Itinerary Jelajah India

December 10, 2016


Itinerary India ini untuk destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan seperti Golden triangle dan Khasmir

Selain tentang cowok India, pertanyaan yang sering nyasar ke email adalah tentang itinerary perjalanan jelajah India. Diikuti dengan pertanyaan tentang budget keliling India.

Seringnya ketika mendapat pertanyaan tentang Itinerary jelajah India saya nggak langsung jawab. Saya malah justru balik tanya. Karena untuk bikin itinerary, selain kota yang ingin dituju, ada beberapa hal yang memang harus diperhatikan ketika menyusun itinerary perjalanan, seperti

1. Arrival dan departure di kota mana?
2. Berapa hari di India ?
3. Budget

Tanpa pertanyaan ini, biasanya pertanyaan selanjutnya bakalan panjang dan lama Nggak selesai selesai, bredel sana, bredel sini. Misal saya bikin itierary A, ternyata waktunya kurang. Ganti dengan itinerary B, ternyata duitnya kurang. Ganti itinerary C, anaknya manja dan nggak bisa jalan ala backpacking. Hadew! Itu satu orang. Dan hampir setiap harinya saya menerima beberapa email tentang itinerary perjalanan ke India.

Kadang saking banyaknya yang tanya, saya sering bingung sendiri. Ini itinerary yang mana? Dia arrival dan departure dimana? Kalau sudah gini mau nggak mau saya harus buka keseluruhan email lagi untuk mengetahui jalan cerita. Baru bisa reply.

Lelah? kadang Iya, karena pekerjaan saya segambreng. Penulis, vlogger, manicure, padicure, chef, bersih bersih rumah, ngojek, kora kora, ngosek jeding, dll. Halah!.

Belum lagi yang curhat tentang cowok India atau prahara rumah tangga. Panjang, ngalah ngalahin bab skripsi. Tapi bagaimanapun, sebagai seorang blogger yang baik hati dan tidak sombong saya selalu berusaha menjawab semua petanyaan, meski nggak langsung jawab hari itu juga. Sharing is caring. Anggap saja ibadah karena bisa membatu orang lain.

Nah, biar saya nggak jawab hal yang berulang ulang dan terkadang memiliki kesamaan pertanyaan, berikut saya buatkan beberapa itinerary perjalanan jelajah India yang sering dikunjungi wisatawan.

Tapi sebelum membuat itinerary ada baiknya kamu lihat peta India berikut ini.

Peta negara ASEAN

Peta India
Peta diambil dari MapofIndia.com

Dah melototin peta sebaik baiknya? India luas banget. Seperti yang saya bilang dalam tips mencari tiket penerbangan murah ke india dan juga tips hemat keliling India. Dalam tulisan tersebut saya jelaskan bahwa India memiliki daratan terluas ke 7 sedunia. Jadi untuk kesana kemari dibutuhkan waktu yang lama, kecuali kamu punya budget lebih buat naik pesawat.

Jarak dari satu kota ke kota yang lain jika dilalui melalui perjalanan darat memakan waktu yang cukup banyak. Lebih gampangnya untuk meraba raba seberapa besar negara India, bisa dibandingkan dengan luas daratan Indonesia.

Saya sering lihat banyak traveller bikin itinerary Amazing Race. Maksudnya apa? Saking nafsunya pingin melihat semua destinasi, bikin Itinerary nya sungguh kacau. Tanpa mempertimbangkan jarak sesungguhnya.

Misal jelajah Propinsi Rajasthan dalam sehari. Jaipur, Jodhpur dan Jaisalmer digasak dalam satu hari. Atau explore Gulmarg, Sonamarg dalam sehari. Ladalah, ini bukan lagi Amazing Race tapi mission Impossible. Kecuali kamu minta bantuan ama penduduk alam goib.

Baiklah, setelah mengamati peta India, berikut itinerary perjalanan jelajah India ala backpacker. Dengan asumsi arrival dan Departure di Delhi. Dan biasanya rata rata pesawat dari Kuala lumpur landing ke Delhi malam hari, antara pukul 19.00 -22.00.


1. Itinerary Golden Triangle


Itinerary keliling India

Golden Triangle India atau wisata segi tiga emas India. Dikatakan demikian karena ketiga kota tersebut jika dilihat di peta membentuk segitiga. Emas, karena ketiga kota tersebut banyak dikunjungi wisatawan. Ketiga kota tersebut tak hanya mengayomi arsitektur bangunan dengan mahakarya nilai seni tinggi tapi juga menggambarkan peradaban panjang negeri Mahabarata.

Jika waktumu terbatas, masing masing kota bisa dijelajah dalam waktu sehari. Berikut itinerary Golden Triangle India

Day 1 : Agra
00.00 : OTW to Agra
05.00 : Taj Mahal
10.00 : Agra Fort

Day 2 : Jaipur
07.00 : Amer Fort
10.00 : Jal Mahal
11.00 : Komplek Pink city
City Palace
Hawa mahal
Pasar Seni Jaipur

Day 3 : Delhi
08.00 : Qutub Minar
11.00 : Humayun’s Tomb
17.00 : Rashthrapati Bhawan dan India Gate




Note  :
> Hawa Mahal bagian luar (Jaipur), Rashtraphati bhawan dan India Gate (Delhi) sebaiknya dikunjungi di akhir hari (sore). Karena ketiga tempat tersebut bisa dikunjungi dimalam hari. Dan berada di jalan raya.

