Tips Dan Trik Jelajah Kashmir

January 19, 2016

Tips dan Trik Jelajah Kashmir India

Informasi ini menyangkut transportasi, akomodasi, makanan, itinerary dan hal hal yang sebaiknya tidak dilakukan selama di Kashmir

Menjawab banyaknya pertanyaan mengenai perjalanan saya di Kashmir melalui email, maka saya menuliskan beberapa tips perjalanan ke Kashmir sesuai dengan pengalaman saya. Baca tips berikut  sebelum memulai perjalanan ke Kashmir.

1.    Waktu yang Tepat Berkunjung ke Kashmir
Sebagai Informasi, Kashmir memiliki empat musim layaknya negara di Eropa. Musim Dingin (Desember – Februari), Musim Semi (Maret – April), Musim Panas (Mei – Agustus), Musim Gugur (September – Novemver). Bulan Juli – Agustus memiliki curah hujan yang tinggi. Seperti kita ketahui, Kashmir masuk dalam rantai pegunungan Himalaya yang dikenal dengan ketidakpastian cuaca. Sesaat langit nampak biru cerah, tetiba kabut tebal menyapa sekaligus hujan es.

Jadi, kapan waktu yang tepat berkunjung ke Kashmir? Jawabnya : tergantung. Kenapa? karena balik keinginan pribadi masing masing. Ke Kashmir pingin menikmati turunnya salju atau pingin menatap keindahan Kashmir tapi masih ada saljunya?. Kashmir merupakan spot wisata musim dingin dan musim panas. Datang pas winter atau summer menawarkan keelokan tersendiri sekaligus ada plus minusnya. Tergantung dengan kondisi cuaca  dan iklim secara global.

Kalau ke Kashmir pingin menikmati turunnya salju, biasanya orang tropis  paling exited dengan yang namanya salju. Noraknya minta ampun kalau sudah lihat salju, pingin guling guling sampai pingin dibikin es serut. Beda dengan yang pernah tinggal di negara dengan 4 musim, lihat salju dah biasa. Nah, kalau pingin lihat Snow fall, datang saja antara bulan Desember hingga Februari. Kadang akhir November atau pertengahan Maret salju masih turun dengan lebatnya.  Kalau datang pas winter, dinginnya nggak ketulungan hingga -5 bahkan lebih. Beberapa kawasan wisata dan akses jalan menuju Kashmir  sering diblokir karena tertutup salju tebal.

Kalau ke Kashmir pingin lihat tulip garden? Bunga Tulip ini mulai mekar pada saat musim Semi. Cuman 2 minggu saja. Biasanya mulai awal bulan April (musim semi). Sekali lagi, tergantung cuaca juga. Pada saat musim semi terkadang turun hujan di Kashmir. Jadinya sering diterjang hujan es kadang Banjir. Kabut juga masih dimana mana. Kawasan wisata sudah terbuka semua, hanya saja masih banyak salju menumpuk di jalan.

Ke Kashmir pingin lihat Mekarnya Bunga Lotus di atas Danau Dal ? Datang saja Bulan Agustus. Bunga Lotus bermekaran biasanya mulai akhir Juli dan selama bulan Agustus. Kekurangannya, Agustus bertepatan dengan musim hujan di Kashmir, jadinya akses jalan darat menuju Kashmir sering mengalami longsor. Jangankan musim hujan, dimusim apapun sering terjadi longsor. Tapi memang tak sesering dimusim hujan. Jadinya jalan ditutup tiba tiba. Kadang 3 hari hingga satu minggu. Beberapa tahun terakhir Kashmir sering dilanda banjir. Jadi sebaiknya dihindari datang waktu musim Hujan (Juli – Agustus).

Selain itu juga bulan Juli juga bersamaan dengan festival  Amarnath Yatra. Salah satu festival yang diadakan di Gua Amarnath yang dianggap suci agama Hindu ini berada di kashmir. Pada Saat ini umat Hindu di India berbondong bondong datang ke Kashmir. Rame sekali, Bahkan akan susah sekali mendapatkan tiket Gondola (kereta gantung di Gulmarg).

Dan ini info yang paling penting, meski Kashmir tergolong aman untuk dikunjungi, tapi ketegangan bisa dilihat dari banyaknya tentara India dimana mana, khusunya di line of control.  India merdeka tanggal 15 Agustus, mendekati hari kemerdekaan penjagaan kemanan lebi ketat lagi. Doube security. Bahkan banyak jalan di blokade dan Jumlah tentara India semakin bertambah. Seseorang teman pernah bercerita begitu tegangnya keadaan di Kashmir ketika hari kemerdekaan India.


Trus Kapan Bulan yang pas berkunjung Ke Kashmir? Bisa lihat kawasan wisata penuh bunga dan masih bisa main main dengan Salju. Jawabnya adalah Akhir musim semi hingga Awal musim panas yakni akhir April hingga awal bulan Mei (minggu pertama dan kedua). Pada saat ini kawasan wisata utama seperti Gulmarg dan Sonamarg dipenuhi dengan rumput berbungkus Bunga. Kashmir juga terasa sejuk, tapi bagi sebagian orang Indonesia masih terasa dingin. Langit biru dengan gerombolan awan yang sedang berjalan dengan damainya. Danau Dal kinclong dan tidak berkabut.

Ini yang banyak ditanya oleh Pembaca blog, Mbak Zulfa datang Bulan apa waktu di Kashmir? Fotonya kinclong kinclong dan banyak bunga dimana mana. Saljunya juga masih tebal membungkus gunung. Jawabnya adalah akhir Bulan Mei. Tapi tidak saya sarankan, kenapa ? Waktu saya datang kemari winter belangsung lebih lama dari biasanya. Jadi akhir Maret Kashmir masih Winter. Musim semi ‘mundur’, jadinya banyak bunga bersemi dan juga masih banyak salju di pegunungan. Rezeki emak Soleh, hehehe. Selain itu juga, akhir Mei (diatas tanggal 20 ) bersamaan dengan  summer vacation di India alias liburan sekolah. Banyak sekali turis lokal, Srinagar macet plus harus antri di gondola (kereta gantung) sampe menjamur dan kotor.  Ceritanya bisa dibaca disini.


2.    Transportasi ke Kashmir
Kashmir bisa diakses melalui jalur udara dan darat. Beberapa kota besar di India melayani penerbangan ke Srinagar. Ada yang langsung dan ada yang transit di Delhi. Harga tiket pesawat ke Kashmir sekitar 1 jutaan. Beli jauh jauh hari biar lebih murah.

Jalur darat bisa ditempuh dengan kereta Api dan Bus. Saat ini masih belum tersedia kereta api jurusan Srinagar secara langsung. Jalur kereta masih dalam tahap pembangunan, jadi masih terputus putus. Belum terhubung sepenuhnya. Untuk kereta api pemberhentian terakhir dari beberapa kota di India sampai dengan stasiun Jammu Tawi yang berada di kawasan Jammu. Sedangkan dari kota Delhi dan Agra tersedia kereta api hingga stasiun Udhampur (lebih keatas lagi). Dari stasiun Jammu Tawi atau Udhampur bisa dilanjutkan dengan menggunakan Bus atau mobil SUV. Movil SUV yang berkapasitas 7 hingga 15 orang. Mobil SUV ini yang paling banyak kita jumpai baik di stasiun dan terminal di Jammu.

Kalau pingin menggunakan mobil SUV, bisa langsung naik dari stasiun Jammu. Tapi kalau menggunakan bus harus ke terminal Jammu dulu. Jaraknya dari Stasiun Jammu Tawi ke terminal Jammu sekitar 3 KM. Bisa menggunakan autorikshaw dengan membayar 100 Rupee, coba nego aja. Nah, Bus menuju Srinagar ini murah cuman nggak selalu ada dan nggak tepat waktu. Kalau pakai Mobil, sebaiknya tanya dulu dari kendaraan satu ke yang lain, jadi bisa tahu harga umum (sebagai pembanding). Kombinasi kereta (Rajdhani express) lanjut dengan mosil SUV atau bus, memakan biaya sekitar 2000 Rupees.

