Menikah dengan Pria India? Pertimbangkan 4 Hal Berikut

20:31:00


Bagaimana menikah dengan Pria India. Syarat menikah dengan lelaki India. Pengalaman menikah dengan Pria India. Pernikahan muslim di India. Adat menikah di India. De el el. Begitulah sederet Keyword laporan mbah google yang nyasar ke blog emak. Laaa, ini blog mbolang apa blog cari jodoh lelaki India? Duh!.

Dari blog ini emak sering menerima email pribadi. Pertama tanya tentang wisata di India. Rencananya mau travelling ke India. Tanya tentang emak yang tinggal di India. Ujung ujungnya, datang ke India buat ketemuan dengan sang pujaan hatinya. Arjuna sang pemanah asmara yang asli orang India. Emak nggak masalah, toh itu urusan pribadi mereka. Tapi yang bikin emak ganjal dihati, kebanyakan cowok yang mereka kenal ternyata bukan Arjuna tapi Rahwana.

Pernah ada cewek nekat kesini bermodalkan tiket promo dengan budget muepet. Tanpa itin jelas, tanpa booking hotel, tanpa tiket kereta dan hanya mengandalkan couchsurfing yang statusnya juga nggak jelas. Bahkan dia nggak pingin lihat Taj mahal, Aneh. Mereka nampak bukan cewek yang biasa travelling.

Ternyata, mereka rela datang hanya nemuin Arjuna yang mereka kenal dari internet. Dibela belain jauh jauh dan nekad datang ke India. Bukannya disambut di airport dengan sekuntum bunga. Si cowok nyuruh dia nemuin dikotanya. Dan anehnya, si cewek tetep ngebet. Duh!. If He Really love you, he will Run and come to you, It does matter where your are!.

Kadang mereka kasih nomer hape emak ke cowoknya. Trus cowoknya hubungi emak. Dari sini emak bisa “meraba” bagaimana cowok tersebut, serius apa nggak. Hanya sedikit yang serius dan buanyak yang “buaya”. Masak, baru nyapa hai, udah minta emak kirim foto ke dia.  *Plakkk*.

Nah, karena blog ini juga emak jadi konsultasi “pernikahan“ antara cewek Indonesia dengan lelaki India. Emak nggak masalah, bahkan emak seneng bisa membantu dan membicarakan hal hal yang perlu dipertimbangkan sebelum melangkah lebih jauh.

Dari sini, emak punya keberanian untuk nulis ini. Mesti dengan setengah hati. Berharap agar cewek Indonesia yang lagi menggeliat kayak cacing kepanasan sama Arjunanya  di India mempertimbangkan hal hal sebagai berikut sebelum menikah dengan Pria India. Meski emak tahu. Orang kalau jatuh cinta otaknya di dengkul. Paling tidak, emak merasa plong dengan berbagi dan kalian bisa memikirkan hal hal berikut sebelum melangkah jauh dalam gerbang pernikahan dengan Pria India.

     1.    Kenali Dia
Sekarang zaman social media. Orang bisa kenal dan jatuh cinta tanpa berjumpa. Jangankan jatuh cinta hanya melalui chit chat dan tukeran foto dengan tampang gaya tebar pesona. Bahkan ada yang sampai buka dada hingga buka paha. Upsss!.

Kalau saat ini kamu hanya mengenalnya melalu internet. Cobalah ketemu dulu. Kalau bisa, mending dia yang datang ke Indonesia. If he Really Love You, he will come to you. Emak tidak meminta kamu untuk melalui proses berpacaran. Tapi paling tidak ada proses untuk mengenal siapa dia, sifat dan watak yang harus disesuaikan. Pada dasarnya sifat dan watak semua orang berbeda beda. Tapi, kebanyakan watak orang India itu keras dan bicara apa adanya. Apakah kamu punya cukup kesabaran untuk menghadapainya ?

Jangan grudak gruduk, ketemu dan langsung janur kuning melengkung. Kalau sudah ketemu dan cocok, baru jalan ke langkah selanjutnya. Ketahuilah, menikah bukan hanya untuk sementara tapi selamanya. Dia bukan Arjuna, Hanya manusia biasa, Tak ada yang sempurna.

     2.    Kenali keluarga
Menikah bukan tentang aku dan kamu. Bukan hanya tentang kita berdua. Menikah berarti menggabungkan dua keluarga. Di India sistem kekeluargaan begitu kental. Orang tua berharap anaknya menikah dengan gadis pilihan mereka sendiri. Lebih tepatnya, dijodohkan. Pastikan orang tuanya setuju. Kalau kalian berdua saling cinta pastikan izin orang tua memberikan restunya dan mengikat kedua keluarga dengan cinta.

Hal ini nantinya akan berimbas dimana kalian tinggal. Orang tua pasti dengan berat hati melepas anak kesayangannya pergi di negeri antah berantah  bersama suami tercinta. Sendirian dan jauh dari keluarga. Jika dua keluarga saling kenal, paling tidak orang tua kita tidak merasa khawatir dengan menitipkan kamu ke keluarga baru di India.

Emak sebenarnya ingin cerita tentang hal ini lebih jauh. Tapi tiap kata yang terucap, dada emak terasa sesak, tenggorokan rasanya tercekik dan  bulir bulir air mata membasahi pipi. Meski dua keluarga saling kenal. Orang tua tetap kawatir. Gimana nggak kawatir, putri kesayanganya sendirian di negeri antah berantah.

Meski senyum tersungging di bibir  mereka tapi segunung rasa tak tega tetap merayapi dada. Bicaralah dengan kedua orang tua mu dulu, dengarlah apa kata hati mereka. Jauh dari orang tua dalam jangka waktu yang lama adalah hal yang sungguh tak mudah. Sangat Menyiksa dan Menyesak memenuhi dada.

      3.    Budaya
Semua orang tahu India terkenal akan budaya dan tradisi yang kental. Bukan hanya dalam festival atau acara keagamaan tapi dalam kehidupan sehari hari. Open your mind, Hormatilah dan bukalah seluruh indera perasamu untuk mendapatkan sudut pandang yang lebih baik. Tanpa hal ini, akan sulit bagimu untuk beradaptasi.

Kita yang sesama orang Indonesia punya banyak perbedaan budaya disetiap daerahnya. Apalagi lintas Negara. Hal ini sangat sensitif dan jangan disepelekan. Termasuk kebiasaan keluarga suami. Pay attention. Percayalah, Emak pernah dibikin stress dan memilih hengkang dari India karena hal yang satu ini. Cultural shock.

Budaya di India, Sistem kekeluargaan sangat kental. Mereka suka tinggal dalam keluarga besar. Setelah menikah wanita diboyong dan masuk dalam keluarga Pria. Dalam apartemen kecil, disana ada orang tua, mungkin kakak juga kakak ipar dan anaknya. Mungkin juga ada adik adiknya. Nggak ada privasi sama sekali. Nggak bisa seenaknya leyeh leyeh dan semau gue. Semua diatur oleh ibu mertua. Are you ready ?

Perbedaan dan gejolak ketidak cocokan pasti ada dalam keluarga. Karena notabene kita memiliki budaya yang berbeda dan juga faktor komunikasi yang tidak lancar. Pastikan suami kamu nantinya menjadi penengah yang bijaksana. Tanpa berat sebelah.

Satu hal lagi tentang Dowry. Dalam adat Hindu, perempuan memberi Dowry (semacam mas kawin) kepada keluarga lelaki. Bahkan dalam keluarga muslim juga. Semakin banyak samakin dicinta, semakin dikit, semakin disiksa. Cerita tentang menantu disiksa hidupnya dan dikurung dalam “tahanan” rumah hanya karena Dowry yang sedikit menjadi cerita biasa di India. Itulah sebabnya, memiliki anak perempuan dianggap beban dan memilih diaborsi.

Biacarakan mengenai Dowry dengan calon suami. Sehingga tidak menjadi beban dikemudian hari. Dalam hal ini, Alhamdullilah emak tidak menghadapainya. Karena kami sepenuhnya menjalankan apa yang agama Islam ajarkan.

      4.    Tinggal dimana?
Ini yang paling berat. Dilema berkepanjangan dan bikin gundah gulana. Kalau ngomongin enak mana tinggal di India apa Indonesia? Jawabnya simple. India is best tourism country but not for stay. Dalam hal ini Kashmir sebagai pengecualian. Indonesia masih jaaaaaaaauuhhhhh lebih enak dan nyaman. Mulai dari segi kebersihan (tentu saja) sampai mencari pekerjaan.

Mau gaya hidup ala pertamina, mulai dari NOL?. Makan nggak makan yang penting kumpul?  Pikirkan kembali. Biaya hidup di India memang murah, tapi biaya tempat tinggal sangat sangat mahal. Kalau masih dalam nuansa pengantin baru kayaknya semua oke oke saja. Tapi kalau dah lewat masa itu, it’s just like a hell.

Bayangkan, di musim panas suhu bisa mencapai 40 derajat. Nggak ada AC? OMG. Nggak papa pakai kipas  angin. Eits, tunggu dulu, sering lampu mati di India. Apalagi pas musim panas. Nggak tanggung tanggung kadang 12 jam. Kayak daging dimasak dalam oven J. Dingin mencapai 0 derajat, nggak papa masih bisa pakai jaket dan selimut. Beneran mau mandi pakai air dingin yang kayak lelehan es? OMG.  Edisi kompleknya hidup di India emak tuangkan dalam serial artikel Siluet Negeri Semilyar Penduduk.

Tinggal di Indonesia? India masuk dalam garis “merah“ Imigrasi. Karena kebiasaan orang India yang suka tinggal diluar secara illegal dan bekerja. Untuk mendapatkan visa tinggal bagi suami adalah hal yang paling menguras tenaga dan air mata. Harus membawa segepok persyaratan dan bukti pernyataan bahwa suami memiliki penghasilan.

Kalau suami ketahuan kerja di Indonesia, maka kamu harus mengganti visa tinggal menjadi visa kerja. Dan tentu saja dengan membayar pajak 1 juta setiap bulannya dan dibayar dimuka. Jreng jreng. Belum lagi melewati proses imigrasi Indonesia yang njelimet dan Korup. Sangat melelahkan!

Sudah tahu kan apa yang harus dihadapai ketika menikah dengan pria berkebangsaan India? Inget kamu bukan Ayu ting ting dan Saheer Sheik yang notabene artis dan banyak uang. Mau ngapain aja enak, tinggal beli tiket pesawat kalau nggak betah.

JIKA saling cinta dan memiliki kepercayaan penuh dengan sang Arjuna kamu saat ini. Maka perjuangkanlah dan jalani takdir dengan lapang dada. Semua tergantung seberapa besar cinta kalian menghadapai gelombang badai yang menghajar. Disitulah kita menemukan sebuah titik puncak tetang apa dan siapa diri kita sebenarnya dan juga pasangan. Dan seberapa besar cinta kalian sesungguhnya.

Hold My Hand And Face The world Together.




UPDATE 5 Maret 2015


Pertanyaan tersering tentang Cowok India

Mbak, Saya kenalan dengan cowok India di internet, kami cocok, bla bla bla dan fall in love?
Kalau kamu sekarang masih kenal dengan dia dalam jangkan waktu 2 atau 3 bulan, ada baiknya membuat jarak sebelum terjatuh dan menyia nyiakan waktu. Kenapa? cowok India buaaanyaaakkk yang iseng di Internet sebenarnya. Dan fatalnya lagi, cewek Indonesia Baper banget dengan keisengan mereka. Mereka anggap serius hingga mikirin pagi siang malam. Trus pikirannya sang Arjuna ‘selalu’ baik kayak Shahir Sheik dalam Sinetron Cinta dilangit Taj Mahal.

Tahu nggak? Saya pingin cerita. Saya punya kenalan, katakanlah namanya mbak X yang tinggal di India. Kami sering wahtsapp, suaminya juga orang India. Suatu ketika dia ke Warnet karena ada keperluan. Tahu yang dikatakan Penjaga warnet kepadanya? Ohh You from Indonesia. I know many girls from Indonesia from internet. Some say they Loved me. And I have some of their picture showing their boobs. Astaghfirullah, dia koleksi foto foto kenalan cewek Indonesia dan mereka ready nunjukkin buah dada hanya dengan bermodalkan rayuan gombal ‘cinta’. Bahkan ada yang pakai Jilbab. Dunia memang semakin gila!

