Menara Qutub Minar Tayang di NET CJ

December 14, 2015

Cara mengirim Video di NET CJ

Menara Batu tertinggi di India ini  menjadi salah satu Jejak Islam di India

Hari minggu kemarin kami sekeluarga jalan jalan ke Qutub Minar. Entah, sudah tak terhitung berapa kali kami mengunjungi qutub Minar. Karena masih dalam kota Delhi, tempat tinggal kami saat ini. Menara yang masuk dalam warisan Dunia UNESCO Ini dibangun sejak abad ke 11. Dindingnya dihiasi dengan ukiran lafazh Al – Quran. Selengkapnya tentang Qutub Minar bisa dibaca disini.

Kawasan Qutub minar ini luas sekali, dikelilingi taman berkarpet rumput Hijau. Di Musim dingin, Qutub Minar ini cocok untuk duduk santai menikmati hangat mentari. Ada yang santai duduk (piknik) bersama keluarga. Ada yang leyeh leyeh sambil baca buku. Ada yang belajar Fotografi. Hingga belajar sejarah jejak Kejayaan Islam di India.

Video travelling tayang di TV
Turis Jepang lagi duduk santai,  yang berdiri itu belajar Fotografi,  trus dua gadis india ini lagi ngerumpi

Qutub Minar ini tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Tak heran jika banyak bule duduk santai bersama teman teman. Nah, setiap kali datang kemari Shah Jahan dan Najin mesti sibuk main kejar kejar an. Kadang ngejar tupai dan burung di taman sekitar Qutub Minar. Atau gulat berdua. Seringnya saya dicuekin. Kalau udah gini saya bakalan sibuk menyisir kawasan sendirian sekedar belajar motret, mengambil video Kawasan Qutub Minar. Atau sekedar cuci mata. hehehe

Eniwei, Keesokan harinya (senin) saya edit video Qutub Minar. Pilih Video yang jelas dan bagus. Trus kirim ke NET Media. Alhamdullilah, hari Jumat kemarin tanggal 11 Desember 2015, Video Travelling tayang di NET CJ di NET 10. Berikut Video Qutub Minar dari Channel youtube +Emak Mbolang 





Tertarik mengirim Video Travelling ke NET CJ, berikut cara mengirim video ke NET CJ
  1. Daftar ke web NET CJ di netcj.co.id
  2. Kamu bakalan dapat Akun member di NET CJ  dan akan digunakan setiap kali upload Video.
  3. Persiapkan Judul Video. Tulis deskripsi video sepanjang 3-4 paragraf. Ditulis dengan huruf Kapital semua. Tanya koma (,) diganti dengan (/) garis miring satu. Sedangkan tanda titik (.) diganti dengan (//) garis miring dua. Deskripsi video meliputi unsur 4W + H ( Where, Who, What, When and  How). Sedikit Deskripsi tapi mengena (Makjleb istilahnya). Hindari menjelaskan tempat tersebut secara bertele tele. Ambil poin point penting saja. Pakai Suara? nggak harus. Tapi kalau ada sesi wawancara, sebutkan nama dan siapa dia. 
  4. Upload Video di web NET CJ. Oh ya, panjang Video sekitar 3-5 menit. Nanti yang tayang di televisi sekitar 1 - 1,5 menit, bakalan diedit oleh pihak NET CJ. Ketika upload video kita akan diminta memasukkan judul, deskripsi dan pilihan jenis liputan video. Ada tentang kuliner, travelling, peristiwa/moment. Dsb.
  5. Setelah Video sukses ter-upload. Duduk cantik dan Tongkrongin NET CJ jam 10 Pagi #NET10 setiap hari. Atau kalau kamu sibuk ngantor atau tinggal di luar negeri bisa pantengin TL twitter @NET_CJ. atau cek di official NET di Youtube.
  6. Jika Video kamu tayang di NET kamu akan lihat melalui Tweet seperti foto paling atas di postingan ini. Dan kamu juga bakalan dapat email konfirmasi  bahwa video kamu telah tayang. Horeeee
  7. Nunggu Tayang berapa lama? Tidak pasti. Biasanya kalau video moment, cepat sekali tayangnya. Kayak Video Festival Diwali di India, nggak sampai 24 Jam sudah tayang. Kalau Video Kuliner tentang masakan Mughlai, nunggu 3 hari. Trus Video Qutub Minar ini, menunggu 4 hari saja. Nggak lama kan ?
  8. Dapat Honor? Alhamdullilah dapat. Beda Negara/Benua dan Peristiwa bakalan dapat honor yang berbeda pula. Lumayan buat jalan jalan lagi.
  9. Fyi, Persiapkan scan KTP (Passport), scan buku tabungan dan Scan kartu NPWP buat honor nanti.
  10. Berdoa dan Do your best.

