal, msh sepi lebih enak. Delhi - agra 4 jam

    Dari Agra (sore) lanjutkan ke Jaipur sekitar 4 jam an, (tgl 23-24)Ada hawa Mahal, Amer fort, jantar mantar, Jal Mahal. Bisa sekalian ke Jodpur. 2 hari cukup jelajah Jaipur sama Jodpur.

    hari terakhir bisa explore Delhi (jaipur -delhi sekitar 6 jam) tgl 25 : Qutub minar, kawasan old delhi, india gate, connaugh palce, humayun's tomb. lotus temple. banyak. tinggal sesuaikan wisata mana yg sesuai.

    Semoga lancar perjalananya.

    Salam
    Zulfa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..terima kasih banyak atas info dan jawabannya ya mbaa...
      Amiin, semoga dilancarkan.
      Salam,
      Kallista

      Delete
  26. Ass...
    Mba mksih bngat dh d bls...
    Maaf bnyak nanya dn ngrepotin bnget ...
    Mba kli ini aku dh dpet apliction id lagi tp pas mo bnyar kluar tulisan gini trus..

    Online payment facility is currently not available...
    Please try again after some time.

    Mba wktu nya kan cm 4 hri gmn tu mba??
    Kbtulan aku mo brangkat bawa anak,niat nya mo liburan eh mlah skarang wktu liburnya dh mo abis jd sedih... mna tiap hr ank aku naya mlu kpn brangkat2....
    😭hik..hiiikk...hhiikk😭

    Sedih.. mba..
    Sory ya mba jd crhat..


    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaiakumsalam.
      GPP :)

      simpan Apllication ID number. Nant coba, sejam dua jam coba Bayar lagi. kata teman teman webnya sering gitu. ada g beberapa kali bayar, bisa kok.

      atau coba metode pembayara lain. klo pakai kredit card gunakan debit atau sebaliknya

      Semoag dimudahkan. Aamiin

      Delete
  27. haii kak...mau nanya nih, saya kemarin udah buat visa ke india port of arrival-nya amritsar airport, masuknya apa hanya bsa di amritsar saja atau bsa masuk ke 16 bndara yg tersedia yah?? mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Darimanapun sebenarnya Bisa. BTW, kemarin bikin visa kemarin apa nggak disesuaikan dengan booking ticket, trus sesuaikan arrivalnya dimana ?

      Delete
    2. di visanya saya msuk dri amritsar airport, nah klo masuk dri delhi bsa ga mba??

      Delete
    3. InsyAllah bisa. Delhi menerima E-VOa. nanti klo ditanya kenapa beda, bilang aja ganti flight. Sebenarnya bisa darimanapun bandara yg ditunjuk menerima VOA.
      nanti di pesawat disuruh ngisi arrival form lagi kok.
      Kalau lebih enaknya, tlp embassy India di JKT.
      Tapi setahuku E-voa bisa digunakan di kota manapun yang sdh ditunjuk, termasuk Delhi

      Delete
    4. oh bgtu yaahh...thanks bgt yaa mba udh bntuin hehehe
      aku udh telp brkali2 ga di angkat mba...
      skses trus yaa... :)

      Delete
    5. Ok, semoga lancar ya... Sama sama2

      Delete
  28. Replies
    1. Iya mudah sekali. kapan kapan aku update ya....

      Delete
  29. Mbak mau tanya... Traveling solo ke India aman ga ya? Kira2 apa2 saja yg harus saya siapkan supaya tdk mengundang kejahatan..? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau Cowok, aman aman aja. Paling kena pakal, hehehe. Tapi kalau cewek, jangan. atau pakai tour and travel

      Delete
  30. Emak.. Sy udah booking tiket ke Nepal, rencana sekalian ngesot via darat ke India. Tapi masih galau soal visanya karena sy stay di Makassar. Rasanya boros klw ke jakarta ngurus visa, tp belum dpt jg info mengenai pembuatan visa India di Nepal. Ada saran mak? Makasih sebelumnya..