Miris nggak denger cerita ini? Mendengar hal ini saya nggak kaget, cowok beneran pasti bakalan sibuk dengan kegiatannya di kuliah atau kerja. Bukannya sibuk chatingan, iya nggak?. Itu adalah sedikit cerita. Please ya, saya Tidak menganggap remeh cinta di internet. Bahasa kerennya under estimate. Kenapa? karena sekarang zamannya social media, apapun bisa terjadi. Termasuk urusan cinta di ruang dunia maya. Hanya saja, harusnya dengan logika kita bisa meraba dan merasa mana yang beneran atau tidak.

Tapi mbak kalau sudah cinta itu buta, logikanya jadi di dengkul? Itu mah bukan cinta!. Lha terus cinta itu yang gimana mak? Emboh! aku dewe nggak ero.

Memang nggak semuanya iseng TAPI kebanyakan, ya. Dari semua email dan kenalan hanya 5 % yang cowoknya serius bahkan berujung di pelaminan. Selebihnya hanya Iseng, untuk kepentingan untuk mencari kerja atau sebagai batu lompatan keluar dari India. Buanyakkkkkk!

Intinya, kalau dia bener cinta sama kamu. Pasti dia berusaha datang ke Indonesia buat nemuin kamu. Love is act, Not Word.

Mbak, saya kenalan sudah 3 tahun (atau lebih) eh sekarang dia dijodohkan dan nggak bisa menolak ?
Kenal di Internet, nunggu Arjuna nya datang selama tahunan. Ujung ujungnya dia nggak pernah datang dengan alasan dijodohkan? Cerita ini bikin hati saya ikut teriris pedih. Beneran, nyesek di dada.

Banyak sekali cewek Indonesia dipermainkan dengan alasan ini. Dan parahnya cewek Indonesia hanya bisa pasrah dengan alasan ini. Waktu tahunan terbuang dengan sia sia menunggu Arjuna yang nggak pernah tiba. Dan mereka nggak menyadari kalau mereka sudah dipermainkan selama ini.

Dijodohkan memang sudah menjadi tradisi di India TAPI itu bukan harga mati. Banyak kok sekarang yang menikah dengan pilihan mereka sendiri. Suami saya dijodohkan 3 kali oleh orang tuanya. Dan selalu bilang akan menikah dengan pilihannya sendiri.

Intinya, kalau dia beneran cinta sama kamu, dia pasti mempertahankanmu dengan berbagai cara. Tentu saja dengan cara yang baik, ya. Kalau dia nggak mempertahankanmu berarti dia memang nggak punya cukup cinta untuk kamu atau malah memang nggak ada cinta dan perasaan? Orang tua mana sih yang nggak kepingin lihat anaknya bahagia?

Intinya, dijodohkan bukan harga mati.

Mbak, Dia beneran cinta sama saya cuman duitnya masih belum cukup?
Klo dia kerjaanya chatting sama kamu gimana bisa kerja keras dapetin uang buat datang ke Indonesia? *digamparkeyboard hehehe

Dulu ya, tiket PP Indonesia – India itu memang Mahal. Hampir 10 Juta PP. Sekarang? Coba cek maskapi penerbangan Air Asia atau Tiger Air. Mereka biasanya punya tiket Promo ke Daerah Selatan India (Kochi, Kolkatta, Trivandrum, Hyderabad) coba cek Peta India. Kadang tiketnya cuman seharga 600rb saja. Kalau nggak ada Promo, Biaya normal tiket PP India Indonesia sekitar 3-4 jutaan.

Masak sih, dia punya duit buat beli paket data setiap hari untuk chattingan sama kamu tapi nggak ada duit buat beli tiket Promo? Apalagi dia bilang Cinta sama kamu. *Dilemparserbukholi

Intinya, lelaki yang serius bakalan mencari seribu cara nemuin kamu bukan menebar kata cinta

Mbak, Saya sudah nggak betah pingin nemuin dia. Saya nekad mbak datang ke India, apapun yang terjadi  saya rela?
Tissue mana tissue. Denger cerita ini, saya jadi ikutan pingin nangis dan air mata mengalir memenuh sungai Gangga. Halah!

Saya tahu kok, perasaan penarasan dengan memikirkan Now or Never? monggo silahkan kalau kamu nekat datang ke India dengan resiko yang sudah dipikirkan, ya. Memang, saya juga wanita, punya perasaan. Selama belum ketemu pasti kamu ada perasaan gimanaaaaaaaaaaaaaaa gitu. Sulit lah untuk diungkapin.

Tapi inget beberapa hal berikut jika kamu nekah datang ke India
  • Kalau bisa tinggalah di hotel yang kamu pilih sendiri, Waspada!
  • Jangan mau nikah sirih sama dia.
  • Jika kalian serius, Dia pasti mempertemukanmu dengan orang tuanya. Bukannya jalan sana sini, ngomong tok tentang cinta dan nggak jelas! *lemparinkesungai
  • Inget orang tua kamu dirumah, agar kamu tak salah langkah.

Intinya, seberapa besar cinta kamu kepadanya setidaknya gunakanlah sedikit logika mu.

Mbak, apa syarat dan document apa saya yang diperlukan untuk menikah dengan orang India?
Menikah dengan orang India, document dan syaratnya sama dengan menikah dengan orang Asing. Saya menikahnya sudah lama, hampir 12 tahun. Saya tidak tahu pasti apakah ada perubahan atau sama dalam hal persyaratan. InsyaAllah, saya akan mengumpulkan info dari teman teman yang barusan menikah di Indonesia atau di India. Nanti baru saya update lagi, ya.

Intinya, menikah dengan Warga negara Asing baik di India atau Indonesia sama sama rumit dan memerlukan banyak document. Semuanya demi kebaikan dan perlindungan Warga Negara Indonesia.

Yuk! ah, jangan terlalu Baper di Internet, take it easy, let it flow and be ready to let it go.


You Might Also Like

325 comments

  1. Pajaknya murah lho kalo 1 juta/perbulan, kirain sampai 20 % dari penghasilan. Secara biasanya pegawai india gaja nya lumayan, di kantorku it asal india gaji nya bisa 30 jt an.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, banyak banget gajinya, Kak Taro kerja dimana? Iya, orang India dimana mana kebanyakan kerja di sektor IT. Aku lulusan IT juga, makanya setelah lulus, kerja, nerusin S2 di India, Nggak dapat gelar master, malah dapat suami. hehehe

      Delete
    2. Alhamdulillah, langsung S3 brarti, Zulfa (S-Tree). hihihi...ira

      Delete
    3. Alhamdulillah, langsung S3 brarti, Zulfa (S-Tree). hihihi...ira

      Delete
    4. Alhamdullilah.... hehehe iya Mbak :)

      Delete
  2. Kalau seseorang merantau ke negara lain kemudian menikah dengan orang setempat wajar wajar aja sih, tapi kalau kenal cuma di medsos trus mengorbankan diri mengejarnya sampai ke negerinya berlebihan banget deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, makanya saya nulis artikel ini. karena banyak sekali :( Fenomina ini saat ini. Agar bisa dipertimbangkan dulu sebelum melangkah lebih lanjut

      Delete
    2. apakah semua bagian negara india??
      bagamana dengan orang south india, seperti tamil??

      Delete
    3. Sout ataupun North tergantung kepribadian masing masing ya

      Delete
  3. "Memiliki anak perempuan dianggap beban dan memilih diaborsi"

    Aku sedih mengetahui hal ini :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget mbak Rien, Apalgi aku pingin punya anak perempuan. makanya di jalanan India kebanyakan yang jadi pengemis itu anak perempuan. Kasihan, kapan kapan aku pingin cerita ini. Lagi ngumpulin data kejadian

      Delete
  4. Cinta..kalau dah terobsesi y g mikir kayak gitu,otaknta isinya pria tajir,india,keren bisa buat modal perbaiki keturunan.yang buaya versi lokal aja byk,apa lagi lintas negara..kalau itu tubuh g bisa balik lagi gimana,ckckck

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mbak. Makanya saya bilang diatas. Otaknya di dengkul. Seperti kata lagu, Orang kalau lagi jatuh cinta Tai kucing rasa coklat. hehehe Wah kalau tubuh nggak bisa balik, bisa marabahaya di India. NGERI!

      Delete
  5. India ini pgn bgt aku dtgin mba... Tapi kalo baca2 dari bbrp blog dan info2 majalah, internet, kyknya seram ya kalo sendirian kesana...terlalu bnyk cerita cewek2 yang dilecehkan di sana itu :(..

    anyway, kyknya aku emg ga bisa nikah ama co India kalo hrs tinggal 1 atap ama mertua dan sodara2nya :D.. gila aja, ga tahan bgt baru bayangin doang :D.. lah aku aja berkeras ama suami, pokoknya hrs tinggal terpisah walopun rumah kecil ;p.. Yg ptg jd ratu di tempat kecil, drpd jadi pelayan di istana gede :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mbak, kalau cewek mending jangan sendirian. Aku dulu sendirian waktu kesini, waktu mau kuliah. Alhamdullilah fine. cumna ya itu buanyakkkkk yang harus diperhatian. Tapi kalau sekarang, mending jangan deh, makin brutal pemerkosaanya.


      hahaha, iay mbak nggak mudah. Aku sendiri tinggal di apartemen kecil sama suami. Tapi kalau suami keluar kota, aku dititipin sama keluarga. jadi ada dua adik laki laki sama ibu mertua. jadi salah tingkah sendiri. So far, Alhamdullilah bisa ngejaga

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  6. Gara2 film kali yaa jadi terobsesi pengen nikah dengan pria india..huhu nekad banget...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin mbak. atau karena banyak Arjuna manah asmara ke Indonesia, Lebih mudah kali ya.... Tapi Shinta nggak tahu, kalau itu Rahwana yang berubah jadi Arjuna. hehehe

      Delete
  7. oh, jadi yang film-film itu bener ya mbak, pengantin wanita selalu diboyong ke rumah mertua, kemudian sering diperlakukan yagitudeh, palagi kalo perempuannya lebih miskin *kebanyakan nonton film india wkwkwkwkwk*

    ReplyDelete
    Replies
    1. He eh, terkadang film itu gambaran kehidupan. kecuali glamournya, beda bangat sama keseharian. Mbak mbak, sampun pinten judul fim Bollywood? kayaknya dah semua judul. hehehe

      Delete
  8. Akhirnya keluar juga judul ini yaa mbak e...haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha Iya, bikinnya setengah hati dan banyak edit. Takutnya salah ngomong dan salah mengerti. But Finally... I did it. :)

      Delete
  9. Aku gak mau menikah sama Pria India! *lah*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha. Alhamdullilah situ masih Normal....... Tapi perhatian nggak ya sama "merk" Hape pria India *kedip2mata* ???

      Delete
    2. Wiih ada Mas Arief Rahman, halo Mas salam kenal ya :D

      Delete
    3. hehehe, Moggo kenal kenalan :)

      Delete
  10. Wah, artikelnya menarik banget kak. Jadi tau bagaimana sebetulnya kehidupan disana, masih enakan di Indonesia ya kak living standardnya. Oh ya, kakak dulu sempat kuliah di India ya? gimana kak, kesannya kuliahnya disana. Jadi tertarik kuliah di India ni kak. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih.Ya, kalau standart living Indonesia is better. Ya, tapi nggak lulus *Plak* kalau kuliah disini lebih bagus dan lebih murah pakai banget. kebanyakan orang India bisa bhs Inggris. buku juga sangat murah karena dapat subsidi banyak dari pemerintah.

      Delete
  11. wah jadi pikir 2 kali dweh,cos aku skrg lg di hadepin masalah yg sama,yaitu mau menikah dengan orang punjab india,tp yang aku heran knp dia rela jauh2 dari india cuma wat nemuin saya,dia udah tinggal di indo hampir 10 bln dan menjalin hubungan baik denganku,tp karena ortuku gak setujusama hubunganku,aku msh confuse and think alot

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, makanya nulis ini. soalnya tahu bener apa yang pernah dihadapai (Baca : pengalaman)
      Wah Arjunanya sampai datang ke India. Kalau sama orang tua, harus merendah dulu. banyaklan mendengar. Semua orang tua pasti punya alasan. Dan semua itu demi kebaikan kamu. Nah, mereka dah cool down. barulah kamu bicarakan perasaanmu sama orut. Semoga diberi jalan keluar yang terbaik ya ...

      Delete
  12. coba deh ditanyakan ke orang india, kenapa kok cewek india tidak pernah mau sama cowok indonesia? jangan cuma cewek dari bangsa Indonesia yang dijajah sama cowok India. ini impian cowok2 indonesia yang selalu mengidamkan artis2 bollywood tapi ndak kesampaian. Istilahnya mereka menjajah cewek kita (Indonesia) sementara budaya mereka melarang kita menjajah cewek India.