Gimana? Siap Video tarvelling ditonton orang se Indonesia ? Yukkk buruan kirim.

You Might Also Like

28 $type={blogger}

  1. Aku sdh nonton videonya Mbak Zulfa. Keren. Aku juga pengen bisa ngedit video kayak gini...Makasih atas inspirasinya Mbak. Jadi pengen belajar bikin dan edit video :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mbak Evi. Gampang kok mbak, aku pakai window Movie Maker.lebih simple pakainya. Sami sami mbak Evi, ditunggu videonya ya mbak.

      Delete
  2. Waaa musti donlot aplikasi movie makernya . Keren mbak Zulfa apalagi pas nge shoot menaranya yg tinggi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuuu Donload aplikasi movie maker, gratis kok. Hehehe Jadi GR jadinya.

      Delete
  3. wuhhh kece mbak mantap.... media besar emang selalu menggiurkan utk diajak jalan bareng.... :)

    ReplyDelete
  4. Selamat, mbak..!
    Aku nyoba kirim yang pertama sepertinya nggak sukses deh :D
    Mau nyoba kirim lagi ah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Matur Nuwun Mbak Dee. Ayooo semangat, Mugo Mugo tayang. Aamiin

      Delete
  5. Waaah Mbak Kereeen. Udah ngerti belajar Movie maker tapi laptop sering pingsan kalau mainin video apalagi edit-edit. Pengen nyoba. TFS. Kiss :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mbak Lina, Laptopku mati sendiri gegara beberapa hari sibuk sama editing video. Kena asma. Ayooooo coba *ketjup

      Delete
  6. temenku juga citizen jurnalis net... Pernah ikut dia ngeliput tempat2 wisata di bangkok, seru sih memang ;) Bagus mba menara qutub minar ini... kpn ya list ke india bisa aku penuhin nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, memang seru mbak. selain sibuk foto sekarang sibuk ambil video.
      Ayoooe India, qutub minar masukkan list

      Delete
  7. yeaaayyy.. selamat mba zulfa... pingin belajar video dulu ah, kemarin2 nggak PD..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeaaayyyyy Alhamdullilah. Semoga PD datang segera mbak :)

      Delete
  8. Wuih lama - kelamaan bacanya jadi tertarik aku kak,,, ehmmmm tapi bukan videographer ew, nanti bisa - bisa yang nonton video aku pada kabur semua,,,, hehe. Tapi beneran mak, nieh info berguna sekali :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, eh , kamu kan sering kulineran, kenapa nggak dicoba bikin video. Cari kuliner unik atau sudah jarang ditemui. nothing to loose lah dengan berusaha. Moga moga tayang ya. Aamiin

      Delete
  9. Masya Allah apike menarane. Emang bedo sensasi ndelok foto karo nontok videone, yoooo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak Ira, nek Nontok teko video iku melu ngerasakno. Mantep lan jelas

      Delete
  10. Pas sampe sini batere kamera habis, meh banget! tapi aku tetep seneng :) Qutb Minar ini salah satu elemen menarik yang ada di Delhi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh, sayang ya. Padahal instagramble banget komplek kutub minar ini.

      Bener, elemn menarik dan harus dikunjungi kalau ke India.

      Delete
  11. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya bebas mbak, mau pakai kamera atau handphone. Iphone bisa kok mbak, sudah cukup banyak yang gunakan Iphone untuk ambil video di NET.

      Delete
  12. Nyimak banget poin-poinnya. Udah lama banget pengen dimuat di NET CJ. Bukan masalah honor sih, cuma sayang aja pernah belajar jurnalistik dan praktik di media tapi nggak pernah dipake lagi ilmunya. Dulu pake kamera pinjaman, sekarang alhamdulillah udah punya kamera sendiri meski camdig. Hahahaha. Siap berburu hal unik, mudah-mudahan sesuai keinginan redaksi NET CJ.

    Anyway, makasih banyak tips-tipsnya, Mbak Zulfa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdullilah dah pakai kamera sendiri. Ayooooo semangat, semoga tembus. Aamiin

      Delete
  13. Makasih ya Mbak sharingnya, aku wes kirim 4 video. 3 video waiting published, 1 waiting approval. Mungkin videonya kurang cetarr kali ya jadi nunggu lama or ga ditayangin hi3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga tayang secepatnya. Semangat kirim terus. Luamayan dpt uang tambhan buat jajan

      Delete
  14. makasih tipsnya mak. pengen kirim video lagi ke NET hehe

    ReplyDelete

Follow Twitter

Follow Instagram