Oleh Oleh Khas India Wajib Bawa

April 06, 2015

Oleh oleh Khas India Wajib Bawa

Hatiku Gembira. Riang tak terkira. Mendengar berita kabar yang bahagia. Ayahku kan tiba datang dari India. Boneka cantik dari India. Boleh dilirik tak boleh dibawa. Oh sayang .....Yap, begitulah lirik lagu dari  penyanyi Ellya Kadam yang sering emak denger waktu kecil dulu. Berdendang dengan baju India lengkap dengan Dupatta. Rambut dikepang plus kedipan mata. Lagu tersebut seolah bercerita. Kalau oleh oleh khas India itu boneka India.

Padahal di India, nggak ada yang namanya boneka India. Atau mungkin emak belum menemukannya. Adanya boneka barbie atau boneka yang biasa emak jumpai di Indonesia. Tapi pakai baju India.

Dulu emak sering dapat titipan sari. Kemudian penasaran sama rasa ladoo atau manisan. Emak bawa banyak ladoo dari India dengan berbagai rasa. Seiring dengan perkembangan waktu dan serbuan  aktor India di Indonesia. Bukannya sari atau ladoo sebagai oleh oleh, tapi titip dibawain cowok India yang wajahnya mirip Saheer Sheik. Disitu kadang emak merasa lelah.

Berikut  Oleh oleh khas India wajib bawa ketika Menjelajah Negeri Seribu Dewa. 

      1.    Sari
Baju khas India ini memang jadi incaran dan juga titipan. Meski nggak bisa cara menggunakannya, tapi tetep pingin punya. Harga sari tergantung dari bahannya. Mulai dari Rp. 30.000 saja hingga puluhan juta rupiah. Panjang kain sari sekitar 5-8 Meter. Ada yang motif warna warni (modern) dan ada motif tradisional dengan bingkai warna kuning keemasan di pinggirnya.

Oh ya, Baju India nggak cuman sari aja yang bisa buat oleh oleh. Baju Tradisonal India banyak banget macamnya. Tapi ada satu yang harus kamu beli dan bisa dipakai buat jalan jalan cantik. Baju Kurti salah satunya. Berbeda dengan sari yang tidak bisa kamu pakai dalam keseharian di Indonesia. Kurti bisa kamu padu padankan dengan jeans atau celana. Ada yang lengan panjang, pendek atau you can see. Harganya mulai Rp. 25.000. Pinter pinter aja nawar sampai mulut berbusa. Kurti biasanya menggantung cantik dipertokoan. Kebanyakan  berdesign mirip kalung di bagian lehernya.



Indian Sari
Warna warni Sari India

      2.    Gelang
Gelang keroncong warna warni dapat dibeli dengan harga yang sangat murah. Biasanya dijual dalam box kertas atau toples plastik. Harga 50-60 Rupees. Isinya sekitar 12 biji. Gelang keroncong bukan hanya dijual murah tapi bisa bikin happy anak tetangga. Semua kebagian oleh oleh tanpa menguras kantong lebih dalam. Nggak harus boneka India kan?
 
India bangles
Gelang India tersusun dalam Box

      3.    Sepatu Tradisional
Orang menyebutnya sepatu Alladin kagak pakai teko apalagi Jin. Bentuknya flat. Kadang ada ‘tanduk‘ di ujung depannya. Seperti sepatu yang dipakai di film Aladdin. Nah, sepatu dan sandal India memiliki kombinasi design warna warni unik, bergaya etnik yang menjadi ciri  khas Negeri Seribu Dewa. Kadang dihiasi dengan manik manik imut.







