Letupan Kelezatan Nasi Gurih Ayam Lodho

15:00:00

Nasi Gurih Ayam Lodho Khas Tulungagung

Kelezatan ayam kampung bakar dalam balutan kuah santan kental

Saya sudah kasih maklumat. Pokoknya setelah mbolang dari Kedung Tumpang dan Puthuk Krebet, harus nikmati makanan lokal yakni Nasi Gurih Ayam Lodho. Bukan Ayam Londo apalagi ayam kampus. Agus yang mengatur trip ke Tulung Agung mengiyakan. Apalagi dia tahu salah satu restoran yang menjual Nasi Gurih Ayam Lodho yang enak.

Setelah selesai Trip, kendaran bergerak meninggalkan kota Tulungagung. Duh, hati saya jadi gundah. Kupikir mungkin dia lupa. Baiklah, mending lanjut tidur dalam mobil. Sesampainya di Kota Blitar, salah satu teman yang ngetrip bersama anaknya turun dari kendaraan. Rumahnya memang di Blitar. Kemudian disusul teman yang lain yang turun di Kediri. Laaa, terus  kapan makan nasi Lodhonya?

Ahhh, mending lanjut tidur daripada galau. Tak berselang lama, kendaraan kami berhenti di salah satu depot yang berada di kota Kediri. Namanya depot Enna. Keluar dari ke kendaraan, Agus bilang mereka meyediakan Nasi Ayam Lodho yang enak.

Saya memesan Nasi Gurih Ayam Lodho. Teman teman lainnya ada yang memesan Botok dan Soup Balungan sapi. Memang, depot Enna tak hanya menyajikan Nasi Ayam Lodho saja, juga beberapa menu lainnya seperti Sop Jamur, aneka Botok, Pecel, Ayam Goreng, Empal dan masih banyak menu lainnya. Semua menu terpotret cantik di dinding restoran.

Tak lama kemudian sepotong ayam tersaji dalam mangkok sedang. Potongan ayam lumayan besar hingga nampak menonjol dalam mangkok. Sedangkan kuah kentalnya cukup menenggelamkan sepertiga bagian ayam. Warnanya coklat kalem dengan lapisan hitam nan tipis. Karena ayamnya sebelumnya dibakar terlebih dahulu sebelum dimasak dalam kuah kental. Mengingatkaa saya akan salah satu menu Mughlai yakni Butter Chicken.

 Uap tipis melayang diatas mangkok. Menghantarkan aroma gurih dengan sedikit sensasi aroma “bakar”. Disajikan bersama nasi dan urap urap. Biasanya yang digunakan nasi Uduk, nasi yang dimasak dengan  santan. Makanya sering disebut Nasi Gurih Ayam Lodho.

Nasi Gurih Ayam Lodho


Hmmm, rasanya tak sabar pingin segera melahap. Sepotong ayam tadi saya taruh kedalam piring saji. Saya coba incip kuahnya terlebih dahulu. Rasa super gurih meletup kedalam mulut. Rasa gurih ini tak hanya dihasilkan dari santan tapi juga dari kemiri. Tercipta aneka rasa bumbu alami seperti kencur, merica dan lengkuas. Rasanya menyatu dalam balutan pedas cabe dan merica.

Ayamnya tidak terlalu lunak (agak keras) karena yang digunakan memang ayam kampung. Bumbunya meresap kedalam ayam dengan sensasi rasa bakar. Karena memang  Ayam Lodho ini sebelum dimasak dalam kuah santan yang kental, ayamnya dibakar terlebih dahulu. Jadi tingkat kelezatannya bertambah mantap.

Saya makan lahap sekali sampe piringnya jadi bersih, licin dan tak bersisa. Doyan banget alias doyan mbadok. Satu kekurangannya, tonjokan pedasnya tak terasa di lidah saya. Maklum, pecinta rasa pedas. Seporsi Ayam Lodho dijual dengan harga Rp. 22.000. Sudah kenyang dan puas tentunya. Kalau ke Tulungagung, Trenggalek dan sekitarnya jangan lupa cobain lezatnya Nasi Gurih Ayam Lodho.