    ReplyDelete
  31. Ada kok kedutaan India di Nepal. Tapi kurang tahu langsung granted atau tidak. Coba buka google map. klo dari elbrus home itu dekat. Dari thamel juga bisa jalan, lumayan.

    ReplyDelete
  32. Waa kemarin baru bikin visa india yang biasa saja mba. Dan ternyata cara bikin visa indianya guampaaang, ga ribet seperti yang dibayangin. Next klo ke India coba yang VOA ahhh..
    Salam dari India ya Mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, E touris lebih gampang, nggak pakai Ribet dan pakai kesana kemari. hehehe

      Kamu di India kah sekarang? salam juga :)

      Delete
  33. Hallo Mba Zulfa..mau tanya soal E-Tv. Saya barusan baca pengalaman dr salah satu thread di FB mengenai E-Tv nya yg ditolak di Imigrasi KL. Jadi dia menggunakan E-Tv, hanya saja passportnya bukan E-passport. Lalu pihak imigrasi mengatakan bahwa E-Tv india itu hanya berlaku utk passport yg memiliki chip. Jd keberangkatannya ditolak. Sy malam ini berencana apply E-Tv jadi malah mundur. Jd kuatir krn passport sy bukan E-passport.

    ReplyDelete
  34. Hallo Mba Zulfa..mau tanya soal E-Tv. Saya barusan baca pengalaman dr salah satu thread di FB mengenai E-Tv nya yg ditolak di Imigrasi KL. Jadi dia menggunakan E-Tv, hanya saja passportnya bukan E-passport. Lalu pihak imigrasi mengatakan bahwa E-Tv india itu hanya berlaku utk passport yg memiliki chip. Jd keberangkatannya ditolak. Sy malam ini berencana apply E-Tv jadi malah mundur. Jd kuatir krn passport sy bukan E-passport.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, saya juga baca threat itu di BD FB.
      Aku sempat khawatir juga karena setelah threat itu aku berangkat ke Nepal (sama di kecil) dan passsport aku belum E-passport. Alhamdullilah, ketika masuk India bisa, tapi aku pakai visa tinggal.

      Kalau untuk E-Tourist aku masih belum tahu. Karena meski ada threat itu, teman aku pakai passport biasa masuk pakai e-Tv (bareng sama aku ke Nepal juga) dia lolos. Bahkan aku yang ngurus E-Tv dia.

      Ada juga teman ke Kerala bulan Februali, passport biasa, E-TV , lolos juga tuh. Tapi mending pastikan dulu ke Embassy India biar nggak galau

      Delete
  35. Halo, mbak. Mau tanya untuk foto visa ke india,bisa pake foto mengenakan jilbab ya? Soalnya kalo untuk visa ke eropa dan amerika kan musti keliatan kuping, jadi jilbabnya mesti dibuka. Makasi atas jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloooo

      Bleh pakai jilbab, temn temen rata ta fot pakai Jilbab kok, Granted.

      Sama sama. :)

      Delete
    2. boleeh..pake hijab boleh pake apa aja boleeeh, sy interview tanpa hijab...foto pake hijab gak masalah

      Delete
  36. Keren,makasih infonya,tahun depan rencana ke jaipur,,,

    ReplyDelete
  37. Keren,makasih infonya,tahun depan rencana ke jaipur,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga lancar perjalanananya di India, ya

      Klo dijaipur angan lupa cobain gorengan cabe yang gede gede itu, enak rasanya

      Delete
  38. hello mbak... untuk visa tinggal di india. pakek jenis visa apa ya?? apa bisa juga buat visanya secara online?? mohon pencerahaannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau Visa tinggal harus ada yang sponsori di India.
      Untuk Visa tinggal ngurusnya di Kedutaan, belum bisa online kayaknya.