> Biar badan nggak terlalu capek. Atau kamu bawa orang tua dan anak kecil, saya sarankan explore Delhi terlebih dahulu, baru disusul Agra dan Jaipur.

> Jarak ketiga kota tersebut jika ditempuh dengan perjalanan darat perkiraannya adalah sebagai berikut
Delhi - Agra : 4 Jam
Agra - Jaipur : 3 - 4 Jam
Jaipur - Delhi : 6 - 7 Jam

> Jika menginap di Delhi, bangun Jam 3 pagi dan mulailah perjalanan menuju Agra. Agar bisa menikmati sunrise di Taj mahal. Di pagi hari Taj Mahal masih sepi. Kamu bisa foto sepuasnya tanpa antri atau keroyokan orang di belakangmu.

> Jika itinerary kamu ubah dari Jaipur menuju Agra, maka kamu nggak bisa menikmati sunrise di Taj Mahal. Tapi bisa menikmati sunset Taj Mahal yang tentu saja bakalan crowded. Hal ini dikarenakan letak Fatehpur sikri berada dekat perbatasan kota Agra dan Jaipur. Japi kalau dari kota Jaipur, otomastis ke Fatehpur Sikri dulu baru masuk kota Agra.

> Jika kamu super bakcpaker yang punya otot kawat balung wesi alias kuat, plus super duper irit dengan budget, ketiga kota tersebut bisa kamu jelajah tanpa menyewa hotel. Alias nggak nginep sama sekali. `Nginepnya` dalam kereta. Manfaatkan perjalanan malam dan ambil kereta kelas sleeper.

> Kalau punya banyak waktu, silahkan lebih santai menikmati hari dan destinasi.



2. Itinerary Golden Triangle Dan Kashmir



Kashmir berada di ujung utara negara India. Perjalanan darat dari Delhi menuju Srinagar, Ibu kota Kashmir dibutuhkan waktu kurang lebih 24 jam lamanya. Jika kamu arrival-nya di India selatan, misal di Kota Hyderabad atau Chennai, persiapkan waktu setidaknya 2 hari perjalanan menuju Kashmir. Karena perjalanan kamu dari Ujung India selatan ke ujung Utara India. Cucok bagi kamu yang menyukai perjalanan dengan kereta.

Day 1 : Delhi
19.00 : Arrive at Delhi
Istirahat di Hotel

Day 2: Explore Delhi
08.00 : Qutub Minar
11.00 : Humayun’s Tomb
13.00 : Old Delhi, Red Fort dan Jama Masjid
17.00 : Rashthrapati Bhawan dan India Gate
21.00 : OTW by Train Delhi to Jammu

Day 3 : OTW Jammu to Srinagar 
06.00 : Arrive di stasiun di Jammu,
07.00 : lanjut naik share cost taksi ke Srinagar
18.00 : Sampai di Srinagar - Kashmir
Day 4 : Sonamarg
Day 5 : Gulmarg
Day 6 : Pahalgham


Day 7 : Explore Srinagar
08.00 : Explore Dal Lake dengan Shikara
10.00 : Keliling taman taman dan Masjid di Srinagar
15.00 : Balik ke Delhi atau kota tujuan selanjutnya

Day 8 :
02.00 : Sampai stasiun Jammu
06.00 : OTW To Delhi atau Agra dengan menggunakan kereta
(sesuaikan dengan jadwal kereta masing masing)

 Day 9 : Agra
06.00 : Taj Mahal
10.00 : Agra Fort
13.00 : Fatehpur Sikri

Day 10 : Jaipur
07.00 : Amer Fort
10.00 : Jal Mahal
11.00 : Komplek Pink city
City Palace
Jantar mantar
Hawa mahal
Pasar Seni Jaipur

Day 11 : Delhi
Shopping and Go Home




3. Itinerary Golden Triangle Dan Himalaya Utara



Himalaya Utara yang dituju Khasmir, Dharamsala, Manali dan Shimla

Day 1 sampai day 8 sama dengan itinerary diatas (Golden Triangle dan Kashmir)

Day 9 : OTW to Dharamsala
00.00 : Arrive di stasiun Jammu
01.00 : Bus menuju terminal Pathankot
03.00 : sampai di Pathankot
07.00 : Pathankot to Dharamsala


Day 10 : Mcleodganj
16.00 : OTW to Manali

Day 11 : Solang Valley
06.00 : Arrive at Manali
08.00 : Manali to Solang Valley
14.00 : Balik ke Manali. Istirahat trus lanjut Jalan jalan cakep keliling kota Manali. The Mall, Taman dan Tibetan Monastry. Letaknya saling berdekatan.

Day 12 : Rohtang Pass
05.00 : OTW to Rohtang Pass
15.00 : balik ke Manali

Day 13 : Kullu
08.00 : OTW Ke Kullu
Explore old Manali, explore pedesaan di Manali, fort, Monastry dan rafting
18.00 : OTW Shimla.