Dari kota Delhi tersedia bus langsung menuju Srinagar. Busnya bertipe Semi sleeper jadi bisa tidur atau leyeh leyeh. Bus dari Delhi langsung ke Srinagar sekitar 3000 Rupees.

Baik kereta maupun bus memakan waktu 24 jam dari kota Delhi. Jangan khawatir capek, karena kereta dari Delhi – Jammu tersedia tempat tidur dan makanan. Mobil atau bus menuju Srinagar membutuhkan waktu 12 jam. Selama perjalanan berhenti 2 kali di restoran dan penjual manisan. Cerita perjalanan bisa dibaca disini lanjut disini.

Bagaimana jika sudah terlanjur di India dan jalan menuju Srinagar ditutup karena longsor atau Banjir ? Jawabnya naik pesawat atau gaul sama penduduk Kashmir yang ada di Terminal Jammu. Kenapa? pengalaman saya kemarin nggak dapat bus jurusan Srinagar. Di Terminal Jammu, teman teman berkenalan dengan pria asal Kashmir yang tinggal di Delhi. Kami kemudian berbincang bincang dengan beliau. Tiap bulan dia selalu Pulang pergi Delhi – Kashmir lewat darat. Beliau bercerita bahwa akan selalu ada jalur menuju kesana, entah langsung (ada sopir nekad) atau  estafet, maksudnya sambung menyambung. Seperti saya bilang sebelumnya ada jalur kereta yang terputus putus di Kashmir, bisa juga menggunakan jalur ini. Catet! Kalau traveler perempuan tidak ditemani teman cowok, sebaiknya Jangan gunakan trik ini.

3.    Kashmir Sightseeing
Wisata Utama di Kashmir apa saja ?
Sebenarnya bukan itu saja, masih banyak tempat wisata lainnya. Bahkan banyak sekali jalur trekking menuju danau tersembunyi atau puncak pegunungan. Yang saya sebutkan diatas adalah wisata utama yang paling banyak dikunjungi wisatawan.





4.    Itinerary ke Kashmir
  • Day 1 :  Jika sampai siang hari,  sampai di Srinagar bisa istirahat dan jelajah kota Srinagar. Dan jika sampai Srinagar sore atau malam hari (kebanyakan jalur darat baik bus atau kombinasi dengan kereta sampai kota Srinagar sore hari menjelang malam) sebaiknya istirahat sejenak. Tempat tempat wisata di kota Srinagar ini jaraknya tak seberapa jauh, bisa menggunakan autorikshaw atau sewa mobil.
  • Day 2  : Sonamarg
  • Day 3  : Gulmarg
  • Day 4  : Pahalgam
  • Day 5  : Keliling Danau Dal dengan Shikara (biaya 300 Rupees). Update April 2016, biaya 500 Rupees keliling Danau Dal.
Untuk berwisata di ketiga tempat tersebut, yakni Sonamarg, Gulmarg dan Pahalgam masing masing butuh waktu seharian. Pagi berangkat, sore harinya balik ke Srinagar. Bukan hanya tempatnya yang saling berjauhan dan berbeda arah, juga karena kawasan tersebut lumayan jauh dari kota Srinagar. Butuh waktu 2 hingga 3 jam menuju lokasi tersebut. Kemudian masih dilanjutkan dengan jalan kaki atau menggunakan poni.

Transportasi menuju Sonamarg, Gulmarg dan Pahalgam menggunakan mobil SUV berkapasitas 6 – 7 orang. Sewa seharian sekitar 2000 Rupees.  Saya kemarin dapat sekitar 1800 Rupees.


Update April 2016

Biaya naik! kendaraan menuju ketiga tempat tersebut sekitar 2500 Rupee.

Jadi berapa lama waktu untuk menikmati keindahahn Kashmir? Sekitar seminggu. Kalau bisa sebulan, ya. Hehehe banyak, lho, wisatawan mancanegara yang tinggal berbulan bulan di Kashmir.

Berapa budget yang disediakan untuk jelajah Kashmir? Waktu datang kemari saya mengelurkan budget sekitar 7000 Rupees atau sekitar Rp. 1.500.000. All in. Dengan catatan sewa mobil ke tempat wisata saya share cost bersama 6 teman lainnya.

Noted :
Jika dalam perjalanan di India ini sekalian ke Leh, Ladakh melalui jalur darat, pasti akan melewati Sonamarg. Jadi bicarakan dengan pihak yang melayani perjalanan menuju Leh apakah mampir ke Sonamarg sebentar atau lewat saja. Kebanyakan kendaraan menuju  Ladakh ini menggunakan mobil SUV yang kita sewa dari Srinagar (seperti yang kita sewa menuju tempat wisata). Jika datang bersama 4 atau 6 teman kesini lebih enak lagi, sekalian sewa mobill dan bisa kita atur sendiri, Perjalanan ke Leh sekalian mampir Sonamarg.

Jika dari Kashmir rencana balik ke kota lain di India (Jammu), bisa mampir ke Pahalgam karena searah dengan perjalanan pulang. Tentunya ini berlaku jika kalian sewa mobil sendiri. Tapi kalau campur dengan penumpang lain, nggak mungkin.

Saran saya kalau ke Kashmir datang bersama 6 orang teman. Biar bisa sewa mobil sendiri, karena rata rata mobil berkapasitas 6 orang. Bisa share cost (lebih murah) dan ngatur itin dengan baik. Saya kemarin datang bersama 6 orang teman, jadinya lebih murah dan atur waktu semaunya, tanpa diatur atau harus kompromi dengan penumpang lain.


Update April 2016
Bulan Maret Kemarin saya menyewa mobil berkapasitas 8-9 orang dari Jammu ke Srinagar dengan biaya 5.000 Rupee sekitar Rp. 1 jutaan.  Kalau sewa di tempat resmi sekitar 6000 Rupee (Rp. 1,2 juta). Kalau menggunakan Share cab 800 Rupees/orang.


Dari Pahalagham Ke Jammu Sewa Mobil sekitar 4.000 Rupees

Tips : Sampai di terminal Srinagar atau stasiun Jammu disana terpampang papan informasi daftar harga sewa mobil menuju Srinagar atau tempat wisata dan kota lain termasuk Leh, coba kamu lihat harganya. Bisa jadi pembanding. Kadang pemilik houseboat atau hotel menyediakan kendaraan juga. Jangan khawatir dipalak, rata rata orang Kashmir jujur.

5.    Akomodasi
Bisa tinggal di Houseboat di Danau Dal atau hotel sekitaran danau. Kebanyakan Hotel dan penginapan di Srinagar berada di sekitar danau Dal. Harga Houseboat dan Hotel bervariasi, ya, nggak semuanya mahal. Saran saya, tinggalah di Houseboat, sekalian di Kashmir, kenapa nggak merasakan tinggal di Houseboat. Mahal nggak ? Nggak. Saya dulu tinggal di houseboat sehari cuman 500 Rupees atau sekitar Rp. 100.000 Murah bukan ?

Tinggal di houseboat kita bisa merasakan kehangatan keluarga Muslim Kashmir. Mereka biasanya tinggal di sebelah atau dibelakang houseboat. Mereka juga menyediakan makanan khas Kashmir dengan rasa rumahan yang pastinya endang gulindang. Malam atau pagi hari kita bisa berbincang dengan mereka layaknya keluarga sendiri. Bahkan mereka meminta saya mencoba mendayung Shikara. Asyik bukan? Kisah saya bisa dibaca disini. Jangan Khawatir mati kutu di dalam houseboat, mereka mneyediakan Shikara (perahu) untuk antar jemput gratis atau sekedar jalan jalan disekitaran danau. Hingga saat ini saya masih berkomunikasi dengan baik dengan keluarga Pak Firdaus, pemilik houseboat.