      Aku ngurusnya di Embbasy

      Delete
  39. Can you guide me in English. I'm Vietnamese and want to visit there for about 15 days. Please advise.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Better you try Translate using Google or follow the step, because all is in English. The most importan is preparing all the file for upload.

      Have a nice journey :)

      Delete
  40. Mbak... Kalo sudah dapat visanya dari email, tinggal berangkat aja ya? Tidak usah ke kedutaan lagi untuk lapor? Berarti dokumen yg dibawa ke india nanti..print visa,pasport, dab ktp aja ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, kalau dpt visa, kamu print trus berangkat saja. Nggak pakai ke Kedutaan lagi.
      Iya, print visa, Passport dan KTP. itu Print Passport dan KTP untuk jaga jaga aja selama perjalanan.

      Delete
    2. Mbak.. Mau tanya lagi, bisa gak e-visa turis dikasih waktu 6 bln ke india?? Soalnya kalo ke kedutaan agak rempong. Mohon indonya mbak

      Delete
    3. Nggak bisa, e visa online itu cuman berlaku 30 hari.

      kalau 6 bulan itu pakai permit khusus ya, misal ada sponsorship atau kuliah disana.

      Delete
  41. Gampang ya mbak yg ga gampang tu ngumpulin duitnya supaya bisa nyampe India hahaha....
    Tp ga ada yg mustahil insyaallah bisa kesana.doain yes

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget dapetin visa India memang. InsyaAllah berangkat, tinggal ngumpulihn receh. InsyaAlah kalau ada kemauna pasti bisa kok. Aamiin

      Delete
  42. terima kasih, infonya bermamfaat sekali *jempol*
    mau tanya mba, kalau udh granted e-visa ini,
    saat tiba di india nanti, apakah kita mengantri di baian voa atau di bagian yg sdh memiliki visa ya?
    terima kasih. . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Antri langsung di Meja Imigrasi terserah yang mana aja. yang penting meja foreigner, karena di India imigrasi WN India dan Foreigner dibedakan

      Delete
    2. mba Zulfa~, tanya lagi yaa
      aku sdg mengisi form e-visa sesuai petunjuk di blog mba,
      setelah upload passport, ada tulisan S.No (lalu saya pilih) dan klik view document
      tapi tdk ada file passport yg muncul (malah kedonwload file .jps yg tdk bs dibuka computer) apakaah ini artinya upload gagal? padahal file sudah sesuai kriteria.....
      sy jd bimbang untuk klik continue dan masih berkutat dgn upload2 passport

      terima kasiih, tolong pencerahannya yaaa
      namaste :)

      Delete
    3. Kamu masih simpan Nomer Id sementara kah ? coba masuk lagi dengan memasukkan nomer application Id. trus ulangi lagi memasukkan copy passport (file PDF) pilih save an continue, klo dah bener pasti menuju proses upload file lainnya.

      Delete
  43. Halo mba Zulfa,

    Saya Olivia, mohon maaf sebelumnya kalo pertanyaan ini sudah ditanyakan di atas hiks. Pertanyaan saya:
    1. Jadi sekarang mengurus visa India harus online seperti ini ya? Saya ada rencana ke India 19 November 2016.
    2. Paspor saya yg biasa (bukan e-passport), apakah bisa dengan jalur visa online ini?
    3. Jika mengajukan online seperti ini, berarti tidak perlu syarat2 tabungan, rekening koran, dll? Hanya bukti tiket pesawat dan bookingan hostel gpp

    Terima kasih banyak mba Zulfa atas waktunya menjawab pertanyaan2 saya ^^

    Salam, Olivia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo Olivia.
      1. Yap, Sekarang pakai E Turis bisa online ini
      2. Bisa, baik a passport atau yang Biasa
      3. Betul, Pastikan ketika landing di India kamu bawa Print Visa, Retursn tiket dan Bookingan hotel selama India.

