Tips Memilih Maskapai Penerbangan Ke India

March 03, 2015

India

Tertarik untuk menjelajah Bumi Mahabharata? Saat ini nggak perlu pusing dengan merogoh kocek dalam dalam. Beberapa maskapai saat ini menawarkan penerbangan dengan harga murah ke berbagai kota di India. Apalagi India adalah negara dengan biaya hidup paling murah dalam daftar negara yang sering dikunjungi wisatawan.

Dari pengalaman teman teman yang melacong ke india dengan berbekal tiket promo, Justru harus mengocek budget lebih dalam. Bahkan beberapa terpaksa meng-cancel penerbangan.Seperti kita ketahui, bahwa harga tiket promo adalah harga mati. Dimana kita tidak bisa mengubah jadwal ulang penerbangan dan refund jika kita cancel. Kenapa hal ini bisa terjadi? Karena kurang memperhatikan hal hal yang berikut.

1.   VoA Online atau E-tourist Visa to India
Datang ke India tak harus  mengurus Visa ke Kedutaan, karena sudah tersedia VoA (Visa on Arrival) atau E- Tourist Visa to India. Bahkan lebih mudah lagi dengan fasilitas VoA online. Perlu diketahui bahwa tidak semua kota di India menawarkan/menerima VoA.Berikut daftar Kota di India yang melayani VoA: Bengaluru Airport, Chennai Airport, Kochin Airport, Delhi Airport, Goa Airport, Hyderabad Airport, Kolkatta Airport, Mumbai Airport dan Trivandrum Airport. Cara mengurus VoA India Online atau E-Tourist visa India klik disini.

Update Maret 2016
Saat ini E-tourist Visa India bisa digunakan lebih dari 6 kota tersebut. Kota apa saja yang saat ini menerima E-Tourist Visa? bisa klik di postingan cara mudah mengurus e-tourist Visa India

2. Promo Tiket ke India
Setelah mengetahui kota apa saja yang menerima VoA. Selanjutnya berburu penerbangan Ke India. Tidak ada penerbangan langsung dari Indonesia ke India. Kebanyakan transit di Singapore atau Malaysia. Beberapa Maskapai penerbangan full service melayani penerbangan dari Jakarta menuju ke beberapa kota di India. Seperti Singapore Airlines, Malaysia Airline, Garuda Indonesia bekerjasama dengan Jet Airways. Harga tiket PP mulai 7-12 jutaan.

Sedangkan Penerbangan Low Cost Carrier dilayani oleh Air Asia, Tiger Air dan Malindo Air. Harga tiket PP Normal mulai 4-6 Jutaan. Air Asia dan Tiger Air memberikan pelayanan penerbangan dari Jakarta/Surabaya menuju ke India Selatan. Seperti Kolkatta, Chennai, Kochin, Hyderabad dan Trivandrum. Sedangkan Malindo Air memberikan pelayanan penerbangan dari Jakarta menuju Delhi dan Mumbai.

Update Maret 2016
Maskapai Penerbangan Air Asia Mulai tahun 2016 melayani (lagi) penerbangan Dari Jakarta ke Delhi dengan harga yang lumayan miring. Antara 3-6 Jutaan. Saran saya, beli jauh jauh hari biar lebih murah.

Dua maskapai penerbangan yang sering mengobral promo gila gilaan yakni Air Asia Dan Malindo Air. Air Asia menawarkan promo PP Hanya 3 jutaan. Terkadang sekali jalan hanya 600rb. Sedangkan Malindo Air kadang cuman 800 ribuan menuju Delhi/Mumbai. Penting! Perlu diperhatikan kebanyakan Promo yang ditawarkan keberangkatan dari Malaysia.

Asia Map
Image diambil dari Nationonline.org

3. Tujuan Dan Waktu
Sebelum membaca lebih lanjut, ada baiknya kamu melototin peta India. Kemudian sandingkan peta India dan Indonesia. Sudah? India itu luas banget. Berada di posisi ke 7 sebagai negara terbesar di Dunia. Jadi, dari satu kota ke kota lain menempuh perjalan berhari hari dengan menggunakan kereta. Naik Pesawat? Pesawat dalam India tak semurah di Indonesia. Karena harga minyak di India dua kali harga di Indonesia. Satu satunya transportasi yang murah adalah dengan menggunakan kereta.

Disinilah letak kesalahan para traveller. Asal beli tiket promo tanpa memperhatikan tujuan dan waktu.  India berarti Taj Mahal, aneh rasaya bertandang ke India tanpa merasakan mendadak romantis menatap Taj Mahal. Nah, Taj Mahal berada di Kota Agra. Bersama dengan Delhi dan Jaipur masuk dalam segitiga emas wisata India. Ketiga kota tersebut berada di India tengah agak ke Utara.

Kebanyakan tiket promo yang ditawarkan menuju Kolkatta. Yang berada di India Selatan. Dari Kolkatta ke Agra, Jarak tempuh menggunakan kereta Api sekitar 30 an Jam. Apalagi yang lebih ke Selatan seperti hyderabad dan kochin. Jika dihitung Pulang Pergi akan memakan waktu 60 an jam bahkan lebih. Paling tidak 3 hari. Apalagi jadwal kereta Api India sering terlambat. Tak tanggung tanggung, terkadang telat 12-24 Jam. Jika perjalanan kamu tidak terbatas jadwal cuti. Tidak masalah. Bisa santai menjelajah India.