Day 14 : Shimla
03.00 : Arrive di terminal Shimla
05.00 : Jalan kaki menuju kawasan The Ridge, The Mall dan Jakho Temple.
16.00 : OTW to Delhi menggunakan bus

Day 15 : Agra
02.00 : Arrive at Delhi
Jam 04.00 : OTW to Agra

Day 15, Day 16 ikuti Itinerary Agra dan Jaipur

Day 17 : Delhi, Shopping and ready to go home

Note :
> Untuk itinerary diatas dibutuhkan stamina yang kuat. Karena sebagian malam dihabiskan dalam perjalanan malam.

> Jika itinerary kamu tanpa Dharamsala. Dari Pathankot kamu bisa langsung ambil bus ke Manali. Atau bahkan langsung ke Shimla. Terminal Pathankot ini menghubungkan ke berbagai daerah di Himachal Pradesh.

> Dari Kullu, biasanya tidak balik ke Manali lagi. Jadi packing baju sekalian. Mobil yang disewa buat explore Kullu biasanya mengantarkan kamu sampai Mandir. Langsung naik bus menuju Shimla atau Delhi dengan menunggu bus di depan Mandir. Temple/Mandir ini berada di tepi jalan yang dialui berbagai bus menuju kota lain. Dengan catatan, kamu sudah membeli tiket bus di Hotel atau tiket konter sebelumnya. Nanti diberi tahu nomer bus dan nomer telepon.

> Jakho Temple berada diatap bukit. Lumayan nanjak jalannya dan banyak monyet berkeliaran. Jika dirasa nggak kuat, bisa naik taksi.

> Bus terminal Shimla ada dua, Old Bus Stand Shimla dan ISBT (Inter State Bus Terminal) Shimla. Biasanya bus arrive di terminal lama. Dan berangkatnya dari ISBT yang berjarak sekitar 3 KM. Jika bus berhenti di terminal lama, kamu bisa jalan kaki ke kawasan The Ridge dan The Mall.





4. Itinerary dengan Destinasi Tambahan Lain

  • Varanasi

            Delhi - Varanasi - Agra - Jaipur Delhi

  • Amritsar

          Delhi - Amritsar - Agra - Jaipur - Delhi

Jika Pesawat arrive dan departure dari Kolkatta, dengan destinasi berikut
  •  Kolkatta - Varanasi - Agra - Jaipur - Delhi - Kolkatta
  •  Kolkatta - Delhi - Amritsar - Kashmir - Agra - varanasi - Kolkatta


Catatan Penting Dalam membuat Itinerary perjalanan India.

  • Menuju destinasi yang terjauh tempatnya terlebih dahulu.

Dalam hal ini destinasi yang terjauh dari kota Departure. Yakni kota terakhir ketika kita meninggalkan India. Kenapa? Selain luas, sistem transportasi darat (khususnya bus) di India tidak teratur. Jalanan yang tidak semulus paha penyanyi K-Pop. Banyak orang dan ketidak disiplinan membuat moda transportasi darat amburadul. Kereta sering terlambat. Normalnya kereta India telat 1-2 jam. Belum lagi ditambah dengan cuaca, khususnya musim dingin yang terlalu banyak fog. Atau tanah longsor.

Antisipasi jarak dan ketidakteraturan transportasi dengan menjangkau yang jauh terlebih dahulu, kita bisa mengatur itinerary ulang jika terjadi hal hal yang tidak tidak diinginkan. Misal kita terjebak dalam kemacetan atau jadwal kereta kita terlambat hingga 24 jam. Dengan begitu kita masih punya waktu mengejar pesawat dengan menyunat destinasi selanjutnya yang tentu saja sudah mendekati kota dimana kita departure. Tanpa drama ketinggalan pesawat.

 Misal kamu masuk india melalui kota Kalkota. Dan pulang melalui Delhi. Dan destinasi kami Golden triangle, varanasi, Amritsar dan Kashmir. Maka Itinerary kamu seperti berikut Kolkatta - Varanasi - Kashmir - Amritsar - Agra - Jaipur dan Delhi.

Jika kamu terjebak dua atau tiga hari di Kashmir. Kamu bisa cut destinasi kota Amritsar dan Jaipur. Dan masih bisa ke Agra memandang penuh cinta Taj mahal. Dan tentu saja, Agra sudah dekat dengan Delhi (Kota Departure).


  • One day Free

Kasih waktu satu hari lebih dalam itinerary. Misal, dalam Itinerary kamu butuh waktu 15 hari buat jelajah India. Usahakan penerbangan kamu hari ke 16. Kasih waktu jedah 12- 24 jam antara perjalanan terakhir dan jadwal penerbangan pulang. Jadi kamu sudah sampai di kota Departure H-1.

Kenapa? sama seperti alasan sebelumnya, untuk antisipasi keterlambatan biar nggak ketinggalan pesawat. Jika perjalanan kamu lancar, kamu bisa gunain waktu buat explore kota terakhir dimana kamu bakalan terbang balik ke Indonesia. Atau manfaatkan waktu mencari oleh oleh. Misal kota Departure kamu dari Delhi atau Kolkatta. So, manfaatkan hari terakhir keliling kota tersebut. Dengan begitu perjalanan kamu jelajah India lebih santai dan nggak bikin spot jantung.