      4.    Hiasan Dinding
Hiasan dinding ini bisa berupa kain hiasan embroidery dan juga lukisan. Kerajinan embroidery disetiap daerah memiliki nama masing masing. Daerah Uttar Pradesh dikenal dengan nama Chickan. Dari daerah kashmir dikenal dengan Khasmiri embroidery. Kain penghias dinding ini biasanya didesign dengan benang rajut dan membentuk gambar layaknya sebuah lukisan. Gambar gajah lebih mendominasi. Atau design geometri yang rumit dan unik dengan padu padan warna yang cerah. Harga hiasan dinding ini bervariasi tergantung besar kecilnya ukuran dan njelimet-nya design. Harga mulai Rp. 50.000.

Aneka gaya, design dan Warna warni Hiasan Dinding


      5.    Tas Etnik
Kamu yang cantik dengan kuku lentik baiknya beli tas etnik. Selain warnanya ngejreng, yang bikin silau mata tuh pernak pernik yang membungkus tas. Terkadang dari bulatan bulatan kaca atau manik manik. Terkadang dari benang emas atau warna warni yang didesign dengan pola yang rumit. Widih! Kalau pakai tas ini, kamu tak hanya kelihatan cantik tapi juga eksotik. contoh tas entik bisa klik disini.




      6.    Miniatur Taj Mahal
India berarti Taj Mahal. Kalau mau bawa Taj Mahal, nggak mungkinlah. Bisa bisa dikeplak semilyar orang *Plak*. Bawa aja miniatur Taj mahal yang terbuat dari marble putih. Taj Mahal asli juga terbuat dari marble putih. Banyak dijual di toko toko sekitar Taj Mahal. Atau gantungan kunci dan snow Globe Taj Mahal. Harus pintar nego sampai bibir jedir dan berbusa.

      7.    Manisan
Nggak lengkap rasanya melancong tanpa membawa cita rasa daerah/negara tersebut. Bawa aja Manisan India yang memang bikin penasaran orang Indonesia untuk mencicipinya. Manisan ini semanis tampang wajah orang India. *glodak*.

Manisan bisa tahan hingga 3 hari. Kalau dimasukkan kulkas, bisa tahan hingga sebulan. Saran emak, beli saja di kota terakhir kamu singgahi sebelum balik ke Indonesia. Nggak usah kawatir rempong. Manisan sudah dimasukkan dalam kotak kertas dan dibungkus dengan kertas kado.

Ada berbagai macam pilihan manisan India. Minta aja Mix (campur). Dalam artian satu box diisi berbagai macam manisan. Biasanya ada 3 macam ukuran box. Kecil, sedang dan besar. Yang besar dipatok dengan harga sekitar 300 Rupees atau Rp. 75.000 Rupiah. Berisi sekitar 30 manisan (1 Kg). Bagiin ke tetangga, ya. Biar di do’a in tetap ngetrip sampai tua. Aamiin.

Box dan Gambar aneka manisan yang ditawarkan

      8.    Teh India
Tahu kan kalau India produsen teh terbaik di dunia. Teh atau chai terbaik di India berasal dari propinsi Darjeeling. Berada di bagian Utara Timur India. Di kaki pegunungan Himalaya. Teh di India bentuknya bulat bulat kecil. Cara bikinnya juga beda, diseduh dengan air dan susu. Kamu beli saja  teh india trus bikin sendiri dirumah trus hidankan buat teman dan tetangga. Caranya Disini. Oh ya, bukannya mau promosi merk tertentu, ya. Pilih aja teh merk Taj Mahal. Selain enak, brand nya itu India banget.




      9.    Pernak Pernik India
Pernak pernih bisa macam macam. Ada gantungan kunci, patung kecil kecil, kerajinan perak, snow globe, gelang etnik, bros, aksesoris, kotak perhiasan dan masih banyak lagi. Setiap daerah memiliki souvenir dengan design khas daerah tersebut. Yang paling banyak diminati para wisatawan yakni oleh oleh dari Rajasthan yang identik dengan souvenir India itu sendiri.

kalung etnik Khas India

Berbagai pernak pernik lainnya

Sudah tahu kan oleh oleh khas India? jadi jangan beli sari melulu apalagi boneka India. Masih banyak pilihan. Perhatikan dompet kamu sebelum belanja. Bisa kalap diborong semua.