6.    Makanan Halal di Kashmir
Mayoritas (90 %) penduduk Kashmir seragam Islam. Rata rata makanan yang dijual di restoran berlabel Halal. Restoran vegetarian juga ada. Cobalah masakan Kashmir karena sangat berbeda dengan masakan India. Tak terlalu berempah dan cocok dengan lidah Indonesia.

7.    Do & Don’t in Kashmir
Banyak tentara India berkeliaran dengan senjata laras panjang di Kashmir. Jangan mengambil foto mereka atau minta foto narsis bersama mereka. Saya sadar betul kalau orang Indonesia suka narsis dan kadang menggampangkan sesuatu. Please, hormatilah keadaan keamanan yang ada. Cukuplah, hal ini terekam dalam memori dan hati.

Penting! Jangan mengambil foto candid Cewek Kashmir. Lelaki Kashmir sangat menghormati dan menjujung tinggi wanitanya. Wanita di Kashmir dan India Muslim lainnya menyebut wanita sebagai aurat (bahasa urdu wanita itu sendiri adalah aurot). Secanggih apapun kameramu dan sepintar apapun kamu mengambil foto, Please nggak usah ambil foto cewek Kashmir. Hormatilah. Sebagaimana kamu ingin ibu dan kakak perempuan kamu ingin dihormati oleh lelaki lain.

Kalau ambil foto cowok Kashmir? Silahkan. Nggak usah candid juga tidak apa apa, mereka dengan senang hati bersedia difoto. Saya sendiri punya koleksi foto ketampanan cowok Kashmir *dibalangkamera.

Bawalah Jaket dan baju hangat yang cukup. Kashmir lumayan dingin apalagi wisata utamanya berada di pegunungan. Meski musim panas, tetep saja terasa dingin menggigil. Penting juga bawa pelembab bibir, seringnya bibir kering dan pecah pecah.

Begitulah tips jelajah Kashmir dari saya. Jika saya kelupaan dan teringat sesuatu yang penting dalam hal perjalanan jelajah Kashmir, InsyaAllah saya akan update informasi ini. Atau teman teman punya tips dan trik lain silahkan berbagi. Semoga bermanfaat.



Update April 2016

Alhamdullilah. Bulan kemarin saya diberi kesempatan untuk mengunjungi Bumi Kashmir (lagi). Jika dulu saya datang bersama teman teman. Kali ini saya datang bersama Si kecil Najin dan Mbak Andri. Shah Jahan kemana? Sibuk cari duit buat mbolang anak dan istrinya. Hehehe.

Bisa dibilang perjalanan ini adalah perjalanan Family backpacking ke Kashmir. Perjalanan kesana pun penuh dengan tragedi dan ‘keseruan’ tersendiri. Ketika bersama dengan teman teman, semua lancar dan aman. Dan ketika mengajak si kecil, lha kok malah ada kejadian aneh aneh.

Mulai tiket kereta salah tanggal trus ‘dilempar’ oleh petugas di sebuah kota kecil antah berantah ditengah malam gulita (halah). Lho kok bisa mak? Wis emboh, ntar aja ceritanya, ya. Kalau di ingat ingat bikin nafsu nguntal kereta api.

Melas maneh, keesokan harinya terdampar di Jammu karena jalan ditutup. Ada aja. Tapi dibalik semua kejadian itu, ternyata Allah menyimpan kebaikan dan keindahan tersendiri ketika kami sudah menjejakkan kaki di bumi Kashmir. Alhamdulliah. Ceritanya nyusul, ya.

Balik ke Tips tambahan :  Ketika saya berkunjung kesana akhir bulan Maret yang lalu. Seperti saya bilang sebelumnya, bahwa ketika ke Kashmir lewat darat di bulan Maret dan April sering hujan dan jalanan tertutup. Dan itu terjadi pada saya saat berkunjung bulan Maret kemarin. Jalanan (Jammu ke Srinagar) ditutup beberapa hari karena longsor dan diberlakukan sistem buka tutup jalan. Bahkan dua orang temen yang datang kesini beberapa hari sebelum saya, terjebak 2 hari ditengah jalan.

Sitem Buka Tutup jalanan dari Jammu ke Srinagar ini ada dua. Pertama, semua kendaraan baik dari Jammu atau Srinagar diperbolehkan lewat, hanya saja dibeberapa titik jalan diberlakukan buka tutup. Jadi ada antrian panjang di tengah jalan.

Kedua, sistem buka tutup diberlakukan mulai dari awal. Maksudnya gini, hari ini jalan dibuka khusus untuk kendaraan dari Jammu ke Srinagar saja. Sedangkan kendaraan dari arah Srinagar ke Jammu tidak diperbolehkan. Keesokan harinya berlaku sebaliknya. Jadi gantian.

Dan sayangnya Maret dan April adalah musim bunga Tulip. Jadi banyak yang pingin ke Kashmir. Ditahun ini, musim panas datang lebih awal. Jadi taman bunga Tulip di Kashmir dibuka pertengahan Maret. Biasanya dibuka akhir Maret atau awal April.

Tips dari saya Jika datang di bulan Maret atau April
  • Jika lewat darat persiapkan waktu lebih, sehari atau dua hari. Karena jika terjadi tanah longsor atau terjebak dijalan kamu nggak harus bingung mengejar jadwal penerbangan balik dan masih bisa jelajah kota kota lain di India. Usahakan Kashmir sebagai kota pertama untuk dikunjungi dalam itinerary. Selanjutnya baru kota lain seperti Golden triangle (Agra, Delhi, Jaipur) atau kota lain.
  • Jika punya dana lebih dan nggak punya banyak waktu, sebaiknya menggunakan pesawat. Harga tiket sekitar 3000 atau 4000 Rupees jika beli jauh jauh hari. Pengalaman saya kemarin, saya beli satu hari sebelumnya kena tiket 5400 atau sekitar Sejutaan. Saya menggunakan Go air. Dengan menggunakan Maskapai Go Air untuk anak dibawah 12 tahun dikenakan biaya 75% 
  • Kalau datang pada bulan ini, berdoa yang kenceng dan banyak Sodaqoh biar jalannya lancar. Aamiin



You Might Also Like

144 $type={blogger}

  1. Wah keren dan lengkap tips nya mak,,, wajar mak orang Indo gumunan dengan yang namanya salju,,, lawong di Indo nggak ada tuh salju kecuali kalau mau mendaki cartenz dulu. semakin penasaran dengan Kashmir,,, eh, cowok nggak bisa ambil foto wanita to,,,tapi kalau cewek boleh ambil foto cowok. Kalau begitu lebih baik aku tak nggak ambil kedua - duanya dah, percuma ntar ndak dikira nggak waras. Kalau boleh ambil foto wanitanya kan lumayan, bisa buat dokumentasi dan menambah koleksi :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh Iya suka sama salju. beruntung ya jadi cewek? bisa mabok ambil foto cowok, hahaha.

      Delete
  2. Hehe kl tourguide nya mb zulfa sendiri bs ga? Dijamin aman... Mulai dr bahasa and keadaan sekitar kan udah berpengalaman

    ReplyDelete
  3. Hehe kl tourguide nya mb zulfa sendiri bs ga? Dijamin aman... Mulai dr bahasa and keadaan sekitar kan udah berpengalaman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh, monggo kalau saya lagi nggak (sok) sibuk :)

      Delete
  4. wah mbak Zulfa kece dah.... saya idhem and bersyukur mbak bisa lihat India tanpa harus ke sana... kece amit mbak yg satu ini moga makin berkah ya mbak hehe.,...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari dulu aku memang kece *dibalangkoco. hehehe
      Alhamdulilah, semoga kamu bisa main main ke India juga.