Apalagi Jika Kamu memasukkan Kashmir dalam list perjalanan. kashmir berada di Ujung Utara India. Sementara arrival kamu di India Selatan, kalau menggunakan kereta biasa memakan waktu dua hari. Intinya, jika kantong cekak, pastikan kamu waktu lebih untuk kesana.

Terlanjur beli promo. Trus jadwal cuti tak banyak. Akhirnya antar kota di India menggunakan pesawat. Merogoh kocek lebih dalam, bahkan ujung ujungnya lebih mahal ketimbang menggunakan pesawat full charge. Masih mending full charge, tempat duduk nyaman, dapat makan enak, cepat dan langsung ke Delhi. Cuman 4 jam dari Agra.

Jika tak ada waktu banyak. Beli tiket Promo one way (Pulang atau kedatangan). Seringnya tiket promo yang ditawarkan one way aja. Kamu kombinasikan dengan Alternatif lain dan tak banyak traveller ketahui yakni dengan menggunakan Indigo low cost airline. Menawarkan penerbangan dari Bangkok-Delhi. Terkadang cuman 1,4jt. Nah, Tiger Air sering promo dari Jakarta/Surabaya ke Bangkok dengan harga 600rb saja. Ada Juga Spicejet yang menawarkan low cost lewat Singapura. Coba hunting hunting airline tersebut. Sambil menyelam minum air,  Sekalian jalan jalan ke Singapura atau Bangkok .

4. Musim
Hindari Musim Hujan dan Panas. Yakni antara bulan Mei s/d Agustus. Panasnya kayak dimasukin Oven berukuran Jumbo. Dan diwaktu musim hujan, tiap hari hujan dan becek, nggak ada Ojek  lagi. Baca Uniknya lima musim di India.


Jadi dah tahu kan gimana carinya?  Jujur, Emak sering dicurhati teman teman gegara balada tiket Promo. Ada yang Cancel, kecewa, duit cekak lah bahkan acara travelling di India amburadul gegara kurang memperhatikan hal tersebut. 

Intinya, Jika kamu berburu tiket promo yang kebanyakan menuju India selatan, pastikan kamu punya waktu lebih untuk jelajah India.

So, be smart traveller bukan asal Gembel. Alright ?

You Might Also Like

145 $type={blogger}

  1. Thanks tips smart-nya Mak. Bekal saat daku ngebolang nanti :D pernah juga ngintip-ngintip tiket promo AA ke india. Ada yang tujuan tarucapali atau apa gitu ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sami sami Mbak Lina. Iya, itu Kota malah diujung India Selatan, jauh banget. Apalagi kalau Mbak Lina ke kashmir. Bisa bisa 4 hari sampai sana dengan kereta. Delhi-Kashmir ditempuh 24 jam. Lumayan...... Explore India by Road

      Delete
    2. Mas sya insha allah ingin kesrinagar sendirian..tpi gitu rada gimna..denger2 ribet check in dibandara india.ada tidak ya mas penerbangan dari jakarta kesrinagar biar ga ribet dibandara org.

      Delete
    3. Ya, bandara Srinagar memang Ribet. tidak ada penerbangan langsung ke Srinagar. Keluar masuk Bandara Srinagar benar benar ribet, jadi persiapkan. Sebaikanya barang bawaan masukkan bagasi kecuali barang berharga di bawa ke kabin. Karena masuk ke pesawat masih ada pemeriksaan yng detail dan bikin lelah.

      Delete
    4. Benar ga klw masuk india bawa leptop tuk pribadi kena charge?

      Delete
    5. Nggak kok, aku bolak balik selalu bawa laptop dan nggak pernah kena charge

      Delete
  2. Sipp.. sipp... catet! Ini info penting banget.. Matur nuwu, mbakyu... mmuach... :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sami sami Mbakyu... *Ketjupbalik* Mbak Sampeyan kan tinggal nyebrang ke Singapore. Lebih Mudah tuh hunting mas promo

      Delete
    2. Sami sami Mbakyu... *Ketjupbalik* Mbak Sampeyan kan tinggal nyebrang ke Singapore. Lebih Mudah tuh hunting mas promo

      Delete
    3. Mba zulfa, aq ada rencana engen ke kashmir, tp aq gk tau harus berngkat dr mna kemana klo dr indonesia,trus harus naik apa dan butuh waktu berp lama, minta infonya ya mb

      Delete
    4. Penerbangan dari jakarta menuju Delhi. Dari Delhi cari penerbangan ke Srinagar.
      Berapa lama tergantung masakapi ya,...

      Kemarin Saya naik Go Air dari Delhi - Srinagar, kena 5 000 sekitar sejuta. waktu penerbangan 1 jam 20 menit.

      Delete
    5. wew, lumayan lama juga yak..

      Delete
    6. Mba email sy dong mba..di refain1306@yahoo.com
      Ada yg mau nanyanyin soal penerbangan ke india..trimakasi mba

      Delete
    7. email aja ke attini.zulfayah@gmail.com

      Atau kalau pertanyaan umum, bisa ditanyaan di Komen ini juga, sekalin teme temen bisa tahu juga.