    Ingat satu hal, The lady is the defense of a country. Jika perempuan2 indonesia sudah dengan mudahnya dijajah oleh orang India, Perancis, Amerika, Inggris, dan negara2 penjajah lainnya, gak ngebayangin gimana masa depan bangsa ini beberapa puluh tahun mendatang. akan banyak hak waris yang akan direbut orang asing, yang seharusnya punyaan orang Indonesia Asli. Ini terjadi di negara Amerika serikat, dimana orang bule dari Afrika yang jadi Presiden. Sementara orang Amerika kulit putih garis keras ngomong soal nasionalisme Anglo Saxon, eh Ang-Sax dijajah sama orang Afrika, hahaha.

    Coba liat sekarang, di pulau2 kecil di Indonesia sudah banyak bule-bule impor yang menguasai aset negara dengan strategi menikah dengan orang lokal. Bisa jadi nanti ada kampung-kampung bule baru di Indonesia selain Kampung Arab, Kampung China, dan Kampung India.

    Swayam Vichar Kijiye....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, Makasih lho Sudah menyampaikan unek unek dan pandangannya.

      Delete
    2. Mungkin karena banyak kelebihan yang dimiliki wanita Indonesia seperti cute innocent, exotic dan pintar ngurus rumah tangga jadi Caucasian and Indian are in love with Indonesian girls kak, hehehe

      Delete
    3. Setuju banget dah. Pasangan hidup harus sesuai dengan hati, entah dari Indonesia atau belahan dunia lain. Love is Love. right ?

      Delete
    4. Lagian juga kalo sama2 muslim, why not? Muslim dimanapun mereka berada juga ngga ada perbedaan, kita semua sedunia bersaudaraa.
      Ngga ada mah nasionalisme2an dalam agama *apalagi muslim, juga cinta. Ahaa :'D
      Maaf mbak asal komen yak, salam kenal. Nyasar di blog ini gara2 lagi penasaran aja gitu sama pernikahan orang muslim disana. Haha.
      *curhat,tepok jidat aja ya!

      Delete
    5. Catet :) nggak papa asal komen, suka kok. Semua orang boleh berbeda pendapat tapi yang penting nggk unfriend. hehehe

      salam kenal ya...

      Delete
    6. Salam kenal mbak. Saya ada teman lelaki dia Indian tamil . Dia beragama hindu dan dia mau jadi muslim . dia kelewat baik sebagai teman , apa yang saya pengen di belikan. Hingga 1 bulan yang lalu dia mengajak nikah tapi saya tidak mau karena kami terlalu banyak perbedaan. Tapi setelah 5 hari tak ketemu ,saya dapat kabar dia ada di rumah sakit karena coba bunuh diri . Setelah sadar dia meminta saya supaya mau menikah dengannya . Menurut mbak, dia lelaki yang bisa di jadikan suami atau tidak?

      Delete
  13. Ada satu pertanyaan yang pingin aku tanyakan sejak di India. "Mbak Zulfa kenal bang Shahab di mana sih?" *kedipkedip hihihi cuma nggak enak hati nanyanya. Nah berhubung tulisan ini temanya pas, aku tanya deh hahaha. Atau jangan-jangan sudah ada tulisan khusus tentang itu? bagi link dong mbak :D

    PS : Seingatku, apa karena mbak kuliah S2 di sana ya? lupa euy

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh, inknya ada disini, dah lama nggak kebuka jadi selimut debu. :)

      Delete
  14. hahaha. Ya, aku dulu sempat kualih Bukan S2, kayak ambil spesialisasi khusus di bidang IT. Aku kenal adiknya dulu, trus dikenalin ke Shah jahan. trus mata ketemu mata. hati ketemu hati akhirnya ngebet minta nikah, ketimbang goyang goyang ditaman India. WKWKWKWKW dikeplak Shah Jahan.

    ReplyDelete
  15. Mbak zulfaaaaa jurusan kuliah di india itu yg bagus apa aja sih mbak? Aku tertarik mau kuliah di india nih kak hehehe, trs kalo kuliah di india itu gimana sih kak kesannya? Lebih bagus dari kuliah di indo ya? Tlg jawab yaaaah mbak heuheuheu makasih :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya dulu memang backgroundnya di IT. Nah, waktu itu hingga saat ini India dikenal sebagai pencetak alhi IT terbaik di Dunia. Kalau bagus ya, jurusan IT. Kesannya gimana ya? Sama sih, cuman beda budaya aja, trus disini orangnya getol membaca. Bagus mana Indonesia sama India? tergantung Universitasnya, ada yg lebih bagus India dan juga ada yg lebih bagus India. memang India lebih banyak menghasilkan engineer yg diakui dunia ketimbang Indnesia. Jadi, ya itu, tergantung universitas atau institus nya.

      Delete
  16. Semoga artikel ini bisa membuka mata para wanita Indo yg ngebet pengin dapetin Arjuna. Menikah dengan sesama Indo saja masih sering ada kres soal kebiasaan apalagi beda bangsa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget :) Kudu sabar kuadrat. Cuman ya itu, kalau sedang jatuh cinta, otaknya entah hilang kemana, yg dipikir indah dan mimpi2, hehehe

      Delete
  17. Weh..maturnuwun mbak Zulfa. Artikelnya menarik..based on 'user-experience' haha.. Kebetulan pacar saya org India Punjab mbak..(haduh) Padahal saya bukan pecinta film india hehe.. Saya mo nanya ni, kl org India yg tinggal di luar negaranya, kemudian menikah, pernikahan dan kebiasaannya akan jd seperti apa ya? Saya dan calon skrg tinggal di Australia, dulu juga kenalnya di sini. (org India bertebaran bok! Haha) Dan calon juga sudah permanent resident australia. Mohon sharingnya :) *butuh referensi :D tengkyuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sami sami :) Nah, tuh sama bukan pecinta Bollywood malah dapat orang India hai, hehehe
      Orang India kental dengan tradisi dan budayanya, meskipun diluar negeri biasanya mereka masih memepertahankan tradisi tradisi leluhur. India Punjab Apalagi, termasuk tari tarinya yang khas. Kalau kalian sudah permanan resident di Australia kayaknya lebih mudah ya, soalnya kalian kan bakalan tinggal di Australia, jadi nggak "horor" kayak di India. Trus biasanya orang India yang tinggal di Luar negeri biasanya sudah punya pemikiran "berbeda" dalam artian nggak terbuka dengan sesuatu yang beda dengan tradisinya. Semoga hubungan kalian lancar dan diberi kemudahan.

      Hahaha, Iya orang India betebaran dimana dimana, dan suka masakan mereka juga.

      Your welcome

      Delete
  18. Mbak zulfa, saya mo ke india sendirian, jadi takuuttt....kalo dibandara aman ga mbk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa Taku? kalau di Bandara, InsyaAllah aman aman saja kok. banyak petugas bandara. Kalau dah keluar bandara harus hati hati, banyak sopir taksi yang suka malak.

      Delete
    2. lenovo: kapan mbak jalan2 ke india ngikut dong...my pin 547c7f21..

      mbak Zulfa: mbak untuk kuliah di india membutuhkan dana brpa ya kira2,,

      Delete
    3. Kalo mau saya go di bln oktober loh...

      Delete
  19. @asvin Laz : Saya bicara secara garis besarnya saja, semuanya balik ke Pribadi masing masing. Yang saya tahu, kebanyakan teman teman di India sini menikah sama cowok south India.

    ReplyDelete
  20. Tuh kan, ternyata aku terlewat dengan postingan ini. makanya kenapa komenku sebelumnya di postingan terbaru 'Aku baru tahu mbak Zulfa menikah dengan orang India.'
    Duuuuh..maaf yang mb zulfa, telat tau, hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe GPP mbak, Iya saya ini Mak Kajol :)

      Delete
  21. Nemu blog ini pas lagi nyari referensi buat Novel berbau2 indiahe.
    Salam knal mak. Boleh minta kontak email nya atau wAnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Juga.

      Wah, ajarin saya buat novel juga dong. Monggo email saya di attini.zulfayah@gmail.com nanti saya kasih nomer whatsapp saya

      Delete
  22. salam kenal mba zulfa, menarik juga ceritanya
    aku ada kirim email ke mba, mau sedikit tanya tanya, karena kebetulan pacarku juga orang india

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam Kenal juga

      Monggo kalau mau kirim email , curhat dll

      Delete
  23. Hi mba zulfa,, mba zulfa pertama mau tanya.. mba zulfa kan menikah dengan orang india, apa ga ada yang bersifat positif dr orang india?? Kebetulan aku punya pacar orang india dan bener2 intens hubungan, bulan june kmren aku ke india (kochi) karna pacar ku ga bisa kemana2 karna jadwal kuliah S2 nya begitu padat, jadi aku pikir aku mengalah saja karna klo main ego pun ketemuan bisa2 2 tahun lagi. Kira2 itu aja sih mba yg pengeb aku tanya,,
    Salam kenal ya mba..
    Thanks alot

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Ani. Sifat baik tentu saja ada. Kan setiap orang berbeda beda :)
      Namanya juga "hal yang perlu dipertimbangakan" jadinya melihat dari sudut perbedaan budaya dan sifat cowok India pada umumnya, bukan berarti semua ya.

      Kalau semua positif, berarti nggak "perlu" pertimbangan. hehehe

      Your welcome :)

      Delete
  24. Assalamualaikum mbak zulfa, saya Santi rencana kuliah di India, maret insha Allah terbang ke India. Btw boleh saya tau kontak wa mbak? Untuk tanya info2. Nanti saya kirim email ke mbak ya. Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam Santi :)

      Wah, semoga lancar kulaihnya di India nanti ya.....
      Kontak Wa aku kirim melalui email ya.....

      Ok, kutunggu :)

      Delete
    2. Santi: mbak aku juga berminat kuliah di india,,bisa contack ke emailku uliecuek@yahoo.com

      Delete
    3. Oke, colek aku di attini.zulfayah@gmail.com

      Delete
    4. Mb, aq ada kirim email, tlng dibaca n ksh advice ya. Tq

      Delete
    5. Mb, aq ada kirim email, tlng dibaca n ksh advice ya. Tq

      Delete
    6. Sudah saya reply, ya. Hope it help.

      Delete
  25. assalamualaikum kk
    aku mau.ksh tau pengalaman aku
    mama.aku nikah sma org india
    sifatnya sangat.jelek
    selalu adu domba aku.sma mama
    mnta2 uang sma mama aku eh dia.mlhn ga kerja slama.nikah sma mama.aku.slama 5 tahun
    kadang2 dia.mabok jgaa
    aku sma mama asalkan ada si.india itu slalu brntam
    klo ga ada si.india itu aku sma mama baik2 ajaa
    ya aku sabar aja
    aku tau kok nnti suatu saat Allah nnti yg balas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam

      Terima kasih sudah share pengalaman menikah dengan lelaki India.
      Semoga cewek cewek Indonesia yang akan ngebet dengan pria India membaca pengalaman mbak. Agar bisa dipertimbangakn lagi sebelum menikah ya....

      Sekali lagi, terima kasih.

      Semoga diberi kesabaran dan diberikan jalan yang terbaik. Aaamiin.

      Delete
  26. hi mba Zulfa, sorry kalau anon ( soale ga bole punya account terpisah dari suami). hm,.. kalau ngomongin suami yg notabene dari telugu, besar di chennai,.. baik & romantis siy, cuman,... agak over dosage .... but overall, cowo India setia banget, ga macem2, dan sekali mencintai memang benar2 cinta bkn yg karena penampilan luar ( hm.... ini yg selalu saya tanyain ke suami, sampai cape dia jelasinnya, eheheh ). tapi menurut saya, semua balik lagi ke jodoh, jangan maksa. sebenernya saya anti-India ( mau nya bule malah dapet India, eheheh, but all is planned by God )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo Kak Anon :) hehehe Namanya siapa didi siapa tahu bisa cuap cuap disana dan ketemuan.
      Alhamdullilah ya dapat suami yang romantis dan kece hatinya. Semoga langgeng sampai tua. Aihhh, jadi pensaran sama Arjunamu pasti dah panahnya tajem banget :)

      Eh jangan salah, India bule juga... Bule India :)

      Delete
  27. Assalamu alaikum.kebetulan suami saya jg india tepatnya dr south of india..sy kenal dr skype'an 6 thn awalnya kelg dia dan sy ga setuju ampe paspor dia di tahan jd dia ga bs visit ke indo...parahnya dia ud mo nikah ya dijodohin tapi kuasa Allah ya nikahnya batal cuma tggl sbln lg...abis ntu doi nekat dtng ke indo and minta ke ortu yah nikahlah kita..yg penting jgn liat orang dr fisik semata tp tujuan kita utk nikah apa kalo utk indah in shaa Allah segalanya akan dipermudah..skrng saya menjadi menantu kesayangan diantara mantu perempuan yg lain.ga pake byr mahar segala tapi setau sy kalo cowo india muslim klo ud cinta emang benar cinta and setia.abis nikah kita tinggal diindo krn sy anak only daughter so suami jg ngertiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam Yuli Khan. Berasa jadi keluarha amir Khan atau Shah Ruk Khan.