      Aamiin Ya Allah

      Delete
  5. Do and dont tentang ambil foto candid cewek kashmir itu penting banget, apalagi kayak saya itu pengin ambil foto candid penduduk lokal, apalagi kalau di India yang wanitanya canti nan eksotis itu. *dibalangkamera

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ambil foto penduduk lokal boleh saja, asala jangan cewek.

      Yuhuuu, apalagi cewek kahsmir, duh duh duh cantik nian. Semoga nggak digampar sama mama Ivon

      Delete
  6. bagus banget tips-nya
    mudah2-an sudah hapal tips ini .. saya juga bisa ke sana ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Bisa lho Mas sepedaan kelilng srinagar, lebih asyik malah.

      Delete
  7. Insha allah ada kesempatan ke kashmir saya pengen juga foto narsis sama cowo kashmirnya komplit deh kan nazar bikin salju diguyur madu pengganti sirop sudah saya tunaikan :). Btw tapi cewe kashmir boleh ngobrol dg orang asing laki2 mbak? Atau tdk boleh krn aurot itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. ntar foto bareng diatas danau Dal dg background pegununungan, sekalian dah foto Pre wedding :)

      Sebenarnya nggak boleh, karena imagenya jelek. cuman ada juga yang ngobrol seperti biasa.

      Delete
    2. Kapan ke Kashmir lg bu??
      Ada planing ga utk Oktober - November ? Kalau Ada, boleh
      Ikutan gabung bu??
      Aku kepingin bngt ksana 😊🙏

      Delete
  8. kapan aku ke kashmir :( #nangisdipojokan
    ajak aku dong mbk :P #ngarep hehehe

    ReplyDelete
  9. Kapan waktu yang tepat berkunjung ke Kashmir? Jawabku tergantung isi dompet, mbaaaaaak :D
    Bookmark baik-baik postingan ini buat sangu kalo ke Kashmir ;)

    ReplyDelete
  10. aduh mbak ngiler, pengen ke kashmir. duit mna duiiit

    ReplyDelete
  11. cowo2 di sana banci foto ya mba :p .. tp hrs diakuin emg cakep2 kok :D.. komplit bnr ini tips liburan k kashmirnya... aku save dulu... aku sndiri lbh suka kalo liburan itu pas winter sih... krn emg ga kuat panas.. pusing tiap kali kena panas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, cowok Kashmir suka kok kalau difoto, kadang ada yg malu2, biasa aja dan ada yg norak kebangetan juga. :)

      Sipppp, datang aja January mbak, seger lihat snowfall

      Delete
  12. Hahaha... ini pasti sangking banyaknya yang nanya yaa... tetapi terima kasih banyak ya mba karena postingan ini berguna banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, banyak sekali yang tanya. Dan meski ada postingan ini tetep masih banyak yang tanya. Sama sama :)

      Delete
  13. Ahlaaaan. Duh jadi berdosa ini nantangin si Indra buat dapetin foto cewek Kashmir >.< eh tapi ada cewek Kashmir yang malah minta foto sama kami, ammy ammy sih di kantor TRC ihihihi. Aku dapet foto cewek Kashmir sekali pas di Tulip garden, nggak candid, dan mereka cuek aja, Apa bukan Kashmiri ya? hmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau nggak tahu nggak papa. Kalau cuek dan minta foto bukan Khasmere Ya meski putih, bisa jadi India Utara tapi bukan Khasmere.

      Klo di Khasmir, para pria Pasti ngingetin utnuk tidak mengambil foto wanita mereka. Bahkan aku yg perempuan nggak boleh.

      Delete
  14. Mbak Zulfa, Kashmir ini termasuk bucket list saya banget! Thanks so much for the tips :) Trus malah dibikin penasaran sama kulinernya, udah pernah bahas soal yang satu ini belum mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama

      Semoga disegerakan berangkat ke Kashmir ya.

      Sudah pernah saya bahas tentang kuliner dan muniman kashmir, obrak barik saja blog nya

      Delete
  15. Mbak, pertengahan agustus kan masih summer tuh. Apa masih ada kesempatan buat lihat salju tipis2 di gulmarg ya? Atau ada rekomendasi lain tempat yg bisa buat lihat salju di india pas agustus? Thanks

    ReplyDelete
  16. Mbak, pertengahan agustus kan masih summer tuh. Apa masih ada kesempatan buat lihat salju tipis2 di gulmarg ya? Atau ada rekomendasi lain tempat yg bisa buat lihat salju di india pas agustus? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertengahan Agustus musim Hujan.

      Di Gulmargh masih bisa yang di phase 2 yang paling atas. Tergantung musim dingin tahun yg sama, kalau banyak masih ada.

      Kayaknya harus Nanjak kau mau lihat salju.

      Delete
  17. Salam kenal mba.. mau tanya jadi budget dari indonesia ke kashmir yg perlu di persiapin berapa y ba? Misalnya untuk budget 1 minggu dan semuanya dari indonesia dan smpe pulang lagi ke indonesia.. mksh mba..😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Delita :)

      Budget tergantugng pesawat juga, mau turun mana ? Klo turun Delhi pesawat PP sekitar 5-6 juta. kalau tururn India selatan lebih murah.

      Seminggu di kashmir biaya hidup sekitar 2 jutaan

      Delete
    2. Terimakasih ba zulfa infonya.. 😊 jadi budget ke kashmir 1 orang bisa sampe 10 juta y ba? Kirain bisa 5 juta..😂😂😂

      Delete
    3. Terimakasih ba zulfa infonya.. 😊 jadi budget ke kashmir 1 orang bisa sampe 10 juta y ba? Kirain bisa 5 juta..😂😂😂

      Delete
    4. Bisa 5 jt, Cari tiket promo ke Daerah selatan India seperti kolkatta, chenai, hyderabad. pesawat lebih murah. trus ke Kashmir nik kreta kurang lebih 2 hari. bisaaaaaaa aja budget juta

      Delete
    5. Oh gtü ba zulfa.. aku boleh minta kontek ba zulfa ga ba? Jadi enak kalau mau tanya2 lagi hehehe.. rencana mau di planning dulu untuk bisa jalan2 kesana.. klo boleh minta konteknya kirim ke email q aja y ba delitanusantara@gmail.com .. terimakasih banyak ba zulfa..😄😄😄

      Delete
    6. Tanya disini juga boleh, sebanyakkkkk mungkin, hehehe InsyaAllah aku reply.
      kalau mau private boleh email ke attini.zulfayah@gmail.com

      Delete
    7. Baik banget ba zulfa..😆😆😆😆 q pgn bgt bisa ke kashmir tp budget2 5 jutaan dengan waktu 1 minggu ga akan mungkin y ba? Dan urus visa juga kena brp y ba harganya? Ba zulfa skrg di indonesia?

      Delete
    8. kalau 5 jutaan , bisa, cari tiket promo. tapi sediakan waktu lebih banyak lagi. soalnya tiket promo tujuannya ke India selatan dan butuh waktu 2 hari (satu kali jalan) lewat darat ke kashmir. total bolak balik 4 hari, itu perjalnan saja. plus seminggu di kashmir, biar puassss

      Delete
    9. Visa turist kena 49 $, ya sekarang aku di Indonesia

      Delete
  18. Terima kasih.

    Wah, Meluncur kesana segera.