      Delete
    8. Mba,mau tau dong rincian cost (prediksi) rute ke kashmir dr jakarta...trms

      Delete
    9. Waduh saya klo jalan nggak pernah bikin rincian detail.

      cuman garis besarnya, tiket PP jkt - delgi itu, sekitar 2 jutaan
      sewa mobil ke gulrmarg, sonamarh dan pahalgham, masing masing sekitar 500 ribuan, jadi total 1,5 jt
      houseboath sehari, 125 rb (2 orang) klo 4 hari, sekitar 500 ribuan
      dah tinggal makan dan tiket JKT IDelhi

      kalau pakai malindo sekitar 5 jutaan

      Delete
    10. narima beryl ivana9 July 2017 at 19:05

      tiket delhi pp beneran mba 2 juta, emang beli dmn? tolong bantuan nya dong rencana mau ke delhi tanggal 29 desember

      Delete
  3. Wuihhh... telate keretone mak luwih serem timbang tanah air beta, Zulfa? Lek soko kene nang New Dlehi lagi promo sekitar 10 jutaan wong sithok. Masalahe aku lungone isone pas arek2 liburan. Nah pas liburan iku jarang2 ana tiket promo. ira

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serem banget mbak :( sampe njamur nang njerone kereta. Aku tahu mbak, padahal cedak cuman 6 jam, laaaa kok dadi 12 jam. Terus wong sing sebelahku wis 3 hari nang kereta. Ampun!. Mbak, nek nggak salah Frankfurt Delhi iku murah. Kakak Ipar tiap bullan PP gawe Emirate.

      Iyo mbak, dadi dilema. Aku meski kadang mbolang karo konco, yo tetep Pas si kecil Liburan. Ben nggak kepikiran dan nggak beban karo sing njogo :)

      Delete
  4. Asal dapat tiket promo murmer ke India, mau kapanpun ke India...kalau aku sih oke aja *gaya anang* :D
    Aaaaa...missing India so much mbak e, especially Kashmir..Target selanjutnya Ladakh yuk mbak e

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayoo Kakak ..... Aku sih Oke *gayaAnang*.
      Kashmirmemamng ngangenin .... Ayo ke Ladakh trus lanjur Darjeling sama Sikkim. Jejalah seluruh Himalaya. AKu kapanpun OKe :) Tinggal panggul ransel.

      Delete
    2. Boleh tau gk gimana transportasi klo dr jakata,mksudnya setelah itu naik apa lg dn kemana lg supaya bisa sampai kashmir??

      Delete
    3. Boleh tau gk gimana transportasi klo dr jakata,mksudnya setelah itu naik apa lg dn kemana lg supaya bisa sampai kashmir??

      Delete
    4. Dari Jakarta ke Delhi. Trus dari Delhi (bandara) langsung terbang ke Srinagar. cocokkan jadwalnya. kebanyakan Pesawt dari jakarta turun di Delhi malam hari. Bisa tunggu di bandara trus paginya terbang ke Srinagar

      Delete
  5. Belom pernah nyobain kereta api India..pengen juga sich.Naik bis India ngeri-ngeri gimana gitu..Dari Delhi jam 2 an siang nyampe Amritsar jam 4 pagi.lumayan juga:-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayooo Cobain, sekalian ngerasain bobok di kereta. asyik digoyang goyang. hehehe. Aku kalau perjalanan Jauh lebih asyik naik kreta, murah dan asik. Kecuali klo nggak ada, baru naik bus. Kebanyakan daerah Himalaya pakai bus semua. Bus tua :(

      Delete
  6. mbak kalau mau ke nagaland india gimana?
    saya dari surabaya ke kolkata maunya ke nagaland
    tolong infonya ya mbak..
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nagaland nya kemana dulu? biasanya Dari Kolkatta ambil kereta ke Guhawati, Assam. Itu berbatasan dengan nagaland. Banyak kreta menuju ke Guwahati

      Delete
    2. aku maunya ke dimapur dulu trus ke kohima... pengennya sih liat festival tahunan itu lno.. apa namanya... lupa mbak... biasanya sih desember

      Delete
  7. Iya, Festival Hornbill kalau nggak salah. Dari Kokatta ada, Dari Howrah Junction station menuju Dimapur station langsung. Aku masih belum pernah ke Nagaland. Jauhhhhhhhhh nya

    ReplyDelete
  8. iya mbakkkk.. HORNBILL hehehe....rencana tahun ini mo jalan2 kesana (masih terus nabung buat jalan2 hehehe)
    oh jadi setelah arrival di kolkata aku langsung ke terminal bis menuju dimapur gitu ya mbak...??? atau kalau aku takut naik bis ( sendiri sih) apa pesawat kolkata - dimapur banyak yg bisa beli tiket dadakan...????... maksudnya .. tiba hari itu trus langsung book tiket kolkata - dimapur secara langsung...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, semoga tabungan dapat berlebih buat datang ke Festival. Amin. Dari Bandara kamu ke stasiun Howrah junction Naik taksi prepaid. Jadi bayar langsung disitu, jangan ke sopirnya langsung ntar kena palak. Kalau bisa jangan beli dadakn, satu bulan sebelumnya kamu beli tiket. Biar nggak terlalu mahal. Kalau kereta, takutnya udah full. Maklumlah Kereta India selalu full. Kolkatta ke Nagaland itu lebih dekat.

