Little Indonesia

March 09, 2015

Acara di Kedutaan Besar

Hampir semua orang Indonesia tahu istilah Little India atau Little China.  Apalagi yang suka mbolang ke negara tetangga sebelah. Bahkan kedua tempat tersebut dikenal (ada) di seluruh Dunia. Baik dibelahan bumi Eropa maupun Amerika. Dijuluki demikian karena kawasan tersebut didominasi oleh  penduduk India atau China yang tingal di suatu negara tertentu. Tak hanya sebagai tempat tinggal dan berkumpul. Juga sebagai wadah melestarikan adat dan budaya bangsa meski tinggal di perantauan.

Tapi pernah nggak dengar istilah Little Indonesia? Emang ada?  Ada, bahkan ada diseluruh pelosok dunia. Orang Indonesia yang tinggal di luar negeri sudah biasa dengan istilah ini. Apalagi kalau bukan Kedutaan Besar Republik Indonesia J. Emak lebih suka menyebutnya Little Indonesia. Tak hanya urusan visa dan passport, Disinilah kami penduduk Indonesia di perantauan sering berkumpul, berbagi info, mengadakan pertunjukkan seni tari, upacara, kuliner, Shalat tarawih dan shalat Ied bersama, pemilu sampai Curcol J.

Khusus untuk Kedutaan Besar Indonesia di India, Emak menjulukinya sebagai Little Indonesia in The Big India J. Tiap hari Jumat sebelum shalat Jumat dijual kuliner khusus masakan Indonesia. Yang Beli bukan hanya orang Indonesia, termasuk tetangga Malaysia dan Singapura.

Kita sekeluarga paling seneng kalau dapat Undangan dari kedutaan. Biasanya acara perkenalan atau perpisahan staff Kedutaan. Atau kedatangan tim pertunjukkan kesenian. Perwakilan menteri bahkan bapak Presiden. Semua Masyarakat Indonesia yang tinggal di India diundang semuanya.

Biasanya dalam undangan tertulis kode baju: Bebas Rapi atau Formal. Apapun acaranya, Shah Jahan paling seneng kalau pakai kemeja batik.  Suka sama designnya. Asyik dipakai dalam suasana Apapun. Mau formal atau tidak. Batik selalu jadi pilihan. Kebanyakan, kalau acara formal semuanya pada pakai baju kebesaran bangsa Indonesia, Batik.

Gegara pakai batik. Shah Jahan sering dikira orang Indonesia. Padahal wajahnya India banget. Dua kali Shah jahan diminta bantuan ama mahasiswi Indonesia buat cariin Autorikshaw (Bajaj).. “Mas Mas bisa bantuin cari auto nggak?”.  Hahaha Mas India J. Bahkan sering diajak ngobrol pakai bahasa Indonesia.

Paling Happy diantara kami, tentu saja Si Kecil. Sejak sore, dia bakalan tanya sampe 1000 kali. “What time we will go to Indonesia? “ . “How many minute we will move to Indonesia? “. Kadang Emak sampe super saiya, gegara ditanyain terus. Dia nggak pernah nyebut Embassy, selalu nyebut Indonesia J.

Sampai di Kedutaan. Belum acara pembukaan. Belum juga salaman ama bapak dan Ibu Duta besar. Si kecil nampang muka innocent sambil berbisik “Ammy I am hungry”. Jadi, alasan satu satunya dia suka datang acara di Kedutaan adalah Menikmati masakan  cita rasa Khas Indonesia. Padahal dari apartemen dia sudah makan plus bonus ice cream. Tapi tetep, I am Hungry.

Kalau sudah kumpul kumpul gini, biasanya sesama perantauan saling curhat. Bapak bapak dan ibu ibu kumpul sendiri sendiri. Kadang ngebahas makanan. Kadang sebar info. Kadang nanya, kapan pulang ke Indonesia? nitip sesuatu nggak?. Kadang janjian belanja atau jalan jalan bareng.

Di Indonesia ketemu sesama orang Indonesia, biasa aja. Ya, Iyalah. Tapi kalau udah tinggal diluar negeri, ketemu sesama orang Indonesia itu luar biasa. Kayak ketemu saudara jauh. Keakraban dan keramahan yang ditawarkan penduduk Indonesia memang tiada bandingnya.
Bapak Duta Besar Republik Indonesia untuk India 

Batik Indonesia
Si Handsome pakai Batik Juga




You Might Also Like

28 $type={blogger}

  1. Seru ya kayaknya merantau jauh gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya seru, Banyak pengalaman dan cerita hidup. Kalau Udah di perantauan, semakin cinta sam Indonesia

      Delete
  2. Wah asiknya merantau mak! Hihihi lucu itu anaknya rakus amat kalo udah ke perkumpulan Indonesia J. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. He eh. Ya, kalau dirumah emaknya harus lari2 agar dia makan, Eh kalau di Embassy Dia yang lari lari ke makanan. Itu dia senyum soalnya habis makan. Ada Versi manyun juga. hahaha

      Delete
  3. Nang India akeh wong Indonesiane, Zulfa? ira

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mek titik Mbak, Kebanyakan staf kedutaan wae karo keluarga e. utowo arek arek kerjo magang bulanan

      Delete
  4. Selama ini cuma "denger" pengalaman temen yang ke kedutaan kalo lagi traveling. Jadi pengen main ke kedutaan besar India hihihi #kode

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayooo Yan, Kadang kita karaokean atau dansa bareng. Travelling sekalian berkunjung ke Kedutaan.

