Mengenal Berbagai Macam Agama di India

04:07:00

Masjid I-Jahan-Numa India

Agama di India ditandai dengan keragaman keyakinan dan juga praktik keagamaan. Dipastikan hampir setiap bulan bahkan setiap minggu selalu ada festival yang dimulai dengan berbagai macam Ritual. Berbagai macam festival dan ritual dijalani oleh penduduk India dengan suka cita dan dilaksanakan secara besar besaran. Bahkan keseharian penduduk India tak lepas dari ritual keagamaan.

India merupakan tempat kelahiran dari empat agama Utama di Dunia. Yakni Hindu, Budha, Sikh dan Jain. Bahkan, India menjadi rumah dari salah satu peradaban paling kuno di dunia yakni Peradaban lembah Indus. Sepanjang sejarah India, agama telah menjadi bagian penting dari budaya negara. Keragaman agama dan Toleransi beragama diatur oleh Hukum dan Adat.  Berikut Agama yang dianut oleh penduduk India yang berjumlah sekitar 1,2 Milyar.

1.    Hindu
Mayoritas penduduk India bergama Hindu. Mencapai 80.5 % menjadikan negara India berjuluk negeri Hindustani. Bahkan Agama Hindu lahir dari negeri ini. Hindu juga dipercaya sebagai Agama tertua di dunia. Dimulai dari peradaban Lembah Indus disepanjang sungai Gangga yang dipercaya memberikan kesuburan dan Kemakmuran. Berkembang dengan Cerita tentang Mahabharata, Ramayana dan Dewa Dewi agama Hindu. Di India cerita ini bukan dongeng semata melainkan menjadi bagian dari ritual keagamaan.

Allahabad adalah negara bagian India dengan jumlah pemeluk agama Hindu terbesar di India. Sekitar 95% penduduknya menganut agama Hindu. Allahabad menjadi tuan rumah festival keagamaan terbesar yakni Kumbhamela. Pada saat festival berlangsung, seluruh umat Hindu dari seluruh dunia berbondong bondong datang kemari bersama keluarga besar untuk mandi di pertemuan tiga sungai suci di India. Yakni Sungai Gangga, Yamuna dan Saraswati.
Flower under the tree
Untain bunga dikalungkan dibawah pohon, menampakkan sisi religius agama hindu

2.    Islam
Jumlah penduduk India penganut agama Islam  sekitar 13.4 %. Atau sekitar 180  juta Jiwa pada saat ini. Menjadikan negara India sebagai negara dengan jumlah muslim terbesar ketiga di Dunia. Sebenarnya Islam masuk ke India pada awal abad ke 7. Dibawa oleh para pedagang Arab di daerah pesisir pantai Malabar, Kerala. Selain Jammu dan Kashmir, sebagain besar penduduk Kerala memeluk agama Islam.

Islam kemudian menyebar ke seluruh anak benua India pada abad ke 12. Diperluas oleh kekuasaan para Sultan Islam di Delhi (1206 – 1526). Dan mencapai kejayaannya pada Era kekaisaran Mughal (1526 – 1858). Hingga saat ini peninggalan peradaban Islam dapat dengan mudah kita jumpai di seluruh pelosok India. Salah satu yang terkenal dan menjadi salah satu keajaiban dunia yakni Taj Mahal.

Lumayan banyak pemeluk Shia di India. Menjadikan India sebagai pemeluk Shia terbesar ketiga di dunia. Selain itu juga India juga menjadi tempat Lahir Ahmadiyya. Ada sekitar 1 juta penduduk pemeluk Ahmadiyya.

3.    Kristen
Penganut agama kristen  sekitar 2.3 %. Agama Kristen masuk ke India pada abad ke 3.  Terjadi kesimpang siuran siapa yang menyebarkan agama Kristen di India. Pemeluk Agama Kristen kebanyakan tinggal di India Selatan. Seperti  Kerala, Tamil Nadu dan Goa. Sama seperti di Indonesia, Agama Kristen di India juga menganut beberapa keyakinan yakni Katolik Roman, Protestan dan Juga orthodox.

4.    Sikh
Penduduk India beragama Sikh berjumlah sekitar 1.9 %. Sikh diprakarsai oleh Guru Nanak pada tahun 1469 – 1539. Agama Sikh percaya bahwa semua manusia dilahirkan sama. Baik warna kulit dan juga Kasta. Tempat peribadatan agama Sikh adalah Guru dwara. Agama Sikh bisa kita kenali dengan adanya balutan Turban di kepala. Harmandir Saib atau biasa dikenal dengan Goldentemple yang berada ditengah danau dan sekaligus menjadi tempat wisata di India adalah tempat  peribadatan Agama Sikh.