      Sama sama Olivia. Semoga lancar perjalanannya.

      Salam
      Zulfa

      Delete
    2. Terima kasih banyak mba Zulfa...:)

      Delete
    3. Hi Olivia,

      Salam kenal,
      Saya tertarik dengan pertanyaanmu yang ke-2 ke mba Zulfa, soal paspor biasa tapi apply e-tourist visa, bisa atau tidak.
      Boleh share pengalamannya dong Oliv, apakah lancar ketika masuk India dengan paspor biasa dan e-tourist visa.
      Kebetulan paspor saya juga paspor biasa dan mau apply online e-tourist visa.
      Terima kasih.

      Salam,
      Sadtu

      Delete
    4. Waktu heboh berita kalau passport biasa ditolak, waktu itu (tahun kemarin) beberapa temen saya lolos saja masuk India.

      Dan yang masalah itu biasanya yang transit di Malaysia.

      Delete
  44. emak mau nanya dong.. pernah pakai thai airways ga?? aku mau tanya kan itu transit 8 jam dibangkok aku harus ambil bagasi dan keluar counter check out atau langsung aja ambil bagasi dan ke counter transfer??
    kalau emak biasanya kalau transfer pesawat itu bsgasi transfer manual atau bisa dri pihak maskapainya saat kita ke bagian transfer counter???
    makasih ya jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. thai sudah lsg urus sampai kota tujuan bagage nya.
      biasanya sudah diurus sama pihak maskapai. tinggal melenggang saja.
      asal belinya langsung ya, bukan beli tiket sendiri sendiri.

      Delete
    2. waktu chek in, ada baiknya kamu tanya juga apakah bagage lsh ke kota tujuan

      Delete
  45. Ka,saya mo tanya kl bln oktober saya sdh ke delhi (etourist visa single) lalu saya mo dtg lg di bln dec atau januari,lbh baik urus online ato datang ke kedutaan ya?krn jarak terlalu dekat takut ga di approve.mohon pencerahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai E visa nggak papa kok. Aturannya itu dalam setahun kita bisa gunakan VOA 2 kali kok.

      Delete
  46. TANYA

    Assalamu' Alaikum mbak,...
    Mau nanya, kalo misalnya tujuan ke hyderabad dari surabaya tp rute tiket pesawat sby-KL-cochi-hyderabad. Jadi transit ke KL dan Cochi. Utk visa-nya gimana? Apakah cukup hyderabad aja? Atau kah juga ke cochi? Lumayan mbak tiketnya murah pakai Air asia 2jutaan... Matur nuwun lho jawabannya...
    Powered by Telkomsel BlackBerry®

    JAWAB

    Waalaikumsalam
    Visanya cuman satu aja, ntah di Cochi atau Hyderabad.
    Biasanya di Cek di Cochi, solanya nanti keluar dari terminl international ke domestik.
    Dimanapun ngeceknya, Visa cuman satu kok.

    Sami sami :)

    ReplyDelete
  47. TANYA

    salam mb

    saya berencana ke india jammu n khasmir sekitar april- may 2017. itu saya brangkaat dari jakarta ke newdelhi airport
    apa ynag harus saya persiapkan?? saya sudah punya pasport tapi belum visa
    trus rencnanya saya mo dijemput teman di airport newdelhi, tapi katanya harus pake surat invite ya, agar kita juga gk perlu booking hotel dan untuk reservasi saat bikin evisa

    itu kira kira bagaimana isinya surat ivite mbak??
    apa temenku cuma buat surat undangan biasa untuk menjelaskan bahwa nantinya saya menginap dirumhnya dan dijemput dia??

    mohon informasi jelasnya mb dan terima kasih


    salam

    JAWAB

    Salam kenal :)

    kalau boleh thu, itu April - Mei, kira kira lebih dari 30 hari nggak?
    kalau nggak lebih dari 30 hari, pakai e tourit visa saja biar nggak ribet.