      Delete
  9. oh gitu... taksi prepaid yah... ok ok... moga temenku bisa jemput di bandara kolkata..jadinya gak ribet... takutnya kalau aku book tiket kolkata -dimapur trus pesawat ada delay wahhh.... gmana...???
    ya deh... semangat!!! doain ya mbak zulfa yg cantikkk... biar vacation ku saksesss hehehe...
    u r very very helpful... GBU

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin. Moga temennya bisa jemput, biar enak dan aman jalannya. Transportasi India sering Delay baik pesawat maupun Kereta. Apalagi bukan Desember, kadang delay Kereta sampe 24 Jam. Maklum banyak Fog bulan itu.
      Waduh kalau dibilang cantik hidungku kembang kembis :))) Ntar cerita ya gimana pengalaman explore Nagaland, siapa tahu bisa nyusul kesana juga. Amin

      Your welcome... Safe travelling, GBU

      Delete
  10. mak, bisa minta kontak nya ga ? ada hal hal yang perlu saya tanyakan .. :) mksh oyah saya tinggalin alamat email saya arnivbaddr@gmail.com

    ReplyDelete
  11. Mbak..bisa kirim email ke aq jg gak..kbtulan aq jg lg di India. Pgen nmbh temen yg sebangsa dsni :) ni emailq chika.alid@gmail.com. .matur tengkyu ^^

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener, sekarang beli tiket gampang dan mudah ..... ya, hati hati bikin kantong jebol, karena kalap

      Delete
  13. wuaahhhh tx bgt infonya mba... udh ada niat pgn ke india.jd aku bakal merhatiin saran2mu ini :) ..aku pribadi sih krn cuti terbatas, memang lbh suka naik pesawat aja utk pindah dari 1 kota ke kota lainnya..apalagi yg aku dgr sih, kereta di india jorok, bener ga sih? aku rada picky sama yg kotor2 ini ;D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sami sami mbak. Semoga bisa melancong ke India secepatnya ya..

      Delete
  14. Saya naik Emirates turun di Mumbai juga nyaman (yaiyalah :p) tapi nggak berangkat dari Indonesia sih waktu itu.
    Woh sepanas itu ya India pas summer? Kemaren saya ke sana pas winter jadi semriwing adem~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bro, harusnya dirimu ngajak diriku ngelus ngelus kursinya emirate, hehehe.
      Cetar banget summernya India.
      Eh, brangkat darimana?

      Delete
    2. Hahaha saya kampungan banget akhirnya naik Emirates, sampe foto sama kursinya :)))
      Waktu itu saya dari Cairo ke Dubai ke Mumbai naik Emirates-nya.

      Delete
    3. Bukan kampungan la ya, memang lagi alay kekinian aja, hehehe

      Kairo? hmmm ngiri to the Maxi

      Delete
  15. Wuih..., kayak gimana gitu ya kalau sudah sampai di India jika keadaan seperti ini 😐

    ReplyDelete
    Replies
    1. Entahlah, tapi kata orang dan pengalaman selama perjalanan, selalau ada malaikat tak bersayap. :)

      Delete
  16. Jadi pingin ke india stlah baca artikelnya
    mbak zulfa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayoooo terbang ke India. Tinggal persiapkan itin dengan matang.
      trus nikmati rock en roll India :)

      Delete
  17. kalo mau ke india yg di perlukan apa aja n kalo pingin aman
    penerbanganya pake apa ya mbk, mohon infonya..ma kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo ke India, cewek, itu bikin itinerarry perjalannanya yang pas, hindari klayapan malam.
      kalau nggak ada waktu, dan budget mepet. ambil Malindo Air ke Delhi langsung.

      tergantung itinerary juga ya, kota apa aja yg ingin disambangi

      Delete
    2. Ma kasih infonya mbak, pinginya lihat taj mahal dan agra sie..mbak zulfa
      waktu ke india tahun berapa dan naik apa mbak, maaf kalo byk nanya, maklum pingin tahu biar gak penasaran, pake visa juga ya mbak...

      Delete
    3. Taj Mahal itu di Agra, hehehe Agra itu kota nya.

      Saya sering PP Indonesia - India, barusan saja balik ke India,sekitar 2 mingguan.
      Saya sudah permanent resident India.

      Delete
  18. Jadi pingin ke india stlah baca artikelnya
    mbak zulfa..

    ReplyDelete
  19. wah saya aja jogja belum khatam mbak... hehe semoga aja dah sampai Taj Murah sana hehe aamiin... mantap mbak zulfa jauhhh melanglang buana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe. Semoha suatu saat bis amenjejakkan kaki di taj Mahal ya, Aamiin

      Delete
  20. Emak.. Minta contact nya donk.. Di india sudah tetap kan.. Aq rencana juga mau kesana.. Mungkin nti bisa contact2 klo aq butuh bantuan.. Ini email aq yaa misnafebrianti22@gmail.com.
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh, email saja ke attini.zulfayah@gmail.com. InsyaAllah masih di India.
      Silahkan selama saya bisa membantu.
      Semoga perjalanan lancar di India

      Delete
  21. Tanya :