    ReplyDelete
  19. salah satu impian dalam hidup,melihat keindahan kashmir

    ReplyDelete
  20. Salam kenal Mba Zulfa
    Saya ingin tanya bagaimana sewa mobil di srinagar? Apakah di hubungi sebelum ke India atau DEAL begitu saja di srinagar? Apakah ada di sekitar bandara Srinagar?
    Mobil yg Zulfa pake apakah berganti ganti tiap hari atau sejak pertama dengan mobil yg sama?
    Di srinagar Zulfa nginap di penginapan apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga :)

      Saya sewa mobil dari pemilik Houseboat yang kami inapi. Saya menginap di Veena Palace houseboat. di Dal Gate Nomer 7.
      Mobil yang kami pakai berganti ganti tiap hari.
      kalau sewa dari terminal Ada, klo dari bandara kurang tahu, ya. Kemarin waktu dibandara saya nggak lihat, karena dianter langsung oleh pemilik houseboat.
      Harga sewa mobil disana rata rata sama.

      Delete
  21. Salam perkenalan, mba. :)
    Saya bercadang ke kashmir pada disember nanti. Plan saya adalah untuk melalui jalan darat dari jammu ke srinagar. Apakah kemungkinan jalan ditutup pada waktu itu kerana winter?
    Bolehkah mba berikan cadangan route yang sesuai?
    Terima kasih ya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Ibrahim :)

      Tutup atau bukanya jalan tergantung banyaknya Salju pada saat itu. Jika terlalu banyak dan tebal, jalan darat biasanya tutup. Dan kendaraan akan menunggu hingga jalannya dibersihkan dari salju yang menumpuk. Jadi, Biasanya sekitar 3 harian ditutup.

      Route alternatif, itu estafet. Nggak tentu juga. karena kamu cowok, Nanti bisa berbincang sama penduduk setempat yang lewati jalur alternatif.

      Biasanya gini, Jammu - patnitnop - anantnag- Naik kreta lagi menuju Kashmir

      Atau dari Jammu naik kreta lagi hingga Udapur - Patnitnop- nanti estafet juga.

      Semoga lancar perjalannya nanti. Aamiin

      Delete
    2. Mbaa mau ke Kashmir Dcember ini tgl brpa ??
      Saya jga ada rencana december ini siapa tahu bsa bareng gitu 😊😊😊

      Delete
    3. Wah ajib anget desember, saljunya buanyakkkkkk

      Delete
  22. Sampe skrg sebatas membaca,membayangkan dan menanyakan ttg Kashmir sama emak mbolang. Belum kesampaian ke Kashmir.. ehhh si emak sdh atau di Indonesia. * Nglirik celengan blm penuh* kapannnn y mak bs sm emak ke Kashmir. Pokoke nganut wis penganut nganutnya mau dibawa kemana sm emak. Sg ptg tekan India

    ReplyDelete
  23. Sampe skrg sebatas membaca,membayangkan dan menanyakan ttg Kashmir sama emak mbolang. Belum kesampaian ke Kashmir.. ehhh si emak sdh atau di Indonesia. * Nglirik celengan blm penuh* kapannnn y mak bs sm emak ke Kashmir. Pokoke nganut wis penganut nganutnya mau dibawa kemana sm emak. Sg ptg tekan India

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, Semoga celengan segera penuh ya dan bisa sampai India, khususnya Kashmir

      Delete
  24. Ibu...saya ada rencana berkunjung ke sana Desember ini
    Saya ada kenalan wanita kashmir dan klganya di Srinagar udah baik banget kaya saudara sering video call
    Pengen banget ke sana
    Itu klw buat solo traveller aman gak yaa ?
    Trus klw saya menginap di rumah mreka
    Skiranya ada saran ?
    Kira2 brpa budgt yang harus disiapkan untuk ke sana di luar tiket Indo-India
    Terima kasih 😚😚

    ReplyDelete
  25. Ibu...saya ada rencana berkunjung ke sana Desember ini
    Saya ada kenalan wanita kashmir dan klganya di Srinagar udah baik banget kaya saudara sering video call
    Pengen banget ke sana
    Itu klw buat solo traveller aman gak yaa ?
    Trus klw saya menginap di rumah mreka
    Skiranya ada saran ?
    Kira2 brpa budgt yang harus disiapkan untuk ke sana di luar tiket Indo-India
    Terima kasih 😚😚

    ReplyDelete
  26. Ibu...saya ada rencana berkunjung ke sana Desember ini
    Saya ada kenalan wanita kashmir dan klganya di Srinagar udah baik banget kaya saudara sering video call
    Pengen banget ke sana
    Itu klw buat solo traveller aman gak yaa ?
    Trus klw saya menginap di rumah mreka
    Skiranya ada saran ?
    Kira2 brpa budgt yang harus disiapkan untuk ke sana di luar tiket Indo-India
    Terima kasih 😚😚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nak :)

      InsyaAllah kalau Kashmir solo Travelling aman aman saja, kayak Indonesia.
      kalau nginep sama mereka GPP, mreka welcome aja. Jaga tingkah laku saja. Bawa oleh oleh juga, hehehe.

      Seminggu, sekitar 3-4 jutaan, tergantung juga, nanti kesana kemari sewa mobil sendiri atau share. trus juga lanjut pakai kuda atau jalan. Soalnya dari tempat turun mobil ke tempat wisata agak jauhan, tapi klo kuat bisa jalan

      Delete
    2. Ibu...ada no. Pribadi yg bsa dihubungi gak ??
      Mau tnya2 banyak tmsuk visaa
      Maaf ya jdi mrpotkan
      Atau bsa ke email aku ja X ya yanti.salamah23@gmail.com
      Maaf sx lagi jd bnyak prtnyaaaa

      Delete
    3. Gpp, ngakk ngerepotin kok.
      Cuman, untuk Visa bisa dibaca disini
      http://www.emakmbolang.com/2015/02/cara-mengurus-voa-online-india.html

      Delete
  27. Assalamualikum, salam. Kenal nggih mak
    Weh baca postingan di blog e si mak.. Keren sekali
    Sejak lama. Pingin pergi india xan Kashmir.
    Tapi si.boss ora tau gelem tak cak mak. Katanya india dan. Kashir gk am an
    Nah setelah baca blog si mak.. Aku jadi ada keberanian untuk pergi lihat taj mahal yo mak
    Kapan mak ke india lagi
    Berapa semua biayanya. Mak
    Kasih kisarannya mak
    Biar aku bisa nyiapin.... Gitu mak
    Makasih yo.. Mak sayang
    I loppppppp tulisane mamak... And mamak memang vaul....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Salam kenal Balik
      klo ada yang bilang aku keren, hidungku kembang kempis, hehehe

      Klo India nggak aman, tapi klo Kashmir aman banget. Solo travelling cewek Rapopo. Ra sah khawatir.
      Taj Mahal di Agra, sekitar 4 jam an dari Delhi.
      Biaya itu tergantung berapa hari. biasanya klo 2 minggu di India, dengan arrival dan depart dari dari India selatan sekitar 10 jutaan, all in.

      I looooop you to

      Semoga bisa ke India dan ancar perjalanan, ya.Aamiin

      Delete
  28. Assalamualaikum maak.... Salam kenal yaa. Insyaallah pengen jalan ke india diakhir 2016 atau awal tahun 2017. Target ber 10-12 yang brgkt. Boleh dong mak dibagi no telp pak firdaus pemilik houseboat, jd kita bs stay disana juga... Email saya dong maak rie.arifianto@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam

      Salam kenal juga :)

      Ini nomer keponanakan Pak Firdaus yang juga mengurus Houseboats.
      Kamu bisa whatsapp di di nomer ini +919796708686

      Delete
    2. Oya mak, nanya lagi kalau dari srinagar balik ke delhi via darat, perlu brp lama berapa duit dan seperti apa itinerary nya ya? Apakah selama diperjalanan menuju delhi ada bbrp tempat utk singgah?