Oh iya, cari oleh oleh India dimana? disini saja.


Happy Travelling =

You Might Also Like

81 $type={blogger}

  1. Menarik mbak..Dan setelah dikurskan kog jadi murah-murah ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, India memang murah murah. Transport akomodasi murah. Plus Oleh oleh juga :)

      Delete
  2. btw soal gelang india, klo pake kenapa harus banyakan ya mbak? apa biar bunyi krincing klo buat joget bersama ya? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, kalau satu malah keliahatan aneh. kalau kemrompyong biar bunyi. Apalagi pas joget gitu, harus menarik perhatian. kemrompyong dang ngejreng :)

      Delete
  3. Pengen tas sama manisannya. Unik dan enak :D

    Haha itu lagu kesukaan saya waktu kecil loh. Tiap saat nyanyi itu, pas pula sepupu dibelikan oleh ayahnya boneka bayi yang bunyi oe oe jadi saya mikir mungkin bonekanya mirip kayak gitu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku punya banyak koleksi tasnya, ujung ujungnya masuk museum semua. etik gitu looo, jadi kalap beli.

      Hahaha ternyata kita seangkatan mbak Lina. gegera itu lagu, keponakannku minta idbelikan boneka India. ladalaaaa belum ketemu sampai sekarang.

      Delete
    2. Aku punya banyak koleksi tasnya, ujung ujungnya masuk museum semua. etik gitu looo, jadi kalap beli.

      Hahaha ternyata kita seangkatan mbak Lina. gegera itu lagu, keponakannku minta idbelikan boneka India. ladalaaaa belum ketemu sampai sekarang.

      Delete
    3. wew.. pngn juga nih punya boneka india.. :)

      Delete
  4. kalo ingat sari jadi terbayang kuch-kuch hota hai ;)

    itu adegan rahul sama anjeli (not tina) yang memorable banget...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe Iya, nih Film nge hit banget di Indonesia, ya
      huhuhu, adegan yang bikin menguras air mata.

      Delete
  5. Udah lamaaaaaa banget pengen nyobain teh Darjeeling itu, yang diminum langsung sambil mandangin Himalaya.. Temen-temenku yang orang India sering bawa manisan buat oleh-oleh kalo mereka mudik. Btw sepatu ama tasnya lucuuuk!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ke darjeling sambil menikmati Toy Train sambil ditemani manisan juga. Ya, sepatu sama tasnya etnik banget :)

      Delete
  6. naksir hiasan dinding dan sepatunyaaa....manisan jugaa...*lho jadi banyak hihihi....

    ReplyDelete
  7. Untung nggak Naksir diriku, berabeh Dah, hahaha

    ReplyDelete
  8. manisan buahkah itu mba?
    aku naksir tas etniknya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di India manisan susu. Kalau di Indonesia manisan buah, ada segernya.
      Iya, aku sendiri meski lama di India masih suka hunting tas etnik.

      Delete
  9. Aku yen lungo nang India (in shaa Allah), selain tuku manisan, pengen tuku perhiasan emas. Pas nang SIngapura ngeces ndelok desain perhiasan emas nang Little India. Sayang waktu iku bojoku gak melok. hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. InsyaAllah, Aamin Ya Rabb. Memang ngecess mbak karo design e emas India. kualitas emase yo lebih bagus. kadar karat luweh akeh. Cuman aku rodok nggak seneng, soale terlalu wah, sementara aku seneng sing simple. Kadang berat e kalung hampir sekilo.