    Assalamualaikum mba, maaf sebelumnya salam kenal. Sy Ratih dari sulawesi rencana trip ke India Maret 2016, In shaa Allah.
    Setelah searching sy paling tertarik membaca blog nya www. emakbolang. Com dah ngikutin tp blom d approve. Hee
    Terkait India, tiket sy ke Chennai, soalnya sy ngikut tmn sy, yg satu komunitas tp beda kota. Plan sejak thn lalu pengen ke India namun byk info2 kalau berbahaya bagi seorang wanita di India berkeliling sendirian jd sy urungkan niat sy, pas tmn sy ini posting ingin ke India sy jd chat ke dia. Ternyata dia dah beli tiket KL ke Chennai nanti baliknya dari Hyderabad. Akhirnya krn sejak lama pengen jd sy ikutan dia dgn jalur yg sama pd hal wjt itu air asia lg promo lewat kochi. Hmmn apa boleh buat. Rencananya kami 10 hari, pertanyaan sy mba adl :
    1. Ada ga kereta dari Chennai ke Srinagar/kashmir??? Itu brp lama mb??
    Soalnya gegara nonton film bajrangi sy jd pengen ke kashmir. Meski hanya 1 atau 2 hari
    2. New delhi kalau 2 hari tmpat sejarah apa sj yg wajib sy kunjungi
    3. Rajasthan, bisa ga cuma sehari?
    4. Agra, waktu yg baik berkunjung di Taj mahal dimana tdk terlalu ramau?
    5. Tempat unik utk ada di perayaan Holy??

    Terima kasih atas perhatiannya mba, dan terima kasih meluangkan waktu membaca pesan saya.
    Wassalam

    Waalaikumsalam, salam kenal juga Ratih

    1. Chenai dan Hyderabad itu berada di Selatan India, Dan jauhhhh dari India utara. sekitar 1600 KM. Menuju ke Delhi itu butuh waktu 24 Jam. Sedangkan Delhi ke Srinagar 24 jam. Jadi total 2 hari, hanya untuk perjalanan dari.

    2. klo 2 hari sudah lumayan banyak, ya. Qutub minar, old delhi (red fort dan masjid jama), india gate,connaught place, humayun's tomb dan lotus temple

    3. Rajasthan, bisa sehari dalam hal in Jaipur. Dari Agra (taj mahal) langsung saja ke Jaipur.

    4. Tidak terlalu rame itu waktu sunrise. pagi sekaliiii. Taj Mahal bukanya pas sunrise, jam 6 sudah buka kok, sepiiii

    5. Perayaan Holi sebenarnya dimana saja, ya. Rame banget? coba varanasi.

    Sama sama.
    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih infonya mb, boleh minta no wa atau kontak mb?

      Delete
    2. Sami sami mbak, Maaf WA saya sudah penuh dengan kenalan dari blog, tiap hari clang cling, Mulai curhat, minta bantuan sampai tanya itin hehehe padahal saya jarang pegang Hape.

      InsyAllah klo tanyanya di komen link kayak gini saya lebih cepat bales. :)

      Delete
    3. Ratih Fadhilah
      10:11 PM (21 hours ago)

      to me
      Mb, boleh minta no wa nya? Berarti klo itin sy dr chennai ke srinagar trus ke amritsar trus delhi trus rajasthan trus ke agra dan terakhir balikx hyderabad dgn total 10 haru bisa ga mb?

      By land ya? Bisa tapi mepet banget. Coba sesuaikan jadwal kreta yg ada. karena setiap hari jadwalkreta nggak selalu sama. lihat jadwal trus bikin itin

      Delete
  22. mak.. two thumbs up deh buat isi blog nya keren keren tenan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, seneng bisa memberikan informasi yang bermanfaat.

      Delete
    2. Assalamualaikum mbak Zulfa
      Aku pengen banget loo ke Hindia.
      Apalagi disana aku ada teman daerah Kerala.
      Dari Aceh ke Hindia kira2 berapa jam penebangan mbak

      Delete
  23. Mba minta nomor watsapp or hp or email aku ada rencana ke india , mau banyak ta ya, bolehkah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan email ke attini.zulfayah@gmail.com

      Boleh, silahkan tanya

      Delete
  24. Mbak Zulfa, saya mau ke India 14 Maret 16 lewat Hyderabad karena ada acara disana. pertanyaan saya ;
    1. kalau pakai paspor dinas (biru) apa benar bebas visa? info sementara katanya tidak perlu urus visa.
    2. kalau mau ke Taj Mahal sebaiknya pakai transportasi apa yang mudah dan praktis?

    Tks. Irfan

    ReplyDelete
  25. Salam kenal juga.

    1. hadew, saya kurang tahu itu mas tentang paspor dinas, coba sampeyan tlp embassy India di JKT untuk kepastianya.

    2. Mudah dan praktis naik pesawat mas. Trus lanjut sewa taksi atau autoriskhaw.
    Atau klo ada waktu, bisa pakai Rajdhani express Hyderabad - Agra, sekiatr 24 Jam an sekali jalan.

    Sama sama :)

    ReplyDelete
  26. Hi Mbak... Info nya membantu skali. Tp saya mau Tanya nih. Rencana sy bln juni k Mumbai.nah ntr dri Mumbai mau k Kashmir naek pswt. Nah kira2 sya bsa lolos gk tuh Mbak,scra sya beli VOA online, trus saran Mbak saya hrus gmn. Soalnya ntr yg beliin ticket dri Mumbai Ke Kashmir tmn sy. Mhon pncerahannya. Makasih mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu saja lolos, kashmir kan India juga.