      Subhanallah kisah cintamu harus masuk novel nih. heheh brasa kayak film film India hai.
      Terima kasih sudah mau share disini. Semoga pembaca membacanya ya....
      Tinggal dimana sekarang?

      Kebetulan Nih, Mbak yulis bisa share dong, soalnya banyak nih yang tanya. Kalau di Indonesia Suami kerja apa? Hampir tiap hari saya dapat 1 atau bahkan sampai 5 email mengenai pernikahn India dan Indonesia serta kegalauan tinggal dimana setelah mneikah. Share disini yukkkkk

      Delete
    2. Hi mba zulfa...Suami qu software engginer ud ngelamar2 via indeed.com,jobs.db dll ttp ga ad panggilan pernah ad yg manggil tapi salary ga cocok akhirnya inisiatif buka usaha sendiri.mank ag susah ya kalo wna cari kerja diindo lbh baik buka usaha sendiri klo ga ad modal cari investor aj..blm tetek bengek tinggal diindo muahal dikira wna semua tajir 7 turunan kali ya..mengenai pernikahan yg penting seiman jd gampang nyatuin visi misi kalo ud beda negara beda buday beda agama hadehh komplex tingkat tinggi hehehe

      Delete
    3. Alhamdullilah. terima kasih sudah berbagi Mbak Yuli.
      Memang semua orang mengira WNA tajirrrr banjir... Padahal sama kita harus kerja keras dan rajin nabung. Betul kejadina yang sama dengan saya. Harus nyempenin duit buat Modal kalau mau tinggal di Indonesia, karena nggak mudah juga cari kerjaan di Indonesia.

      Bener banget, Yang penting Memiliki Keyakinan yang sama.

      Terima kasih sudah berbagi :)

      Delete
    4. Mba mba disini,adakah yang bs share cerita tentang proses pernikahan dengan warga negara india di indonesia secara kristiani?

      Mohon pencerahannya semua, saya masih proses memulai mengurus surat2, tapi sdh bingung duluan �� terima kasih

      Delete
  28. Apa beda India dengan Pakistan mbak Zulfa? aku itu punya pasangan orang Pakistan. dan sudah jalan 4 bulan kita mengenal satu sama lain sampai dengan sekarang. rencana mau menikah tahun depan. Pasangan saya itu orang pakistan tapi bekerja di Malaysia sebagai IT.

    mohon pencerahannya ya mbak :)

    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bedanya cuman Agama saja. Adat dan budaya sama. Pakistan pernikahannya juga dijodohan sama orang tua.

      Sudah bertemu ? kalau sudah bertemu, semoga bisa mengenal orang tua masing masing. Semoga berjodoh dan dimudahkan jalannya untuk menikah dengannya. Aamiin

      Sama sama :)

      Delete
    2. iseng baca-baca blog,,ternyata ketemu ini dan kok sama dngan kisah saya,,,saya juga sekrang mnjalin hub dengan,,kyak orang india,,tapi kalau ditanya dia bilang orang dubai,,maklum kyaknya dia broken home,,jadi ayahnya di india,,ibunya di dubai,,kita ketemu pas aku jalan-jalan di malaysia,,,,dia kerja di malaysia,,,,dan kita komit dengan hubungan ini,,,masalahnya kok dia seperti HBL ya,,,Haus Belaian Wanita,,,jadi nepsongg bgt gt kalau ketemu,,apakah tipekal cowk timur tengah seperti itu ya?? terus apa itu wajar,,

      Delete
    3. hehehe semua manusia dilahirkan memiliki nafsu, normal.
      Tapi Sits kalau HBL sebelum nikah mending lupain deh, banyak yang gituan.

      Mending yang beneran cinta, kagak nafsu nafsu gitu, marabahay. HBL kalau sudah nikah saja

      Delete
    4. hehehe semua manusia dilahirkan memiliki nafsu, normal.
      Tapi Sits kalau HBL sebelum nikah mending lupain deh, banyak yang gituan.

      Mending yang beneran cinta, kagak nafsu nafsu gitu, marabahay. HBL kalau sudah nikah saja

      Delete
  29. baru nemu blognya pas iseng nyari info all bout india haha ..trus baca-baca postinganya...trus langsung sukaa sayahhh...:D salam kenal mba......bakal sering-sering mampir di mari sayahh,... mengingatkan cerita masa lalu dengan mantan yang kebetulan orang india dan seorang navy officer... penuh lika liku plus air mata, meskipun endingnya tak seindah cerita pilem-pilem bollywood tapi namanya cintaaa edeuhh...teteuppp indah buat dikenang hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah terima kasih suka sama blogku yang sederhana ini ya..... Monggo sering sering mampir, suka *siapinchai dulu ah...... hehehe

      Ikut sedih. InsyaAllah pasti yang terbaik, coba ikhlas meski sussah.
      Memang cerita cinta tak selalu semanis senyum Amir Khan but Live is beautiful but its great gift :) Pagi pagi sok wise

      Delete
    2. Wah terima kasih suka sama blogku yang sederhana ini ya..... Monggo sering sering mampir, suka *siapinchai dulu ah...... hehehe

      Ikut sedih. InsyaAllah pasti yang terbaik, coba ikhlas meski sussah.
      Memang cerita cinta tak selalu semanis senyum Amir Khan but Live is beautiful but its great gift :) Pagi pagi sok wise

      Delete
  30. Ehhh bentar deh Mbak. Jadi Mbak Zulfa suaminya orang India???

    ReplyDelete
  31. Mba zulfa...ceritain jg donk ttg laki-laki pakistan. Budaya dan sebagainya. Trims....ditunggu yah hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahhh, kamu pasti ada benang merah sama cowok pakistan ya.... India sama Pakistan memiliki budaya yang sama. Jadi, kurang lebih sama, mungkin.

      Doain saya bisa jalan jalan ke Pakistan jadi bisa cerita cerita, Aamiin :)

      Delete
  32. Hihihi bisa aja nih mba zulfa...menarik blog an nya jd penasaran mengenai pakistan nih, ditunggu cerita yah hehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang ada magnetnya ya ? hehehe BTW, Si Doi Pakistan sebelah mana? Ntar aku kirim pesan deh ke Dia, uhuk :)

      Aamiin, semoga disegerakan menjejak Pakistan

      Delete
  33. @ Dina Aliyya14 September 2015 at 21:23
    Kalo mau saya go di bln oktober loh...

    Boleh tuh, ayooo siapa mau ke India oktober ini, ada yang ajak bareng nih

    ReplyDelete
  34. Assalamualaikum wr. wb.
    Mba Zulfa, saya berencana akan menikah dengan orang India, dia tinggal dan bekerja di UEA. KUA meminta berkas-berkas dari si calon, antara lain :
    1. Copy passport
    2. Surat izin dari kedutaan India (yg berisi tdk keberatan menikah di Indonesia)
    3. Surat keterangan status perkawinan (yg berisi single/duda)
    4. Copy visa
    5. Surat lapor diri dari Polres
    *berkas yg berbahasa asing harus ditranslate

    Saya mau bertanya, apakah bisa saya mengurus berkas no. 2 dan 3 di Kedubes India (di Jkt tepatnya di Kuningan)? Kalau memang bisa waktunya berapa lama dan biayanya berapa? Berkas apa saja yg harus saya siapkan untuk dibawa ke Kedubes India?
    Info dari si calon jika dia mengurus di India consulate di UEA membutuhkan waktu 3 bulan, tetapi jika si calon mengurus langsung di India membutuhkan waktu 2 bulan. Apakah betul selama itu ya Mba?
    Minta tolong petunjuk dan arahannya ya Mba. Terima kasih banyak sebelumnya.

    Wassalam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam

      Iya, semua persyaratan itu semua guna mneikah di Indonesia.
      No 2 dan 3 itu biasanya dilakukan sama pihak laki laki.
      Tapi coba kamu telpon ke Kedutaan India di Indonesia apakah kamu bis amengurus itu. Kalau bisa biasanya tinggal submit fotocopy dokument seperti passport dan ID.
      Biasanya butuh 2-3 hari, biasanya butuh konfirmasi dari pihak kedutaan ke tempat tinggal dia, dalam hal ini alamat dia di India.

      Maaf, untuk mengurus semua surat itu nggak selama itu. butuh waktu sekitar 1-2 mingguan saja. itu berdasarkan pengalaman saya dulu. Jadi ada semacam pengecekan kependudukan di India.

      Semoga lancar ya segala urusan

      Wassalam

      Delete
  35. Sy pacaran ma india muslim disana ...tapi dia belum kenalin sy ke keluarga nya kerana long distance relay .. dia kuatir bapa nya gak setuju pacaran waktu kuliah .. dia akan kenalkan waktu convocation nanti ...now dia study degree medic .. I have nothing, still school ... saya risau dengan keadaan sy tidak ada ape2 ni boleh jejaskan hubungan saya ma dia .. kmu juga kuliah waktu kenalan kan ... pacar sy mah g pilih2 soal itu , tp sy kuatir keluarga nya .... gimana rasanya tinggal , nikah , kenalan ma keluarga di india ? ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf seelumnya sudah pernah ketemuan apa belum ya ?
      kalau belum ketemuan, saya sarankan ketemuan dulu, baru memikirkan hal yang serius.

      kalau sudah, Saya rasa kalau Cinta tidak ada yang perlu dikawatirkan. Saling komunikasi dan saling mengerti sangat diperlukan disini. Sama keluarga, saya rasa pacar kamu bisa menjadi penengan antara kamu dan keluarga.

      Sekarang semua tergantung dengan di Dia, bagaimana dia mempertahankan cinta kalin Berdua.

      Semoga keputusan apapaun yang diambil adalah yang teraik bagi kehidupan kalian. Semoga lancar. Don;t worry, be happy :)

      Delete
  36. Mbk zulfa slm kenal, mbk mo tny soal arranged marriage itu biasanya proses nya ke pernikahan lama atau bisa mendadak 2-3bln lngsung nikah atau gmn?? Emang bner ta mbk klo perjodohan disana ketemunya waktu pas acara pernikahan (tdk ada contact sm sekali sblm pernikahan dilaksanakan )?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Diandra :)

      Biasanya cepat, ya sekitar 3 bulanan. kadang ada juga yang berdasarkan perhitungan tgl Hindu. Tapi biasanya cepat.

      Biasanya arranged married, ditunjukkan fotonya dulu. Klo Ok. ntar ketemu pertama waktu mengunjungi. Dalam artian waktu pihak lelaki ada keinginna untuk meminang dan datang ke rumah perempuan. Mereka biasanya ketemu. Trus ketemu lagi waktu nikahan.

      Nggak ada kontak sama sekali. benera dipingit, hehehe

      Delete
    2. Hiks hiks hiks... gitu ya mbk, berarti aku dikibulin mbk :(

      Delete
  37. Salam kenal kak Zulfa...

    Topik tentang cowok india..hahaha..jadi tertarik dech.kebetulan saya punya banyak teman dari india dan saya dah ke sono 3 kali. Kita rame rame keliling india. Lumayan juga tuk penghematan penginapan dan makan. Kalo kita kenal ama orang india..dia juga akan mengenalkan kita pada teman temannya dan juga keluarga besarnya..ashiiiiikkkk..hahahah.
    yup memang betul sekali..disono budaya kekeluargaannya terasa bgt..jadi saya tidak merasa kesepian selama di sana. Seru and rame...buat kak zulfa, saya punya pertanyaan nich..berapa ya harga visa menetap sementara kalo kita menikah sama orang india..trrimakasih kak telah sharing pengalaman..ditunggu jawabannya ya..makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam Kenal juga

      wah, senang ya bisa keliling keliling India dengan keluarga India.
      Kalau saya sudah menetap dan ikut suami, jadi saya sudah Punya OCI, semacam kartu menetap di India.

      Seingat saya dulu, untuk Visa setahun itu sekitar 1 juta. COba cek wednya kedutaan India di Inonesia untuk info dan visa fee terbaru. takutnya ada perubahan ya...

      Have fun :)

      Delete
  38. Salam kenal mba Zulfa.