Nikmati perjalanan. Nggak usah terlalu nasfu ngejar destinasi. Dengan mengatur itinerary yang cakep, kejutan apapun yang negara India hadiahkan, perjalanan tetap mengasyikkan.

Phir Milenge India 




You Might Also Like

55 comments

  1. wah seru banget ya perjalanannya sama jadi tahu itinerary yang bagus itu gimana.

    ReplyDelete
  2. wah lengkap banget mba... ijin contek itinerary ya. samlikum :)

    ReplyDelete
  3. Oh jadi di India itu banyak mahal-mahal gitu ya? Ada Hawa Mahal, Jal Mahal.... Tapi yang paling terkenal Taj Mahal ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuuuuu Mahal itu artinya istana. klo sini, mahal artinya bikin bangkrut istana, hehehe

      Delete
  4. Asikkkkk.... wes muncul saiki. Embuh wingi aku rodho gak fokus bekne. Matur nuwun. Inshaa Allah yen arep nang India kari nyonto itnerary soko kene.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulilah, Monggo mbak, kondo kondo nek ape brangkat nang India

      Delete
  5. Suka banget sama postingan2 mbak zulfa. Sekarang cuma bisa melototin atu atu, semoga someday beneran bisa ke sana (Jadi ceritanya saya dari kemarin2 pengen komen, tapi malu2. Tapi akhirnya sekarang berani juga hihihi)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih. Semoga kelak bisa jalan jalan ke India. Jangan malu malu, kalau mau koen atau tanya, silahkan :)

      Delete
  6. Aku kalo ke india bisa ngak di temeni emak mbolang ????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh, tak temeni. Tak tunggu jadwal dan tiket e yooo :)

      Delete
  7. Wah,komplit mbak itinnya. Boleh nyontek ya mbak. Btw, Kalo dari Selatan ke Utara makan waktu 2hari pake kereta ya mbak? Maksudnya kereta jenis apapun tetap butuh waktu 2hari mbak? #mikirlagiitinerary

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, InsyaAllah mau aku tambah lagi Itinnya sesuai dengan pertanyaan temne temen.

      Ya, kreta apapun, rata rata segitu. semoga kelak India punya kereta ala Jepang yang super cepat itu :)

      Delete
    2. Oh, gitu. Kirain ada kereta super cepat mbak. Ok noted, jadi total hari untuk perjalanan selatan ke Utara by train pp 4hari safety 1hari jadi total 5hari. Wow, ini baru untuk tripnya aja, belum destinasi tujuan wisatanya. Wah, baru ngeh Kalo India luasnya kebangetan ya. Untung juga ada transportasi KA gini,tapi memang habis di waktu.

      Delete
    3. Barusan ada kereta super cepat, tapi cuman Delhi - Mumbai saja.
      Iya, itu untuk perjalanan darata, tapi bisa diatur kok tinerray nya biar nggak jamuran di Kereta

      Delete
  8. wwaaahhh emak bolang baik banget orangnya, kayanya bisa nih aq mintain tolong 😂😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh, monggo. minta tolong apa nih ? selama bisa membantu.

      Delete
  9. Wah, komplit mbak itinnya. Numpang nyontek itinnya ya.. Btw, Kalo dari Selatan ke Utara memang butuh waktu selama itu ya mbak pake kereta? Apapun jenis kereta yang ditumpangi tetap 2 hari ya mbak?#duhjadimikirlaginewgooditinerary

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, InsyaAllah mau aku tambah lagi Itinnya sesuai dengan pertanyaan temne temen.

      Ya, kreta apapun, rata rata segitu. semoga kelak India punya kereta ala Jepang yang super cepat itu :)

      Delete
    2. Wah, kok bisa komenku muncul 2x ya mbak. Aku nggak ngeh ada dua. Yang penting loading2 terus sampe selse. Eh, disini bisa tampil 22nya, kok di yang lain nggak bisa ya??#confused #heran

      Delete
  10. Ahay, membaca tulisan ini dan blog ini umumnya, bagaikan membuka buku panduan traveling ke India. Begitu detail, sampai dipandu lewat itinerary seperti ini. Mugo-mugo bisa nyusul ke India, aminnn.... :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahayyyy. terima kasih. Semoga disegerakan ya bisa jalan jalan ke India. Aamiin

      Delete
  11. Mak...aku simpen deh ini itin. Kali aja jadi ke India ama suami. Jadi mak, jalanan di India nggak semulus paha penyanyi K-Pop yeee..ha ha ha ha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo :) Asikkkkk.

      hahaha, tau kan kalau paha tuh artis Korea, Mulusssss minta ampun licin kayak/plastik :)))))

      Delete
  12. suka banget sm info nya mbak..saya penggemar india sejak smp sampe skg..pengen bnget k sana.maaf saya new ni...mbk zulfa stay di india skg?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, Saya dulu stay di India dah lama. mulai tahun ini sudah balik ke Indonesia

      Delete
  13. dari dulu aku memang penginnya yg mampir ke kashmir mbak :D.. komlit bgt infonyaa... aku mau save dulu .. biar gimana india ttp ada dlm list negara yg hrs didatangin :D.. tp rada serem juga baca telat2nya itu yaaa.. kayaknya aku bakaln pake travel insurance biar aman di jln apalagi kalo sampe ketinggalan pesawat selanjutnya gara2 delay :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga segera ke kashmir Mbak.
      Klo golden triangle dan kashmir (naik pesawat) kagak usah khawatir sam yg telat telat mbak, bisa psewa mobil, dan night journey, lancarr

      Delete
  14. TANYA

    Dear.
    emakmbolang.com

    Salam Hangat.