You Might Also Like

28 comments

  1. Aaaahhh.. aku suka ini.. ayam lodho. Kalo ke rumah mertua di Trenggalek pasti dimasakin ayam lodho..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apaaa ? kok sampeyan nggak pernah bungkin buat aku? nggak nolak kok. :)

      Delete
    2. Ayoook.. sesok-sesok nang Trenggalek utowo nang Tulungagung bareng, mbak... Aku sek penasaran karo Phutuk Krebet :)

      Delete
    3. InsyaAllah melok aku, golek kripik tempe trenggalek, uenakkkk iku
      keracunan puthuk kerebet

      Delete
  2. huh, lagi males masak disuguhi poto ngenekan......sebelllll. ira

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maafkan Daku mbak, ini tulisan sudah siap sejak aku di Indonesia. Kalau di India takut ngiler pas nulisnya. hehehe

      Delete
  3. Aduh mbak,,, bacanya tuh lo bikin kulineran lagi lagi dan lagi,,,, Gurihnya nggak kebayang :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakkk, ini gegara kamu yg selalu posting kuliner jogya

      Delete
    2. Ma'af mak,,, nggak bermaksud, hehehe. Agak bosen masakan jogja,,,, sekali - kali mau ngerasain Nasi Gurih Ayam Lodho ini dah,,, Aku soalnya yaw penyuka yang gurih - gurih mak

      Delete
    3. Itu referensi kamu di blog, dah masuk list, termasuk si mbok "pamela" baywatch. InsyaAllah ke Jogya khusus kulineran sampe klepek klepek

      Delete
    4. Okelah ditunggu kedatangan dari India yaw mak,,, ntar aku siap nemenin tapi di traktir kak,hehehe,,, Baywatch oklelah, cemplung juga yaw oke,,, siap grak balik badan

      Delete
    5. InsyaAllah. don't worry lah, yang penting makan makan bareng.
      Horeeee ada temen kulineran di Jogya

      Delete
  4. Ayam lodho lihat bumbunya itu... ngebayangin nasi hangat dan bumbunya minumnya es teh manis, hummmyummm

    ReplyDelete
    Replies
    1. He eh, bumbunya komplit dan rasanya Indonesia banget, selera nusantara.....

      Delete
  5. wah kalo baca masalah kuliner gini saya kok jadi laper y mbak hehe.... untung langsung bisa makan.. alhamdulillah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sengaja memang bikin laper orang, bair langsung kelaperan trus makan. jadinya banyak teman berbandan gentu, hehehe. Alhamdullilah bisa langsung makan.

      Delete
  6. Sekilas mirip ayam opor atau ayam gulai Padang. Malem-malem jadi lapar >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sekilas nampak seperti opor ayam. Tapi rasanya beda.

      Delete
  7. kyknya aku mw traveling kliling jawa lg deh... kemrin itu samasekali ga ke trenggalek dan tulungagung.. trnyata bnyk kuiner mantepnya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang kalau travelling, harus ada alokasi waktu khusus bagi pecinta kuliner. Soale kuliner daerah itu banyakkkkk

      Delete
  8. Mauuuu...duh enak banget kayaknya. Lodho itu artinya pedes kan mbak ya? kalau bahasa sunda namanya Lada. Artinya pedes juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang ini nggak pedas dikit. Aku pernah baca ada yang disajikan bersama cabe utuh. hmmmm Mantap pasti rasnya. Gitu ya, berarti kalau lada pasti pedes. Catet.

      Delete
  9. Mbak Zulfa kalo nulis review kuliner itu deskripsinya detail banget, aku yang baca jadi bisa bayanyin rasanya. Aku pertama kali tahu ayam lodo di kantin kantor, awalnya heran melihat penampakkan dan namanya yg ga familiar. Trus aku cobain dan ternyata enak juga rasanya, jadi tahu kalau ayam nggak hanya bisa dimasak kari aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe Maklum Wan, doyan mbadok jadi kalau nulis mesti deatil hehehe, soale beneran menikmati.

      Memang denger namanya rada aneh, kalau lidah Jawa ntar dikira londo :)

      Delete
  10. Tulisannya lengkap banget mbaaa.. di jogja ada yang jual, tapi mungkin nggak se endes yang di Kediri... Semoga bisa mampir kapan2 ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau orang Jogya pasti suka nih ayam Lodho ya Mbak, soalnya berkuah santan.

      Endesss gendesss Semoga :)

      Delete

Follow Twitter

Follow Google+

Follow Instagram