      Delete
  10. Aku suka benerr ama India, lah tapi masih takut kesana hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, India itu kebudayaan, tradisi sama bangunan tuanya menarik hati. cuman keadaan bikin gemessss hati. kalau ke India, sama temen mbak, jangan sendirian. marabahaya :)

      Delete
    2. Mama sam istri di Rumah, krna utaran jadi pengen ke India >_< ah efek tayangan India merajalela

      Delete
    3. Ter-Uttaran satu rumah . ayoooo main ke India

      Delete
  11. Kalau snek atau permen di supermarketnya lucu-lucu ngga Mbak di India? *penggemar snek* Jadi inget ada film judulnya pakai kata Darjeeling gitu, tapi belum nonton sih XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau permen sama kayak di Indonesia. Kalau snek rasa India, rasa rempah berlimpah

      Delete
  12. Pulang dari India minggu ini ga bisa bawa oleh-oleh sebanyak-banyaknya..heehee selain kantong kempes yg jd alasan utama (persediaan ruppe menipis) bingumg juga mau beli apa.Gelang udah kebanyakan .terus diomelin temen relasi yg orang asli India.Kamu beli dulu banyak sekarang saya lihat tidak kamu pake..heeehee bener juga.Hanya beli sedikit Shawl di Kullu dan sandal khas India juga Tas enik yg mirip di gambar emak.dan dompet -dompet kecil untuk tab dari Manali.Tapi karena yg nagih oleh.oleh antri..hiihii aku beli di Bandung ada tokoo yg khusus jual barang khas India .asli penjualnya orang Inbdia. Beli teh Taj Mahal dan maiñsan juga Chai.

    ReplyDelete
  13. Selalu ada alasan tuk kembali. Disuruh datang ke India dan bawa oleh oleh lagi. hahaha HARUS banyak.
    aku ke Manalai nggak beli apa2, cuman chery sama strawberry sampe bosen. hahaha enak dan murah, fresh. Tapi lebih asik kalau oleh olehnya bawa langsung dari India mbak. BEDA. hehehe

    ReplyDelete
  14. Hi salam kenal ya mba..
    Kalo boleh tau mba tinggal lama diindia pake visa apa ya...tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga :) Aku pakai visa keluarga (joint with supouse). Sekarang sudah permanen resident disini. ini lagi nunggu PIO (Person Of India Origin)

      Delete
    2. Makasih ya mba..sdh di replay..
      Mba zulfa pake Whatsapp kah..kalau boleh saya mau sharing mba..karena calon saya juga orang india dan kalau saya jadi nikah sama dia saya tinggal disana

      Delete
    3. Boleh silahkan, kamu ada twitter kah? Follow @emakmbolang ntar folback dan DM nomer WA ku. Semoga dilancarkan acara nikahnya, tetanggan dong kita. :)

      Delete
  15. Gak ada twiter mba...ping saya di whatsapp ya mba..ni no saya +6281364908587

    ReplyDelete
  16. Kalau soal oleh-oleh, Ahlan pemenangnya :D hampir semua barang yang ada di list ini Ahlan beli :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, kalap dia kena barang barang di India, lagian juga murah murah.

      Delete
  17. Ya ampuun mbak jaman aku masih lebih muda dari skarang (skarang aku tante-tante) suka banget koleksi pernak pernik india. Kalo saree india suka banget liat di pasar baru jakarta, mbak...mbak...tas india etnik koyok gambar iku piroan se ndek kono? Ndek kene prosoku (nggo ukuran dompetku yo) luwarang nemen tapi ketok se lek larang apik nemen tas etnik india ki

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, Zaman masih unyu unyu ya :) Zaman pada waktu banyak yang Naksir. hehehe

      Murah tas etnik itu, mulai 350 Rupee iku sekitar Rp. 75.000. Nang pasar regane roto roto 500 Rupee utowo sekitar Rp. 100.000. pinte pinter ngenyang wae. Sik sesuai dompet kan ?