      Delete
    3. Oya mak, nanya lagi kalau dari srinagar balik ke delhi via darat, perlu brp lama berapa duit dan seperti apa itinerary nya ya? Apakah selama diperjalanan menuju delhi ada bbrp tempat utk singgah?

      Delete
    4. Srinagar ke Delhi, Transportasinya naik share Cap dari Srinagar ke Jammu, lanjut naik kreta ke Delhi. Duit sekitar 2000 Tergantung kelas kreta yang dipakai. Singgahnya waktu di Jammu itu. Ntar waktu naik share cap dari Srinagar ke Jammu, mereka berhenti 2 kali yakni untuk makan dan minum teh

      Delete
    5. Ohh gitu ya mak...
      Mak, nomernya yg itu saya WA, saya sms juga gak direspon. Ada nomer lain atau rekomendasi lain mak?
      Maaf banyak sekali nanya nya he he hee

      Delete
    6. Wah, aku adanya nomer itu saja. kayaknya bisa dibooking di Agoda, coba cek lagi. InsyaAllah kalau luang, aku whatsapp dia, mungkin ganti nomer atau gimana.

      Delete
  29. Pengen banget ke kashmir apa lagi sering di critain sama temen2 dri kashmir klo disana itu surganya dunia n pengen main salju (maklum belum pernah liat salju) hhhh pengen nyobain apel kashmir yg terkenal :-) :-) :-)

    ReplyDelete
  30. Pengen banget ke kashmir apa lagi sering di critain sama temen2 dri kashmir klo disana itu surganya dunia n pengen main salju (maklum belum pernah liat salju) hhhh pengen nyobain apel kashmir yg terkenal :-) :-) :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Kashmir memang mempesona banget.
      Semoga lihat Salju secepatnya, Ya. Aamiin
      Seger apelnya, sekali gigit freshnya terasa

      Delete
  31. emak nanya lagi ya buat itin aku ..hehe :*
    berarti sewa mobil SUV nya selama 3 hari sekitar 2.500 Rupee?
    (buat ngantar ke 3 tempat Sonamarg, Gulmarg, Pahalgam) kan buat ke 3 tempat itu makan waktu seharian...
    bener ga mak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. -edited-
      emak nanya lagi ya buat itin aku ..hehe :*
      berarti sewa mobil SUV nya sekitar 2.500 Rupee selama 3 hari?
      (buat ngantar ke 3 tempat Sonamarg, Gulmarg, Pahalgam) kan buat ke 3 tempat itu masing2 makan waktu seharian...
      bener ga mak ?

      Delete
    2. 2500 Rupee itu sehari, kalau 3 hari tinggal kalikan saja.
      Itu sudah termasuk Murah, soalnya itu sudah mobil, sopir dan bensin. All in
      Yap, masing masing tempat sehari. nggak bisa digabung.

      Soalnya tempatnya saling berjauhan dan butuh waktu setidaknya 2-3 Jam untuk sampai tempat tersebut dari Srinagarnya.

      Delete
  32. oh iya mak ..
    emak sdh pernah ke ladakh ? ato leh ladakh..
    sewa mobilnya brpaan ya ? aku liat di map, ladakh jauh lagi dari sonamarg..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum, 3 rencana gagal. Huhu hu padahal pingin banget.

      Kemarin aku tanya ke pak yang sewakan mobil, katanya 2 juta sekali jalan. mobilnya cukup buat 4 orang. Share cost taxi ada kok

      Delete
  33. Hallo mak, saya Inas..setelah membaca blog nya, jadi tertarik untuk ke kashmir, emak ada cp yang bisa di hubungi, maksudnya email? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo Nak
      Salan kenal Inas :)

      kalau tanya tentang perjalanan tanya melalui komen saja, biar temen lainnya sekalian bisa baca.

      kalau pertanyaan personal email aja ke attini.zulfayah@gmail.com

      Delete
  34. Salam kenal mak, saya pingin bgt ke kashmir tahun depan, tapi cuti saya max 5 hari.. Waktu segitu kurang ya mak buat eksplore Kashmir?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau bisa digenepin 7 hari say. sebenarnya bisa saja 5 hari, cuman kurang puas. perjalananya juga butuh waktu

      Delete
  35. Assalamualaikum Mba Zulfa,
    Slam kenal. Saya boleh tanya ya..
    Saya rencana mau ke Kashmir akhir bulan April. Pinginnya ke Srinagar & sekitarnya, Manali - Rohtang Pass, dan Agra. Nah yang ingin saya tanya :
    1. Dari Srinagar ke Manali, baiknya saya naik pesawat ke Jammu, lalu lanjut ke Manali dengan bus (15 jam), atau dari Srinagar ke Delhhi via udara, lalu ke Manalinya dari Delhi via bus?
    2. Rohtang Pass bulan April sudah dibuka belum ya?
    3. Gulmarg tetap buka kan bulan April?
    4. Delhi/Agra panas banget ya bulan2 segitu?
    Segitu aja dulu, he..he..
    Makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam Wr Wb

      Salam kenla juga :)

      1. Dari Srinagar ke Manali rute darat. Rutenya gini, Srinagar - Jammu - di terminal jammu cari bus menuju Pathankot - Dari terminal Pathankot Cari bus Ke manali.

      Atau..... Rute langsung (kadang ada). Dari Jammu cari bus Langsung ke Manali. Jarang, tapi ada kok.

      2. April, belum dibuka Rohtang Pass. biasanya sampai Marhi point (sekitar 10 KM dari Marhi) keren juga, ada di blog ku tentang Marhi ini.
      Rohtang pass itu tergantung lamanya winter. kalau winternya pendek, kemungkinan sudah dibuka. akalau nggak, ya sampai Marhi saja.

      3. Gulmarg Buka sepanjang tahun

      4. Delhi/ Agra , iya bulan segitu dah mulai panas, tapiiii nggak cetar kok.

      Sama sama

      Semoga lancar perjalannanya, ya... Aamiin

      3.

      Delete
  36. assalamu'alaikum mak salam kenal saya Shandy
    makasih banget Tulisan nya bikin saya jadi kesemsem dengan Kashmir ...
    insya Allah saya bakal ke kashmir pertengahan bulan Maret 2017...., menurut emak bulan segitu lagi bagus gak cuaca di sana ??
    Terima kasih mak sebelumnyaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam

      Akhir Maret itu sudah mulai musim semi, cakep kashmir. Tulip garden juga dah buka.
      Cuman, aku saranin pakai Pesawat aja. karena maret itu sering terjadi tanah longsor di jaanan menuju kashmir. karen Salju mencair jadi banyak landslide

      Delete
    2. Waalaikumsalam, maaf tadi lupa jawab salam.

      Delete
  37. halo, mau tanya, kalo dari stasiun jammu mau pakai mobil SUV bisa cari rental di online gmn ya yg rekomen? itu total dr kereta plus sewa mobil 2000 rupee ya? atau tahu brp kisaran harga sewa mobil dr jammu ke srinagar? makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak pkai rental online say. Sebanrnya nggak rental semua mobil gitu ya, Jadi semacam mobil pribadi yang diapakai bersama. kayak mikrolet gitu, hanya saja ini pakai mobil pribadi. Turun stasiun langsung ada kok sekarang. jadi ada semacam konter gitu. Iya toral segitu.
      sama sama

      Delete
  38. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  39. ada yang mau bareng ke kashmir, tapi mungkin tahun depan..mak bolang salam kenal..kira2 mak bolang kapan ke kashmir lg? pengen ikut dong..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga

      Hehe belum tahu say, nunggu yang kasih ada yang kasih tiket gratis

      Delete
    2. Assalamualaikum...
      Saya juga mau tahun depan kira kira kita bisa barengan gak ... Biar seru perjalanan nya

      Delete
    3. Allo aku sama temen (baru berdua) rencananya mau ke India tgl 11-20 April sesuai saran mak.. Lg nyari barengan lagi supaya bisa share cost mobil.. :D
      Numpang posting ya mak..
      Makasih..
      Evi 081236856950

      Delete
  40. Halo mbak, mau tanya2 ya.