    Iseng-iseng cari info tentang tipikal cowok india, nemu blog mba yang postingannya paling atas. Mau sedikit cerita nih mba, saya berkenalan dengan seorang pria India lewat internet. Si pria ini mengatakan bila dia menyukai saya dan akan menemui saya dan melamar saya di February 2016. Kira" bila memang dia benar" serius yg mesti diomongin dengan dia dalam hal pernikahan apa aja ya mba? Terlebih masalah dowry itu, masalah tempat tinggal sudah pernah kami bicarakan dan sudah saya sampaikan apa keinginan saya setelah menikah.
    Tolong pencerahannya mba hehehe, thanks :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Juga.

      Aamiin. Semoga dilancarkan perjalana di tanggal 16 Februari nanti ya..
      "Bila memang dia serius" sebenarnya dalam pernikahan nggak ada yang perlu dibicarakan. Bhakan angan angan pun nggak perlu. Karena pada dasarnya pernikahan adalah perjalanan hidup dua pasangan yang terikat dalam agama dyang selalu saling memaafkan.

      Yang justru saling bicara adalah kamu dan Orang tua, terkait dimana kalian tinggal setelah menikah, Apalagi kalau nanti kamu diboyong di India.

      Pertanyaan ada pada diri kamu, setelah menikah, dan diboyong di India, kamu siap nggak bergabung dalam keluarga mereka yang sangat kental dan terkadang "mencampuri" ?

      dan kalau tinggal di Indonesia, pasti sudah baca diatas ya... konsekuensinya.

      Untuk Dowry, Maaf apa kamu dan dia muslim? Kalau dia muslim dan menjaga memegang hukum Islam, pastinya Dowry tidak menjadi masalah (nggak ada). yang ada hanyalah Mas Kawin yang dia kasihkan ke kaku sesuai dengan syariat Islam.

      kalau Non Muslim. Nah, ini. Silahkan dibicarakan berdua.

      Hope it help.
      Cheerssss

      Delete
  39. Mbk zulfa, mau tny nih. Kalau misalnya 3hr sblm acara pernikahan disana , slh satu ortu dr pihak laki2 meninggal. Apa acara pernikhnya di batalin atau lanjut ya mbk? coz Kmrn ada tmn ku yg kejadian sprti itu sih mbk, tp keliatanya kq tetep lnjut pesta ya mbk. Thank u sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muslim apa Hindu ? Tergantung sama keluarga, ya, ada yang terus ada yang tidak.
      Kalau Mulsim biasanya nunggu sampai 3 bulan.

      Delete
    2. Muslim mbk , apa sama sprt di Indonesia. Ada 3hr/7hr/40hr/100hr
      Kbnykn lanjut kali y mbk, kn arranged marriage. Udh nyebar undngn, nyewa gedung etc etc... klo gk jd pihak wanita jd malu dong. Apa mbk zulfa pernah ngalamin pembatalan acara pernikhn sblm hri H disana?
      Maaf ya mbk sblmnya , aku kebnykn tny nih :)

      Delete
    3. Ya, sama klo meninggal ada acara hari hari tertentu. Bhakan dirumah tidak diizinkan acara masak memasak selama 3 hari.

      Mungkin klo sudah nyewa gedung dll, mungkin lanjut.
      Nggak, saya tidak mengalami pembatalan pernikahan karena ada kematian.

      Delete
  40. Dear Mba Zulfa, kamu tinggal sebelah mana di Indianya? Mari sempatkan ketemu kapan-kapan. Bisa diminta email yang bisa dihubungi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku tinggal Di Delhi mbak, Ayyoooo ketemuan kalau aku sudah balik ke India
      Emailku : Attini.zufayah@gmail.com

      Delete
  41. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  42. Wah jd inget dl thun 2009 prnh pny cwok wn india, ganteng names rahul. Lol. Knalny di medsos sih tp dianya yg dtng ke indo tiap 4 bln sekali. Tp kmudian kami berakhir baik2 krn mmng tdk jodoh dan aku tidak bisa mengikuti adat dan budaya india yg kental. Eh sekarang malah di nikahin bule amrik. Ribet jg sih visanya tp lbh tenang krn tdk di bebani dngn adat dan hdup bs lbh independent.

    ReplyDelete
    Replies
    1. HAdew, aku kalau denger kata ganteng langsung deg deg serrr LOL

      Setelah dapat yg kental adat dan tradisi berganti yang free ya, maksudnya nggak kental dengan adat sekali. Jadi memang dirimu ditakdikar ke Amrik.

      Semoga langgeng selamamnya ya..... Aamiin

      Delete
  43. Salam knal mbak...Ak nih mbak juga knalan sama cowo2 pakistan n orang palestine. Ganteng2 sih mba...tapi gombalnya lebih deg2 serr drpd cowo indonesia. hihihi... kdg seneng juga sih digombalin tapi klo kebanyakan gombal jadi makin ga percaya. O iya mbak anaknya sudah berapa? Pasti anaknya bagus-bagus deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Juga :)
      Hehehe kenalannya dmn mbak ? Klo di Internet memang kebanyakan tukang gombal. Klo cowok serius pasti sibuk kerja, bukan ngegombal di inet, hehehe Apalagi say love ampe tahunan tapi kagak pernah datang

      Alhamdullilah, dianugerahi amanah satu orang anak, cowok. fotonya ada di blog satunya :)

      Delete
  44. Hai mba zulfa.. mba tinggal india dimana? Insya allah aku mau ke hyderabad merayakan deewali bareng tunanganku dan family nya disana.. alangkah senang jika bisa berjumpa di india... hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku tinggal di Delhi. Diwali, berarti sekitar Bulan November ya... Hayooo lah sekalian main ke Delhi. Kemarin waktu pulang ke Indonesia, aku sempat mampir dan main main ke Hyderabad. Makannya enak enak, laparrrr

      Delete
  45. Mba aku tadinya mau new delhi, tapi kayanya garing,, jadinya setelah dr hyderabad aku ke ghoa aja deh.. disana spot turisnya banyak.. iya mba bulan november.. hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Garing? Delhi masu Segitiga emas India, banyak spot Touris. Tapi memang beda orang, beda wisata yang disuka ya... Have fun Disana :)

      Delete
  46. Hahaha..hai semua..I laki india dari Malaysia...lucu komen2 kalian semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Raj. Salam kenal dari semua yang lucu dan imut itu ya....

      Delete
    2. Yaa salam kenalan juga yaa

      Delete
  47. Blognya sangat menarik dan semua yg mba tulis benar. Komennya lebih lucu lagi hehe. Mba married di indonesia atau india atau dua2nya? Gimana proses dokumen nya lebih mudah di mana mba?

    Kalau tinggal di indonesia, mungkin pasangan tetap kerja di luar negeri. Itu juga ndak paham urusan visanya gimana.
    Perlu hire legal consultant atau semua bisa sendiri mba biar lebih gampang?

    Makasih n salam kenal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dua duanya Indonesia dan India.
      Proses Dikument tergolong lancar meski agak menyita waktu dan tenaga, apalagi kami mengurus sendiri.

      Kalau tinggal di Indonesia dan tetep kerja di luar negeri, Berarti pakai Visa keluarga (sponsor istri). Dengan visa stay dengan Istri maka Pastikan dia nggak kerja di Indonesia, jika ketahuan, maka dideportasi.

      Nggak usah hire consultan kalau ada kejelasan. Nggak mahal kok ngurus sendiri.

      Sama sama, terima kasih sudah mampir

      Delete
  48. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  49. Pertanyaan : Suka sekali baca blog mb zulfa.numpang share pengalaman ya... Sy kenal pria india n berhub dekat sejak 5 thn lalu,kenal by internet .Dy bilang serius mo nikahin aq. Cuman aq yg slalu ragu mb cz agama n kultur budaya yg beda. Ketemu cuma 1 x dy bela2in datang bln feb kmren cz aq kasih deadline klo gk dtng ud berakhir aja. Dy ketemu semua kel q tp aq kenalkan sbg tmn.aq takut ortuku syok mb klo aq bilang cowokku n dy dtng mo minta ijin nikah. Smpe dy balik india akhirnya kami ber2 gk ngomong serius ke ortu. Jujur mb dy pria yg buaaaiiikkk n aq yakin setia bukan main. Cuma yg bikin ragu kami ini sama2 dr kel yg ekonomi biasa2 saja...klo menikah n stay disini gt biayanya besar ta mb? Maksut sy untk keperluan admin keimigrasian dy... kasih saran ya mb. Thx sebelumnya

    JAWAB: Alhamdullilah ya, dia serius dan datang ke Indonesia, padahal diluar sana banyak yang ngegombal. Kalau orang tua setuju, kenapa nggak dijalan saja hubungan ini.

    kalau tentang Agama, balik lagi ke hukum agama ya?

    Klau tentang Budaya, saya rasa meski sesama Indonesiapun juga kepentok dengan perbedaan dan Budaya, meski tidak seberapa dibandingkan dengan budaya India yang masih kental. Tapi Kalau ada cinta pasti ada pengertian dong??? iya kan?

    Tentang Ekonomi yang biasa biasa saja? hmmm Balik lagi ke kalian berdua, seberapa besar cinta kalian menghadpi kondisi ini, bukankan cinta dan pernikahan tanpa syarat, ya ??? hehehe berasa cinta Omer ke Elif, edisi kebanyakan nonton sinetron turki. hehehe

    Semoga yang terbaik ya buat kalian berdua. Aaamiin

    ReplyDelete
  50. Hi Mak.. <--- sok kenal banget ��
    Nice hear about you mak..
    Sharingnya sangat menarik n jadi nambah tau about India.
    Btw, boleh sharing japri ga ne mak via email?
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh monggo, silahkan Japri by email. attini.zulfayah@gmail.com

      Delete
  51. Mba zulfa, screening dari pengalaman temen2 yang punya kisah cinta sama orang india, terkesan cowo india itu "mengerti" wanita. Yang mau saya tanyakan, apakah mereka akan berubah setelah pernikahan? Apakah budaya mereka itu mengajarkan jadi penengah antara istri dan ibunya?
    Kemudianba zulfa menjadi warga negara india atau masih ber negara WNI

    Terima kasih sebelumnya mba zulfa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya bukan cowok India. Cowok manapun kalau belum 'mendapatkan' akan selalu pengertia. Ntar kalau udah nikah, ya... begitulah.hehehe

      Misal saja waktu kita jatuh ya, klo msh pacaran, dia langsung sigap menolong, 'hati hati sayang, kamu nggak papa kan?? '
      natar klo dah nikah, nonton aja ' makanya punya mata itu dipakai, jaan aja nggak bener'

      hehehe

      Budaya di India, mereka akan lebih condong ke Keluarga. Jadi lebih condong ke Ibunya.
      Saya masih WNI dan selamanya passport Hijua.

      Sama sama :)

      Delete
  52. Tanya :
    hhs .383926 has left a new comment on your post "Menikah dengan Pria India? Pertimbangkan 4 Hal Ber...":

    Salam kenal mbak. Saya ada teman lelaki dia Indian tamil . Dia beragama hindu dan dia mau jadi muslim . dia kelewat baik sebagai teman , apa yang saya pengen di belikan. Hingga 1 bulan yang lalu dia mengajak nikah tapi saya tidak mau karena kami terlalu banyak perbedaan. Tapi setelah 5 hari tak ketemu ,saya dapat kabar dia ada di rumah sakit karena coba bunuh diri . Setelah sadar dia meminta saya supaya mau menikah dengannya . Menurut mbak, dia lelaki yang bisa di jadikan suami atau tidak?

    Jawab :
    menurutmu, orang yang berani bunuh diri karena cinta itu beneran cinta atau posesif ?
    Dari Pertanyaan ini kamu bisa menemukan Jawabannya.
    Semoga yang terbaik ya sist. Dan menemukan jalan yang terbaik buat kamu dan Doi

    ReplyDelete
  53. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  54. waktu hamil pertMa dulu temen periksa ke rs saya org india mbak
    pas habis usg bareng, kita sling tanya anakmu jenis kelaminnya apa
    pas sy bilang laki dia jawab kamu beruntung sekali
    dan dia blg tolong jgn bilang siapa2 ya anakq cewek, klo buat org india ini hal yg tidak baik

    trus pernah soal dowry temen yang lain cerit kalo dia ngasih puluhan baju ke suami plus motor plus lain-lain sedang dia cuma dapet seutas kalung (Ceritanya pake muka sedih gitu)

    mbak, saya baru main ke blog mbak
    suami mbak sharukh khan yaaa....
    *dijewer mbak zulfa*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Turut sedih ya dengernya buat temenya. Memang sebagian besar laki laki India masih mempertimbangkan dowry dan anak perempuan. memang sudah jadi adat dan Budaya terutama Hindu ya. Karena bagaimanapun itu adalah adat dan budaya. so....