      Gpp, Suruh dia kirim Tiket Mumbai - Kashmir ke email kamu. Tapi ada pertanyaan nih, temen kamu belinya pakai kartu kredit atau Cash ? kalau beli pakai kartu kredit, biasanya beberapa maskkapai menanyakan kartu kreditnya juga (maksudnya disuruh nunjukkin)

      Delete
  27. Mba Zulfa, saya mau tanya beli sim card di delhi dimana mba? saya niatnya mau ke delhi-srinagar-khasmir-manali-delhi lg, kira2 cukup gak mba untuk seminggu perjalanan? atau 10hari?
    Oia mba Zulfa, kalo saya jadi ke sana bulan februari nanti temani saya ke karim restaurant ya mba :-) saya baca blog mba suka bgd kesana saya jd kepengen. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. di Airport ada penjual SIm Card.

      Lebih baik 10 hari biar puas, santai dan menikmati.

      Insyaallah

      Delete
  28. Mba, apa Mba sudah pernah ke Anantnag? Jauhkah Dari Srinagar? Untuk situasi disana apakah kondusif?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo ke Srinagar, Anantag itu dilewati. Situasi kondusif, cuman jarang wisatawan yang kesana. Asri banget desanya.

      Delete
  29. Waah makasih utk infonya kaa. Sangat bagus dan bermanfaat. Kebetulan India emg salah satu listwishtravel saya.
    Tapi ka saya mau tanya, seberapa aman ya India, hhe. So alnya saya sering bgt baca kalau sering terjadi pencurian khususnya pada turis asing :'

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin Ya Allah, semoga bisa menjejak India suatu saat nanti ya.

      Iya, pencopetan, pencurian dan pemalkan sering terjadi. Nggak usah takut atau parno yang terpenting adalah waspada. kalau bisa datang sama teman pria

      Delete
  30. mbk...maaf bisakah mbk kirim email ke alamat ini ratnaindahwulandari@gmail.com saya ingin menanyakan sesuatu terkait traveling ke India. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohhh Oke. aku email. Tapi sebiaknya ditanyakan disini, biar teman lain bisa baca.

      Delete
    2. iya, mending ditanyakan ke sini aja.. siapa tahu pertanyaanku juga terjawab disni..

      Delete
  31. Mbak kalau ke Goa tempat yang bagus apa aja ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ke Goa sih Pantainya, tapi menurutku masih cakep panati di Indonesia

      Delete
  32. salam kenal mbak, aku bakalan sering baca blog mbak nih soalnya udah niat banget pengen ke India tapi karena aku solo backpacker niatnya maju mundur terus karena masih takut dengan faktor keamanan sbg cewek apalagi pengennya bisa ke Srinagar kashmir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam Kenal :)

      Wah terima kasih, ya.

      Justru kalau ke kashmir aman sekali cewek Solo travelling, santai saja.
      tapi kalau di India nya (delhi, agra, dsb) saya nggak sarananin solo backpaking.

      Berangkat saja ke Kashmir, aman dan cakep buminya :)

      Delete
  33. Sipp.. sipp... catet! Ini info penting banget.. Matur nuwu, mbakyu... mmuach... :*

    ReplyDelete
  34. Hai mba salam kenal,
    Mau nanya dong, kalo ke Mumbai transit di Singapore (jkt-sing pake SQ jam 14.00-17.00), sing-mumbai pake air india jam 19.10-22.05) waktu transitnya 2 jam, kira-kira ngejar nggak ya mbak? makasih mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini tiketnya beli sendiri sendiri ? Klo beli sendiri sendiri dan ada bagasi kayaknya nggak nututi, kalau bisa transit 3 jam. Solanya klo beli sendir sendiri harus cek imigrasi plus ambil bagasi (kalau ada)

      Tapi klo connecting langsung dri airline, ya, nggak masalah.

      Delete
  35. mba mau tanya, kalau dari nepal mau ke kashmir kira2 tau ga mba caranya gimana? terima kasih sebelumnya ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai Pesawat apa lewat Darat ?

      kalau pakai pesawat, cari penerbangan Kathmandu - Delhi, lanjut Delhi-kashmir.

      kalau beli beli jauh hari harga tiket pesawat sekitar 4000 Rupeees atau sekitar 800.000. Saya kemarin Gitu, tapi kebalikan. Dari Kashmir ke Nepal naik pesawat

      Delete
  36. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  37. Salam kenal mba.
    Saya mau tanya pernah ga mba ngelakuin perjalanan ke india tp pindah maskapai, kyk saya rencana mau pergi ke india tp transit disingapura tp pindah maskapai dri garuda ke jet airways.
    Nah itu harus ambil bagasi dan check in lg atau gmna ya mba.
    Maaf saya baru pertama kali yg pindah maskapai gini jd kurang paham

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Juga :)

      Saya nggak pernah Pinda maskapai. Dari lion air ke Malindo Air. kebetulan mereka satu Group, jadi aku nggak usak ambil bagasi. cuman ambil boarding pass doang di Malaysia.

      kayaknya Garuda sama JetAirways sudah kerjasama, biasanya klo sudah ada deal kerjasama, Nggak pakai Ambil bagasi.

      kamu tiket beli langsung kan> nggak sendiri sendir? kalau beli langsung berarti bagasi sudah mereka yang atur.

      Delete
  38. Aku masih bingung mak panduannya.. tentang tiket promo aku pengen ke delhi trs ke taj mahal dan wisata yg terdekat,, maklum belum pernah naik pesawat -.-! Pngen cari temen buat trip bareng..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sesuaikan dengan budget dan waktu juga. Wah belum pernah naik pesawat tapi langsung nekat naik lsg ke India.