    Aku mau ke Manali, rencana mau main2 salju di solang valley. Bagusnya di bulan apa ya? Trus untuk transport apakah ada Bus dari Bandara New Delhi ke Manali dan sebaliknya? kalau ada naik bus nya dari mana? berapa waktu tempuh dan berapa tarifnya?

    terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo

      bagusnya main Saljur di manali adalah Akhir Desember atau awal januari
      Ada bus langsung dari New Delhi ke Manali dan sebaliknya.
      Busnya di Delhi biasanya standby di dekat stasiun Delhi Metro. Busnya ini biasanya dipesan dulu, Online ada kok. Di Manalinya, bisa beli di hotel atau di Mall Area. ada box khusus penjual tiket bus dengan harga yang sudah dicantumkan.

      Jarak tempuh sekitar 10 jam, siapin obat anti mabok, meliuk liuk pegunungan jalannya. tapi keren peandanganya. Dan kebanyakan overnight journey busnya

      Delete
  41. Halo mbak Zulfa. Saya rencana ke Khasmir bulan Oktober selama satu mingguan berangkat dari KL. Lumayan dpt tiket radak murah ya KL-Delhi PP 2.1 juta. Meskipun temen malah dpt lebih murah PP 1.7 juta tapi gak masalah lah. Krn sebelum"nya ngecek harga tiket terus dptnya 2.8 juta jd ini udah turun langsung deh booking. Nah ntar kan beli lagi tiket dr Delhi ke Srinagar masih saving duit plus uang saku 😅. Oia.. kalau dari Airport Srinagar mau ke Dal Lakh itu berapa lama? Krn rencana tinggal di houseboat deket situ. Dan aman tidak ya krn saya solo travel dan cewek. Radak serem krn di India cewek rentan masalah kalau jalan" sendiri. Trus kalau sewa sepeda othel itu berapa tarifnya perhari. Dan kira-kira Oktober bakal bagaimana keadaannya. Maaf panjang lebar. Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo...

      Nggak seberapa jauh kok antara badndara dengan Dal Lake, sekitar 20 menit an. yang lama itu macet sama pemeriksaan.

      Kahsmir itu aman banget buat solo traveller. jalan santai nggak bakalan ada yang ganggu, paling orang nawarin penginapan atau perahu atau jualan souvenir. Banyak kok cwek solo travelling ke Kashmir (Klo sisi India lain nggak saranain).

      Waduh, aku belum pernah sewa sepeda onthel di selama di Kashmir, lebih suka jalan kaki waktu di Srinagarnya.

      Oktober di Kashmir biasa aja, maksudku blm snow fall, tulip juga nggak. hanya saa bulan itu Pahalgham lagi musim panen buah apel.

      Semoga lancar perjalanan

      Delete
    2. Jadi, gak ada tulip ya mbak :( gak ada salju juga? nangis deh.. dapat jatah cuti bulan itu. Dan katanya Oktober bagus tapi kalau gak ada saljunya trus gimana. Kalau gak ada tulip trus gimana... stay di houseboat doang dong.. :(((

      Delete
    3. nggak ada tulip. naik keatas lagi biar dpt salju. oktober bagusnya itu clear, angkasa jernih

      Delete
    4. halo kak 😊😊😊 salam. seneng banget baca bloggernya kakak. mau nanya2 nih kak, buat dapet tiket pp yg worth it gimana ya kak? buat dr indo ke kashmir 😭😭😭 mahal2 bgt sampe 14juta huhu thankyou kakkak sebelumnyaa

      Delete
    5. 14 Juta ??? mahal nian kaka. itu 14 juta bisa buat tiket dan keliling india selama sebulan hehehe.

      Ttiket PP delhi ke Kashmir sekitar 2 juta.
      Nah dari jkt ke delhi. PP sekiatr 6 juta. coba hunting tiket promo, kadang PP cuman 3 juta

      Delete
  42. Assalamualaikum...
    Kira kira biaya perjalanan nya berapa ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. berapa itu tergantung tie perjalana? dan juga teman jalan. tipe bekpek atau ala turis? ada teman buat share cost atau tidak? itu pengaruh banget di budget. tapi klo secara kasar traelling di India plus tiket sekitar 8 - 10 juta. rajin rajinlah hunting tiket promo

      Delete
  43. Halo Salam kenal Emak Bolang,

    Saya ada rencana mengunjungi Leh dan Srinagar di bulan agustus. Apa benar untuk berkunjung ke Leh membutuhkan permit? Jika iya, ada tips untuk mengurusnya?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, perlu permit. gampang kok dan pasti dapat asal kamu bukan teroris atau kriminal.

      permitnya bisa idurus waktu sudah sammpai leh.
      siapan foto ukuran passport dan juga fotokopy passsport dan visa

      Delete
  44. ulasannya menarik,,jadi pengen ke kashmir,.
    berapa hari yang dibutuhkan untuk bisa keliling semua,
    saya dan temen saya berencana mau ke kashmir bulan april tahun depan

    ReplyDelete
    Replies
    1. keliling Semua dan lega itu seminggu say...

      Duh April pas lagi bagus bagusnya...

      Delete
  45. Halo Emak Mbolang ,

    Kalau misal di Kashmir hanya punya 3 full day , antara Sonamarg & Gulmarg bagus mana ya ? karena 2 hari sudah untuk Srinagar sightseeing & Pahalgam , oh ya rencana kunjungan di awal September .

    Matur nuwun , Nunung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu ke kashmirnya bulan apa dulu? kalau pas musim dingin atau akhir musim dingin, Skipp Sonamargh. mending ke Gulmargh aja.
      kalau September saya bingung jawabnya, hahaha nggak penrah kesana pas september. Coba tanya sama pemilik houseboat, mereka biasanya kasih suggest yang bagus

      Delete
  46. Assalamualaikum salam kenal aku rencana awal april 2017 mw k khasmir. Ada yg mw pergi bareng

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. salam ya ke enduduk kashmir ... ahhh pinginnnn

      Delete
  47. Assalamualaikum.. mba zulfa
    Apakah punya contact drivernya saat mau k3 kashmir, kalau ada bisa fi bagikan ke kami dong
    Terima Kasih
    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam

      Maaf saya nggak simpen omer Pak Driver. Dulu kesimpen di Hape satunya. setelah pindah ke Indonesia, hilang semua.

      SSama sama

      Delete
  48. maakkk...lam kenal :)
    tadinya aku mau ke delhi-agra aja, trus lanjut ke nepal... tapi setelah baca ini, aku JADI PENGEN KE KASHMIR !!!!
    tujuan utama jelas pengen liat salju huhuhuhuhu....
    insya allah kesana akhir maret 2018 pas ada libur merah (maklum karyawan jelata fakir cuti), nah kira2 masih ada salju ga tuh mak?
    trus sekalian ke manali krn mo liat himalaya.... what do u think mak?
    please advise...

    many thanks yaa.. wassalam ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga :))))

      Ahhhhhhhh, Sekalian ke kashmir sayang, Tmbah uang dan waktu lagi.

      Akhir maret, pas banget tuh, salju masih ada, dan tulip sudah dibuka.

      Klo ke Manali Juga, siapin waktu, soalnya nggak ada pesawat kesana. Dari Kashmir langsung ke Manali. boleh, siapin tambahan waktu dan juga uang, hehehe


      Semoga lancar perjalanan.