      Untuk Muslim Sendiri kebanyakan sudah mengikuti aturan Islam, meski ada juga yang 'nakal'.

      Apaaaa Shah Rukh Khan ? Alhamdullilah bukan, coba klo suami saya SRK, bakalan ngenesss, cemburu deh peluk2 dan cium cium artis cakepppp *dijeweristri SRK

      Makasih sudah mampir dan salam kenal

      Delete
  55. Pada dasarnya menikah dgn org mana saja itu sah2 saja,, akan tetapi lbh baik saling mengenal satu sama lain sblum memutuskan untk menikah dan tinggal brsama keluarga suami.. Dan Alhamdulillah saya menikah dgn org India yg real and pure mencintai saya... dia lebih memilih saya di bandingkan keluarganya, jadi saya merasa lbh tenang dan aman ketika berada di india.. dan alhamdulillah juga saya menikah dgn indian muslim, jadi gx ada cerita ttg dowry dll...😊😊.. dan alhamdulillah kita tidak tinggal brsama keluarganya, jadi hidup merasa lebih tenang dan tentram.. dan untk tmn2 di luar sana yg menikah dgn Indian, bersabar aaja.... semua sudah jadi keputusanmu dr awal kan, jadi jalani aja dgn suka cita... semangatt ya.....😊😊😊

    ReplyDelete
  56. Pada dasarnya menikah dgn org mana saja itu sah2 saja,, akan tetapi lbh baik saling mengenal satu sama lain sblum memutuskan untk menikah dan tinggal brsama keluarga suami.. Dan Alhamdulillah saya menikah dgn org India yg real and pure mencintai saya... dia lebih memilih saya di bandingkan keluarganya, jadi saya merasa lbh tenang dan aman ketika berada di india.. dan alhamdulillah juga saya menikah dgn indian muslim, jadi gx ada cerita ttg dowry dll...😊😊.. dan alhamdulillah kita tidak tinggal brsama keluarganya, jadi hidup merasa lebih tenang dan tentram.. dan untk tmn2 di luar sana yg menikah dgn Indian, bersabar aaja.... semua sudah jadi keputusanmu dr awal kan, jadi jalani aja dgn suka cita... semangatt ya.....😊😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulilah, ya.....

      Terima kasih sudah berbgai cerita....

      Delete
  57. Salam kenal mba zulfa.. saya jg menikah dgn indian muslim dari South, Kerala.. benar bgt dgn semua yg mba tulis ttg India.. Suami India itu benar2 luar biasa.. sabar n pengertian bgt jg pastinya setia.. aamiin..

    ReplyDelete
  58. Salam kenal mba zulfa.. saya jg menikah dgn indian muslim dari South, Kerala.. benar bgt dgn semua yg mba tulis ttg India.. Suami India itu benar2 luar biasa.. sabar n pengertian bgt jg pastinya setia.. aamiin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.

      Alhamdullilah, dapat yang baik dan pengertian.
      Semoga langgeng ya say, eh tinggal dimana? klo ke Delhi mampir ya...

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Kami tinggal di Jakarta, mba.. Alhamdulillah suami dpt kerja di Jakarta, perusahaan india jg sih.. hihihihihi..
      Insyaallah Februari depan mau mudik ke Kerala, pulangnya dari Delhi.. pengen lihat Taj Mahal dulu sebelum kembali ke Indonesia.. Insyaallah kita bisa ketemuan disana..

      Delete
    4. Alhamdullilah, tinggal di Indonesia.

      Bolehkan daku ikut Kerala, belum kesana. South masih sampai Hyderabad.
      InsyaAllah ketemu di Delhi ya...Aamiin

      Delete
  59. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  60. Wah boleh bgt donk mba.. ayoo ke Kerala bulan feb awal.. Kerala masih sangat hijau.. masih banyak pepohonan n bukit2 hijau.. bagus buat liburanlah.. suamiku tepatnya di Thamaraserry, Calicut.. Kalo aku baru sampe Tamil Nadu aja. Belum sempat kemana2.. Makanya mudik taun depan pengenlah jalan2 yg lebih jauh lagi. Takut bosen kelamaan tinggal di rumah mertua.. hahahahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. InsyaAllah. ohh ok Calicut. Semoga ya tahun depan bisa keman mana. Aamin

      Delete
  61. Assalamualaikum, salam kenal mba...seneng bgt baca blognya tentang india dan orgnya hehehehe....email sy dibales yah mba..salam kenal dr Dewi

    ReplyDelete
  62. Assalamualaikum,salam kenal mba....
    senang sekali dgn artikel blognya mba, saya sdh email lho....boleh sy minta no whtasapp nya mba? Biar asik ngobrolnya via WA ..makasih ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Salam kenal juga Dewi. Dan orangnya ???? disitu saya merasa GR kebangetan :))))

      Delete
  63. Wuih... gila sampai 40 derajat celsius..??
    Panas banget... kayak di oven... :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuuu kayak "dimasak" dalam oven super jumbo :(

      Delete
  64. Aslkm,mv zulfa sy jd tertarik mau tnya sm mb untk ini, karna saya lagi mengalami seperti ini ,nanti saya curhat via email mb ya.. Boleh minta pendapat ke mb.. Trmksh

    ReplyDelete
  65. Salam kenal mba, mumpung artikel 2015, ikutan jg ah komennya.. hehehe..
    Kalo ak jstru kebalikannya, ak lg ad hubungan sama perempuan india, udh 2 thn. Trs terang kalo main ke rumahnya, emang bnr apa kata mba, semua dikumpulin satu rumah, abangnya, istri abangnya, anaknya jg plus kedua ortu si wanita, blm lagi adatnya yg emang msh kental, meski mrk rada tertutup sih.
    Btw lebih berat mana sih mba jalin hubungannya, laki india-wanita indo, atau laki indo-wanita india? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. baru kali ini kenal sama orang rusia bisa bahasa Indonesia. hehehe

      Wah, jarang lho ada cowok Indonesia pacaran sama cewek India.
      Nah, ini pertanyaan berat yang saya susah untuk menjawabnya.
      Menurutku sama aja ya Mas, cuman bedanya kalau perempuan nggak terlalu dipertanyakan tanggung jawabnya dengan keluarganya. Kalau laki laki, iya. Jadi mau nggak mau harus turut andil menjaga keluarga. terkadang ikut urusn rumah tangga. harus bisa memilah milah.

      Delete
  66. Ass.. Mba zul. Ku kirim email ke mba. Sekedar tanya tanya. Tolong dibaca ya mba. Thanks mba zul 😉

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam, sudah saya reply ya...

      Delete
  67. Hay mbk zulfa, salam kenal ya. .
    Menarik banget info nya, sya bner2 pnasaran sama cowok india. :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, met penasaran :) Hayoooo gebetan orang india ya ???

      Delete
  68. wah jodohku orang mana y mbak hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Darimanapun. InsyaAllah yang terbaik

      Delete
  69. Waduhhhhhh kesasar di blog yg super duper menarikkkk...salam kenal mb...mw tanya ni mb gimana tentang orng kasaragod mohon info ya mb...pengen tahu bdayanya

    Makasihhhh...

    ReplyDelete
  70. Waduhhhhhh kesasar di blog yg super duper menarikkkk...salam kenal mb...mw tanya ni mb gimana tentang orng kasaragod mohon info ya mb...pengen tahu bdayanya

    Makasihhhh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, Salam kenal juga Ira Julieta :)

      Kasaragod itu Kerala ya, masuk India selatan. pengalamanku, orang selatan lebih cool down ketimbang Utara. But semua balik ke kepribadian masing masing ya.

      Delete
    2. Maksih mbak zulfa boleh japri kah di wa..hbisnya mb zulfa seru banget jadi pengen ngobrol banyak...mkasih mb zulfz atas infonya

      Delete
    3. Ealah mb tonggo dewe ternyata saya di gresik juga mb...mb zulfa gresik manakah mb??

      Delete
    4. Ealah mb tonggo dewe ternyata saya di gresik juga mb...mb zulfa gresik manakah mb??

      Delete
    5. Wah, Gresik juga kah. Aku Gresik pas kecamatan Gresik. Dekat Mcdonal Hypermart. Monggo kalau mau Japri, nanti aku kasih nomer WA by email ya....

      Delete
    6. Okcmb zulfa saya gresik kab.bungah

      Delete
  71. mba zulfa salam kenal
    boleh minta wa donk, ke aku ya 0878-8010-3896
    aku mau ke india bulan maret..
    liat holy festive...dan klo bisa jumpa mba zulfa di sna
    skdar lunch/dinner
    krn aku tinggal di hotel sekitaran delhi..
    bisa ya mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam Kenal juga Rita. Monggo, nanti WA aku share di email saja ya.
      InsyaAllah kalau ada waktu boleh ketemuan. ntar kalau mau terbang ke India, japri by Email ya....

      Semoga perjalanannya mulus ke India. Aamiin

      Delete
  72. wooow menarik sekali,,,,
    kak mau tanya nih,,x bgmna perwatakan orang gujarat?,,,apa betul di sana big country, yg sebagian besar menghasilkan diamond?,,,
    dan aku kenal org india 5th lebih,apakah masih di ragukan lagi jika arjuna itu sebenarnya rahwana?,,,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secara umum watak orang India keras, tapi semua balik ke kepribadian masing masing.

      Tanya, tahun ini sudah ketemuan belum ? kalau blm ketemuan atau dia belum dtang ke Indonesia nemuin kamu. Kayaknya tipikal Rahwana.

      Dont waste your time dear. Take it eazy aja. dont be to serius.

      Delete
  73. Aduh baca cerita emak jadi takut ke India. Emak, request adat istiadat tentang janda di India dong, kebawa film gangga hehe, jd pengen tau, masa gangga masih kecil udh janda..kan kasian.
    Oiya, emak kalo diPakistan kasus pemerkosaannya banyak juga ga sih kayak di India?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe. Janda? sama aja klo di Indonesia. Cuman ada adat juga di dalam agama Hindu, klo suami meninggal, istrinya harus ikut terjun kedalam pembakaran. tapi udah nggak ada lagi.

      Klo pakistan nggak, di India saja, khususnya India utara ya. sekitaran Ibukota.

      Delete
  74. justyoan kantate has left a new comment on your post "Menikah dengan Pria India? Pertimbangkan 4 Hal Ber...":

    Mba mba disini,adakah yang bs share cerita tentang proses pernikahan dengan warga negara india di indonesia secara kristiani?

    Mohon pencerahannya semua, saya masih proses memulai mengurus surat2, tapi sdh bingung duluan �� terima kasih
    ----
    Yang punya pengalaman, share yukkkk.. thanks

    ReplyDelete
  75. ass ma kalau masalah dowry ma dulu macam mna

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku nggak pakai Dowry, Alhamdullilah nikah secara Islami pakai Mas Kawin.

      Delete
  76. baca cerita mbak zulfa yg ini kog jd ciut nyali saya mo kenalan ma cowok india... hehehe
    anyway menambah pengetahuan saya sama grup sebelum backpacker kesana... thank u emak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apaaaa? jgn nyiut nyali. Dipertimbangkan saja, daripada nyesel kemudian. hehehe
      Sami sami. Semoga perjalananya lancar di India

      Delete
  77. Ya Allah, lagi nyari2 info tentang pengalaman punya pacar org india eh nemu yang ini dan langsung jatuh cintrong:D hehe. Btw salam kenal yah mba Zulfa, blok nya keren dan aku memang pecinta bollywood serta semua tentang indian's art. Aku punya pacar orang india dan sudah berjalan 3 tahun tapi LDR. Permasalahannya kita belum pernah ketemu, dan aku kenal si doi dari temen aku. Pertama sih si doi teman diskusi jadak jauh soalnya kita sama2 suka baca dan diskusi soal pendidikan antar negara. Tapi setahun komunikasi malah tumbuhlah benih2 cinta yang berkembag menjadi sebuah pohon cinta yg akhirnya kita berdua jadian deh*kok saya malah curco ya haha. Jadi dia pengen kesini rencana sih tahun depan. Semoga gak ada halangan. Kendalanya keluarga dia gak setuju bahkan waktu 2 tahun berselang hubungan kita mereka tahu dan marah besar bahkan angry bird kalah*opps gagal fokus. Jadi gitu irang tuanya gak setuju dan bahkan ngancem aku terus terusan dan suruh supaya aku menghilang dari kehidupan anaknya. Sempat beberapa waktu kita gak bisa berhubungan tapi dasarnya si Doi cinta mati jadi dia usahakn supaya dapat univ terbaik di india supaya bisa jauh dari ortunya dan alhamdulillah dapat. Jadi sekarang lebih leluasa komunikasinya. Duh gimana yah. Bantak rintangan. Tapi doi si gak mau kalau tinggal di india kalau emmang kita jadi jodoh, pengennya tinggal di indo atau negara lain. Gimana yah saya semakin kesini semakin bingung. Mba zulllllll aku boleh minta saran gak? Kan mbak suaminya orang india. Jadi mungkin lebih paham. Bohot bohot shukriya yah mba zulfa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam Kenal juga :)

      LDR, 3 tahun belum ketemu? hmmmm
      Menurut saya, selama belum ketemu, jangan terlalu serius.
      Jangankan 3 tahun, ada lho yang di PHP selama 5 tahun. Katanya datang, tapi nggak pernah datang. tahun depan? tahun depan lagi? pada akhirnya menikah dengan pilihan orang tua. Bayangkan 3 , tahun menyia nyiakan waktu untuk sesuatu hal yang belum pasti.