    Kamu bisa booking hotel sementara saja kok. Jadi, booking lewat web, print, trus nanti kamu cancel, nggak masalah. Dan nggak bayar juga, selam ini teman teman juga seperti itu.

    Waktu e visa, cuman ngisi saja, hotelnya beda nggak papa. selam inni nggak di cek. kadang ddibandara juga nggak cek, cuman mending bawa print out booking, buat jaga jaga.

    untuk visa dengan invitation, berarti bukan e-tourist visa ya, berati ini visa knjungan. Ssuratnya nanti kayak gini

    Kop surat, kepada kedutaan besar India di jakarta.

    dengan ini ..... masukkan nama, alamat, nomer passport
    mengundang untuk datang ke india dalam rangka ....., dengan identias sebagai berikut
    nama, alamat, kebangsaan dan nomer passport.
    Sebagai enjamin saya bertanggung jawab atas segala tindak tanduk dan segala hal. dan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan saya bersedia menjadimin biaya hingga kepulangannya ke Indonesia.

    Suratnya, situlis dengan bahasa Inggris.

    kalau saranku, pakai e-visa biar nggak ribet dan ribut hehehe

    semoga lancar

    Salam

    ReplyDelete
  48. TANYA

    Assalamualaikum mbak zulfa, salam kenal aku septyara 😊
    mba bisa panggil aku septy, yara atau gak septyara kapoor hihi. Aku email mba bermaksud mau tanya2 soal trip to india mba, insya allah saya akan melakukan perjalanan ke india tahun dpn mba 😄 yg mau saya tanyakan

    1. Cara membuat visa india dan persyaratannya apa saja ?
    2. Beli tiket pesawatnya sebaiknya dari kapan yah mba ?
    3. Dokumen apa saja yg wajib kita bawa selama berada diasna?


    Bohot shukriya mba zulfa 🙏

    Salam kenal Septyana :) Semoga sehat ya...
    1. Jawabnya ada di postingan ini ya, cara dan juga dokumen yang prl dipersiapkan
    2. kalau dah pasti, sebaiknya beli tiket jauh jauh hari karena lebih murah. atau bisa hunting promo, bisa lebih murah, lho.
    3.Dokument, bawa passport sama fotocopy. dan KTP. dah itu saja, sama bawa bukti retrn tiket dan print out booking hotel.

    sama sama

    ReplyDelete
  49. TANYA

    Mbaaaak... Hehe aku pagi2 udah baca blog mbak ini.
    Aku ada rencana traveling ke India bulan April. Minta tips2 nya dong.. Be like :
    - Bandara yg ga ribet
    - Hotel recomend (dingin)
    - pusat perbelanjaan atau mall
    - Berala budget yg harus aku siapkan untuk 4 malam 😂😂😂

    Makasi ya mbaaaakkkk 😘😘😘😘

    JAWAB
    - banara yang international di India nggak ada yg ribet kok. bandara lokal yang ribet itu srinagar sama bagdobra
    - hotel dmn dulu nih?
    - Dul jarang ngemall di India, sukanya di pasar tradisional, lebih asyik
    - budget kira kira 6- 8 juta, tergantung harga pesawat juga ya, sebiknya baca psotingan tips mencari penerbangan ke India

    sama sama

    ReplyDelete
  50. mbak, aku mau ada perjalanan ke coimbatore, daftar visa onlen kok ga ada pilihan coimbatore airport? brarti aku pilih bandara terdekat dari coimbatore ato gmn? plis bls. aku telp kedutaan sibuk terus telp nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Coimbatore memang kurang umum untuk international fligh, jadi blm menerima fasilitas e visa. kamu ambil penerbangan ke Chennai aja