5.    Budha
Berjumlah 0.8 persen atau sekitar 8 juta jiwa penganut agama Budha. Sebagian Besar tinggal di pegunungan Himalaya. Seperti Leh Ladakh dan Sikkim. Gautama Budha berasal dari Gaya, negara bagian Bihar. Agama Budha mencapai puncaknya dibawah kekuasaan Raja Ashoka. Dia menyatukan seluruh anak benua India dan menyebarkan agama Budha hingga ke seluruh Asia.

6.    Jain
Sebagain besar orang menganggap Jain sebagai sebuah kepercayaan. Pemeluknya berjumlah 0.4% atau sekitar 4 juta jiwa. Jain menganut vegetarian. Bahkan tidak diperbolehkan untuk mendungkil tanaman. Oleh sebab itu penganut agama Jain tidak memakan bawang, kentang, wortel dan juga kacang kacangan yang diambil dari dalam tanah.

7.    Lain lain
Selain ke enam agama tersebut, sekitar 0.7 %  penduduk India menganut berbagai macam agama dan kepecayaan lain.Seperti Yahudi, Zoroastrianism, Kepercayaan Baha’i dan juga Komunis. Kepercayaan Baha’i Yaitu suatu kepercayaan yang mengajarkan tentang Keesaan Tuhan, Keesaan Agama dan Kesatuan Manusia. Kepercayaan Baha’i dimulai pada abad ke 18 diprakarsai oleh Baha’U’llah berasal dari Tehran, Iran.

Baha'i Temple
Lotus Temple Tempat peribadatan kepercayaan baha'i

Pada saat ini India dilanda krisis ketegangan agama. Terjadi pembakaran dan pengerusakan Gereja di Delhi dalam kurun beberapa bulan terakhir. Demo dan protes dari kalangan Umat Kristen di India selatan. Bukan hanya pada saat ini saja. Beberapa tahun sebelumnya juga terjadi ketegangan antar umat beragama.

Semoga kedepan tak ada lagi ketegangan dan pengerusakan tempat Ibadah. PeaceJ India




You Might Also Like

21 comments

  1. Baca tulisan di 'rumah' mbak Zulfa ini selalu menyenangkan.. sarat ilmu... matur nuwun mbakyu.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sami sami Dee an. Baca blog sampeyan juga menyenangkan, Apalagi kalau Kuliner. Lumayan banyak meres Kanebonya :)

      Delete
  2. Mbak,Kalo lihat di Geo people chanel terus ngebahas India.masih sering takjub dengan budaya dan ritual agamanya. Ada yang beryoga lebih dari 40 tahun tangannya sampe sekarang mengangkat ke atas terus.Tapi saya hormat dan menghargai perbedaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Banyak yang yoga sampe tahunan, bahkan tubuhnya lentur banget. Agama di India itu kayak separuh nyawa. Hidup dalam keseharian. Moga Peace Kedepannya. Amin

      Delete
  3. Bener gak mba buat ngedapatin OCI itu harus beragama hindu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak, semua Agama bisa kok. Aku kapan hari sempat bincang bincang tentang OCI sama mbak kenalan di embassy, katanya bisa. Tapi aku sendiri nggak pakai OCI

      Delete
  4. Saya ndak baca banyak fiksi karya orang India, ada 1 yg paling berkesan novelnya Anita Nair -Hasrat (jdl indonesianya) settingnya kerala india, ttg seni tari klasik India katakali & beragamnya agama di Kerala, sekilas cerita ttg shi'a india.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, Kerala lebih banyak muslimnya. Bhakan MAsjid yang pertama kali dibangun di India ada di sana. Iya kalau di India masih ada Shia dan Sunni.

      Delete
  5. Masya Allah, begitu beragam ya, semoga kerukunan tetap terjaga walau percikan konflik tetap ada. Tak mudah memang dengan 1,2 miliar jiwa di satu negara menjaga kerukunan dan menghormati perbedaan.

    Salam kenal ya Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Rifqy

      Iya, semilyar penduduk dengan berbagai macam agama dan kepercayaan itu nggak mudah. Berharap semoga semuanya saling menghormati, ya. Aamiin

      Delete
  6. waahh beragam bener y mbak india islam masih number two.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. meski number two, tapi jumlah masyrakat muslim hampir 180 juta jiwa. banyak, ya...

      Delete
  7. Wow.....brntung bgt emak bsa keindia hehehe……. o.O Ajak2 donk mak....jdii pngin ikut niih bca ulasan emak di atas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, Semoga bisa ke India suatu saat nanti, ya. Aamiin

      Delete
  8. Baru tau ada agama sikh sama jain :o

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, ini memang adanya di India

      Delete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Kalo di punjab, kebanyakan agama apa mba ? :D

    ReplyDelete
  11. mba, kalau bangalore mayoritas agama apa ?

    ReplyDelete

Follow Twitter

Follow Google+

Follow Instagram