      Delete
    2. Oh my God *terkejut, ndek jkt iso atusan ewu ra iso di nyang. Matursuwun infone :)

      Delete
    3. Hehehe Ayo lah ke India, trus golek golek, akeh lan murah murah.
      Sami sami :)

      Delete
  18. Mbak klo bisa nitip beli donk nanti tlg dikirim ke sini gt... bisa ga ya? N gmn caranya? Pggn bgt bgt... dari dulu blm kesampean. Baru bajunya aq punya tp udh kekecilan mbak

    ReplyDelete
  19. Mbak klo bisa nitip beli donk nanti tlg dikirim ke sini gt... bisa ga ya? N gmn caranya? Pggn bgt bgt... dari dulu blm kesampean. Baru bajunya aq punya tp udh kekecilan mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih, pingn nyoba kuliner atau oleh-oleh khas india nih.. :)

      Delete
    2. hahaha, Zaman masih unyu unyu ya :) Zaman pada waktu banyak yang Naksir. hehehe

      Delete
    3. @ Nur Fathonah. Kalau dikirim mahal dengan pengirimannya say. heheh aku sudah di Indonesia sekarang.

      @Devi : Datang aja ke India, lebih seruuuu, hehehe

      @Rani : hahaha, kibas Jilbab.

      Delete
  20. Mbak klo bisa nitip beli donk nanti tlg dikirim ke sini gt... bisa ga ya? N gmn caranya? Pggn bgt bgt... dari dulu blm kesampean. Baru bajunya aq punya tp udh kekecilan mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, Saya barusan sampe Indonesia. InsyaAllah kalau saya balik ke India nanti bisa saya carikan dan dikirim lewat paket. Gimana ? Saya di Indonesia masih 2 buanan, mungkin saya balik ke INdia buan Agustus, nanti saya kabar lagi ya....

      Delete
    2. iya nih, apalagi lagi gempar2nya film2 india yang diputer di indonesia.. hehe

      Delete
  21. Halo mba... salam kenal, saya tahun depan akan traveling ke india.apa boleh saya kontak mba untuk tanya2? Siapa tau bisa meet up dsana. Rencana kami mau ke kolkata-varanansi-agra-jaipur-delhi-hyderabad. Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo. Tahun Depan bulan apa ya ? soalnya tahun depan saya ada rencana jelajah Himalaya dan juga pulang ke Indonesia.

      Boleh silahkan kontak saya di email, attini.zulfayah@gmail.com

      Delete
    2. Mbk zulfa nitip boleh kah? Gelang kaca India...
      Saya domisili Surabaya

      Delete
    3. Aku biasanya kalau pulang bawa gelang banyak. Kalau ada, InsyaAllah nanti aku kasih. Kalau Habis nunggu tahun depannya lagi. hehehe

      Delete
    4. Mba... Maapp baru baca reply commentnya. Saya rencana bulan oktober mba. Kalo ada yg rencana ke india bulan oktober boleh meet up dsana. Saya di delhi 25-28oktober. 28-31okt di hyderabad mw ngeramein diwali dirumah kwluarga teman. Hehe... Terima kasih mbaa...

      Delete
    5. InsyaAllah. Colek aku di twitter saja. ntar aku aku Rt siapa tahu ada yang mau ke India juga. nanti abar kabari

      Delete
  22. Hallo mbak...semoga masih inget aku yaaaa..
    kemaren desember..akhirnya ak main mbak ke India. Duh nyenengin ya disana..makanannya enak2!
    embak masih di India kah? apa udah balik ke Indonesia?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo Juga :)

      Wah, seneng ya.

      Saya masih di India, InsyaAllah Mei aku pulang ke Indonesia

      Delete
  23. Hehehe,,, seneng bgt bacaa'y ud hampir semua aku baca tp baru komen, enak ya mbak bisa jd bolang mancanegara pengen bgt keliling dunia sambil bawa 4 krucilku kaya si mba'e... Jualan online aja mba buat pernaak2 india'y, aku dr remaja pengen bgt pake sari *sambil nyender di puun*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe salam kenal :)

      Semoga ya, kelak bisa bawa si kecil keliling dunia. Aamiin

      Delete
  24. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  25. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  26. Habis balik dari India maret lalu, dan bawa pulang oleh-oleh kain sari India yang dibeli dari kampung pembuat sari india gitu. Seru juga sempat melihat2 disana. Tapi sepertinya kemahalan kainnya, ga pinter nawar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahhh, mugkin kualitasnya bagus. Beda kualitas, beda harga.