      Delete
  49. mak aku baru mau ke kashmir insyaAllah masih januari tahun depan
    rute aku jaipur lgsg ke delhi dri delhi baru ke srinagar...itu dari bandara srinagar ada bis gitu ga mak untuk ke penginapan/hotel?apa mak punya rekomendasi hotel untuk daerah srinagar yg dekat dengan tempat wisata?
    makasih mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. aku kurang tahu ada bus atau tidak. aku bianya pakai autorikshaw. Murah kok. bandaranya nggak terlalu jauh dengan sekitaran danau dal. kalau naik taksi itu skeitar 100,000. ntar ya sekarang karena pengaruh ke harga bensin juga.

      Delete
  50. Aku ada rencana ke kashmir bulan desember sekitar tanggal 22 desember 2018, itu suhunya kira kira berapa derajat celcius ya mba. trus penginapan di kashmir bisa di booking online gak ya? masih cari cari info yang banyak sebelum berangkat kesana. Mohon bantuannya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba nanti share ya Kalo udah ke Kashmir saya rencana bulan April kesana

      Delete
    2. Saya jg rencana april 2019 kesana mba mungkin kita bisa join, saya dari medan

      Delete
    3. saya tgl 16-21 april gitu...ada mo join?

      Delete
  51. Halo, salam kenal Mba Zulfa

    Maaf sebelumnya, saya mau tanya2 Mba.

    Saya rencana ke India 17 - 30 Maret 2019, berhubung kemarin dapet tiket murah Jkt-Delhi PP.

    Rencana peejalanan saya :

    17 - 22 Maret, golden triangle

    23 - 29 Maret, kashmir

    Saya belum pernah ke kashmir, apakah Mba Zulfa punya nomor telpon sewa mobil, houseboat, penginapan di kashmir?

    Kalau bulan Maret, bagaimana kondisi cuaca disana.

    Saya pernah ditawarin paket 7d6n di kashmir (3,2jt idr). Untuk 3 org
    Include :

    Sarapan, makan malam, guide, penginapan.

    Apakah harga tersebut termasuk standart?

    Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh, lama banget di kahsmirnya. bisa puas banget tuh.
      itu 3,2 juta untuk 3 orang ya? lumayan murah sih. cuman ini sudah termasuk jalan jalan ke Gulmarg, sonamargh dan pahalagham nggak? klo cuman untuk houseboat dan makan, itu termasuk mahal sih.

      karena houseboat 250.000/kamar , bisa untuk 2 orang dan itu sudah termasuk breakfast.

      Tanyakan lagi ya, itu sudah termasuk ke tempat tempat wisata nggak?

      Delete
  52. Assalamualaikum mbak, saya mau tanya nama penginapan mbak di kashmir apa ? trus ada no hp tour guidenya boleh minta gak ? saya rencana feb 2019 ke kashmir Insha Allah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam

      Ada sih, klo nggaks alah aku sudah share nomernya pak Firdaus. beliau juga ada tour guide lengkap dengan sewa kendaraan selama di kashmir.

      Semoga lancar perjalannya di India

      Delete
  53. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  54. halo, terimakasih sharingnya, saya mau tanya utk kalimat yg ini:
    Dari kota Delhi tersedia bus langsung menuju Srinagar. Busnya bertipe Semi sleeper jadi bisa tidur atau leyeh leyeh. Bus dari Delhi langsung ke Srinagar sekitar 3000 Rupees.

    Baik kereta maupun bus memakan waktu 24 jam dari kota Delhi. Jangan khawatir capek, karena kereta dari Delhi – Jammu tersedia tempat tidur dan makanan. Mobil atau bus menuju Srinagar membutuhkan waktu 12 jam. Selama perjalanan berhenti 2 kali di restoran dan penjual manisan. Cerita perjalanan bisa dibaca disini lanjut disini.

    jadi sebenernya yg 12 jam itu yg naik apa, dan yg 24 jam itu yg naik apa ya? soalnya saya ber-6, rencana cuma visit kashmir saja krn keterbatasan waktu, landing di delhi sudah sore, sedangkan kl mau ambil pesawat sore ke kashmir gak ada, jd harus menunggu besoknya utk pesawat paling pagi, tpi jatohnya jadi mahal. nah pengen lewat jalur darat saja, tpi berapa lama waktu nya ya ? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai kak. Naik kereta dan bus sama sama sekitar memakan waktu 24 jam an. Klo bareng sama teman ber 6, aku saranin pakai kereta saja sampai ke Jammu, trus sampai di jammu kalian sewa mobil. akau kemarin sewa mobil dari Jammu ke kashmir 5.000 Rupees. atau naik Mobil umum ke Srinagar (kashmir) oh ya, kamu bulan apa ke kashmir?

      Waktunya sekitar 24 jam an. pertimbangkan bulanya juga, karena di bulan bulan tertantu sering landslide. jadi kadang jalan darat ditutup.

      Delete
  55. Assalamualaikum wrwb terima kasih banyak mba atas sharingnya. Pengalaman n info yg sangat luar biasa. Sy sgt ingin ke pergi ke kashmir dari 3 th yang lalu sd skg..tapi ga berani pergi sendiri..dengan membaca artikel mba. Sy turut sgt bahagia ngebayangkan bagaimana senangnya mba jln2 disana. Klo boleh tahu mohon di share detail dari pesan ticket pesawat sd visa perlu waktu berapa lama. Tks byk. Smg mba slu sht. Aamiin yaa rabb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Kalau ke kashmir, tinggal mengurus visa India ya, Visanya sudah Free dalam artian nggak pakai bayar tapi tetap ya kudu ngajukan e -viva, caranya ada di blog ini kok.

      Untuk tiket pesawat, mbak/mas cari tiket dari Indonesia ke delhi. nah nanti cari pesawat dari delhi ke kashmir. InsyaAllah, Kashmir aman banget kok solo travelling bahkan untuk perempuan.

      Delete
  56. Mak...kalo bulan september atau november kira2 salju di gulmarg masih ada nggak mak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau september tinggal sisa sisa ya. Dan biassanya Salju turun fresh di gulmargh akhir november. tapi klo pingin menikmati salju mending bulan januari - maret. itu salju tebel dan fresh

      Delete
  57. Assalamualaikum mba zulfa salam kenal
    Untuk saat ini brp biaya yg dikeluarkan dr mulai paspor visa biaya pesawat pp smpi penginapan dan biaya tinggal dikashmir selama 10 hari kbtuln sy bnyk knln dikashmir mksh mba zulfa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaaikumsalam, Salam kenla juga

      Passport biasa 360 kalau untuk pasport elektronik 600 an ribu.
      termauk tiket, penginapan dan makan antara 8-10 juta. tergantung kamu sendiir ataus ama teman, klo sama teman lebih murah karena bisa share cost

      Delete
  58. Mbak Zulfa, salam kenal... kalau berangkat ke amritsar, kashmir, gulamarg, srinagar awal bln September, apakah cuacanya sudah dingin apa masih summer? Apa yang menarik selama bln Sept? Karena sepertinya tidak terbaca di blog mbak ehhehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. September sudah chill kondisinya. nggak panas juga nggak dingin.
      Kalau september di Kashmir, sudah mulai panen apel. biasanya sih oktober.
      Agustus -september biasanya sering hujan

      Delete
  59. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  60. mak.. rencana april aku ke khasmir.. tp aman ga ya bawa anak usia 2th?

    ReplyDelete
    Replies
    1. InsyaAllah aman. cuman sekarang kondisi kashmir lagi memanas yam bnayak demo. di India sendiri banyak Demo. kalau mau eksana sebaiknya cari info atau berita dulu.

      Delete
  61. Halo mak.. blog nya menarik bgt utk dibaca utk para traveler. Aku mau tnya, 7 hari kira cukup gak ya untuk Golden Triangle+Kashmir ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, cuman ke kashmirnya Naik Pesawat ya, kalau lewat darat nggak nutut waktunya

      Delete

Follow Twitter

Follow Instagram