      Kalau belum ketemu, sedekat apapaun dan seserius apapun, pleaseeee jangn terlalu berharap. kalau sudah ketemu, baru deh dipikir kemudian. Jangan menyia nyia kan waktu.

      masalah kamu, ini masalah yg sebagian besar cewek Indonesia hadepi. begitu percaya dengan Arjuna disana. ujung ujungnya menghilang atau dinikahkan. nggak cukup cinta untuk kamu.

      kalau dia benerin cinta, dia bakalan menggemgam tanganmu apapun yang terjadi. tak peduli tanpa restu orang tua. Dan bakalan ketemu secepatnya, tanpa nunggu tahunan. kalau alasan karena uang untuk tiket ? banyakkkkkkkkkkkkkkkkkkkk tiket promo India- Indonesia saat ini.

      Jangan bingung, take it eazy.
      Tunggu sampai dia beneran datang ke kamu. InsyAllah ada jalan. pasti!

      Delete
    2. Pertanyaan Dari Siwi P

      Hi Mba Zulfa,

      Salam kenal yaa Dari saya pertama2.
      Saya baca artikel di blog mba tentang pria India. Kebetulan saya sedang menjalin hubungan dengan pria dari north India. Saya hanya mau sharing aja karena ada beberapa hal yg buat saya menarik. Sebenarnya saya ada sedikit Masa lah dgn hubungan saya. Pria India yg sy cintai akan menikah berdasarkan arranged married system. Kita beda agama, hanya saja kami bertemu di saat yg gak pas waktunya. Kita sudah dekat hampir 2th. Pertama kali dia datang ke Indonesia Dan melihat saya di saat itu kami berkenalan Dan intens contact. Dia sempat mengkontak saya, hanya saja saat itu saya sudah punya pasangan. Jadi saya sempet reject Dan dia mengerti. Dan entah kenapa beberapa lama setelah itu kami hilang kontak Dan tiba2 dia datang kembali ke saya disaat sy available Dan dia langsung proposed Untuk menikahi saya. Pada saat itu saya tidak siap karena sy belum mengenal dia lebih jauh. Dan saya menegaskan kepada dia ttg keadaan sy Dan keluarga yg beragama Muslim. Dan saya blg apabila seorang Muslim tidak bisa menikah dgn beda agama. Seiring berjalannya waktu kami ada masalah di tengah2. Sampe pads akhirnya dia menerima arranged marriage system. Tetapi dia mencintai saya Dan begitu pun dgn sy. Keluarga dia sudah Ok. Tetapi dia Dan keluarga tidak dapat meng cancel pernikahan ini. Dia mencoba berbagai cara tetapi tidak berhasil. Adakah kiranya pendapat Untuk saya.
      Terima kasih sebelumnya.

      Menurut saya begini

      1. Apakah dia bersedia menjadi muslim? Karena seorang wanita muslim Tidak bsa menikah dengan non muslim.

      2. Kalau dia nggak bersedia berubah agama trus Sekarang pertanyaanya, apakah dia beneran cinta sama kamu ? Arrange married sudah biasa di India. tapi hal iini bukan berarti harga mati. kalau dia beneran cinta sama kamu. InsyaAllah dia pasti mempertahankan kamu. Bisa dibicarakan dengan keluarga. Suami saya sendiri 3 kali dijodohkan, tapi menolak. Dan tetap memilih saya menjadi istri pilihannya.

      Kalau dia bilang sudah mencoba berbagai cara, saya akan balik tanya, benarkah ?

      Kalau dia tetap bersama pilihan keluarga, berarti dia tidak memiliki cinta yang cukup besar dan kuat buat kamu.

      Ikhlas lah. Kalau dia jodoh, pasti nggak akan kemana, Pasti ada jalan buat kalian berdua.

      InsyaAllah yang terbaik.

      Salam
      Zulfa

      Delete
  78. Pertanyaa Dari Winny W :

    Kak.boleh nanyak dikit ya,jadi gini aku punya teman dekat orang india. Dia udah dijodohin sama orangtuanya. Emgnya kalo anaklaki2 india harus dijodohin ya? Tolong dijwb y kak :)

    JAWAB :

    Salam kenal Winny.

    Di India memang tradisi 'dijodohkan' sangat kuat. Baik laki laki atau perempuan. Tapi bukan berarti harga Mati. Ada juga kok yang menikah karena cinta.

    ReplyDelete
  79. Mbak zulfa keren banget blognya jadi banyak tahu , thanks mbak

    ReplyDelete
  80. Assalamualaikum.. Salam kenal mbak Zulfa.. im so excited to find such this helpful article which is so relatable to my situation right now.. mbak Zulfa, how to say, actually Im in the middle of confusion right now.. saya pacaran dgn orang India sudah hampir satu tahun.. dan.. dan.. duh, mbak Zulfa, is it possible to explain everything via email? Please respond, thanks in advance..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaliakumsalam. Salam kenal juga Ayu :)

      You can explan to my email but its ok if I answer through this komen, so other can read. Soalnya persolan cewek Indonesia sama cowok India, hampir sama semua. belum ketemuan (di chat) tapi seriusnya sampe bikin copot jantung. monggo :)

      Delete
    2. I consulted this to him dan dia bilang it's better to email you, mbak. Jadi saya sudah kirim email ke mbak Zulfa.. Kindly please check, ya mbak.. Terimakasih :)

      Delete
  81. Hahahahaha cacing kepanasan.... Tulisan yang sangat padat berisi, sharing yang ok mbak.... salam kenal yah...

    ReplyDelete
  82. Salam kenal mbak... suka banget bca blog nya smp ngakak dg gaya bahasa yg asik. Ku nyantol d blog mbak tapi betah kecantol hehe
    ku g ngimpi knal org india berhrp jg ngga.. tp akhirnya knal dan komunikasi lancar.. g pernah ngegombal i love you tpi dia blg suka saya... kebetulan tinggal dn kerja d singapore.. ku tny biasa ku ktmu india item2 knp kmu nggak dia blg dari utara.. desanya deket apa ya goa kali ato goa hantu lupa haha.. dia blg lg cari tiket ke surabaya.. cmn let see aja.. dia hindu tp ga terlalu yg religius.. dari cara bicaranya sih sopan dan educated jg g bnyj gombal... kl terlalu gombal ogah d lemari udah bnyk haaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awas, ntar kecantol Robek Lho. hehehe

      Iya, kalau India selatan item2, Klo Indi Utara memang putih putih.
      Hahaha, Klo Dari Goa biasanya Item.

      WKWKWKW, Good girls, Let see aja. Jgn terlalu berharap berlebih takutnya jatuh trus sakit. Eh, Siapa tahu bukan gombal dlm lemari tapi berlian ? Aniway, semoga lancar pas ketemuan nanti. Take care.

      Delete
  83. Pertanyaa Dari W*** W**

    Assalamu alaikum mbk salam kenal,saya tau email address anda dari Google,sangat menyukai blognya mbk,kebetulan sekali kami rencana mau nikah di india,lg kumpulin informasi ni ceritanya,mbk berapa lama waktu yg diperlukan untk register merried disana berhubung visa turis hanya 2bln,?kalo gak keberatan bisa beri nomer whatsapp nya?terima kasih,God bless

    JAWAB :

    NIkah di India Mha cepet. TInggal nikah, ntar dapat lembaran surat trus tinggal di registrasikan di FRRO kemudian kamu sampaikan di KBRI. itu kalau nikahnya pakai surat Nikah India ya. Tapi klo nikahnya di KBRI nah, ini Banyak syaratnya. kayaknya udah saya tulis diatas (komen). Scroll aja

    Kalau bisa jangan Pakai Visa turis Say. Ntar kamu TInggal di India nya giman. Visa turis nggak bisa dikonvert ke Visa tinggal. Kecuali bayar 'lewat' belakang dan habis banyak. menidng pakai Invitation Visa.

    Semoga lancar semuanya :)

    ReplyDelete
  84. Pertanyaan :

    Selamat pagi mba zulfa..

    Salam kenal,
    Namaku novia.
    Aku iseng2 baca artikel ttg karateristik pria india, eh nemu blog mba dan isinya sgt bermanfaat. Seru bgt baca nya.
    Saat ini aku sdg menjlni hub dg pria india tepatnya org gujrat (ahmedabad). Aku ingin tau klo org india itu apa benar ya rata2 menjalin hub hanya utk kesenangan saja.. hny memenuhi nafsu. Tidak benar2 mencintai. Soalny aku pny bbrp tmn india, mereka malah bilang sm aku hrs hati2 krn rata2 org dsna begitu..dan aku jg baca beberapa artikel, disana bilang bhw org india suka melakukan kekerasan. tp aku jg dpt info klo org india itu setia. Wow jd membingungkan yah hehehe..

    Mohon pencerahannya mba,
    Kami sdh mnjalin hub hampir setahun. Memang kami blm pernah bertemu tp keluarga nya sudah dikenalkn ke sy melalui vdeo call. Begitu jg keluarga sy. Kmi berencana bertemu setelah studi nya selesai dan bertemunya di indonesia.

    Pls help y mba..

    Rgds,
    Novia ^_^

    JAWAB :

    Salam Kenal Novia
    Semoga Novia selalu Sehat ya. Aamiin

    Bener banget apa yang dikatakan oleh teman Novia dari India. Orang India suka sekali menjalin hubungan untuk kesenangan dengan Nama Cinta. TIDAK SEMUA. tapi rata rata.

    Orang India suka melakukan kekerasan ? Hmmm Memang watak orang India keras plus sumbu kesabaran pendek banget. Ditambah dengan kebiasaan mereka minum minuman keras. klo udah gini, tahu sendiri kan???

    Kalau menurut saya, sedekat apapun kamu dengan dia dan keluarga, selama belum ketemu, Take it eazy, jangan terlalu serius. Dan jangan biarkan waktu terbuang dengan sia sia. studinya selesai berapa lama ? Klo masih lama sekitar 2 tahun, apakah harus selama itu ? semuanya balik pada diri dan hati. Sebaiknya minta petunjuk juga sama sang pemilik nafas ya.

    InsyaAllah, kalau dia memang serius, dia bakalan berusahan sekuat tenaga untuk bertemu tanpa menunda terlalu lama.

    Semoga yang terbaik Ya. Dan Jika memang Jodoh, semoga dimudahkan. Aamiin

    ReplyDelete
  85. TANYA :

    Selamat siang mbak,
    Aku M*** dari pekanbaru. Aku baca blok mbak tentang india, disini aku mau sheering mbak. Aku kenal sama laki2 bernama Sajid, laki-laaki dari kota Sialkot, pakistan. Awalnya kita bertemu d salah satu wab muslimah.com (cari jodoh) wkwkwkw.
    Dia minta lmat fb say kira2 thn 2015 lalu (udh lupa bln brp). Lama berteman di fb, akhirnya dy chat saya, awalnya hanya tanya2 kabaar lalu tukeran nope... Lanjut ke whatsapp. Dia mengungkapkan perasaannya suka dgn saya dan mau serius, dalam tahun ini dia akan datang. Hari berganti hari, dari bulan juli 2015 kami mulai aktif komunikasi. Sempat saya bbrp kali sengaja memblok whatsapp nya saya ingin tau apa dia mencari saya atau tidak. Hampir 3hr whatsapp nya sy blok, ternyata dia berusaha inbox saya melalui fb, tp ttp saya cuekin. Tepat seminggu kami tidak komunikasi, dia minta maaf kalau dia ada salah. Dan akhirnya saya membuka blokiran whatsapp dia. Bulan ini dia bercerita akan sesegeraa mungkin datang ke Indonesia. Ada rasa senang, ada gugup, ada rasa bingung. Karena saya belum tau dengan karakternya. Sempat saya bacaa bbrp blok tentang laki2 pakistan dan kehidupan stelah berumah tangga, lalu saya menceritakan dengan dia. Dia hanya tertawa, lalu di menjelaskan tidak semua kehidupan dipakistan seperti itu... Saya sedkit tenang. Entah kenapa sya pecaya dia akan datang ke indonesia. Karna saya takut tertipu dia sudah menikah atau belum.