      Delete
    2. Mestinya cobain yg deket2 dulu y makk ..hahaha

      Delete
    3. Iya, coba ke Malaysia atau Singapore, sekalian belajar menjamah negeri orang lain

      Delete
    4. Ayok ngetrip ke india. Saya jg lgi cari tmn ni buat ngetrip ke india. Karena gk ada tmn, kdang jdi tkut yg mau ksna.

      Delete
    5. Ayok ngetrip ke india. Saya jg lgi cari tmn ni buat ngetrip ke india. Karena gk ada tmn, kdang jdi tkut yg mau ksna.

      Delete
    6. Tuh, Siapa yang cari teman jalan ke India, silahkan diterusin di komen ini :)

      Delete
    7. Ratna yuk sama aq yuk maret atau april WA aq ya +85261748169

      Delete
    8. Tuh, ada teman.... apa kau bikin postingan tersendiri, ya.... buat temna teman yg cari travelmate ke India.

      Delete
    9. Mbak zulfa terimakasih udah nyediain tempat cari teman hehe...
      Ngomong” adatnya dan syarat nikah di india gmn sih mbak , pean kok sampek udah bisa jd resident india

      Delete
    10. Hehehe, kalau dah menikah Sah secara hukum negara, biasa ajukan izin tinggal

      Delete
    11. aduhh mau dong kalau ada travelmatenya .. biar ga sendirian

      Delete
    12. Mbak Ratna klu mau kita ngetrip bareng ke india yuk, soalnya ku jg g ada temannya nih....

      Delete
  39. Halo mba Zulfa,

    Saya Olivia, mohon maaf sebelumnya kalo pertanyaan ini sudah ditanyakan di atas hiks. Pertanyaan saya:
    1. Jadi sekarang mengurus visa India harus online seperti ini ya? Saya ada rencana ke India 19 November 2016.
    2. Paspor saya yg biasa (bukan e-passport), apakah bisa dengan jalur visa online ini?
    3. Jika mengajukan online seperti ini, berarti tidak perlu syarat2 tabungan, rekening koran, dll? Hanya bukti tiket pesawat dan bookingan hostel gpp

    Terima kasih banyak mba Zulfa atas waktunya menjawab pertanyaan2 saya ^^

    Salam, Olivia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo Olivia.
      1. Yap, Sekarang pakai E Turis bisa online ini
      2. Bisa, baik a passport atau yang Biasa
      3. Betul, Pastikan ketika landing di India kamu bawa Print Visa, Retursn tiket dan Bookingan hotel selama India.

      Sama sama Olivia. Semoga lancar perjalanannya.

      Salam
      Zulfa

      Delete
  40. Kak mau tanya. Aku punya planing mau ke india maret. Kira" untuk beli tiket enak'an lewat mana ya? Beli via travel agent, apa beli online di website air asia..krna pas liat di aplikasi air asia.. Tiketnya lbih murah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku selama ini Beli Via Online. banyak pilihan. Pertama aku bandingkan harga seluruh masakapai. Dapat paling murah, langsung embat. hehehe

      Delete
    2. Mb ratna berangkat tgal brapa? Sendiri atau rombongan? Boleh gabung? Saya sendirian nih...

      Delete
  41. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  42. Mba..minta no whatsapp nya donk. Ada yg mau aku tnya2 nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tanya tentang Perjalanan atau pertanyaan umu, GPP silahkan ditanyakan di komen ini. Kalau rivate, silahkan email. InsyaAllah aku reply :)

      Delete
  43. Mak..kira2 aman ga sih klo travel sendirian ke india bagian selatan,hyderabad gimana tuh kotanya? Ada rencana tahun ini mau ke sana sekitar 3 hari,atau semingguan lah..kira2 butuh budget berapa tuh mak? Trus klo mau balik dr sana ke indonesia lg,bisa ga sih beli tiket langsung di bandara sana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagian selatan mana dulu nih, kalau Hyderabad InsyaAllah aman. kalau lainnya, nggak berani bilang mana, hehehe

      Hyderabad murah kok, kadang promo PP cuman 2 smp 3 jutaan.
      3 hari atau seminggu, paling sekitar 2 jutaan. tergantunng kamu kelayapannya seberapa banyak

      Delete
  44. Hallo Mbak, mau tanya dong. Saya rencana ke Chennai April mendatang, kalau saya mau ke Taj Mahal kira2 naik apa dan perlu waktu berapa lama ya?

    Trus ada apa saja sekitar Chennai yang recomended, khawatir tidak punya banyak waktu untuk melancong, karena kami ke India dalam rangka tugas. Tapi teueteup sih pingin banget ke Taj mahal. Saran mbak dong pliiis.

    Thank you so much Mbak'e...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari chennai ke Agra sekitar 1 harian lebih jika dengan menggunakan kereta.

      Apa ya di Chenai? paling temple nya, soalnya panatainya nggak rekomended banget hehehe

      Delete
  45. salam kenal mba...
    kapan rencana ke India lg nnti bisa bareng ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal, nungguin yang kaish tiket gratis :))))

      Delete
  46. Hallo Mak, salam kenal.. 😃
    Mak, aku ada rencana main ke infia hanya saja memang cuma beberapa tempat yang akan didatangin (sesuai keinginan hati). Memang lokasibyang didatangin agak lompat2 sih tapi mau minta sarannya nih mak, rencana tiba dari delhi lalu lanjut ke Agra - Jodhpur - Jaisalmer - Kasmir - Delhi.
    Beberapa cara buat ketempat tersebut udh ketemu dikit2 cuma dari jaisalmer ke kasmir ada alternatif transport kah? Kalau naik kereta pasti jauh akan makan waktu luuaammaa bgt. Nah kl penerbangan apakah ada yg terdekat mak? Biar gak harus balik delhi lg...