    Sebelumnya perkenalkan nama saya Putri dari Denpasar Bali.
    saya sangat menyukai Blog yang ibu tulis, dan saya sangat tertarik untuk pergi ke India.
    Apakah ibu bisa memberikan beberapa informasi kepada saya?
    Ibu, apakah ibu bisa membatu saya menyusun internary jika penerbangan saya turun di Delhi dan saya ingin mengunjungi Agra, Jaipur, Vendravan. apakah transportasi sewa mobil atau travel tour disarankan dengan biaya yang minimal?
    dan jika dari Delhi apakah ada penerbangan yang menuju mumbai? bisakah ibu memberikan maskapai yang low cost dan direkomendasikan?

    Maaf ya Ibu, saya terlalu banyak pertanyaan. heheee
    ini karena keingin tauan saya akan india sangat besar, dan sebenarnya masih ada banyak pertanyaan yang ingin saya tanyakan, mengingat di google sangat minim informasi tentang india dari pada Backpacker.

    Terima kasih atas bantuannya Bu.
    Salam Hangat

    JAWAB :

    Salam kenal Putri :)
    Semoga sehat ya....
    Vrendavan itu letaknya dekat dengan AGRA. berada di highway antara Delhi dan AGRA
    itinerary seperti ini
    Delhi
    Jaipur
    Agra
    Vrendavan
    Delhi

    Atau bisa seperti ini
    Delhi
    Vrendavan
    Agra
    Jaipur

    Mumbai Delhi, naik pesawat low cost ada indigo. atau coba cek website makemytrip.com

    salam
    Zulfa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mbak, travelling sama teman2, misal jumlah 4 sebaiknya sewa mobil. karena lebih mudah dan waktu lebih fleksibel

      kalau ikut tour biasanya termasuk tour ke kuil kuil sekitar Vrendavan.

      Delete
  15. TANYA

    Dear Mba Zulfa]
    Assalamualaimum Wr Wb

    Saya (55thn) dan istri (54thn) berencana mau wisata ke India untuk pertama kalinya, mohon advis sbb :
    a. berapa lama idealnya untuk masing2 kota dengan menikmati tempat wisatanya terutama Taj Mahal, apakah bisa berangkat sendiri tanpa ikut Local Tour dari New Delhi.
    b. untuk naik kereta api dari new delhi ke agra dan agra ke jaipur apakah bisa beli via online train ticket mohon info websitenya.
    c. untuk Taj Mahal berkeliling melihat sampai puas dengan santai apakah cukup 1 hari (dari pagi sampai sore), apakah bisa bawa camera dan tripod cameranya. Atau ada larangan khusus untuk masuk taj Mahal dll tolong advisnya.
    d. untuk menginap di masing2 kota (New Delhi, Agra dan Jaipur) hotel apa dan dimana yang cukup baik dan recommended
    e. Apakah perlu tambahan tempat wisata lainnya selain new delhi, agra dan japiur?? mohon saran
    f, tolong dapat diberikan iterinary perjalanan untuk kami berdua (santai namun bisa mencover banyak tempat wisata)

    Terima kasih/
    wassalam

    JAWAB

    Salam kenal juga :)

    a. Idelanya untuk Golden Triangle, Delhi, Agra, jaipur itu 5 hari, delhi 2 hari, Jaipur dua hari daan Agra 1 hari, sudah termasuk estimasi perjalanan juga.
    Bisa berangkat sendiri lebih santai. kalau ikut tour, biasanya gabung sama lokal turis, biasanya diajak wisata religi Hindu ke kuil kuil di vrindavan. Daan biasanya kita nggak bisa puas di tempat yang kita inginkan karena mereka kasih batasan waktu.

    b. Iya, semua kereta di India bisa dipesan online, saya sarankan beli tiketnya jauh jauh bulan, 3 bulan atau 2 bulan sebelumnya.

    c. Taj Mahal nggak perlu seharian, setengah hari sudah cukup. Mulai jam 6 pagi sampai jam 12 Siang sudah cukup puas dan santai sambil duduk. Di Taj Mahal sebaiknya Bawa Foto sama dompet (uang) saja. Tripod nggak boleh dibawa. Nanti dpt disposible sandal dan air mineral.

    d.Delhi, saya kurang tahu karena saya selalu tinggal diapartemen sendiri :) kalau di jaipur, di hotel Jaal mahaal haveli. ini hotel dekat Jal Mahal, lokasinya tenang dan bisa denger adzan kalau muslim. Agra , coba kamal Hotel. ini hotel budget dekat taj Mahal.