    JAWAB :

    Salam kenal Juga ya.
    Sebenarnya cowok India dan Pakistan ini sama, suka bergerilya di dunia maya dan menyatakan cinta. Dan mereka memiliki adat dan buday yg hampir sama, kecuali Agama.

    Karakteritik, sifat semuanya akan diketahui ketika bertemu ya. Kalau dalam chat, kebayakan "baik" nya. karena pada dasarnya tiak ada manusia yg sempurna. Tapi.... kadang cinta itu buta dan meraba raba. antar percaya dan tidak.

    kalau belum ketemu, seperti yang saya bilang ke semua. Take it eazy. Jangan terlalu serius.Kalau sudah ketemu. baru dah kamu bisa nentukan kelanjutan, mau terus atau bubar.

    InsyaAllah kalau dia beneran cinta, dia pasti datang. Dan ketika beneran datang, mintalah petunjuk sama pemilik hidup. InsyaAllah lebih menenangkan.

    TIDAK SEMUA, tapi..... rata rata begitu :)

    Semoga dilancarkan pertemuannya nanti ya. Aamiin

    ReplyDelete
  86. TANYA DARI FM :

    Oh iya gak apa2 kak. Maaf ya kak kalau ganggu.. Jadi gini... Pacarku bulan depan inshaAllah mau dateng ke jakarta..tanggal 28 feb.. Aku sm dia sdh kenal hampir 2 tahun dan sdh 1 tahun pacaran...tanpa bertemu sblmnya.. bln dpn itu pertemuan kami yg pertama dan terakhir... krna dia bilang, kalau dia tdk mungkin bisa nikah sama saya karena dia akan dijodohkan sm ortunya. Kami memang beda agama kak. Dia punya kakak prempuan 1 dan sdh nikah..skrg tinggal di usa brsma suaminya. Yg saya ingin tanya...apakah benar dia tdk bisa menolak arrange marriage dr ortunya? Padahal dia sdh bilang kalau dia suatu saat nnti bakal meperkenalkan saya atau setidaknya bakal memberitahu ortu nya tentang saya. Soalnya skrg dia masih seorang mhsiswa di mumbai university dan skrg lagi menjalani proses internship di sbuah kantor di mumbai. Dia selalu bilang dia cinta banget sm saya..walaupun kami beda keyakinan.. dia bahkan bilang saya cinta pertamanya dan bener2 cinta sm saya tapi kenapa dia gak mau berjuang untuk saya...gak mau berjuang utk nikah sm saya pdhal dia tau saya jg sayang banget sm dia.. dia itu orangnya baik banget..gak pernah marah sama saya even somtimes saya yg punya salah ke dia tapi malah dia yg minta maaf dan merasa bersalah. Tapi kenapa dia baru bilang kalau dia tdk bisa nikahin aku pas kami sdh berjalan 1 tahun... Dia bilang, dia sdh memikirkan banyak ttg ini dan dia fikir itu tidak mungkin utk kami menikah..karena saya akan tdk merasa bahagia kalau menikah dgn dia dan tinggal bersama dia dan ortunya di rumahnya. Krna dia yakin kalau ortunya tdk akan merestui kami... Sy sdh terlanjur dibuat jatuh cinta sm dia kak. Padahal awalnya, sblm kami pacaran, saya menjauh dari dia krna tdk mau terlalu intens berkomunikasi dgn pria asing tapi lama kelamaan dia brhasil membuat sy punya rasa ke dia dan akhirnya kami pacaran. Ortu sy jg sdh tau kami pcaran dan sdh tau dia akan dtg ke rumah saya bln depan.. Saya merasa sedih yg sampe ke hati ketika dia bilang dia tdk bisa menikahi saya.. Bberapa hari lalu ketika sy baca blog kak zulfa dan lihat komentar2, ada kata2 kak zulfa yg mmbuat sy jd berfikir apakah dia benar2 mencintai saya atau tidak.. disitu kak zulfa bilang, kalau dia benar2 mencintai, dia akan terus berusaha utk bisa bersama kita, tidak perduli direstui orgtua atau tdk...
    maaf ya kak kalau kepanjangan curhatnya..

    JAWAB :

    Perjodohan di India memang sudah menjadi Budaya. TAPI BUKAN HARGA MATI.
    Kalau dia nggak bisa menolak pernikahan ini, itu karena memang nggak cukup cinta buat kamu. Percayalah.

    cerita kamu itu sama dengan cerita cewek lainnya. Bilang cinta, ujung ujungnya dijodohkan. Kenapa harus bilang cinta dan memulai hubungan kalau pada ujungnya dijodhkan. Inilah salah satu alasan kenapa saya membuat artikel ini. karena buanyakkkkkkkkkkkkkkkk sekali kasusu sepeti ini. Saya nggak ingin saudari saya dari Indonesia harus dipermainkan perasaanya dan menunggu waktu tahunan dalam kesia sia an. kalau dia beneran cinta, dia pasti berlari untuk kamu. jika tidak, bairkan dia pergi karena memang bukan yang terbaik dalam hidup.

    entar kalau ketemu, jadilah teman yg baik. Jaga Perasaan. jangn terlalu diumbar perasaan, KHUSUSNYA kontak fisik.

    InsyaAllah keikhlasan dan memaafkan justru membawa kedamaian dalam hati.

    ReplyDelete
  87. TANYA dari JM :

    itu dia yg saya khawatirin. ini bukan pertama kali saya ngejalanin hubungan sm org sana. sbelumnya saya pernah berjalan sm org pakistan..sm halnya dg si india ini,tapi ga saya ambil hati krna stiap kali saya video call dia prnah bersikap (berucap marah dg nada keras) krna emang saat itu dia merasa "dekat" dg saya beranggap saya pacarnya.. saya berpikir "belom apa2 aja dia bisa bernada keras sm saya,bagaimana seandainya dia menikahi saya dan saya tinggal bersama dia dan auh dr keluarga??

    yg kedua saya berjalan sm org bangladesh,kami kenal dr tahun 2010.. 1 tahun belakangan ini kami "dekat" dia berkata mau menikahi saya, hanya saja harus menunggu 2-3 tahun lagi. membuat saya berpikir panang. alasan 2-3 th lagi adalah 1.biaya menikah ga murah (kata dia) 2.dr negara dia kesini untuk menikah harus dg segala dokuen legal 3.msh mau berkarir smpai sukses. saya berjalan walau msh banyak panjang pikiran

    dan ini yg terakhir,si pria india ini yg membuat saya berpikir lebih panjang. hampir setiap malam kami komunikasi by video call,dia bicara ini itu,dia sangat care sm saya,dia sangat menyayangi saya (ceritanya).. dia bilang mau menemui saya di indonesia,stelah itu dia membawa saya ke negaranya. mba,berkeluarga di sana sangat kah keras? bagaimana dg mahar? apa benar adanya muslim india pun ada yg membebani mahar kpd pihak wanita?

    JAWAB :

    Semoag segera dipertemukan ya. AAmiin.
    Keluarga di India sangat berbeda dg keluarga di India.
    Jika campur, maka terimalah bahwa keluargalah yang mengatur kehidupan kalian berdua dengan kehidupan tanpa privasi.

    Kalau menganut Islam, adanya Mas kawin. Jadi suami yang memberikan mahar.
    Tapi kalau kamu harus ikutin adat dia pakai mahar, kamu bisa menolaknya.
    Yap, keluarga Islam masih banyak yang meminta maar. semakin besar semakin disayang. Kalau kurang??? Nah ini. Lupakan saja. Kalau dia beneran baik sesuai yg kamu katakan, dia bakalan nggak minta mahar. InsyaAllah

    Saya dulu tanpa mahar (Alhamdullilah sesuai dengan syariat Islam)

    Semoga Allah memberikan jalan yang terbaik ya. Aamiin

    ReplyDelete
  88. TANYA dari AA :
    Assalamualaikum, mbak Zulfa, saya yang komen tgl 3 Januari kemarin di blog mbak Zulfa. Sebenernya sudah lumayan lama saya jadi pembaca blognya mbak Zulfa, terutama ya karena "magical keywords" yang mbak sebutkan di artikel mbak itu.. Hehe..
    Mbak Zulfa, makasih sudah mau menyempatkan membalas komen saya, setelah sekian lama, akhirnya tgl 3 kemarin saya beranikan untuk komen krn saya lihat mbak Zulfa merespon semua komen2 di sana, dan ternyata betul, mbak Zulfa ramah bgt :) :)
    Mbak Zulfa, baru kali ini saya tau ada orang yg betul2 concern dgn hal2 seperti itu, kebanyakan orang akan underestimate pada org2 yg memutuskan untuk menjalani hubungan jarak jauh dgn orang yang bahkan belum pernah ditemui. Tapi, mbak Zulfa berbeda, im very glad to know you mbak..
    Mmm.. Jadi gini mbak, exactly seperti yang mbak bilang, saya pacaran dengan cowok India sudah hampir 1 tahun dan bisa dibilang, its quite serious.
    Saya tinggal di Magelang, Jawa Tengah, dan dia di Choolai, Chennai.
    Mungkin mbak Zulfa akan kaget, but this is the truth.. Dia lebih muda hampir 3 tahun dari saya. I will soon be 22 next February dan dia 19 tahun kemarin Desember. Yep. Such an age gap, I know, I realize it. Saya mahasiswa semester 7 (4th year) and Inshallah I will graduate this year while he is in 2nd year) sekitar semester 3. Banyak yang sudah kita lewati selama setahun ini.. Kami kenal dari fb. Awalnya saya tidak anggap serius. But he gave me such a care and affection so I fell for him.
    Sejujurnya, saya juga termasuk orang yg underestimate online dating. Tapi, ternyata skrg sy memgalaminya sendiri.
    Oiya, Im studying English Pedagogy while he's studying Electronic Engineering (as most of Indian boys do).
    Hubungan kami bukan hubungan yang tanpa masalah. Seringkali kami bertengkar karena hal2 kecil, misal dia pergi tapi nggak ngabari, atau sebaliknya.. Kami juga sempat putus nyambung beberapa kali, kami sempat mengucapkan sumpah serapah dgn kata2 yg mungkin inappropriate, tp kami selali kembali bersatu.
    Dia selalu bilang kalau dia hanya akan menikahi saya, otherwise he wont be married forever. We are going stronger day by day.
    Bahkan, ibunya sudah tau tentang saya. Dia mengirimkan voicenote yg berisi rekaman dia ketika sdg ngobrol dgn ibunya tentang saya. Dan tentu saja, ibunya kurang setuju dengan umur saya. I could hear her saying, "he's older than you.. You better get a younger one" tapi dia tetap memperjuangkan saya. :') pengen nangis rasanya.

    Akhir2 ini yg tambah bikin kita berdua bingung.. Kami sama2 belum pernah sama sekali bepergian ke luar negeri dan kami sama2 tau kami hanya berasal dari keluarga yang pas-pas an, buka keluarga yang bisa dgn mudah terbang kesana kemari. TT
    Beberapa waktu lalu, dia kebingungan mengenai pembuatan visa, dan sy bilang dia bisa buat VoA ketika sudah sampai di sini. And he was so happy to hear that. Kemudian masalah yg lain, dia bingung dgn berapa kira2 budget yg harus dipersiapkan utk travelling dan stay di Indonesia selama kurang lebih 1 atau 2 minggu. And of course, kita HARUS nabung. Kita tahu itu. Kita masih2 sama2 students. Belum banyak yg bisa kami lakukan selain sabar dan berjuang. Mohon bimbingan san pencerahannya, mbak Zulfa..
    Oh iya, dia juga bilang dia ingin ngobrol dgn mbak Zulfa, barangkali mbak Zulfa berkenan..

    Sekian dulu mbak curhatan saya.. Maaf panjang banget.. Maaaaff ya mbaak.. Saya ngga tau lagi harus sharing dengan siapa... Mohon di respon kalau mbak Zulfa ada waktu luang.. Terimakasih banyak, mbak Zulfa.. :)
    Wassalamualaikum.

    JAWAB : dalam next comment :)

    ReplyDelete

Follow Twitter

Follow Google+

Follow Instagram