      Yang 50rb itu sudah bagus kok. kainnya dah halus.

      Delete
  27. Ngelihat sandalnya, jadi Inget UTARAN XD hahahhaha tapi bagus sih, kalo ke India beli oleh oleh sandal aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha Ter-UTTARAN. Iya bawanya juga lebih simple. Ceweknya juga banyak yang mirip dengan Ica :D

      Delete
  28. Pengen tas sama manisannya. Unik dan enak :D

    Haha itu lagu kesukaan saya waktu kecil loh. Tiap saat nyanyi itu, pas pula sepupu dibelikan oleh ayahnya boneka bayi yang bunyi oe oe jadi saya mikir mungkin bonekanya mirip kayak gitu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ke India pastikan beli tasnya, murah kok. Tapi kalau manisan nggak jamin suka, soalnya bagi orang India terlalu manis.

      Delete
  29. Salamkenal mbak. Aku orang Gresik, kuliah di India,Aligarh :)
    Posisi dimana mbak?

    ReplyDelete
  30. Salamkenal mbak. Aku orang Gresik, kuliah di India,Aligarh :)
    Posisi dimana mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga :)
      Wah, ada orang Gresik kuliah di Aligarh, India.
      AKu sekarang lagi pulang kampung di Gresik.

      Delete
  31. Pengin banget jalan jalan ke sana cuma tiket ke sana dr indonya lumayan yaa wkwk 😹

    ReplyDelete
  32. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  33. artikelnya menarik.,. padat dan jelas,.. jadi pengen ke india,. tapi, kapan? hiks

    ReplyDelete
  34. Tertarik bngt maaak :D pngn bngt liat kebun bunga di kashmir dan alam sekitarnya.aku bngt baca blog nya emao mbolang...mesti bikin bapeer >_<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, Semoga suatu saat bisa berkunjung ek kashmir. AAmiin.

      Delete
  35. Kira-kira backpacking sendirian di india aman ga ya mak?aku udah baca blognya njenengan sih.tapi mbak Zulfa kn bisa bhs hindi,lha akuuu...ora gablek :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo India nggak saranin, Tapi klo ke kashmir solo travelling aman ama saja.

      India dan kashmir beda situasi.

      Delete
  36. Salam kenal mba. Aq pengagum india bgt. Kebanyakan tmn2 aq dari bangalore dan kerala. Ada jg si dari jammu kashmir. Liat2 komen diatas jd pgn bgt apply s2 ke sono. Aman gag yaa 😊. Oya mba, px instagram kah, biar nanti aq follow gt. Siapa tw nanti kl plg bisa titip2 apa gt ke mba. Matur swun sangat mba

    ReplyDelete
  37. Salam kenal mba. Aq pengagum india bgt. Kebanyakan tmn2 aq dari bangalore dan kerala. Ada jg si dari jammu kashmir. Liat2 komen diatas jd pgn bgt apply s2 ke sono. Aman gag yaa 😊. Oya mba, px instagram kah, biar nanti aq follow gt. Siapa tw nanti kl plg bisa titip2 apa gt ke mba. Matur swun sangat mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal.

      Klo cowok sih aman aman saja. Iya pakai instagram, semua media sosialku sama dengan nama blog @emakmbolang

      sama sama

      Delete
  38. Halo mbak salam kenal.
    Mau nanya nih mbak, kalo beli saree murah dimana mbak biasanya?

    ReplyDelete

Follow Twitter

Follow Instagram