    e. Saran saya tambah ke kashmir selama 5 hari, jadi total dengan Golden triangle sektar 10 hari an. Sebaiknya ke kashmir naik pesawat. denga estimasi biaya PP pesawat 2 juta. dan waktu terbang sekitar 1,5 jam an

    f. itinerary untuk Usia bapak dengan santai
    Golden triangle saja
    1. epxplore Delhi, Qutub Minar, Humayun tomb dan Old delhi dan makam malam di karim Hotel
    2. Pagi (setelah subuh) menuju Jaipur - istirahat di hotel, explore Jal Mahal dan Amer Fort
    3. Explore City komplek, Jantar mantar , Hawa mahal dan sekaalian belanja di pasar seni sekitar hawa maahal.
    4. Pagi, OTW ke Agra, di tengah perjalanan mampir ke fatehpur Sikri dan Agra Fort. Sore santai di roof top hotel sambil lhat Taj Mahal
    5.Sunrise, keliling taj Mahal. Siang hari balik ke Delhi. Malam balik ke Indoesia
    6. Jika mberencana 1 hari lagi( 6 hari) bisa explore delhi sekalin belanja yakni connaugh place, rasthrapati Bhavan, India gate dan Dilli hat. malam hari terbang ke Indoesia

    Itu wisata lengkap baik di jaipur , Agra dan Delhi.

    ReplyDelete
  16. Oh ya, Saran saya hindari musim panas. antar akhir April hingga Agustus. karena panasnya bakalan mengurs tenaga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas saran dan itinerary untuk golden triangle. Untuk perjalanan darat bila ingin pesan tiket kereta api kewebsite apa? Atau sebaiknya kami berdua menyewa mobil+drivernya sejak dari new delhi, jaipur dan agra kembali ke new delhi lagi. Apakah mba Zulfa punya referensi car rental tsb. Bila menggunakan car rental apakah biaya akomodasi supir (menginap dan makan) selama perjalanan tour ke golden triangle tsb menjadi kewajiban kami atau sudah termasuk dalam package rental tsb. mohon penjelasan dan saran yang terbaik, terima kasih

      Delete
    2. Kalau Kereta Api sebaiknya beli lewat Wesbite, paling tidak 3 bulan sebelumnya.
      Sewa Mobil untuk golden triangle, itu sekitar 3 jutaan, sudah termasuk sopir dan bensin (all in). makanan mereka tanggung sendiri pak. Tapi biasanya saya ajak makan, mungkin karena kita orang indonesia, jadi ada perasaan nggak enak atau sungkan. Untuk hotel sopir itu biasanya sudah disesiakan sama pihak hotel. Jadi misal Bapak nginep di Hotel A, nah hotel A ini nanti ada ruang khusus buat tidurnya Sopir, atau mereka biasnya tidur dalam mobil

      Saya biasanya ada sih pak, lanagganan saya, cuman sekarang sya sudah nggak tinggal di India lagi. tapi saya ada kenalan Mahassiswa India yyang bisa bantu untuk transport untuk Golden triangle.

      Delete
    3. Terima kasih mba Zulfa, oh iya untuk website pesan tiket kereta api (new delhi,jaipur, agra dan kembali ke delhi lagi) diwebsite apa?
      Bila ada nama dan email address mahasiswa india yang bisa bantu transport (mobil rental) untuk golden triangle tour sangat membantu, mohon infonya. salam

      Delete
    4. Beli tiket kereta India disini, https://www.irctc.co.in/eticketing/loginHome.jsf

      Coba follow fanspage saya emakmbolang.com, nanti mention saya di,/nanti saya colek ke mahasiswa yang biasa anter tamu

      Delete
  17. Hi Mba Zulfa..aq mau tanya kalo dari mumbai ke Agra enaknya naik apa ya, aq punya waktu cuma 2 hari soalnya. Terima kasih sebelumnya mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa Naik Kreta, ambil yang express atau rajdhani

      Delete
  18. TANYA :

    Assalamualaikum mbak zulfa,

    Mbak, saya ana dari Kuala Lumpur. saya mohon pendapat mbak tentang itinerary saya ke India. Saya rancang untuk lawat india selama 10 hari. Ittinerari nya seperti berikut:

    3/3/2017 - Sampai Di India ( Dijangka 10 malam)
    4/3/2017 - Gerak ke Srinagar
    5/3/2017 - Jalan ke Gulmarg
    6/3/2017- Jalan ke Sonamarg
    7/3/2017 - Jalan ke Pahagarm
    8/3/2017 - Gerak Jammu untuk ke Mcleodganj
    9/3/2017- Jalan di Mcloedganj
    10/3/2017 - Gerak ke Shimla
    11/3/2017 - Jalan di Shimla
    12/3/2017 - Gerak ke Delhi
    13/3/2017 - Jalan di Delhi
    - Flight balik Kuala lumpur pada malam


    ok ke mbak. pada pendapat mbak transport apa yang sesuai untuk saya ke tempat-tempat ini.