      Delete
  51. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  52. Halo mbak, very useful information nih.
    Tiga tahun lalu ngurus visa di embassy medan (karena kebetulan lagi di Medan) dan gk terlalu repot sih.Tapi sekarang udah gk di Medan jadi repot kalo mau ke Medan dulu.
    Mbak mau tanya dong,
    Ini aku menemukan web lain yang juga bisa apply e visa disini https://www.indiavisa.org.in/visa-fees
    Tapi kok fee payment nya beda jauh ya mbak ? Kalau di link itu ada tambahan goverment fee untuk masing2 negara.
    Nah di link yang mbak kirim di blog ini, aku coba check kayaknya gk ada ya mbak ? Terus bedanya apa ya mbak ?
    Terima kasih mbak,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, itu link visa bukan untuk link trourit. jadi di website itu ada beberapa macam tipe visa yang bisa di aplly.

      kalau mau turis Vissa,/klik link yang sudah aku tulis diatas. banyak yang keliru soalnya

      Delete
    2. Jadi bingung ni mbak.
      Terus perbedaan antara link yang aku kirimkan sebelumnya itu dgn yang sudah tulia diatas apa mbak ?
      Mohon sedikit penjelasannya mbak.

      Terima kasih

      Delete
    3. Untuk memasuki negara, ada beberapa macam visa. Nah yang link kamu klik itu buka e tourtist Visa. Uitu visa jenis lain kalau Turis Visa, kamu klik link yang sudah saya jelaskan diatas

      Delete
    4. Jadi gini, di Informasi yang kau klik itu, jika kamu baca teliti. Disitu tertulis Service dan Goverment. nanti dalam e visa yang dlm link aku itu sudah termasuk service berdasarkan pemerintahan atau negara dari mana turis itu berasal

      Delete
    5. Terima kasih mbak Zulfa.
      Mbak mau tanya lagi, maksud dari "Visible identification marks" itu apa ya ?

      Delete
  53. Info saja mulai April tahun ini ada beberapa perubahan utk eTV. Menjadi multiple entry, 60 days dan biaya menjadi 50$.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti nggak ada lagi single entry? dan haru smemakai multiple entry dengan biaya 50$? harusnya ada pilihan, ya.

      Terima kasih informasinya

      Delete
    2. Iya mbak.. nanti di visanya tertulis 4 bulan jadi masing2 hanya max 60 hari per visitnya jika dihitung 2x visit :) mbak zulfa tinggal di delhi kah? Soalnya ending di delhi nih haha kangen sama restauran saravana (kalau gak salah spell :D) menu masala dosa mantap punya hihi....

      Delete
    3. terima kasih atas informasinnya. Iya, aku tinggal di delhi, cuman sekarang lagi di indonesia.

      Beberapa maanan India memang ngangenin

      Delete
    4. Ka,aq udah pernah buat e-visa tahun ini (double entry),ud kepake 2 2 nya,kl mo ajuin lagi e-visa bisa ga sih? Tq

      Delete
    5. Setahu turis visa diperbolehkan 2 kali dalam setahun. kalau sudah 2x, ngurusnya ke embassy. atau lebih baik kamu telpon embassy dulu, siapa tahu ada perubahan sekarang.

      Delete
  54. Mbak kalau bayar dengan credit card org India boleh Gak, kebetulan Ada kawan disana, Dan dy yg bayar, visa Gak Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok, dulu banyak teman yang akai CC aku waktu bayar e visa india

      Delete
    2. Tp mbak kenapa waktu udh dibayar, waktu saya cek lagi gagal mbak pembayarannya. Trus waktu teman saya tnya di visa office disana, katanya saya harus datangi langsung kantor consulate di Medan atau kantor visa di Indonesia. Iya mbak boleh minta kontaknya mbak gak?

      Delete
    3. Tp mbak kenapa waktu udh dibayar, waktu saya cek lagi gagal mbak pembayarannya. Trus waktu teman saya tnya di visa office disana, katanya saya harus datangi langsung kantor consulate di Medan atau kantor visa di Indonesia. Oya mbak boleh minta kontaknya mbak gak?