      Delete
  5. "Khusus untuk Kedutaan Besar Indonesia di India, Emak menjulukinya sebagai Little Indonesia in The Big India"

    senyum2 baca penjelasan itu mbak :)
    tapi emang iya sih, dibanding indonesia, kedua negara tersebut (cina & india) lebih dikenal di luar negeri...
    mungkin faktor peradaban mereka lebih tua
    kalo secara wisata dan sebagainya, kita ga kalah juga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe. Iya, kedua negara tersebut lebih terkenal. Trus penduduknya banyak merantau dimana mana. Suka tinggal dalam satu kawasan. Jadi banyak "litlle" nya mereka hehe. Peradaban trus kekaisaran mereka juga cerita lebih besar.

      Wah kalau wisata tentu, Indonesia masih number one, Keramahan orangnya itu looo bikin wisatawan kerasan :)

      Delete
  6. wah merantaunya sampai ke india ya mak...jadi banyak pengalaman :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak Dewi. Demi Amir Khan sampe rela merantau :) pengalaman dalam cerit kehidupan.

      Delete
  7. Sabar Najiin...bntar lagi pulkamp kaan...yuukk wiskul sma kaka canteq yuuk....segala macam...aneka rupa seafodd trsedia loooh....dimari yuukk yuuk ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin Kakak Cantik :) Itu dia, di India kita nggak makan seafood sama sekali. Soalnya ikan kolam, bau tanah. Dia nggak Doyan. Sukanya ama Ikan segar fresh from the Sea. Yukk :))

      Delete
  8. Berdoa semoga kelak di belahan dunia akan muncul banyak sekali Little Indonesia, aamiin.
    Jangankan yang merantau Mbak, saya aja dulu yang hanya wisata ke Malaysia ditanyain sama seorang OG apakah saya orang Indonesia rasanya seperti nemu sodara :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin. Semoga, ya. Kalau aku di India sini. Kesana kemari selalu ditanya "Are you come from Malaysia?" Orang India lebih kenal Malaysia ketimbang Indonesia :(

      Delete
    2. Iya mbak.. Soalnya populasi orang India di Malaysia lebih banyak daripada di Indonesia. Aku ketemu banyak orang India itu ya baru pas di Batam ini... Sebelum-sebelumnya gak pernah...

      Delete
    3. Ya, tiap kali keluar pasti ada yg nanyak gitu. Kadang males jawab. hehehe. kalau di Batam memang buanyakkk karena dekat Singapur mungkin ya ..... tinggal nyebrang. Ada temennnya temenku. Tiap hari PP Batam Singapore.

      Delete
  9. kalu di Jogja namanya kampung india mba.. para pedagang penjual kain di Malioboro dan kalau lagi ritual baunya dupa2 gitu ya.. kalau di sana apa ya bau seperti itu ya setiap hari? ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau disini tipa hari Bau dupa dimana mana. Soalnya orang penjual pakai gerobak pasti nyalain Dupa. Loo ada kampung India di jogya ya? Aku sering ke Jogya tapi nggak tahu ada kampung India. Dimana itu mbak Ima?

      Delete
  10. Batik Indonesia di tengah Sari India :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe Ia, Keren. Lumayan buat Judul Postingan :)

      Delete
  11. Replies
    1. Hehehe Iya nih, sejak di India hilanglah keramah tamahanku, jadi manusia super saiya terus. Sabar!

      Delete
  12. Salam kenal emak..Belum pernah denger little Indonesia. Kayaknya keren juga ya kalau disetiap negara ada restoran2 khusus makanan indonesia ngumpul jadi satu, little indonesian town gitu. Hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam Kenal juga :) Heheh memang belum pernha ada. ini saya sendiri yang kasih nama little Indonesia. :) Ya, Coba ya, ada little indonesia benera, dimana gitu, biar selalu bi incip incip makanan indonesia selalu.

      Delete
  13. btw baru baca catatan ini di akhir tahun 2016, wkwk. baru tahu deh wajah anaknya mbak zulfa yang india banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, Iya wajahnya India cuuman ada Indonesia juga :)

      Delete

Follow Twitter

Follow Instagram