    JAWAB

    WAalaikumsalam
    Salam kenal

    Bulan Maret, Kalau ada uang lebih Saya Sarankan berangkatnya naik pesawat ke Kasmir (800 rb - 1jt). Ambil penerbangan paling pagi, jadi nanti sampai Srinagar bisa dimanfaatkan keliling Srinagar dulu. Itinerary kayak gini

    3/3/2017 - Sampai Di India ( Dijangka 10 malam)
    4/3/2017 - Terbangke Srinagar (pagi) Keliling Dal lake dengan shikara, taman taman di Srinagar.
    5/3/2017 - Jalan ke Gulmarg
    6/3/2017- Jalan ke Sonamarg
    7/3/2017 - Jalan ke Pahagarm, explore pahalgham. Sore hari Dari pahalgham, nggak usah balik ke Srinagar. ngineo disini saja. atau kalau kuat langsung gerak ke Jammu. naik share cost taksi ke jammu, lanjut jalan ke Dharamsala (Mcleodganj) dengan Bus (Phalgham - Dharamsala lewat darat sekitar 15 jam an)
    8/3/2017 - Sampai Dharamsala, lanjut explore mcledganj
    9/3/2017- explore Dharamsala, Malam hari gerak ke Shimla (ada bus langsung ke Shimla dari mcleodganj)
    10/3/2017 - Explore Shimla seharian ( jika kuat, malam hari gerak ke Delhi by bus atau Agra (taj mahal) )
    11/3/2017 - Delhi lanjut Agra (kereta) explore Agra
    12/3/2017 - Siang hari gerak ke Delhi, Explore Delhi
    13/3/2017 - Delhi
    - Flight balik Kuala lumpur pada malam

    Salam

    ReplyDelete
  19. TANYA :

    Assalamualaikum mba zulfa,

    Salam kenal, saya weni
    Terimakasih sebelumnya mba sudah sudi baca email ini. 😊
    Mba, saya boleh minta masukan n sarannya terkait rencana travelling saya ke India khususnya daerah khasmir.
    Rencananya saya brgkat tgl 20 maret - 2 april. Adapun kotanya (pergi) delhi - agra - delhi - srinagar - leh - delhi (pulang).
    Rencana awalnya pada tgl 29 maret perjalanan dr srinagar ke leh via pesawat, namun berhubung di cleartrip pswt sdh penuh n ada teman jg yg berat di ongkos jd kita mutusin via darat. Yang mau saya tanyakan:
    Bgm menurut mba zulfa perjalanan darat di Bulan maret srinagar ke leh? Amankah?
    Rute mana yg lebih mba zulfa sarankan? Ada g mba punya kenalan travel agent di srinagar yg melayani rute ke leh?
    Oiya mba boleh minta no hp atau wa nya krn mau nanya2 lagi, btw saya perginya sama 5 org jg, khusus utk saya ini perjalanan ke LN pertama kali

    Sekian utk sementara yg saya tanyakan mba. Mohon maaf jika ada ketidaksopanan saya mba. Terimkasih mba

    Weni


    JAWAB

    1. Maret, April jalan menuju Leh vida darat (srinagar) masih tertutup salju. Biasanya mulai dibuka Awal atau pertengan bulan Mei.

    2. memang, untuk faktor kesehatan biar nggak kena IMS, sebaiknya ke LEH dari srinaga lewat darat, biar penyesuaian udara dingin dan menipisnya oksigen. tapi dibulan itu jalan darat masih ditutup, satu satunya akses via udara.
    Coba cek penerbangan dari Delhi ke Leh, biasanya lebih murah ketimbang Srinagar ke Leh. di Bulan Maret April, otomatis kamu PP pakai Pesawat

    3. 5 orang memang pas buat share cost taksi, lebih murah jadinya.
    Klo untuk pertama kalinya ke LN dan kamu ke Leh langsung, saya saranin jaga stamina dan bawa obat obatan untuk IMS. karena Leh oksigennya tipis, susah bagi kita khususnya orang tropis. Biasanya, sampai leh itu nggak boleh jalan kemana mana dulu, harus menyesuaikan iklim disana.

    Silahkan tanya lewat komen sini, sekalian temen teman lain bisa baca. InsyaAllah aku reply :)





    ReplyDelete
  20. Kyknya mau di cek ricek lg deh perjalanan ke leh nya hehe.. Btw makasih mba atas sarannya. 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. SSipppp, baca banyak tentang LEH say....

      Delete
  21. TANYA

    assalamualaikum,
    Mbak saya ingin bertanya kira kira kalau mau pergi ke india dengan itinerary yang golden triangle,kira kira budgetnya 6 juta sudah cukup belum ya? saya sudah mencari tiket pp air asia 3.3 jta dengan 2 hotel di jaipur dan delhi kira kira semuanya 1.2 juta nah berarti kan itu sudah 4.5 juta, dengan uang 1.5 juta apakah sudah cukup untuk makan,transportasi,dan masuk ke tempat wisata? Terima kasih atas bantuannya.

    JAWAB

    Waalaikumsalam
    kalau bolhe tahu kamu berangkat sendiri apa sama teman? kalau sama teman bisa ngurangin budget dengan share cost.