      Delete
    4. gagalnya, ada tulisan apa ya? pakai CCjuga kan? Coba lagi, insyaAllah kalau semua clear, Visa will granted.

      Nggak harus datang ke konsulat. Ribet lagi.kalau hanya untuk datang sebagai turis pakai e visa aja. tapi kalau mau tinggal lama di India, beda lagiiiiii visanya

      Delete
  55. mbak aku mau nanya, klo cuma mau ke Bangalore aja tour itinerary (places likely to be visited) boleh diisi "Bangalore sightseeing and tourist spots" aja atau harus disebutkan detail nama tempat nya? trus klo nama cuma indriana surname nya diisinya gimana?
    trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. isis ada dengan beberapa wisata di bnglore. ini cuman formalitas isian di form aja kok.

      Waduh, saya kurang tahu surname dii isi apa kalau nama cuman satu. coba baca lagi. atau coba call ke india embassy

      Delete
  56. Boleh tanya mbk Zul,
    Saya sedang isi E visa ini, untuk tourist visa.
    Tapi kok muncul isian Reference Name in India ya...?
    Kalo gak punya kenalan bagaimana ?
    Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahuku klo E visa nggak ada referense name. Coba isi dengan nama hotel dan nomer htel yang kamu book

      Delete
  57. Elia


    Mbak saya mau tanya, apakah tidak diminta rekening koran 3 bln terakhir dari kita mbak?

    Dan apa saja data yang diminta setelah kita sampai di Airport India?

    Dan apakah diperlukan lagi sesampai di airport book hotel dimana sedangkan kita sudah memiliki relatif atau pacar disana??

    Terima kasih mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak pakai rekening koran.

      Di Airport, biasanya yang dilihat passport kita dengan e visa yang sudah kita print dan biasnya disuruh nunjukkin tiket balik.

      Saranku, kamu book hotel aja ketika masih di Indonesia. trus print. setelah di print, kamu cancel itu bookingan hotel, nggak masalah.

      Delete
  58. April ini mau ke Kashmir... tungguin ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdullilah, Ditunggu cerita cerita kecenya tentag kashmir Bang :)))))

      Delete
  59. Asslm. Selamat Malam mbak,
    Mohon bertanya, jd ke Kashmir sndiri tdk ada semacam special visa ya mbak?, mengingat tmpnya yg spesial jg, cukup e-visa as it is aja?
    *mohon maaf nanya mulu kek tamu hehe

    ReplyDelete
  60. TANYA :

    Rieska Pratiwi has left a new comment on your post "Cara Mengurus E-Tourist Visa India":

    Asslm. Selamat Malam mbak,
    Mohon bertanya, jd ke Kashmir sndiri tdk ada semacam special visa ya mbak?, mengingat tmpnya yg spesial jg, cukup e-visa as it is aja?
    *mohon maaf nanya mulu kek tamu hehe

    JAWAB:
    Waalaikumsalam

    kalau kashmir nggak ada permit khusus. Cukup visa turist biasa. kecuali kalau ke LEH ya, itu pakai permit khusus. Dan permitnya diurus disana

    Sama sama

    ReplyDelete
  61. mba mau tanya,saya akhir januari ini ke india mau ke udaipur,nah kan melalui transit mumbai buat kedatangan, pulangnya transit lewat delhi dari udaipur. itu masih bisa pake e visa ga ya ?
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, Mumbai dan delhi port yang menerima e-VOA

      Semoga lancar perjalananya :)

      Delete
    2. terima kasih banyak mba jawabanya ,udah hopeless bgt mau nanyain kemana gara2 telpon ke kedutaan ga diangkat dan sibuk terus huhu
      kira2 kemungkinan e visa ditolak gede ga mba ?sama kebanyakan alasan nya itu karna apa? kalo e visa nya ditolak uang yg udah dutransfer bye bye aja berarti ya ?