    Mohon masukannya ya mak.. apakah ada suggest rute yang lebih enak?

    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. jaisalmer itu di ujung rajasthan berdekatan dengan perbatasan Pakistan.
      Saranku dari Jaisalmer kamu ke Delhi, trus cari keret lanjutan ke Kashmir. itu lebih mudah.itu satu arah atau jalur kok.

      Delete
  47. Mak mau tanya, aku rencana mau ke india selatan jadi arrivenya ngambil di Kochi Int-Airport. Kalau ada transit di Singapur, Kuala Lumpur, Srilanka wajib visa transit gak mak?

    ReplyDelete
  48. Salam kenal mba zulfa..

    Mba, mau tanya.. Kalau transit di mumbai 5 jam, bisa jalan2 kemana ya? Apa mungkin bisa ke taj mahal, aku liat di google maps cuma 1jam 5 menit (23km)..

    Emang realnya dari bandara mumbai ke taj mahal berapa lama ya dan kesana naik apa ya mba?

    Terimakasih mba zulfa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenala juga

      Wah, Mumbai ke Agra (taj mahal) jauh banget. Nggak cukup kalau 5 jam saja.
      Sebaiknya jalan jalan di mumbai saja. tapi hati hati juga ya, mumbai sering macet.

      Dari mumbai ke Agra, Taj Mahal naik kreta trus lanjut naik mobil atau bajaj.

      sama sama

      Delete
  49. Ass... mba saya mau nanya nih,, inikan bulan depan tanggal 7 febtuari 2019 sya mau ke india, tiket dari jakarta -Delhi udah ada, nah dari delhi sya mau ke nagaland dari delhi kan bisa naik pesawat delhi transit di kolkata terus ke dimapur,,, pertanyaan sya transitnya itu sekitar 16 jam, nah bagasi ghe mana mba di ambil lagi terus check in lagi di bandara kolkata sebelum lanjut ke dimapur atau ga usah makasih mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. pemesanan pesawat di awal langsung jakarta- manipur? atau beli sendiri sendiri. dalam artian, akmu beli tiket jakarta-delhi, Trus secara terpisah beli tiket Delhi-Manipur? kalau belinya terpisah, otomastis harus ambil bagasi sendiri dan checkn ini lagi. beda lagi klo tiketnya langsungan jakarta-manipur, kalau ini bagasi langsung sampai di Manipur.

      Delete
  50. Mau ke Nepal Ke basecamp Everest, trus Ke dimapur abis dimapur Ke Delhi,,Kira2 abis berapa duit y transportasi doang? To long tips and trick nya MBA.. 😁

    ReplyDelete
  51. Mau ke Nepal Ke basecamp Everest, trus Ke dimapur abis dimapur Ke Delhi,,Kira2 abis berapa duit y transportasi doang? To long tips and trick nya MBA.. 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhhhh, aku belum ke EBC kak. jadi nggak tahu harus sedia berapa. kalau pingin simpen duit ya by road. dari nepal bisa ke Manipur by road. baru ke delhi. Sediakan uang 20 jutaan kali ya.

      Delete
  52. Salam kenal mbak,
    Aku berencana ngebolang ke Kashmir bersama seorang teman wanita. Rencananya kami mau naik Thai Jkt-Delhi, trus lanjut Air India buat ke Kashmirnya. Berarti kan setiba di Delhi kami harus ambil bagasi dulu, trus pindah ke terminal domestik ya? Jauh gak mbak jarak terminal internasional ke terminal domestiknya? Kudu naik apa? (Aku ngebayangin kayak bandara Soetta, beda gedung dengan jarak yg lumayan jauh). Trus kalau sampai Delhi jam 11an malam sementara flight ke Srinagar jam 7.25 pagi, sebaiknya kami nunggu dimana? Mohon pencerahannya.
    Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal

      Iya, klo bukan connecting flight (artinya beli tiket sendiri sendiri/ nggak langsung) berarti ambil bagasi dan check in lagi. Nggak jauh kok, masih satu komplek kayak bandara lain. Ya mirip soetta gitu.

      klo aku saranin sebaiknya nunggu di bandara. kenapa? karena landing jam 11, nunggu proses imigrasi, nunggu bagasi. bisa selesai jam 2 pagi. daripada lari lari mending nunggu di bandara saja. lebih aman dan nyaman

      sama sama

      Delete
  53. Mbak bagaimana caranya dari Aceh ke Hindia ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, ada kok penerbangan dari aceh ke India, tapi transit dulu ya. tergantung maskapai yang kamu pilih.

      Delete
  54. Mba boleh.email saya..sya.mau keindia

    ReplyDelete
  55. Mbak mau tanya nih, rencananya sata mau ke india bangalore. Itu bagaimaba ya cara memesan tiketnya atau apa ada dari jakarta langsung ke india bangalore atau transit dulu?

    ReplyDelete

Follow Twitter

Follow Instagram