    Itu hotel, cari yang agak mrah lagi, biar bisa dialokasikan ke biaya masuk tempat wisata. biaya masuk taj mahal 150rb, istana rata rata 50 - 100 rb. InsyAllah 6 juta cuku.

    kamu list dulu, tempat wista yng ingin kamu datangin, trus total biaya masuk.

    ReplyDelete
  22. TANYA

    Dear emak..

    Perkenalkan saya yeni, belakangan saya sering baca blognya emak tentang India. Saya berencana akan travelling ke India tapi hanya punya waktu 4 hari saja. Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan jika berkenan untuk menjawab,

    1. Saya solo traveller, amankah kira2 untuk travelling ke India? mungkin ada tipsnya
    2. Jikan saya hanya punya waktu 4 hari, berangkat dan pulang via delhi, rutenya kemana saja ya? Saya ingin ke Taj Mahal. Sisanya saya bagusnya kemana saja? transportasi ke taj mahal dari delhi dengan apa?
    3. Internet di sana menggunakan apa?
    4. Emak stay di India kah?

    Terimakasih

    JAWAB

    Salam kenal yeni :)
    1. kalau cewek, saya nggak Saranin Solo traveller. mending cari teman cowok, biar lebih aman. meski ada beberapa cewek Indonesia yang solo travelling ke India dan aman aman saja, saya tetep nggak saranin. Sebaiknya cari teman.

    2. 4 hari, PP dari Delhi, Bisa Golden triangle, itinerary bisa dilihat diatas ya...
    Ke Taj Mahal (agra) dari Delhi, bisa naik kreta, ada beberapa jadwal,mulai pagi sampai malam, ada kok. tinggal search di IRCT jadwalnya

    3. Internet pakai paketdari SIm card provider.

    4. Mulai tahun ini saya sudah nggak stay di India. sudah di indonesia.

    Take carae

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk mba yeni barengan sm aq berangkatnya..hehehe minta no whatsapp nya donk mba,kali aja qt bs sharingan bwt rencana go to india nya.

      Delete
    2. )Quh, seoga bisa barengan brangkat ke India

      Delete
  23. TANYA

    Hi Mbk,

    sharing info donk..kalau mau puter puter hyderabad trus ke taj mahal sekalian brp hari ya? pakai kereta caranya gmn?

    ada gak hotel murah rekomen di hyderabad?
    makasih

    ada wa gak?
    mau donk

    tika

    JAWAB

    Salam kenal Tika
    Aku dulu sewa mobil untuk puter puter Hyderabad.

    Hyderabad ke Agra (Taj Mahal) pakai kreta dengan estimasi waktu 24 jam.

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal emak zulfa..mau ikutan nimbrung ah. Bwt tika,boleh minta no wa nya ga?cz aq ada planning jg nih mau k'hyderabad..siapa tau qt bs barengan..hehehe

      Delete
    2. Silahkan Nimbrung :) WA siapa nih, Wa ku sudah overload :)

      Delete
  24. TANYA

    Asslm mb...

    Piye kabare mb? Mb,, milda bisa minta kontak untuk sewa mobil d srinagar ga? 4 hr untuk rute sonamarg,gulmarg dan pahalgam cukup ga? Klo rute nya seperti ini: srinagar-gulmarg pp, srinagar-sonamarg-pahalgam(nginep semalem)-srinagar worth it ga?

    Btw ada tmn2 yg mw ke sana jg d akhir april g? Ato mb nya mw kesana jg? Bareng aja mb... Br berdua ni.. Mana cewek semua.. Hiks

    JAWAB

    Waalikumsalam

    Waalaikumsalam

    Alhamdullilah baik

    Kontak di Srinagar, ada di postingan tentang Houseboat. aku ewa dari beliau. ada kontaknya di bawah postingan. coba obrak abrik.

    Rutenya itu gini
    day 1 : Srinagar - sonamarg - srinagar
    Day 2 : Srinagar - gulmarg - Srinagar
    Day 3 : Srinagar - pahalgham - Srinagar
    Day 4 : Explore Srinagar dan keliling danau dal

    Jadi untuk ketiga tempat wisata diatas, memnag harus PP ke Srinagar. kare aletaknya saling berjauhan dengan arah yang berbeda. jadi nanti sewa mobil sekalina balik ke srinagar, begitu.

    Mungkin ada temna tean yng ke India adibulan yang sama , mongoooo


    ReplyDelete
  25. salam kenal mak saya tertarik ke india setelah baca tentang india. saya rencana mau ke india sekitar 25 hari start from amritsar. kira2 kota2 mana yang harus saya singgahi mak. kebetulan saya rencana naik kereta aja kota ke kota. rencana saya pulangnya lewat kochi mak. terimakasih ya mak

    ReplyDelete
  26. Semakin sering ubek2 blognya emak semakin tak tertahankan rasa hati pengen segera ke kashmir...lagi pula saya punya teman FB yg orang kashmir dan dia nawarin buat nginap dirumahnya klo saya berkunjung kesana cuman agak ragu juga krn blm tau betul karakter orang kashmir��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bisa ke kashmir soon ya ....

      kalau nggak kenal hati hati. mending nginep di tempat yang pasti dengan harga budget

      Delete

Follow Twitter

Follow Google+

Follow Instagram