      Delete
    3. Kebanyakan diterima. Selama ini saya bantu teman urus visa, gampang kok. nggak sampai 24 jam dah dapat visa.

      Biasanya ditolak karena data nggak sesuai. isinya harus cermatt.

      Good luck ya ....

      Delete
  62. mba terakhir nih, mohon bantuan nya .pake e visa kan valid sampe 60 hari aja,kalo saya tinggal di india 64 sampe kepulangan itu bakal gmana ya ?bisa perpanjangan kah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya pakai visanya ? Untuk E turis visa itu berlaku hanya 30 hari. lebih dari itu kena fee, penalty atau mungkin masuk penjara.

      kalau pingin lebih dari 30 hari, mending mgurus visa ke kedutaan

      Delete
  63. Halo mbak, mau tanya, saya bingung yg bagian reference name in india, katany harus pake nama orang ya? Kalo pake nama hotel, alamat hotel, sama telepon hotel bisa gak? takutnya kalo pake nama hotel ditolak visanya, hehe trims

    ReplyDelete
  64. Hallo setelah saya bikin e visa india ini kenapa ya statusnya rejected dan apakah uang yang saya keluarkan akan kembali lagi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang tahu, mungkin adaabebarap syarat yang kurang atau nggak valid. Harusnya kembali ya... Coba cek

      Delete
  65. Halo mbak..
    Artikelnya bagus dan lengkap. Aku dapat sponsor dari india yang mau menyanggupi biaya hidup selama aku jalan jalan disana. Kirakira aku tetap harus melampirkan surat pernyataan dari bank ngga ya dan ada minimal saldo mengendap nnga? Kan udah ditanggung tuh sama sponsor?

    Terus kalo ngurusnya 5 hari sebelum keberangkatan bisa ngga ya? Terima kasih mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak usah melampirkan apapun. hehehe karena dah online. apalagis ekarang sudah free visa. coba cari info terbaru yang free visa.

      Bisa saja kok.

      Delete
  66. Hallo kak, td saya udah coba n berhasil..cuma masalah pembayaranny aja gmn ni kok dari td error trs n gk bs masuk k blong....tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kami simpen kan nomernya? coba keluar dulu trus masuk lagi.

      maaf replly bya telat,s ekarang sudah free visa kok.

      Delete
    2. Info dunk untuk penulisan nama di evisa india.. nama di paspor hanya 1 kata : Marinah
      Dan untuk pengisian evisa surname apakah saya tulis Marinah .. dan di given name : Marinah ?

      Delete
  67. Info dunk untuk penulisan nama di evisa india.. nama di paspor hanya 1 kata : Marinah
    Dan untuk pengisian evisa surname apakah saya tulis Marinah .. dan di given name : Marinah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh nggak pernha masukkan untuk satu naman saja. Tapi coba masukkan sesuai dengan pasport. kalau memang satu nama, ta masukkan saja satu nama. soalnya nanti yang dijaikan pengecekan adalah anma di passport.

      Delete
  68. Mbaa...sblmny makasi infony manfaat bgt...aq mw nnya, pas pemeriksaan di imigrasi, ap aj yg diperiksa y mb? Evisa aq ud granted..tp ad salah data tempat lahir, tp d acc evisanya. Kira2 dokumen yg dupload d periksa detail g y mb? Aq cb apply ulang, lgsg d reject karna alasanny udh ad mengajukan dan mubazir. Makasi y mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, akrena kalau sudah aplly dan granted sudah save. Biasanya yang di priksa di Imigrasi itu passport dan Visa, nama dan nomer dah sesuai. lolos dah. Tapi sebaiknya sipain pula bukti booking hotel dan bisa jawab kalau ditanya mau kemana.

      Delete
    2. Ok sippp..makasi mbaa...nnti aq siapin smua print outnya utk prepare :)

      Delete

Follow Twitter

Follow Instagram